Searching...

Manfaat Kulit Manggis Lengkap Dengan Bahayanya

Banyak sekali manfaat kulit manggis yang berkhasiat nyata bagi kesehatan bahkan untuk pengobatan penyakit . Dari manfaat yang di peroleh, kulit manggis dapat bersifat membantu mencegah dan membantu dalam penyembuhan penyakit sehingga mengkonsumsi kulit manggis dapat berperan penting dalam kesehatan. Dari banyaknya manfaat yang yang di peroleh dari kulit manggis tentunya anda berfikir tentang bahaya yang di timbulkannya, karena seperti yang kita ketahui bahwa selain ada baiknya pasti ada buruknya.

Manfaat Kulit Manggis
Manfaat kulit manggis dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsi kulit manggis baik kulit manggis tersebut dalam bentuk ekstrak maupun melalui perebusan terlebih dahulu yang semua mempunyai manfaat dan khasiat yang sama. Khasiat yang di hasilkan dari kulit manggis tersebut di peroleh dari bahan alami dari buah mangis yang di ambul kulitnya. Selain di ambil kulitnya, buah manggis tersebut mempunyai isi yang manis dan segar sehingga banyak di sukai oleh masyarakat.

Manfaat Kulit Manggis Bagi kesehatan Tubuh


Kulit manggis adalah kulit yang di ambil dari buah manggis. Kulit manggis dapat di ambil manfaatnya dengan cara di olah menjadi ekstrak atau melalui perebusan namun hanya untuk sekali minum. Pada buah manggis tersebut mengandung zat yang berupa senyawa xanthone yang berkhasiat untuk mengobati penyakit berat dan berbahaya. Zat lain yang ada pada kulit manggis adalah zat Xamthone, zat ini sebagai anti oksidan yang berkhasiat untuk mencegah berkembangnya sel kanker sehingga kulit manggis berperan dalam menjaga
kesehatan tubuh.

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh lainnya adalah mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga dan memelihara kesehatan tubuh baik bermanfaat dalam perbaikan sel yang rusak, perbaikan sistem pencernaan dan menjaga vitalitas tubuh. Selengkapnya tentang manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh:

Meningkatkan stamina dan energi


Selain bermanfaat untuk anti-alergi dan anti-inflamasi, kulit manggis juga berkhasiat dalam merangsang perasaan bahagia dan juga menambah stamina dan energi serta memulihkan dari kecapekan. Oleh karena itu, mengkonsumsi kulit manggis dapat menjadikan tubuh lebih fit, bergairah dan tidak mudah kecapekan.

Menyehatkan kulit


Kandungan zat yang terdapat pada kulit manggis berperan aktif dalam pergantian sel-sel kulit yang mati sehingga kulit manggis dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit.

Sistim kekebalan tubuh


Untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit yang di sebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus memerlukan zat anti oksidan. Dan pada buah manggis tersebut terutama pada kulitnya mengandung zat anti oksidan, jadi apa bila di konsumsi dengan teratur, kulit manggis dapat berperan dalam meningkatkan sistim kekebalan tubuh, sehingga kulit manggis tersebut sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh seseorang.

Menurunkan kolesterol jahat


Kulit manggis dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi karena pada kulit manggis tersebut mengandung zat antioksidan, anti plasmodial, anti bakteri, anti diabetes, anti kanker dan anti inflamasi. Selain berkhasiat dalam proses penyembuhan penyakit juga berperan dalam menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Menggunakan kulit manggis untuk menurunkan kolesterol tergolong efektif karena berpotensi lebih aman di bandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang mengandung zat kimia.

Melancarkan pembuluh darah


Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, kulit manggis juga berkhasiat dalam melancarkan pembuluh darah dari gangguan penyempitan yang di sebabkan karena adanya radikal bebas yang berbahaya. Penyempitan pembuluh darah tersebut berupa endapan yang menghambat aliran darah yang menjadikan aliran darah menjadi tidak lancar. Pada kondisi seperti ini, kulit manggis sangat bermanfaat dalam memperlancar peredaran darah kerena mengandung senyawa Xanthone yang berkhasiat dalam melancarkannya dan sekaligus menyetabilkan penumpukan lemak dalam tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh tersebut kulit manggis mempunyai peranan penting bagi kesehatan tubuh.

Memperkuat pembuluh darah


Memperkuat pembuluh darah juga merupakan kelanjutan dari adanya peredaran darah yang lancar sehingga akan memperkuat pembuluh darah. Tentunya manfaat kulit manggis sebagai bahan alami untuk memperlancar peredaran darah akan berperan penting di dalam tubuh, sehingga kulit manggis sangat bermanfaat bagi tubuh yang berperan untuk memperkuat pembuluh darah sehingga terhindar dari resiko penyakit jantung..
Menurunkan darah tinggi

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan salah satunya lagi adalah dapat di gunakan untuk mengontrol dan menstabilkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Senyawa yang banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh telah ada pada buah manggis yaitu terletak pada kulitnya. Senyawa yang terdapat pada kulit buah manggis tersebut memiliki sifat anti mikroba dan anti peradangan yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain bermanfaat bagi kesehatan orang dewasa, kulit manggis juga bermanfaat untuk anak-anak. Adapun manfaat kulit manggis bagi kesehatan anak adalah dapat berkhasiat mengobati penyakit asma pada anak, obat alami untuk mengatasi alergi makanan pada anak, membantu pertumbuhan terutama pada tulang dan gigi anak, dan dapat bermanfaat dalam mengatasi gangguan hiperaktif yang terjadi pada anak.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Pengobatan


Kulit buah manggis merupakan satu-satunya kulit buah yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Berdasarkan penelitian Journal of pharmacology yang mengungkapkan bahwa pada kulit manggis mengandung zat xamthone yang banyak mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu mencegah dan melawan jenis-jenis penyakit yang mengancam kesehatan tubuh. Adapun pada kulit menggis mengandung beberapa unsur yang meliputi; protein = 0,71% , lemak = 0,63% , karbohidrat = 35,61%  dan air = 62,05%.

Senyawa alami yang terdapat pada kulit manggis mempunyai banyak manfaat untuk pengobatan. Manfaat kulit manggis dalam pengobatan di antaranya dapat di gunakan dalam menyembuhkan beberapa penyakit yang membahayakan tubuh seperti;

Mengobati penyakit kanker


Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat di takuti. Pada kulit manggis mempunyai khasiat untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut karena pada kulit menggis telah mengandung senyawa xanthone yang berkhasiat sebagai anti proliferasi danapoptosis yaitu bahan alami yang berguna untuk pemusnah dan pencegahan penyakit kanker.

Mengobati Penyakit Jantung


Selain bermanfaat sebagai obat kanker, ternyata kulit manggis tersebut juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit yang mematikan seperti halnya pada penyakit jantung. Kulit manggis berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner, diman penyakit jantung koroner tersebut adalah penyakit jantung yang penyebabnya adalah penyembatan pada pembuluh darah. Dengan demikian kulit manggis yang mempunyai khasiat dalam melancarkan pembuluh darah akan bekerja secara efektif untuk menyembuhkan penyakit ini.

Mengendalikan penyakit diabetes


Penyakit diabetes juga tergolong penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kulit manggis dapat di manfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes ini karena berkhasiat dalam penurunan kadar gula darah dan berperan dalam membawa kadar gula darah melalui pembuangan/buang air kecil. Sehungga mengkonsumsi kulit manggis tersebut dapat membantu meringankan penyakit diabetes.

Obat diare

Diare merupakan Gangguan pada proses pencernaan dan salah satu dari manfaat kulit manggis adalah membantu dalam proses pencernaan, sehingga kulit manggis tersebut dapat bermanfaat untuk menyembuhkan diare.

Obat untuk mengatasi Gangguan Haid


Gangguan haid yang sering terjadi seperti pada keterlambatan datang bulan yang menimbulkan rasa sakit. Manfaat kulit manggis dalam mengatasi gangguan haid dapat berkhasiat melancarkan haid secara teratur.

Mengobati penyakit radang usus besar


Penyakit radang usus besar merupakan penyakit yang di sebabkan dari pertumbuhan sel kanker pada lapisan usus bagian dalam yang dapat merusak dan menghancurkan sel-sel lain dalam tubuh.

