Searching...

11 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Lengkap Dengan Gambar

Daun pegagan termasuk tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat dalam dunia pengobatan, karena mengandung zat kimia yang dapat di fungsikan sebagai bahan pengobatan dari berbagai jenis penyakit. Tanaman pegagan juga banyak di temukan di area dekat sawah atau lingkungan berair dan juga pada lingkungan yang berbatu pada tempat yang terbuka. Tanaman pegagan tergolong tanaman yang berkembang biak dengan tumbuh menjalar. Adapun nama latin dari tanaman pegagan adalah Centella asiatica dan di beberapa daerah tanaman pegagan tersebut mempunyai nama-nama yang berbeda dan jenis daun pegagan yang di temukan bermacam macam namun yang banyak di jumpai ada dua yaitu pegagan hijau dan pegagan merah.

Ciri dari tanaman pegagan merah adalah mempunyai daun kemerahan yang tumbuh menjalar dengan geragih tanpa batang namun memiliki rimpang pendek. adapun ciri dari daun pegagan hijau seperti pada gambar diatas, mempunyai daun yang membentuk seperti payung juga ada yang bercelah dan tanaman pegagan tersebut berbunga tanpa mengenal musim. Untuk mengetahui dan mendapatkan daun pegagan cukup mudah namun yang menjadi persoalan adalah di beberapa daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda dan hal itulah yang mungkin bisa meragukan apakah daun tersebut adalah daun pegagan atau tidak. Untuk mengetahui lebih jelasnya nama lain dari tanaman pegagan adalah seperti pada tabel dibawah ini:

Daerah/Wilayah/NegaraNama Lain Daun Pegagan/Centella asiatica
InggrisDaun pegagan di sebut dengan nama Buabok
BelandaDaun pegagan di sebut dengan nama Paardevoe
MakassarDaun pegagan di sebut dengan nama Pagaga
LombokDaun pegagan di sebut dengan nama Bebele
BaliDaun pegagan di sebut dengan nama Piduh
IrianDaun pegagan di sebut dengan nama Sandanan
BugisDaun pegagan di sebut dengan nama Daun tungke
MelayuDaun pegagan di sebut dengan nama Daun kaki kuda
AcehDaun pegagan di sebut dengan nama Peugaga
SundaDaun pegagan di sebut dengan nama Antanan, Dulang Sontak
BanjarDaun pegagan di sebut dengan nama Jalukap
BatakDaun pegagan di sebut dengan nama Ampagaga
SundaDaun pegagan di sebut dengan nama Antanan, dulang sontak
JawaDaun pegagan di sebut dengan nama Cowek-cowekan
Indramayu,CirebonDaun pegagan di sebut dengan nama Semanggen
MinangDaun pegagan di sebut dengan nama Pigago
HanziDaun pegagan di sebut dengan nama Ji xue cao
TamilDaun pegagan di sebut dengan nama Vallarei
SinhalaDaun pegagan di sebut dengan nama Gotu kola


Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman pegagan karena pada daun pegagan mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung unsur kimia yang meliputi: Triterpenoid, Brahmoside, Asiaticoside dan Brahminoside keempat zat tersebut dapat berfungsi untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut di bawah ini manfaat daun pegagan yang ampuh untuk digunakan dalam mengobati penyakit.

Manfaat Daun Pegagan Sebagai Obat Penyakit

Daun pegagan berkhasiat untuk mengobati penyakit kronis yang di sebabkan oleh bakteri atau virus. Adapun jenis penyakit yang dapat diobati dengan daun pegagan tersebut adalah:

1. Daun pegagan dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi

Daun pegagan dapat di manfaatkan sebagai obat untuk mengobati darah tinggi karena mengandung unsur Triterpenoid yang berguna untuk memperbaiki atau memperlancar peredaran darah. Untuk membuat resep tersebut adalah sebagai berikut; siapkan 60lembar daun pegagan lalu cucilah dari kotoran/tanah, setelah itu rebuslah dengan air sebanyak kurang lebih 9gelas tunggu sampai air rebusan tinggal 1,5gelas, setelah itu saring dan pisahkan airnya tunggu sampai dingin baru di minum 3kali dalam sehari dengan tiap kali minum 1/2 gelas.

2. Daun pegagan dapat digunakan untuk mengobati sakit demam

daun pegagan berkhasiat untuk mengobati demam karena pada daun pegagan mengandung unsur kimia yang berguna untuk mengobati demam. Adapun cara membuat resepnya adalah sebagai berikut: ambillah 5 daun pegagan kemudian tumbuklah sampai halus setelah itu aduklah dengan air matang baru dimimum airnya pada pagi hari atau sebelum makan.

3. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati batuk kering

Daun pegagan dapat digunakan untuk mengobati penyakit batuk kering yang disebabkan oleh alergi, bronkitis kronis atau efeksamping penggunaan obat obatan. Cara membuat resepnya dengan cara di tumbuk halus daun pegagan tersebut lalu tambahkan air matang dan saringlah kemudian ambillah airnya dan campurlah dengan sedikit gula batu baru di minum.

4. Tanaman pegagan dapat digunakan untuk mengobati wasir

Selain daunnya, tanaman pegagan juga pada akarnya dapat di manfaatkan sebagai obat untuk mengobati wasir. untuk cara membuat resepnya dengan mengambil 5buah akar pegagan dan cucilah sampai bersih setelah itu rebuslah sampai mendidih baru di saring dan diminum airnya saja.

5. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati penyakit bisul

Pada daun pegagan juga berkhasiat untuk mengobati penyakit bisul karena mengandung Asiaticoside yang berguna untuk memperbaiki sel-sel kulit, meningkatkan sistem kekebalan dan sebagai antibiotik. Adapun cara membuat resepnya adalah dengan cara ditumbuk sampai halus dan di bubuhkan pada bisul tersebut setelah itu buatlah rebusan daun seperti diatas lalu di minum 2kali dalam sehari.

6. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati batuk darah/muntah darah

Pada daun pegagan juga dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk mengobati batuk darah/muntah darah ataupun mimisan (hidung mengeluarkan darah) cara membuat resepnya seperti diatas yaitu direbus dahulu baru di minum.

7. Daun pegagan dapat di gunakan untuk melancarkan buang air kecil

Daun pegagan juga dapat di gunakan untuk melancarkan buang air kecil. Adapun cara untuk membuat ramuan dengan cara ditumbuk halus lalu ditempelkan pada sekeliling pusar.

8. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati penyakit lepra


Penyakit lepra merupakan penyakit yang di sebabkan karena infeksi dari kuman/bakteri yang mengakibatkan kulit penderita mengalami pembusukan hingga kering. Penyakit tersebut dapat diobati dengan menggunakan daun pegagang dengan cara direbus dan diminum airnya secara rutin 3kali dalam sehari.

9. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati penyakit campak

Penyakit campak adalah penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi dari virus campak dan dapat diobati dengan daun pegagan dengan cara direbus dan di minum airnya. Cara membuat ramuan dengan di minum airnya sama dengan cara mengobati wasir.

10. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati penyakit liver


Daun pegagan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit hati baik hati membengkak ataupun liver. Cara membuat resepnya adalah dengan cara direbus dulu dan diambil airnya, tunggu sampai dingin baru di minum secara rutin 3kali dalam sehari.

11. Daun pegagan dapat di gunakan untuk mengobati sakit pada mata/mata bengkak

Daun pegagan adalah salah satu daun yang banyak sekali manfaatnya di antaranya juga dapat digunakan untuk mengobati sakit mata/mata merah/bengkak karena daun tersebut mengandung zat Asiaticoside yang berfungsi sebagai penyembuhan dan sekaligus antibiotika. Untuk cara membuat resepnya adalah dengan ditumbuk halus kemudian peraslah airnya dan air tersebut di gunakan sebagai obat tetes mata. Gunakan 1-2 tetesan saja dalam sekali pengobatan dan pada tetesan pertama kali terasa pedas namun selang dari beberapa tetesan mata akan terasa segar dan teteskan 3kali dalam sehari.

Itulah 11 manfaat atau khasiat daun pegagan untuk pengobatan, selain digunakan untuk pengobatan, daun pegagan juga sebagian orang di gunakan untuk lalapan daun tersebut juga baik untuk di konsumsi karena juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, fosfor, seng, tembaga dan magnesium. Mengkonsumsi dari daun pegagan juga dapat menambah nafsu makan bagi mereka yang kurang mempunyai nafsu makan.

Gambar Daun Pegagan

Gambar daun pegagan yang tersaji di bawah ini akan mempermudah anda dalam pencarian tentang bagaimana bentuk daun pegagan, jenis daun pegagan, ukuran daun pegagan yang bisa anda simak seperti sajian dibawah ini. Ada 4 macam bentuk daun pegagan yang perlu anda ketahui, dan jenis daun pegagan tersebut mempunyai kesamaan kandungan dan kesamaan khasiat. Daun pegagan mempunyai warna tergantung pada kondisi tanah, apabila daun pegagan tersebut tumbuh di daerah yang subur maka akan mempunyai warna daun lebih hijau seperti pada gambar daun pegagan di bagian kanan atas dan bagian kiri bawah. Dan apabila daun pegagan tumbuh di tempa yang kurang subur/daerah yang kering maka mempunyai warna daun yang agak kekuningan seperti pada gambar daun pegagan dibawah ini.
Brahminoside merupakan protein penting bagi sel otak

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/purwanti_asih_anna_levi/keripik-daun-pegagan-yang-sarat-khasiat_54f36410745513972b6c7380

Jenis Daun Pegagan
Bentuk daun pegagan pada gambar daun pegagan di atas, tampak berbeda. Dan secara umum daun pegagan mempunyai 4 bentuk seperti pada gambar daun pegagan di atas. Pada gambar daun pegagan di atas tersebut mempunyai bentuk yang berbeda beda; ada yang berbentuk seperti payung dan ada juga yang berbentuk hati.
Brahminoside merupakan protein penting bagi sel otak

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/purwanti_asih_anna_levi/keripik-daun-pegagan-yang-sarat-khasiat_54f36410745513972b6c7380

Begitulah manfaat dan gambar daun pegagan yang kami sajikan  mudah mudahan dapat menambah pengetahuan baru tentang 11 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Lengkap Dengan Gambar. Jangan lewatkan sajian menarik lainnya tentang Manfaat Dan Khasiat Mahkota Dewa Sebagai Obat Yang Manjur.




0 komentar:

Posting Komentar