Searching...

Manfaat Dan Khasiat Mahkota Dewa Sebagai Obat Yang Manjur

Tanaman mahkota dewa merupakan tanaman unik yang mengandung empat unsur zat yang dapat di gunakan untuk pengobatan dan pencegahan dari berbagai macam penyakit. Empat zat yang terkandung di dalam mahkota dewa tersebut adalah; zat alkaloid, polifenol, anti oksidan dan flavonoid keempat zat tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang satu ini juga merupakan tanaman yang banyak di butuhkan oleh semua orang bahkan kaum herbalis, karena akan fungsinya sebagai salah satu tanaman yang dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan. Selain dari fungsinya sebagai obat dan pencegahan penyakit, tanaman tersebut dapat di manfaatkan sebagai sumber untuk memperkokoh sistem kekebalan pada tubuh. Memang banyak sekali manfaat yang dapat di peroleh dari tanaman tersebut, namun tanaman tersebut juga masih terlihat jarang kita temui di sekitar kita walaupun tanaman tersebut hampir di butuhkan oleh setiap orang.
Manfaat Dan Khasiat Mahkota Dewa Sebagai Obat Yang Manjur

Mahkota dewa tergolong jenis tanaman kecil yang sudah mampu menghasilkan banyak buah dan tanaman tersebut jika di tanam pada tempat yang subur, dengan ketinggian pohon kira-kira 1m sudah mampu menghasilkan buah. Tanaman yang kaya akan manfaat dan khasiatnya tersebut masih dibilang belum banyak ditanam oleh kebanyakan orang pada hal tanaman tersebut pastinya setiap orang membutuhkannya. Adapun untuk mengetahui berbagai manfaat dan khasiat dari tanaman mahkota dewa tersebut adalah seperti di bawah ini.

Manfaat Dan Khasiat Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa sekarang banyak dicari dan di butuhkan sebagai bahan jenis obat herbal ataupun bahan pembuat jamu karena pada bagian batang, buah dan daun sama sama mengandung zat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk manfaat mahkota dewa sendiri  adalah sebagai obat dari berbagai penyakit dan sebagai zat yang di butuhkan tubuh sebagai antibiotik pada sistem kekebalan. Adapun khasiat dan manfaat mahkota dewa adalah sebagai berikut:

Mahkota dewa dapat di gunakan sebagai obat penyakit gula darah/diabetes

Buah mahkota dewa dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah/diabetes karena pada mahkota dewa mengandung zat Saponin yang mampu menurunkan kadar gula pada darah penderita. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut: Rebuslah buah mahkota tersebut, namun sebelumnya di cuci dan di iris lebih dulu supaya air rebusan lebih kental, kemudian setelah itu saringlah lalu diminum secara rutin sebanyak 3kali dalam sehari.

Mahkota dewa dapat di gunakan untuk mencegah peradangan

Buah mahkota dewa dapat di manfaatkan sebagai obat untuk mengobati dan mencegah terjadinya peradangan atau mencegah penyakit yang disebabkan dari inflamasi. Adapun cara menggunakannya adalah dengan meminum air rebusan secara rutin 3kali dalam sehari.

Mahkota dewa dapat di gunakan sebagai obat anti virus

Selain dapat digunakan sebagai obat penyakit yang disebabkan dari bakteri, mahkota dewa juga dapat di manfaatkan sebagai obat untuk mencegah berkembangnya virus dalam tubuh. Cara menggunakannya adalah dengan cara meminum rebusan tersebut secara rutin.

Mahkota dewa dapat di gunakan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit

Pada buah mahkota dewa mengandung zat flavonoid yang dapat dimanfaatkan sebagai obat yang mampu meringankan rasa sakit pada tubuh penderita.

Mahkota dewa dapat di manfaatkan sebagai obat penyakit tumor


Pada buah mahkota dewa, tersusun dari kulit, daging dan biji. Pada bagian kulit dari buah mahkota dewa tersebut mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit tumor. Adapun cara menggunakannya adalah dengan cara direbus dulu namun sebelumnya kulit tersebut dijemur hingga kering. minumlah rebusan tadi secara rutin 3kali dalam sehari.

Mahkota dewa berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner

Pada buah mahkota dewa mengandung zat yang berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner. Adapun zat tersebut adalah zat flavonoid, zat flavonoid pada buah mahkota dewa dapat berfungsi  untuk memperlancar aliran darah pada pembuluh darah dan oleh sebab itu buah mahkota dewa dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner (penyakit yang disebabkan karena tersumbatnya aliran darah yang menuju kejantung)

Mahkota dewa berkhasiat untuk mengobati flu dan batuk

Salah satu dari manfaat mahkota dewa adalah sebagai antivirus, oleh karena itu buah mahkota dewa dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus misalnya penyakit flu dan batuk.

Mahkota dewa berkhasiat sebagai obat untuk mencegah timbulnya sel kanker dan tumor

Pada kulit buah mahkota dewa banyak mengandung zat antioksidan. Zat tersebut mampu mencegah munculnya atau berkembangnya sel kanker dan tumor pada penderita.

Mahkota dewa berkhasiat sebagai obat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Pada buah mahkota dewa mengandung zat alkaloid, zat tersebut mampu mencegah dan mengobati penyakit yang di akibatkan dari infeksi bakteri.


Mahkota dewa berkhasiat sebagai pembangun kekebalan pada tubuh

Di dalam mahkota dewa terdapat zat saponin, dan zat tersebut dapat berkhasiat sebagai pembangun sistem kekebalan pada tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit baik penyakit yang disebabkan dari bakteri maupun virus.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan sebagai obat untuk detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran endapan yang berupa zat/racun yang berbahaya bagi tubuh dan pada proses tersebut di laksanakan oleh ahli kesehatan namun dengan harga yang lumayan besar, dengan menggunakan tanaman mahkota dewa yang mempunyai hargarelatif murah dapat mengganti detoksifikasi karena pada mahkota dewa berkhasiat sebagai obat untuk mengeluarkan racun berbaha dalam tubuh.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan sebagai obat gatal pada kulit

Memang manyak manfaat yang dapat di ambil dari tanaman mahkota dewa tersebut, di antaranya juga dapat di manfaatkan sebagai obat gatal pada kulit, karena pada daun mahkota dewa mengandung zat polifenol yang dapat di manfaatkan untuk mengobati gatal gatal. Adapun cara penggunan daun mahkota dewa sebagai obat gatal tersebut adalah dengan cara ditumbuk halus kemudian di bubuhkan pada kulit yang gatal tersebut.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan untuk mengobati penyakit hepatitis

Penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat mengakibatkan peradangan pada organ hati sehingga fungsi hati sebagai penetral racun dan sebagai pengurai sari makanan dalam tubuh tidak mampu bekerja dengan baik. Penyakit hepatitis tersebut dapat diobati dengan menggunakan mahkota dewa sebagai pendukung. Adapun cara mengobatinya adalah sebagai berikut; Ambillah daun pegagan dan buah mahkota dewa dengan perbandingan sebesar 15gr daun pegagan, 5gr daging mahkota dewa, 15gr daun mahkota dewa dan 15gr daun sambiloto lalu tambahkan air bersih 5gelas, kemudian rebuslah ramuan tersebut hingga tersisa kira kira 2,5-3gelas lalu saring dan ambillah air rebusan tersebut baru di minum 3kali dalam sehari secara rutin.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan untuk mengobati penyakit disentri

Penyakit disentri adalah gangguan pencernaan yang di sebabkan oleh bakteri/kuman yang mengakibatkan peradangan atau infeksi pada usus. Penyakit disentri di tandai dengan gejala diare, dan penyakit tersebut dapat diobati dengan kulit mahkota dewa. Adapun cara menggunakannya sebagai obat dengan cara direbus, namun sebelumnya kulit tersebut di keringkan terlebih dahulu baru direbus dan di saring diambil airnya baru diminum.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol


Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan munculnya penyakit yang berbahaya karena kolesterol tinggi dapat mempersempit pembuluh arteri yang bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner, kolesterol tinggi juga dapat mengakibatkan pembekuan pada darah atau pembuluh darah pecah yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit stroke dan juga masih banyak lagi penyakit yang di sebabkan dari kadar kolesterol tinggi. Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi bisa di obati dengan memanfaatkan mahkota dewa.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan untuk mengurangi timbunan lemak pada pembuluh darah


Pada mahkota dewa mengandung zat flavonoid yang dapat mengurangi timbunan lemak pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran darah, untuk mengurangi timbunan lemak tersebut bisa menggunakan manfaat dari mahkota dewa.





Mahkota dewa dapat di manfaatkan untuk mengobati asam urat


Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, gagal ginjal, batu ginjal dll. Tanaman mahkota dewa dapat berkhasiat untuk menurunkan kadar asam urat karena buah mahkota dewa mengandung zat flavonoid.


Mahkota dewa dapat di manfaatkan untuk menghilangkan alergi

Mahkota dewa juga mengandung anti histamin karena mengandung zat polifenol yang dapat di manfaatkan untuk menghilangkan alergi terhadap jenis makanan.

Selain banyak manfaat yang dapat di peroleh dari tanaman mahkota dewa tersebut, pada tanaman mahkota dewa tersebut juga mengandung zat berbahaya yang terletak pada bijinya karena mengandung toksin/racun apabila di cerna kedalam tubuh. Pada tanaman mahkota dewa yang berbahaya adalah bijinya, dan bagi anda jika ingin memanfaatkan mahkota dewa jangan sampai biji tersebut dimakan/tertelan karena dapat menyebabkan keracunan.


Ciri-Ciri Mahkota Dewa

Ciri-ciri mahkota dewa pada uraian kali ini di maksudkan untuk memahami kebenaran tentang pahon mahkota dewa, karena ada tumbuhan lain yang mirip dengan tumbuhan mahkota dewa tersebut. Untuk memahami tumbuhan mahkota dewa bisa anda simak pada uraian dibawah ini:
  1. Pohon mahkota dewa mempunyai batang kasar yang berbentuk bulat dengan warna kulit pohon dan batang kecoklatan.
  2. Pada bagian akar tumbuhan mahkota dewa terdiri serabut dan akar tunjang.
  3. Ciri daun mahkota dewa adalah berbentuk tunggal seperti pada gambar diatas.
  4. Pada bagian bunga mahkota dewa dapat tumbuh di ranting dan batang dan mekar tidak mengenal musim.
  5. Buah mahkota dewa memiliki diameter kira-kira 5cm dengan warna buah muda hijau dan jika sudah matang/tua berwarna merah darah.
  6. Pada bagian buah terdapat biji yang berbentuk bulat lonjong dan berwarna cokelat, dan pada biji tersebutlah yang mengandung racun yang berbahaya.

Dan demikianlah uraian kali ini tentang Manfaat Dan Khasiat Mahkota Dewa Sebagai Obat Yang Manjur beserta cirinya. Mudah-mudahan dapat anda jadikan referensi tentang manfaat dan khasiat mahkota dewa dalam pengobatan. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang "Menakjubkan,," Manfaat Air Putih Ternyata Luar Biasa Untuk Kesehatan.



0 komentar:

Posting Komentar