Searching...

Ciri Gejala Penyakit Jantung Pada Laki-Laki Dan Wanita

Sebenarnya penyakit jantung sudah dapat di ketahui mulai dari awal, di usia muda dan awal terjadinya penyakit jantung tersebut. Bagi anda yang ingin memastikan apakah penyakit jantung ini sedang terjadi pada diri anda ataukah tidak? akankah nantinya anda akan mengalami penyakit jantung ini? Berikut akan saya uraikan tentang Ciri Gejala Penyakit Jantung Pada Laki-Laki Dan Wanita secara lengkap dan akurat. Namun sebelum anda membaca uraian tentang ciri, gejala ataupun penyebabnya, alangkah baiknya jika anda mengetahui dulu tentang penyakit jantung ini. Karena dengan mengetahui penyakit ini akan mempermudah memahami gejala dan ciri-ciri penyakit jantung tersebut.

Penyakit Jantung


Mendengar tentang penyakit jantung, yang akan terfikirkan oleh kita adalah keselamatan jiwa. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit jantung ini merupakan jenis penyakit yang tidak bisa untuk di sepelekan, karena nyawa adalah taruhannya.


Penyakit jantung tergolong sebagai penyakit yang mengerikan oleh karena itu bagi anda yang ingin mengetahui tentang ciri gejala penyakit jantung pada laki-laki dan wanita adalah tindakan yang tepat karena dengan mengetahui lebih awal dari penyakit jantung tersebut akan membuka peluang kita untuk mendapatkan kesempatan untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari dari segala hal yang memicu pada penyakit jantung tersebut. Penyakit jantung merupakan penyakit yang berat yang dapat membahayakan kehidupan, oleh karena itu dalam mengantisipasi untuk menjaga kesehatan jantung harus selalu di utamakan.

Sebelum anda memahami lebih lanjut mengenai penyakit jantung ini, saya akan menjelaskan dulu tentang pengertian penyakit jantung itu sendiri. Apakah penyakit jantung itu dan mengapa penyakit ini bisa terjadi pada laki-laki ataupun wanita dengan ciri yang berbeda? Penyakit jantung adalah kelainan pada jantung yang di sebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan kinerja jantung menjadi melemah, terbebani bahkan tidak bekerja sama sekali. Penyakit jantung juga termasuk dalam kategori penyakit mematikan nomor satu di dunia dan oleh sebab itu, penyakit ini perlu di waspadai.

Penyebab

Proses terjadinya penyakit jantung di dalam tubuh tentunya akan berkaitan erat dengan pembuluh darah dimana pembuluh darah ini akan memegang peranan penting terhadap kesehatan jantung. Penyebab penyakit jantung secara umum di sebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sedangkan pada penyumbatan pembuluh darah itu sendiri dapat di bagi menjadi dua bagian antara lain yaitu penyumbatan pembuluh koroner besar dan kecil.
  • Penyumbatan pembuluh koroner besar. Gejala penyakit jantung ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada koroner besar biasanya bersifat sementara dan selain itu juga menimbulkan rasa sakit dan nyeri di bagian dada.
  • koroner kecil. Gejala ini dapat timbul akibat dari penyumbatan yang  akan hanya bisa di alami oleh penderita penyakit diabetes/kencing manis atau akibat dari kolesterol tinggi yang dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi kaku.

Penyebab penyakit jantung berdasarkan pada penelitian dari para ahli, penyakit jantung ini dapat terjadi pada seseorang yang sering melakukan tindakan yang salah. Yaitu kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok, kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, dll. Dan berikut penyebabnya:

/div>
1. Karena Merokok, bisa menjadi penyebab penyakit jantung. kebiasaan dalam merokok memang dapat merugikan kesehatan apalagi bagi mereka yang mengalami kecanduan dalam merokok, meninggalkan merokok akan lebih sulit untuk dilakukan. Untuk menjaga kesehatan jantung, kebiasaan dalam merokok hendaknya harus ditinggalkan karena pada asap rokok telah mengandung nikotin dan karbon monoksida yang dapat memicu pada penggumpalan darah dan menyebabkan kerja jantung akan lebih berat. Pada aasap rokok juga mengandung zat kimia yang dapat mengakibatkan dinding arteri jantung menjadi rusak yang dapat memicu terjadinya penyumbatan aliran darah dari jantung menuju seluruh tubuh.

2. Makanan berkolesterol, juga menjadi penyebab penyakit jantung. Kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi secara berlebihan juga dapat memicu pada perkembangan penyakit jantung karena mempunyai sifat yang mudah menempel di dinding pembuluh darah yang menyebabkan plak.

3. Hipertensi, pada penderita hipertensi/tekanan darah tinggi, juga menyebabkan kondisi jantung kurang sehat, karena sehala hal yang berkaitan dengan mengganggu dan memperberat kerja jantung dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

4. Diabetes, penyakit diabetes dapat menyebabkan dinding pembuluh darah mengalami penebalan sehingga akan terjadi penyumbatan pada aliran darah, pada penderita penyakit ini lebih beresiko terhadap terjadinya penyakit jantung.

5. Kelebihan Berat Badan, pada seseorang yang mencapai berat badan yang berlebihan/obesitas akan beresiko terhadap penyakit jantung karena akan mengalami kelebihan kolesterol dan memperbesar peluang terjadinya hipertensi yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

6. Usia lanjut, makin bertambahnya usia juga makin berpeluang dan mempermudah terjadinya penyakit jantung, karena pada orang yang sudah tua akan mengalami penurunan fungsi organ-organ tubuh yang akan beresiko dan menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung.

7. Keturunan,  Faktor dari keturunan juga bisa menjadi penyabab penyakit jantung. Karena penyakit jantung selain dari faktor yang lain juga dapat terjadi pada seseorang yang mempunyai keturunan yang pernah mengidap penyakit jantung ini.

Ciri-Cirinya

Apabila anda ingin mengetahui penyakit jantung ini terjadi pada diri anda ataupun pada orang lain, dapat anda ketahui cirinya melalui bagian dari anggota tubuh yang tidak tertutupi. Ciri penyakit jantung akan di tandai dengan perubahan yang terjadi pada bagian tubuh tertentu, sehingga dapat memudahkan anda untuk memastikan keberadaan penyakit ini. Adapun ciri penyakit jantung dapat di ketahui dari:

  1. Lidah; akan menunjukkan warna ungu kebiru-biruan apabila anda terkena penyakit jantung karena lidah orang normal mempunyai warna kemerah-merahan dan terlihat segar.
  2. Kaki; orang yang terkena penyakit jantung pada bagian jari kaki tidak terdapat bulu-bulunya karena aliran darah menuju kaki terhambat atau tidak lancar yang di sebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sedangkan kaki orang yang sehat akan terlihat bulu-bulunya walaupun orang tersebut memiliki bulu yang sangat halus.
  3. Ciri Kuku; orang yang terserang penyakit jantung akan berwarna kebiru-biruan, sedangkan orang yang sehat memiliki warna kuku putih kemerah-merahan.
  4. Telapak Tangan; orang yang terkena penyakit jantung akan banyak mengeluarkan keringat dan terlihat pucat, sedangkan orang yang sehat pada telapak tangannya akan terlihat merah muda.
  5. Mata; orang yang terkena penyakit jantung berwarna keperak-perakan, sedangkan orang sehat mempunyai warna mata yang bersih.

Ciri penyakit jantung tersebut merupakan tanda-tanda seseorang yang mengalami penyakit jantung jika di lihat dengan mata telanjang.

Gejala Penyakit Jantung


Gejala penyakit jantung dapat di ketahui dengan munculnya kelainan pada tubuh yang dapat pula menimbulkan rasa nyeri dan ada juga yang tidak. Dengan mengetahui gejala penyakit jantung lebih awal, maka terbukalah kesempatan anda untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menjauhi segala sesuatu yang dapat menjadi penyebab memburuknya kondisi jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dalam kehidupan, oleh itu lakukanlah segala sesuatu yang dapat menjaga kesehatan jantung anda.

Gejala penyakit jantung seperti ini selain terjadi pada laki-laki dan wanita dewasa juga bisa terjadi pada anak-anak di bawah umur, oleh karena itu, mengetahui tentang ciri awal penyakit jantung dapat menguntungkan kita untuk mempermudah dalam mengambil tindakan lebih cepat untuk menghindari dari berbagai hal yang dapat memicu perkembangan dari penyakit jantung. Berdasarkan penelitian, penyakit jantung disebabkan karena menurunnya kinerja jantung akibat dari aliran darah pada jantung terhambat atau terhenti yang di akibatkan adanya sel-sel jantung yang mati sehingga pembuluh darah mengalami penyumbatan yang akan menimbulkan gelala-gejala pada tubuh.

Apabila gejala penyakit jantung ini telah muncul, akan menandakan adanya masalah baru di dalam kesehatan, karena begitu penting peranan jantung terhadap kehidupan manusia sampai-sampai di ibaratkan bahwa jantung yang sehat akan mempunyai umur yang panjang, hal tersebut juga masuk akal, karena penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan. Dan berikut di bawah ini merupakan ciri seseorang yang terserang penyakit jantung.

Sesak nafas

Gejala penyakit jantung dapat di ketahui dari adanya gangguan pernafasan seperti sesak nafas. Gejala sesak nafas secara umum di derita oleh seseorang yang mengidap penyakit asma, namun pada seseorang yang terkena penyakit jantung akan mengalami sesak nafas yang di akibatkan dari masuknya cairan kedalam rongga paru-paru. Pada penderita penyakit jantung, sesak nafas akan terjadi pada saat sedang beristirahat atau sedang tidur, maka waspadalah terhadap kejadian semacam ini karena dapat di mungkinkan adanya penyakit jantung.

Kepala pusing

Gejala penyakit jantung secara umum akan menimbulkan gejala seperti sering mengalami pusing-pusing di kepala sampai pingsan karena di sebabkan adanya ketidak setabilan aliran darah atau mendadak tekanan darah menjadi turun sehingga pasokan darah menuju otak tidak terpenuhi, oleh karena itu jika anda telah mengalami gejala seperti itu hendaknya berhati-hatilah karena hal tersebut merupakan gejala awal dari penyakit jantung.

Jantung Berdebar-debar

Apabila anda mengalami berdebar debar dengan jantung yang terasa berdenyut kencang atau bisa juga tiba-tiba melemah tanpa alasan yang jelas hendaknya harus di waspadai karena hal seperti itu merupakan ciri gejala dari penyakit jantung. Jantung berdebar-debar yang menandakan gejala penyakit jantung ini bukan di sebabkan karena faktor lain misalnya; anemia, kekurangan magnesium, merokok, stres, obesitas maupun penggunaan jenis obat obatan melainkan di sebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah.

Fisik lemah/Mudah lelah

Gejala penyakit jantung akan di rasakan pada tubuh yang terasa lelah sekali seperti habis bekerja keras atau habis berolahraga berat. Rasa mudah lelah akan dirasakan oleh penderita penyakit jantung. Rasa lelah umumnya akan berkurang sehabis kita tidur, namun gejala penyakit jantung seperti ini tidak berkurang walaupun kita sudah beristirahat dengan cukup. Apabila gejala seperti itu terjadi pada anda, itu patut di waspadai karena rasa lelah semacam itu merupakan gejala awal dari penyakit jantung.

Gangguan Pencernaan

Ciri gejala penyakit jantung juga akan menimbulkan gangguan pada pencernaan seperti adanya rasa mual dan muntah. Gejala penyakit jantung seperti ini di sebabkan karena adanya penyumbatan pada arteri. Jika kondisi ini sudah terjadi maka rasa nyeri dapat di rasakan pada bagian dada. Karena bagian dada dan perut berdekatan maka perut juga mendapat efek dari rasa tersebut sehingga dapat mengakibatkan mual dan muntah. Gangguan pencernaan yang merupakan gejala diabetes ini bukan di sebabkan dari adanya faktor baik itu dari Gastritis, Hemeroid, Wasir, Ambeyen, Hepatitis, Malnutrisi, Maag, Diare, Tukak Lambung, Konstipasi, Apendisitis ataupun Keracunan, melainkan karena adanya gangguan pada pembuluh darah yang terkadang di sertai dengan adanya rasa nyeri.

Keringat/Hiperhidrosis

Keluarnya keringat pada bagian tubuh misalnya pada telapak tangan bukan berarti harus di katakan menderita penyakit jantung karena Palmar Hyperhidrosis ini dapat di sebabkan dari sistem saraf simpatik yang hiperaktif. Keluarnya keringat yang merupakan gejala penyakit jantung akan di ikuti oleg gejala-gejala penyakit jantung yang lain.

Gejala penyakit jantung juga akan di tandai dengan keluarnya keringat yang berlebihan tanpa sebab namun terjadi pada anggota badan tertentu saja, seperti pada kaki, tangan, ketiak dan wajah, sedangkan secara normal keringat akan keluar pada seluruh badan. Hal tersebut juga perlu di waspadai, karena keluarnya keringat seperti itu merupakan gejala dari penyakit jantung.

Nyeri

Gejala penyakit jantung selanjutnya yaitu adanya rasa nyeri pada bagian dada yang terasa sangat dalam karena nyeri tersebut di akibatkan dari tersumbatnya aliran darah menuju jantung. Apabila gejala seperti itu terjadi pada anda sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Pada bagian dada terasa tersebut juga bisa terasa berat atau bisa juga sesak. Hal itu dapat terjadi karena denyut jantung yang berdenyut tidak teratur atau tudak optimal dalam memompa darah keseluruh tubuh. Hal itu bisa disebabkan karena adanya penyumbatan, penebalan otot jantung atau bisa jadi adanya kelainan pada katup jantung. Sering terjadi mual-mual atau menurunnya nafsu makan. Hal tersebut di karenakan pada bagian perut mengalami pembengkakan.

Nafsu makan

Secara umum, nafsu makan selalu terkait dengan sistem pengaturan tubuh untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi ataupun energi. Menurunnya nafsu makan juga akan menjadi bumerang bagi kesehatan apabila berlangsung cukup lama karena kekurangan gizi akan berdampak pada munculnya penyakit yang serius.

Penderita penyakit jantung akan mengalami penurunan nafsu makan, hal itu disebabkan karena adanya gangguan gejolak nyeri pada bagian dada yang dapat merambat ke bagian perut. Waspadalah apabila ada rasa nyeri di bagian dada yang mengakibatkan anda tidak bernafsu untuk makan karena itu merupakan gejala penyakit jantung.

Membengkak

Gejala penyakit jantung yang paling mudah di lihat dengan mata yaitu adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Bagian tubuh yang membengkak tersebut bukan karena di sebabkan dari gondok, difteri, kista ataupun karena adanya infeksi pada tubuh yang lain melainkan pembengkakan yang terjadi tanpa sebab dan muncul secara tiba-tiba tanpa di sebabkan dari penyakit lain. Apabila ada bagian tubuh membengkak tanpa sebab yang jelas maka perlu di waspadai karena hal itu juga merupakan gejala penyakit jantung.

Penyakit Jantung Pada Laki-Laki dan Wanita


Ciri penyakit jantung pada laki-laki dan wanita akan di tandai dengan gejala-gejal tertentu, sedangkan untuk memastikan apakan gejala yang di timbulkan tersebut merupakan gejala penyakit jantung atau karena di timbulkan dari penyakit selain penyakit jantung perlu di lakukan diagnosa secara intensif. Untuk mengetahui lebih jelas tentang ciri penyakit jantung, dapat di ketahui seperti di bawah ini.

Laki-laki

Ciri penyakit jantung pada laki-laki akan merasakan rasa sakit pada bagian siku, punggung, bahu dan leher. Rasa sakit tersebut bisa tiba-tiba muncul dan pergi sehingga apabila gejala itu terjadi pada anda, sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Wanita

Ciri penyakit jantung pada wanita akan di tandai dengan rasa sakit pada tangan baik itu tangan kiri atau kanan. Rasa sakit yang suka datang dan pergi itu akan sering di rasakan pada wanita yang terkena penyakit jantung.

Baik untuk di baca: Makanan Untuk Menyehatkan Jantung

Ciri Gejala Penyakit Jantung Koroner


Gejala penyakit jantung koroner terbentuk karena adanya plak pada dinding pembuluh arteri yang menyebabkan peredaran darah terhambat. Pada wanita normal yang sudah tidak mengalami menstruasi atau pasca menopause lebih beresiko terhadap penyakit ini di bandingkan pada wanita yang masih mengalami menstruasi. Dan menurut para ahli bahwa gejala penyakit jantung pada wanita lebih susah untuk di identifikasi dari pada pria. Namun secara umum ciri penyakit jantung koroner pada wanita akan menimbulkan gejala-gejala seperti:

  1. Perut Panas. Rasa terbakar pada perut akan di alami oleh wanita karena hal itu merupakan gejala dari penyakit jantung. Wanita akan lebih sering mengalami rasa sakit/nyeri pada bagian dada kebawah sementara laki-laki lebih sering mengalami rasa nyeri pada bagian dada keatas.
  2. Gelisah; juga merupakan gejala jantung koroner pada wanita karena di sebabkan dari gangguan detak jantung yang tidak beraturan.
  3. Pencernaan; wanita yang terserang penyakit jantung lebih berpotensi terhadap gangguan pencernaan dari pada pria.
  4. Stres; dapat di sebabkan karena banyak hal namun jika stres ini di ikuti adanya gejala penyakit jantung yang lain maka juga termasuk gejala penyakit jantung. Karena gejala seperti stres ini sering di alami oleh wanita yang menderita penyakit jantung.
  5. Sesak nafas; merupakan gejala penyakit jantung yang umum baik laki-laki maupun wanita.

Sedangkan gejala penyakit jantung koroner pada laki-laki akan di tandai dengan gejala-gejala seperti:

  • Rasa nyeri pada dada; Gejala jantung koroner pada laki-laki yang terserang penyakit jantung akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada bagian dada, punggung dan leher
  • Sesak nafas; Selain perempuan, laki-laki juga akan mengalami gejala seperti ini. Selain sesak nafas juga akan merasakan detak jantung yang berdenyut berubah-ubah, terkadang cepat dan terkadang juga lambat.
  • Mual dan muntah; Gejala ini juga merupakan gejala yang umum karena perempuan juga dapat mengalami gejala seperti ini walaupun laki-laki lebih mendominasi terhadap gejala ini.
  • Pusing; Laki-laki akan lebih merasakan gangguan di sekitar bagian dada keatas seperti rasa pusing di kepala yang datang dan muncul dengan tiba-tiba.

Karena begitu besar bahaya yang dapat ti timbulkan dari penyakit jantung tersebut maka tidak ada salahnya apa bila kita selalu menjaga kesehatan jantung kita dengan cara menjauhi segala hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung dengan membiasakan dengan cara hidup yang sehat.

Meringankan Gejala Penyakit Jantung


Gejala yang di timbulkan dari penyakit jantung pada setiap orang dapat berbeda-beda karena juga berkaitan dengan kondisi fisik dan jenis kelamin, seperti contoh ada penderita penyakit jantung dengan gejala yang setiap saat mengalami demam namun juga ada seseorang yang mengidap penyakit jantung tanpa adanya demam pada tubuh. Walaupun terdapat perbedaan namun semuanya tetap perlu mendapatkan kewaspadaan dengan cara menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan bagi yang terserang penyakit jantung dapat meringankan gejala penyakit jantung sedangkan bagi anda yang tidak menderita sakit jantung dapat bermanfaat untuk menjauhi terjadinya penyakit jantung. Untuk meringankan gejala penyakit jantung dapat di lakukan usaha-usaha seperti:

  • Menjaga kesehatan jantung dengan cara tidur/beristirahat yang cukup karena kurang tidur dapat lebih beresiko yang bisa di kaitkan dengan penyakit jantung.
  • Rajin-rajinlah berolah raga, karena dapat memperlancar aliran darah dengan normal sehingga akan menjauhi penyakit jantung.
  • Gejala penyakit jantung dapat berkurang apabila mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran karena mengandung serat serta mengandung banyak vitamin yang dapat menyehatkan jantung. Adapun buah yang banyak ditemukan di sekitar yang baik untuk kesehatan jantung meliputi; buah jeruk, pepaya dan melon. Buah-buahan tersebut kaya akan vitamin C, dan pada buah melon mengandung vitamin c, antioksidan karotenoid dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Minum air putih yang cukup, karena selain meringankan gejala penyakit jantung juga dapat mengurangi resiko terhadap terjadinya penyakit jantung.

Demikianlah artikel kali ini mengenai ciri gejala penyakit jantung pada laki-laki dan wanita, mudah-mudahan dapat bermanfaat sehingga dapat menambah wawasan baru tentang penyakit jantung. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Ciri, Gejala dan Pengobatan Penyakit Jantung.




0 komentar:

Posting Komentar