Kulit manggis dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit radang usus besar, karena pada kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang terdiri dari: Flavonoid epicatechin, Mangostanol, Gartanin, trapezifolixanthone, mangostenol, mangostin, tovophyllin B, flavonoid epicatechin, beta mangostin, gartanin, alfa mangostin, mangostinon A, mangostenon B dan garcinon B. Senyawa-senyawa tersebut bermanfaat dan berkhasiat dalam pengobatan, diantaranya adalah untuk melawan sel kanker seperti pada penyakit radang usus besar.

Mencegah radang usus kecil


Seperti halnya mengobati penyakit radang usus besar, kulit manggis bermanfaat dalam mencegah datangnya penyakit, termasuk mencegah terjadinya radang usus kecil.

Mengobati penyakit GERD


Penyakit GERD merupakan penyakit kronik karena asam lambung yang naik di kerongkongan. Kulit manggis sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit ini karena kekayaan unsur senyawa yang terkandung di dalamnya mempunyai saiaf mencegah dan melawan radikal bebas di dalah tubuh.

Mengatasi sindrom kelainan usus besar


Selain bermanfaat untuk mengobati radang usus besar, kulit manggis juga bermanfaat untuk mengatasi sindrom kelainan usus besar (IBS) karena adanya senyawa xanthone yang sangat bermanfaat di dalam tubuh dalam menjaga kesehatan.

Obat keracunan makanan


Hampir semua penyakit dapat di atasi oleh kulit buah manggis, namun selain bermanfaat untuk pengobatan, kulit manggis juga berkhasiat mengatasi keracunan yang di sebabkan dari makanan. Untuk mengatasi keracunan tersebut, kulit manggis berkhasiat untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

Mengobati stroke


Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit stroke merupakan penyakit yang di sebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah pada otak, dan kulit manggis mempunyai khasiat dalam melancarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, kulit manggis dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengatasi penyakit stroke.

Mengatasi penyakit hidrocephalus


Penyakit hidrocephalus adalah penyakit syaraf yang menyebabkan pembesaran kepala akibat penimbunan cairan otak dalam bilik otak. Pada kulit manggis mengadung senyawa yang berkhasiat untuk mengontrol dan melancarkan cairan pada otak, sehingga kulit manggis bermanfaat untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada otak tersebut.

Mengatasi neuritis


Neuritis merupakan gangguan saraf yang terjadi akibat pukulan atau tekanan pada tulang. Kulit manggis sangat bermanfaat dalam mengatasi penyakit ini karena pada kulit manggis yang mengandung antioksidan yang tinggi mampu mengatasi berbagai macam penyakit, yang salah satunya adalah mengatasi neuritis.

Mengatasi penyakit alzheimer


Alzheimer adalah penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kehilangan kemampuan untuk peduli terhadap dirinya. Kulit manggis sangat bermanfaat dalam mengatasi gangguan saraf, diantaranya juga dapat bermanfaat untuk meringankan dan mengatasi penyakit alzheimer.

Mengobati penyakit epilepsi


Epilepsi merupakan penyakit ayan yang terjadi karena gangguan sistem saraf dan kulit manggis merupakan obat alami untuk mengatasi gangguan-gangguan syaraf diantaranya dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit epilepsi.

Mengatasi gegar otak 


Gegar otak merupakan penyakit saraf yang di sebabkan karena benturan. Seperti halnya mengatasi penyakit saraf lainnya, kulit manggis juga bermanfaat dalam membantu mengatasi penyakit gegar otak ini. Pada kulit manggis juga mengandung flavonoid yang berkhasiat untuk mencegah kerusakan memori otak.

Mengobati penyakit meningitis


Kulit manggis mempunyai khasiat untuk mengatasi penyakit saraf di antaranya juga dapat di manfaatkan untuk mengobati penyakit meningitis. Meningitis merupakan penyakit yang di sebabkan karena terjadinya infeksi pada meninges yang menyelimuti otak saraf tulang belakang. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis seperti antioksidan dan antiinflamasi sangat efektif dalam mengatasi penyakit saraf seperti halnya penyakit meningitis.

Mengobati penyakit sifilis


Penyakit sifilis merupakan penyakit menular yang di sebabkan karena infeksi dari bakteri treponema pallidum. Pada kulit manggis telah mengandung senyawa xanthone sehingga berkhasiat untuk mengobati penyakit sifilis.

Mengobati amnesia


Amnesia merupakan gangguan ingatan yang terjadi cukup lama. Kulit manggis nampaknya menjadi pilihan utama sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit amnesia ini karena mengandung xanthone yang mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Manfaat kulit manggis memang luar biasa dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, bahkan selain berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti diatas, juga di yakini berkhasiat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit lainnya. Hal itu sesuai dengan pengalaman masyarakat yang telah mengkonsumsinya. Adapun penyakit lain yang dapat di atasi adalah; penyakit TBC, penyakit pernafasan, penyakit lupus, nyeri sendi, sakit gigi, mengobati demam, mengatasi Insomnia dan menyembuhkan sari awan.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan


Pernahkan anda mendengar bahwa kulit manggis dapat di gunakan untuk bahan kecantikan? selain bermanfaat untuk kesehatan dan sebagai obat, kulit manggis juga bermanfaat dalam kecantikan. Kulit manggis dapat berkhasiat untuk bahan kecantikan karena pada kulit menggis tersebut mengandung antioksidan, antivirus, antikanker, antibakteri, antiinflamasi, dan antijamur yang berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah kulit termasuk kulit wajah. Dan berikut khasiat kulit manggis untuk kecantikan:

Menghaluskan wajah


Dalam kecantikan, kulit manggis berkhasiat dalam mencegah dan mengobati jerawat pada wajah sehingga kulit manggis banyak di gunakan sebagai bahan alami untuk menghaluskan wajah.

Mencerahkan kulit wajah yang kusam


Manfaat kulit manggis selain menghaluskan wajah, juga bermanfaat dalam mencerahkan wajah kusam. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis tersebut bersifat melindungi dan membantu perbaikan sel kulit wajah yang mati, sehingga kulit manggis berkhasiat dalam mencerahkan wajah secara alami.

Memutihkan kulit


Sebagaimana dalam mencerahkan kulit wajah, khasiat dari kulit manggis juga berperan dalam memutihkan kulit wajah secara alami karena kandungan xanthone dalam kulit manggis yang kaya akan unsur-unsur yang bermanfaat dalam memutihkan kulit wajah secara alami.

Menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam


Nampaknya adanya sifat antikanker, antiinflamasi, antibakteri, antijamur dan antivirus serta antioksidan pada kulit manggis tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan pengobatan saja melainkan berkhasiat dalam kecantikan yaitu salah satunya bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam secara alami.

Menghilangkan tanda-tanda penuaan dini


Manfaat dari kulit manggis lainnya yaitu dapat meremajakan kulit secara alami. Unsur yang terdapat pada kulit manggis yang berkhasiat dalam melindungi dapat di manfaatkan dalam kecantikan yaitu untuk merenajakan kulit dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini secara alami.

Menghancurkan lemak dalam tubuh


Kelebihan lemak dalam tubuh tentunya tidak baik bagi kesehatan ataupun kecantikan, oleh karena itu mengkonsumsi obat alami dari kulit manggis sangat bermanfaat terhadap kesehatan dan kecantikan tersebut karena dapat berfungsi sebagai penghancur lemak dalam tubuh. Dalam proses ini, senyawa xanthone berperan penting karena mengubah dan menghancurkan lemak dalam tubuh menjadi energi sehingga kulit manggis dapat di manfaatkan dalam menjaga berat ideal tubuh.

Mengencangkan kulit


Senyawa xanthone selain bermanfaat dalam menjaga berat ideal tubuh dengan cara mengubah lemak menjadi energi, juga bermanfaat dalam mengencangkan kulit secara alami. Oleh karena itu kulit manggis bayak di gunakan dalam berbagai keperluan dalam dunia kecantikan.

