Searching...

Kegunaan Clindamycin 300 mg Dan Bahayanya

Banyak manfaat yang dapat di peroleh dari obat clindamycin 300 mg karena jenis obat yang satu ini sudah banyak digunakan karena khasiatnya baik untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan maupun kecantikan. Namun sebelum membahas jenis obat tersebut, sudah tahukah anda tentang kegunaan clindamycin 300 mg dan Bahayanya? bagi anda yang belum mengetahuinya tentunya bertanya-tanya tentang clindamycin itu obat untuk apa..? Selain mempunyai manfaat ternyata clindamycin juga dapat membahayakan kesehatan, oleh karena itu anda hendaknya mengetahui tentang fungsi atau manfaat clindamycin, aturan pakai atau dosis yang di perbolehkan dan tujuan anda dalam menggunakan clindamycin. Untuk mengetahui selengkapnya tentang clindamycin, silahkan anda simak seperti di bawah ini.

Kegunaan Clindamycin


Clindamycin merupakan jenis obat antibiotika yang bisa anda dapatkan di apotik dan obat tersebut biasanya berbentuk kapsul, cair maupun salep atau lotion dan kandungan di dalamnya juga bervariasi ada clindamycin 300mg, clindamycin 150mg dan clindamycin 75mg dan clindamycin 25mg. Dari aneka ragam jenis dari clindamycin tersebut juga terdapat perbedaan dalam menggunakannya seperti cara penggunaan salep adalah untuk di oleskan sedangkan yang berbentuk kapsul dapat di minum dengan menggunakan air atau di telan langsung maupun dengan cara membukanya dan meminum isinya saja. Untuk meminumnya juga menggunakan aturan dan waktu yang di tentukan, karena meminum jenis obat seperti pada clindamycin ini juga membutuhkan selang waktu beberapa jam untuk menghindari over dosis dari obat tersebut.
Clindamycin 300 mg

Kegunaan atau manfaat clindamycin yang paling utama adalah untuk mencegah infeksi dan membasmi perkembangan bakteri yang terjadi pada lapisan kulit ataupun pada bagian organ tubuh lainnya, oleh karena itu abat ini banyak di gunakan dalam dunia kesehatan karena memiliki manfaat dan fungsi dalam mengatasi beberapa gangguan tubuh dan tak heran jika manfaat obat ini sering di pertanyakan. Selain itu, obat ini juga efektif dalam mengatasi masalah-masalah dalam kecantikan karena khasiatnya sebagai pemberantas bakteri yang memungkinkan akan terjadinya infeksi dapat di kendalikan dengan penggunaan clindamycin. Namun bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap tentang kegunaan dan manfaat dari clindamycin adalah seperti di bawah ini:

1. Infeksi Sestem Pencernaan

Kegunaan clindamycin salah satunya adalah untuk mengatasi infeksi sistem pencernaan yang di sebabkan oleh bakteri. Sebagaimana bahwa sistem pencernaan tersebut merupakan salah satu dari bagian tubuh yang sangat penting karena untuk mengolah atau menerima makanan. Adapun bagian dari sistem pencernaan yang sering terinfeksi oleh bakteri adalah usus besar, usus kecil, lambung, kerongkongan dan mulut. Adapun penggunaan dari clindamycin untuk mengobati masalah-masalah tersebut adalah sesuai pentujuk dan resep oleh dokter.

2. Infeksi Pada Darah

Manfaat clindamycin lainnya yaitu mengatasi infeksi pada darah yang di sebabkan oleh bakteri. Infeksi pada darah merupakan masalah kesehatan yang dapat membahayakan. Adapun penyababnya di duga dari adanya infeksi dari bakteri yang bermula pada kulit atau organ tubuh lainnya yang merambat sampai pada aliran darah. Adapun penggunaan obat clindamycin untuk mengobati infeksi pada darah harus di resepkan oleh dokter terlebih dahulu dan janganlah menggunakan obat tersebut tanpa pemberian resep oleh dokter.

3. Paru-Paru

Infeksi pada paru-paru merupakan sejenis peradangan yang bisa terjadi karena infeksi bakteri maupun jamur, oleh sebab itu obat clindamycin biasanya juga di sertakan dalam resep dokter dalam pengobatan karena mempunyai manfaat untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada organ paru-paru.

4. kulit atau Jerawat

Clindamycin juga bermanfaat dalam kecantikan karena dapat mengobati infeksi yang terjadi pada kulit tubuh, misalnya kulit wajah atau jerawat maupun komedo. Oleh karena itu clindamycin bisa di gunakan sebagai obat jerawat atau sejenis dengan infeksi komedo yang di sebabkan oleh bakteri. Bakterilah yang sering menginfeksi pada kulit wajah yang menyebabkan perkembangan jerawat hingga makin parah. Oleh karena itu biasanya dokter untuk mengatasi permasalahan seperti itu akan memberikan resep obat yang salah satunya adalah menggunakan clindamycin.

Untuk jerawat

Untuk mengobati jerawat menggunakan clindamycin yang di campur dengan citra hazeline white sebaiknya menggunakan 5 buah kapsul clindamycin saja dan jangan terlalu banyak. Campurkan kapsul kedalam citra hazeline white dan aduklah secara merata sebelum di gunakan dan hentikanlah penggunaan apabila jerawat telah sembuh karena penggunaan obat tersebut dalam jangka panjang dapat berefek tidak baik.


5. Organ Reproduksi Wanita

Selain sebagai obat jerawat, clindamycin juga mempunyai manfaat untuk mengobati jenis infeksi pada organ dalam, khususnya mengatasi infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita.

6. Sakit Gigi

Adanya infeksi yang terjadi pada gusi sering kali menyebabkan sakit gigi yang terasa sampai kekepala. Dan obat clindamycin akan di berikan apabila infeksi tersebut tidak sulit di atasi dengan menggunaka obat antibiotik lainnya.

Obat clindamycin merupakan salah satu obat resep dokter, oleh karena itu hendaknya dalam menggunakannya harus sesuai dengan yang di resepkan oleh dokter atau sesuai dengan informasi yang di tulis pada kemasan. Selain dapat di gunakan atau di konsumsi sebelum atau sesudah makan, pemakaian obat antibiotik seperti clindamycin ini juga dapat pula menimbulkan efek samping dan bahayanya.

Efek Samping dan Bahayanya


Obat clindamycin memang efektif untuk mengatasi infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, namun selain mempunyai manfaat yang baik untuk pengobatan, mengkonsumsi clindamycin terus menerus dalam jangka panjang juga tidak baik untuk kesehatan. sedangkan bahaya atau efeksamping yang bisa di timbulkan dari clindamycin adalah sebagai berikut:

Iritasi

Iritasi tenggorokan atau pembengkakan juga dapat di mungkinkan bagi seseorang yang sensisif terhadap penggunaan clindamycin, jadi bukan hanya karena tubuh kekurangan cairan ataupun karena merokok saja karena iritasi pada tenggorokan juga dapat di sebabkan dari efeksamping clindamycin. adapun iritasi juga bisa terjadi pada kerongkongan maupun lambung. Oleh karena itu, untuk meminum clindamycin hendaknya di minum dengan jumlah air yang cukup.

Ruam pada kulit

Selain iritasi, efeksamping dari clindamycin juga dapat mengakibatkan ruam atau kemerahan pada kulit.

Nyeri

Rasa nyeri juga dapat terjadi akibat penggunaan obat clindamycin yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Diare

Penggunaan clindamycin juga dapat memungkinkan adanya gangguan pencernaan seperti rasa mual, muntah dan diare. Segeralah hubungi dokter kembali apabila terjadi gangguan-gangguan pada tubuh seperti ini.

Gangguan pada organ tubuh

Selain efek samping dari penggunaan clindamycin seperti di atas juga dapat menimbulkan gangguan pada hati, ginjal dan gangguan pada darah.

Dosis


Untuk menggunakan  obat clindamycin hendaknya sesuai dengan dosis yang di tentukan karena kelebihan atau kekurangan dosis yang di tentukan dapat menimbulkan kerugian atau bahaya yang di timbulkan. Adapun dosis menggunakan clindamycin adalah sebagai berikut:

Untuk orang dewasa gunakanlah 150-300mg. Namun untuk mengatasi infeksi yang serius juga dapat di tingkatkan menjadi 300-400mg yang di gunakan dalam selang waktu 6 jam.
Sedangkan untuk anak-anak di sesuaikan dengan berat badan. Dengan perhitungan untuk tiap kg berat badan adalah 6-8mg.

Hal-hal yang perlu di perhatikan

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum menggunakan obat clindamycin karena untuk menghindari resiko pada kesehatan tubuh. Dan yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pada seseorang yang mengalami gangguan pencernaan, dilarang menggunakan obat clindamycin ini.
  • Tidak di anjurkan untuk mengobati infeksi pada saluran pernafasan bagian atas atau ISPA.
  • Hindari menggunakan clindamycin apabila anda mengalami gangguan hati/ginjal.
  • Obat ini tidak baik jika di gunakan dalam jangka panjang karena dapat merugikan hati atau ginjal.
  • Untuk wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat clindamycin, karena masih di mungkinkan adanya resiko berbahaya pada penggunaan obat ini.

Bolehkah clindamycin untuk wanita hamil?

Bagi anda yang sedang hamil mungkin bertanya-tanya tentang penggunaan obat ini karena biasanya pada awal kehamilan sebagian wanita ada yang mengalami wajah jerawatan ataupun untuk pengobatan lainnya. Sebaiknya untuk wanita hamil janganlah meminum obat ini karena belum ada penelitian yang menjelaskan tentang penggunaan obat clindamycin untuk wanitra hamil.

Cara mengkonsumsi clindamycin

Untuk menggunakan jenis obat antibiotik clindamycin ini sebaiknya di konsumsi dengan cara yang benar. Adapun cara mengkonsumsinya adalah;

  1. Clindamycin boleh di konsumsi sebelum/sesudah makan, namun tetap harus mematuhi dosis yang di tentukan.
  2. Untuk mengkonsumsi obat ini sebaiknya menggunakan segelas air penuh untuk menghindari iritasi pada tenggorokan dan lambung.
  3. Mengkonsumsi clindamycin harus sesuai jarak tenggang yang di tentukan yang biasanya di minum tiap 6 jam.
  4. Minumlah obat clindamycin yang di resepkan oleh dokter dengan teratur sampai habis.

Demikianlah artikel kali ini tentang Kegunaan Clindamycin 300 mg Dan Bahayanya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Obat Amandel Alami Yang Paling Ampuh.




Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar