Searching...

20 Manfaat Susu kambing Etawa Untuk kesehatan dan Pengobatan

20 Manfaat Susu kambing Etawa Untuk kesehatan dan Pengobatan - Susu kambing etawa merupakan salah satu jenis susu yang mempunyai manfaat dan khasiat yang luar biasa bagi tubuh, oleh karena itu minuman susu ini telah menjadi salah satu jenis susu pilihan yang di rekomendasikan. Selain bermanfaat yang menguntungkan bagi tubuh anda, susu kambing ini juga berkhasiat untuk kecantikan.
20 Manfaat Susu kambing Etawa Untuk kesehatan dan Pengobatan

Bagi anda yang belum mengetahui manfaat susu yang di hasilkan dari kambing etawa ini pasti bertanya-tanya tentang apa saja manfaat mengkonsumsi susu kambing etawa ini..? Susu kambing etawa mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, karena kandungan mineral dan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya meliputi: kalsium, fosfor,flourin dan sodium. Senyawa yang terkandung di dalam susu kambing etawa menurut para ilmuwan menyebutnya setara dengan ASI.

Susu Kambing Etawa


Pengertian dari susu kambing etawa adalah susu yang di peroleh dari kambing etawa betina dewasa. Dari dulu, susu ini sudah di kenal dan di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan tubuh karena pada susu kambing etawa tersebut kaya akan nutrisi dan vitamin.

Kandungan nilai gizi yany terdapat pada susu etawa mengandung vitamin A, C, D, E, B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, Niacin, Asam Pantotenant, Inositol dan Kolin. Sedangkan di setiap 100gr susu kambing etawa mengandung protein sebesar 3-4%, karbo hidrat sebesar 4,5% , lemak sebesar 4-7%. Dan selain itu juga mengandung kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium dan kalium. Semua nutrisi atau senyawa yang terkandung di dalam susu etawa sangat baik bagi kesehatan.

Susu kambing etawa dapat di konsumsi oleh orang tanpa mengenal usis baik mulai dari anak-anak maupun dewasa dan ibu hamil atau menyusui juga dapat meminumnya. Kekayaan akan nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat susu kambing etawa sangat baik di gunakan untuk menjaga kesehatan dan berbagai pengobatan.

Manfaat dan Khasiat Susu Kambung Etawa


Manfaat susu kambing etawa sudah tidak bisa di ragukan lagi karena mengandung senyawa yang sangat di butuhkan tubuh dalam rangka menjaga, menyetabilkan dan mengobati penyakit di dalam tubuh. Untuk mengetahui manfaat dan khasiat susu kambing etawa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Anti inflamasi alami


Bagi anda yang mempunyai gangguan tentang pencernaan yang di sebabkan oleh inflamasi dapat mengkonsumsi susu ini karena sifat probiotik yang di miliki oleh susu kambing etawa ini dapat memicu pencernaan menjadi lebih baik.

Pada susu kambing ini mempunyai sifat gelembung-gelembung lemak yang mudah di pecahkan, sehingga mudah di serap oleh tubuh dan hal itu berbeda dengan susu sapi.

2. Menurunkan kolesterol tinggi


Kandungan asam lemak pada susu kambing ini dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, karena mengandung asam lemak mencapai 35%, dan lebih tinggi dari susu sapi yang mencapai sekitar 17%.

3. Memperbaiki sistem pencernaan


Susu kambing etawa dapat berkhasiat untuk memperbaiki sistem pencernaan tubuh karena mengandung asam lemak antimikroba yang bermanfaat bagi tubuh dalah rangka perbaikan sistem pencernaan.

4. Mengobati penyakit TBC dan asma


Dalam susu kambing etawa mengandung senyawa yang berkhasiat untuk pengobatan. Pada susu kambing tersebut mengandung Flourin dan Betakasein yang berkhasiat untuk mengobati penyakit TBC dan asma atau untuk mengobati gangguan pernafasan lainnya.

5. Untuk bahan kecantikan


Banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh dari susu kambing ini, di antaranya dapat di gunakan untuk bahan kecantikan yaitu di gunakan sebagai masker wajah dan lulur. Susu kambing tersebut berkhasiat menghaluskan kulit wajah secara alami serta mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga wajah terbebas dari jerawat.

6. Anti alergi


Susu kambing  etawa tidak seperti pada susu sapi yang dapat menimbulkan alergi ataau dapat memicu timbulnya gangguan pernafasan karena mengandung lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan penumpikan lendir yang mengakibatkan alergi. Pada susu kambing etawa hanya mengandung gelembung-gelembung lemak lebih sedikit sekali jika dibandingkan dengan susu sapi.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Susu kambing ini dapat bermanfaat untuk menyetabilkan tekanan darah tinggi atau darah rendah karena pada susu kambing etawa mengandung potassium dan kalium yang berkhasiat dalam menyetabilkan tekanan darah.

8. Menyehatkan jantung


Selain bermanfaat untuk menyetabilkan tekanan darah, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga sekaligus berkhasiat untuk menyehatkan jantung dan mencegah terjadinya penyakit dan gangguan pada jantung.

9. Mencegah arteriosclerosis


Arteriosclerosis adalah terjadinya pengerasan arteri yang di sebabkan dari penebalan dinding pembuluh darah (nadi) yang dapat menyebabkan penyakit pada jantung, stroke dan penyakit yang terkait dengan arteri. Pada susu kambing etawa  yang mengandung potassium juga berkhasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko dari penyakit tersebut.

10. Berperan sebagai agen metabolik


Pada susu kambing etawa mempunyai sifat mudah di serap oleh tubuh dan mempunyai peranan dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya zat besi dan tembaga sehingga sangat bermanfaat terlebih-lebih bagi seseorang yang mengalami gangguan pada sistem pencernaan.

11. Menguatkan tulang


Manfaat susu kambing etawa selain untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit, kekayaan kalsium yang terkandung di dalamnya juga ber khasiat untuk menguatkan tulang, dan mencegah tulang keropos.

12. Obat kuat laki-laki


Selain berkhasiat terhadap resiko dari beberapa jenis penyakit, susu kambing etawa juga berkhasiat untuk menambah semangat dan vitalitas. Bagi yang memerlukan obat kuat, susu kambing etawa juga dapat di manfaatkan untuk obat kuat laki-laki, karena pada kambing dikenal dengan sodium bio-organik yang dapat menimbulkan kitalitas dan semangat tinggi.

13. Baik di gunakan ibu hamil dan menyusui


Mengkonsumsi susu kambing etawa dapat bermanfaat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui, di antaranya; dapat memperoleh nutrisi tambahan yang lengkap, menyehatkan janin dan bagi ibu yang sedang menyusui dapat memperlancar ASI.

14. Mencegah bronchitis


Pada susu kambing etawa mengandung betakasein dan flourin yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati bronchitis.

15. Mengatasi penyakit tumor


Susu kambung etawa mengandung enzim xanthine oxydase dan Niasin yang bermanfaat untuk membantu mengatasi sel kanker atau tumor.

16. Membantu menyembuhkan demam berdarah


Susu kambing etawa juga dapat di fungsikan sebagai alternatif dalam membantu untuk penyembuhan demam berdarah karena pada susu kambing tersebut mengandung cynokobalamin yang berguna untuk membentuk zat HB.

17. Mencerdaskan otak


Pada susu ini mengandung Riboflavin  yaitu vitamin B2 dan B3 yang dapat berfungsi untuk membantu perkembangan sel otak dan sel sistem saraf sehingga bermanfaat bagi perkembangan anak.

18. Membantu penyembuhan penyakit diabetes


Susu kambing etawa juga bermanfaat dalam mengurangi gejala dari penyakit kencing manis atau diabetes, karena di dalam susu kambing ini, mengandung A2-betakasein dan Asam Amino Esensia yang berkhasiat untuk memacu kerja pankreas dalam membentuk insulin.

19. Anti septik


Susu kambing etawa juga dapat di manfaatkan dalam rangka membantu penekanan pada pertumbuhan bakteri di dalam tubuh karena pada susu ini mempunyai sifat anti septik.

20. Membantu pencernaan dan mentralisir asam lambung


Kekayaan nutrisi pada susu kambing etawa ini di antaranya mengandung sodium, fluorin, kalsium, dan fosfor yang juga dapat bermanfaat dalam membantu proses pencernaan dalam tubuh.

Baik untuk di baca:


Selain mempunyai manfaat seperti diatas, susu kambing etawa juga dapat menjadi makanan tambahan yang baik karena beberapa alasan di antaranya:

  1. Bersifat basah, dan mudah di cerna bahkan susu kambing etawa dapat di cerna 20 menit lebih cepat dari susu lainnya.
  2. Mempunyai sifat protein yang lembut dengan laktase ringan sehingga tidak memicu diare.
  3. Mempunyai kandungan protein lebih baik dari protein dari telur.
  4. Mempunyai gelembung-gelembung lemak yang lembut dan lebih lembut dari pada susu sapi sehingga mudah di cerna oleh tubuh.

Dari banyaknya manfaat yang dapat di peroleh dari susu kambing etawa ini, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi susu kambing etawa tersebut. Selain bermanfaat untuk orang dewasa, susu kambing ini juga bermanfaat bagi anak-anak.

Demikianlah tadi artikel tentang 20 Manfaat Susu kambing Etawa Untuk kesehatan dan Pengobatan, semoga bermanfaat. jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang  manfaat daun pegagan untuk pengobatan.



1 komentar: