Searching...

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Manjur 18 Penyakit

Kumis kucing adalah tanaman yang dapat di manfaatkan sebagai obat yang manjur untuk menyembuhkan penyakit yang sering terjadi pada manusia. Kumis kucing merupakan tanaman berbatang basah yang mudah di tanam di semua wilayah Indonesiadan mempunyai nama lain yang berbeda-beda pada tiap daerah, seperti: di jawa di kenal dengan nama remujung sedangkan di Madura di kenal dengan nama songot koneng serta di Sumatera di sebut dengan nama giri-giri marah. Tanaman kumis kucing tersebut sudah banyak di kenal di wilayah Asia dan Austrailia karena tanaman tersebut mempunyai manfaat untuk mengobati berbagai penyakit.
Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Manjur 18 Penyakit

Tanaman kumis kucing pertama kali berasal dari daerah Afrika dengan nama latinnya Orthosiphon aristatus, tanaman ini juga merupakan tanaman pilihan yang di fungsikan dan di kembangkan untuk pengobatan. Adapun ciri-ciri dari tanaman ini adalah mempunyai batang bersifat tegak dan basah, berakar tunggang, bentuk daun lonjong, tulang daun bercabang, warna bunga keunguan dengan benang sari membentuk kumis kucing. Tanaman kumis kucing ini mudah di kembangkan dan di tanam di daerah yang lembab. Adapun cara penanamannya bisa dengan batang atau bijinya. Pada tanaman kumis kucing ini mengandung zat kimia yang sangat baik untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Daun kumis kucing mengandung zat samak dan kalium tinggi serta zat kimia yang dapat di fungsikan untuk pengobatan. Adapun zat kimia yang terkandung di dalamnya antara lain: minyak atsisi, sinensetin, saponin, mioinositol dan sapofonin yang berkhasiat mengobati penyakit. Adapun penyakit yang dapat diobati dengan kumis kucing adalah seperti di bawah ini:

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Manjur Res-Resen

Res-resen adalah rasa sakit yang terjadi pada saat atau setelah kencing namun tidak ada atau sedikit air seninya, yang biasanya air seni berwarna pekat. Penyakit tersebut dapat diobati dengan menggunakan daun kumis kucing. Adapun cara mengobati penyakit tersebut dengan cara: rebuslah beberapa daun kumis kucing tersebut dengan air sampai mendidih, kemudian tunggu sampai dingin dan di minum 1/2 gelas satu kali saja biasanya sudah sembuh, namun jika penyakit tersebut belum sembuh juga, ulangi meminumnya sehari 2kali.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Manjur Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Daun kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh Infeksi pada kandung kemih yang di sebabkan oleh bakteri escherishia coli.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Manjur Rematik

Rhematik adalah penyakit yang disebabkan oleh perubahan hormon, genetik dan infeksi yang di sebabkan oleh virus. Penyakit rematik ini biasanya menyerang pada persendian otot dan urat. Untuk gejala yang ditimbulkan bisa berupa:

Rasa sakit dan nyeri apabila anggota badan bergerak, persendian mengalami kaku, otot melemah, terjadi kejang-kejang, pembengkakan pada persendian, sendi goyah dan berbunyi serta mengalami perubahan.

Untuk mengobati rasa sakit dan nyeri pada persendian supaya lebih baik dapat di obati dengan menggunakan daun kumis kucing. Adapun cara mengobatinya: Rebuslah daun kumis kucing dan daun meniran masing-masing 5 helai sampai mendidih, lalu diamkan dan tunggu sampai dingin baru di minum masing-masing 1/2 gelas 3 kali sehari.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Batuk

Batuk adalah penyakit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya dan virus, debu, alergi dapat menjadi penyebabnya. Batuk dapat dibedakan menjadi beberapa jenis ada batuk berdahak, batuk bronchitis, batuk kering, rejan dan asma. Obat penyakit batuk ini sudah banyak dijual di toko-toko obat, namun jika anda ingin mengobati penyakit batuk tersebut dengan daun kumis kucing caranya adalah sebagai berikut: Rebuslah kira kira 15gr daun kumus kucing dengan air 1 gelas sampai mendidih dan diminum setelah dingin 3kali sehari tiap kali minum 1gelas.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Masuk Angin

Masuk angin dapat terjadi pada semua orang di segala usia. Masuk angin disebabkan karena di dalam tubuh terjadi perkumpulan gas yang tidak teratur yang disebabkan akibat dari begadang, kurang tidur, kedinginan, terlambat makan dan akibat dari penurunan kondisi tubuh. Masuk angin dapat di tandai dengan gejala seperti: nafsu makan menurun, perut kembung, mengantuk, badan merasakan kedinginan, dan diare.

Untuk mengobati masuk angin dengan daun kumis kucing tersebut adalah dengan cara merebus 5 helai daun kumis kucing dengan segelas air sampai mendidih, tunggu sampai dingin dan di minum 1/2 gelas 2 kali dalam sehari.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Asam Urat


Asam urat adalah penyakit yang di sebabkan dan mudah kambuh jika berlebihan mengkonsumsi zat purin. Asam urat merupakan penyakit pada persendian yang biasanya menyerang pada persendian tangan, sikut, dengkul dan tumit. Adapun cara mengobati asam urat dengan daun kumis kucing tersebut dengan cara: rebuslah 5 lembar daun kumis kucing di tambah dengan daun meniran dengan segelas air, tunggu rebusan hingga tingal tersisa 1/2 nya saja kemudian di minum 3 kali dalam sehari dengan 1/2 gelas.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Keputihan

Keputihan adalah penyakit yang hanya terjadi pada wanita yaitu keluarnya cairan dari vagina yang berlebihan. Keputihan dibedakan menjadi 2, yaitu normal dan tidak normal. Yang normal ditandai dengan keluarnya cairan yang bening tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal. Hal itu terjadi pada masa subur, hamil dan mendapat rangsangan. Yang tidak normal akan mengeluarkan cairan yang berwarna kekuningan dan menyebabkan gatal. Keputihan seperti ini di sebabkan oleh bakteri, jamur, parasit dan virus. Untuk mengobati keputihan dengan daun kumis kucing adalah dengan cara sebagai berikut:

Ambillah segenggam daun kumis kucing dan daun beluntas masing-masing segenggam, lalu tambahkan 1 sendok teh jinten hitam dan 10 biji kemukus lalu rebuslah sampai mendidih, tunggu sampai dingin dan diminum 2 kali dalam sehari.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Mengobati Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal dapat terjadi karena adanya perpindahan bakteri dari kandung kemih menuju salah satu atau semua ginjal. Untuk cara pengobatan secara tradisianal dapat menggunakan daun kumis.

Tentang Ginjal


Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Kencing Batu

Kencing batu merupakan gangguan pada saluran kemih karena adanya infeksi, obstruksi, rasa sakit, dan metaplasia atau penyakit ini di sebut kencing batu.

Kencing batu adalah terbentuknya zat menjadi keras dari asam dan garam mineral yang ditandai dengan rasa nyeri akibat penyumbatan aliran dari kandung kemih. Untuk gejala yang di timbulkan dapat berupa; nyeri pada daerah pinggang yang selalu datang dan pergi secara tiba-tiba dan menjalar keperut , paha bagian dalam dan kemaluan, perut mual-mual, kembung, demam, pendarahan pada air kemih.

Untuk mengobati penyakit batu ginjal dengan daun kumis kucing tersebut adalah dengan cara; merebus daun kumis kucing sebanyak 90gr dengan segelas air putih hingga air rebusan tersisa 1/2 saja, tunggu sampai dingin dan diminum 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas tiap kali minum.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Sembelit

Sembelit adalah gangguan pada pencernaan yang di akibatkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat, menahan buang air besar dan perubahan hormon. Penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti timbul rasa sakit pada saat buang air besar, otot perut mengalami kram, mual, nafsu makan berkurang dan perut terasa berat.

Untuk mengobati sembelit dengan daun kumis kucing adalah dengan cara merebus 5 lembar daun kumis kucing dengan air sampai mendidih dan di minum setelah dingin.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang di akibatkan dari kelainan organ pankreas yang tidak menghasilkan hormon insulin yang menyebabkan hormon kadar gula dalam darah meningkat. Penyakit tersebut dapat menimbulkan gejala seperti; sering buang air kecil, merasakan haus, berat badan menurun, mudah merasakan kelelehan, sering terjadi kesemutan, kalau terjadi luka pada tubuh sulit sembuh.

Untuk mengobati penyakit diabetes dengan daun kumis kucing tersebut adalah dengan cara di rebus dengan 2gelas air putih daun kumis kucing tersebut kira-kira 15 lembar kemudian tunggu sampai airnya tinggal 1 gelas saja dan diminum sekali dalam sehari sebanyak 1 gelas.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah rasa sakit yang di sebabkan dari rasa lelah yang di timbulkan karena sehabis kerja keras atau beraktivitas. Pengobatan sakit pinggang tersebut juga dapat menggunakan daun kumis kucing dan akarnya yang di rebus kemudian di minum airnya 2 kali dalam sehari.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Sakit Encok

Untuk cara menggunakan daun kumis kucing untuk mengobati sakit encok sama dengan cara mengobatinya seperti mengobati sakit pinggang.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Hipertensi

Hipertensi adalah meningkatnyan tekanan darah pada dinding arteri yang dapat menimbulkan gejala seperti; sakit kepala, sering mimisan dan mudah lelah. Untuk mengobati Hipertensi tersebut dengan daun kumis kucing adalah dengan cara menyeduh daun kumis kucing yang telah di keringkan terlebih dahulu sebanyak 50gr dengan air panas dan tambahkanlah 50gr daun kumis kucing segar lalu aduklah dan baru di minum minimal segelas dalam sehari.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Sipilis

Sipilis adalah penyakit menular pada kelamin yang di sebabkan dari bakteri Treponema pallidum. Penyakit tersebut dapat menimbulkan gejala seperti; terjadinya pembengkakan pada getah bening, tonjolan kecil di daerah anus, ruam pada telapak tangan dan kaki, demam, pusing, lumpuh bahkan juga dapat menjadikan kebutaan.

Cara mengobati penyakit Sipilis dengan daun kumis kucing tersebut adalah dengan direbus dulu daun tersebut dengan air putih lalu di minum selagi masih hangat dan di minum secara rutin.

Tentang Penyakit Kelamin


Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Albuminuria

Albuminuria adalah gangguan pada organ ginjal yang menyebabkan adanya protein albumin dalam urin. Adapun cara mengobati penyakit ini dengan daun kumis kucing adalah dengan cara merebus daun tersebut dengan air dan di minum setelah dingin 2 kali dalam 1 hari dengan tujuan mengobati penyakit Albuminuria yang disebabkan dari hipertensi sehingga tekanan darah dapat menurun.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Radang Ginjal

Radang Ginjal adalah penyakit ginjal yang juga Glomerulonefritis dapat menjadi penyebabnya sehingga organ ginjal tidak mampu bekerja secara optimal dalam proses penyaringan.

Cara mengobati Radang Ginjal dengan daun kumis kucing adalah dengan cara merebus daun kumis kucing sebanyak kira kira 100gr dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja dan diminum 3 kali dalam sehari tiap kali minum 1gelas.

Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Gatal Karena Alergi

Alergi dapat di karenakan dari melemahnya sistim kekebalan tubuh sehingga tubuh tubuh lebih sensitif terhadap jamur, bulu, ataupun serbuk sari. Alergi dapat menimbulkan gejala seperti; rasa gatal-gatal, mata berair, bersin, terjadi ruam-ruam dan mudah lelah.

Untuk mengobati alergi dengan daun kumis kucing tersebut adalah dengan cara merebus daun kumis kucing, daun meniran, daun sambiloto masing-masing 1/2 genggam dan temulawak sebanyak 2 jari dengan empat gelas air hingga tersisa setengahnya saja tunggu sampai dingin dan di minum 2 kali dalam sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman kumis kucing tersebut untuk berbagai macam pengobatan tradisional dalam menyembuhkan penyakit. Demikianlah artikel kali ini tentang Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Manjur 18 Penyakit semoga dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat tanaman kumis kucing tersebut. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Obat Batuk Yang Manjur Untuk Batuk Berdahak dan Kering.




0 komentar:

Posting Komentar