Manfaat kulit manggis untuk kepentingan kecantikan dapat di peroleh dengan dua cara yaitu perawatan dari luar dan dalam. Dari dua jenis perawatan tersebut, masing-masing mempunyai cara yang berbeda beda, dan berikut cara pemakaian dan perawatannya:

Perawatan dari luar


Menggunakan kulit manggis untuk kecantikan dapat di lakukan dengan perawatan kulit wajah dari luar yaitu dengan memakai masker dari kulit manggis. Membuat masker wajah dari kulit manggis sangat mudah yaitu dengan cara;

Ambillah kulit manggis yang di ambil dari 2 buah manggis, kemudian kerok dan pisahkan dari kulit luar yang berwarna hitam/kulit yang keras. Haluskan kulit manggis tersebut dengan memakai blender yang tentunya di beri air kira-kira 1/2 sampai 1 gelas air putih. Setelah benar-benar halus, saring dan peraslah airnya, lalu ambillah airnya dan diamkanlah sampai ekstrak kulit manggis mengendap di bawah. Setelah air menjadi agak jernih, berarti ekstrak kulit manggis tersebut sudah mengendap kemudian barulah di buang airnya dan ekstrak kulit manggis tersebut telah siap di gunakan sebagai masker alami.

Perawatan dari dalam


Menggunakan kulit manggis untuk kecantikan dapat di lakukan dengan perawatan dari dalam yaitu dengan cara di minum. Namun sebelum di minum kulit manggis tersebut di olah terlebih dahulu dengan cara di olah dengan cara; Bersihkan dan cuci kulit manggis yang di ambil dari 1 buah manggis, cuci sampai semua getah hilang untuk mengurangi rasa pahit, setelah itu buang kulitnya yang paling luar (kulit keras yang kehitam-hitaman)kemudian haluskan dengan menggunakan blender dan tambahkanlah 1/2 gelas air matang, blender hingga lembut baru di minum sehari satu kali pada malam hari.

Manfaat Kulit Manggis dan Bahayanya


khasiat kulit manggis memang tiada duanya sehingga banyak di manfaatkan dalam berbagai kepentingan termasuk dalam urusan bisnis perdagangan. Dengan memperjual belikan bahan yang terbuat dari kulit manggis tersebut dalam bentuk serbuk, kapsul maupun ekstrak dan lain-lain tersebut dapat di mungkinkan adanya bahan kimia atau bahan pengawet yang bersifat berbahaya. Jika anda terpaksa harus membelinya karena alasan tertentu, sebaiknya anda memilih kulit manggis yang di olah dari produsen yang jelas, yang proses pengolahannya dengan cara alami tanpa adanya bahan pengawet.

Dan bagi anda yang ingin mengolah kulit manggis dengan cara alami dan aman untuk kesehatan, saya akan menguraikan cara pengolahan kulit manggis secara lengkap. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

Cara pengolahan kulit manggis yang tidak berbahaya


Untuk menghindari hal-hal berbahaya yang tidak di inginkan, mengolah sendiri kulit manggis secara alami adalah sebuah tindakan yang tepat dalam upaya menjaga kesehatan, karena percuma jika kita menggunakan bahan untuk menyembuhkan penyakit sedangkan bahan tersebut memicu sebuah penyakit. Adapun cara mengolah kulit manggis secara alami adalah sebagai berikut:

Kulit manggis yang baik


Kulit manggis bisa di dapat di toko-toko buah dengan cara membeli buah manggis yang baik dan sehat. Buah manggis yang sehat untuk di ambil kulitnya memiliki ciri-ciri: kulit bagian dalam berwarna kemerahan atau merah muda tanpa bercak dan buahnya berwarna putih bersih tanpa bercak, sedangkan pada kulit buah manggis yang baik, kulit bagian luar akan tampak bersih tanpa adanya getah yang keluar.

Cara mengolahnya


Untuk mengolah kulit manggis sebaiknya kulit manggis di ambil dari buah yang sehat seperti di atas, kemudian cucilah dan ambillah kulit bagian dalamnya saja dan buanglah kulit luarnya. Untuk mengambil bagian dalam kulit manggis menggunakan sendok teh dengan cara di kerok-kerok secara perlahan. Setelah daging kulit manggis di peroleh lalu terserah anda, mau di telan juga bisa, mau di buat jus juga bisa dan mau di ekstrak juga bisa.

Begitulah cara pengolahan kulit manggis secara alami, untuk menjaga kesehatan tubuh sebaiknya anda mengutamakan cara hidup yang sehat, karena cara hidup yang sehat merupakan senjata dalam mencegah dan mengatasi semua jenis penyakit.

Demikianlah artikel kali ini tentang Manfaat Kulit Manggis Lengkap Dengan Bahayanya, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang 20 Manfaat Susu kambing Etawa Untuk kesehatan dan Pengobatan.




0 komentar:

Posting Komentar