Searching...

Ciri Paru-Paru Basah Lengkap dengan Penyebab dan Obatnya

Ciri Paru-Paru Basah Lengkap dengan Penyebab dan Obatnya - Penyakit paru-paru basah adalah jenis penyakit yang terjadi pada diri seseorang yang di sebabkan oleh adanya infeksi jamur atau virus. Penyakit paru-paru basah tergolong penyakit berbahaya yang mematikan karena penyakit ini menyerang pada pernafasan yang dapat menyebabkan pernafasan menjadi sesak atau penderita bisa mengalami kesulitan bernafas. Apabila penyakit ini terjadi pada diri anda, sebaiknya segera haru di bawa kedokter karena penyakit tersebut tergolong berbahaya dan selain itu juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses penyembuhan.
Ciri Paru-Paru Basah Lengkap dengan Penyebab dan Obatnya

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah akan di tandai dengan adanya gejala batuk yang tidak mau berhenti yang di akibatkan dari adanya infeksi dari tenggorokan ataupun paru-paru sehingga akan membuat seseorang akan mengalami batuk secara terus menerus. Sebuah indikasi yang di tandai dengan adanya gejala batuk yang terjadi terus menerus tersebut hendaknya segera mendapatkan obat atau pemeriksaan dari dokter supaya tidak bertambah parah. Gejala yang di timbulkan oleh paru-paru basah akan terjadi dalam waktu yang lama sehingga akan mengakibatkan fisik dan daya tahan tubuh penderita semakin melemah karena gejala sakit-sakitan yang sering terjadi akibat melemahnya kekebalan tubuh. Untuk selengkapnya tentang ciri-ciri penyakit paru-paru basah bisa anda simak seperti di bawah ini.

Ciri Penyakit Paru-Paru Basah


Cici-ciri penyakit paru-paru basah yang menyerang seseorang akan di tandai dengan gejala pada tubuh penderita seperti:

1. Penderita penyakit Paru-Paru Basah akan sering mengalami sakit sakitan karena melemahnya daya tahan tubuh.

2. Mengalami batuk berkepanjangan.

3. Mengeluarkan keringat dingin pada waktu sedang tidur.

4. Mengalami sesak napas/sulit bernafas yang di serati batuk dan mengeluarkan dahak karena akibat dari paru-paru mengalami pengembunan sehingga dapat menyebabkan batuk secara terus menerus.

5. Ingin muntah apabila mengambil nafas yang panjang.

5. Bisa terkesan gemuk namun muka pucat.

6. Mudah terengah-engah dan jantung berdebar-debar cepat.

Penyakit paru-paru basah ini apa bila sudah mencapai pada tingkat yang kronis maka akan sulit di sembuhkan karena daya tahan tubuh yang semakin melemah sehingga akan menjadi penyakit yang menahun.

Baik untuk di baca : Jenis, Gejala Penyakit Paru Paru Lengkap dengan Pengobatannya

Penyebab Terjadinya Penyakit Paru-Paru Basah


Penyakit paru-paru basah dapat terjadi dengan proses yang lama dan dapat pula terjadi dalam proses yang singkat. Paru-paru basah dapat terjadi dalam waktu yang cepat apabila telah terjadi pengembunan yang di akibatkan dari adanya perbedaan suhu tubuh yang panas dan suhu lingkungan yang dingin.
Kondisi tersebut dapat terjadi apabila seseorang mengalami kehujanan yang cukup lama sehingga akan terjadi pengembunan pada gelembung paru-paru. Pengembunan pada paru-paru tersebut akan mengisi paru-paru sehingga ruang paru-paru menjadi menyempit dan tidak mampu menampung banyak udara. Hal itulah yang dapat menyebabkan penderita penyakit paru-paru basah akan mengalami sesak nafas.

Penyakit Paru-Paru Basah Pada Anak-Anak dan Bayi


Paru-paru basah dapat terjadi pada anak-anak sebagai mana yang terjadi pada orang dewasa. Paru-paru basah yang terjadi pada anak akan diawali dengan gejala batuk yang terus menerus yang di sertai pilek, anak akan mengalami sakit kepala dan nafsu makan menurun. Setelah gejala tersebut akan mengalami sesak nafas.
Penyakit paru-paru basah yang terjadi pada bayi dengan usia bayi 2 bulan kebawah akan menimbulkan gejala pada pernafasan yang cepat hingga mencapai 1 kali  tiap satu detik.

Untuk penyakit paru-paru basah yang terjadi pada bayi yang berusia lebih dari 2 bulan, akan mengalami pernafasan cepat hingga 50 kali tiap 1menit, sedangkan bayi berusia 1-5 tahun pernafasan berkisar antara 40 kali tiap 1 menit.

Paru-paru basah pada anak akan di tandai dengan hidung yang mengalami kembang kempis, sedangkan penyakit paru-paru basah pada tingkat yang berat akan di tandai dengan tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam. Oleh karena itu waspadailah penyakit paru-paru basah tersebut supaya tidak terjadi pada diri anda. Dan berikut ini akan saya sajikan tips untuk menghindari penyakit paru-paru basah.

Tips Mencegah Penyakit Paru-Paru Basah


Penyakit paru-paru basah merupakan salah satu penyakit berbahaya dan sulit untuk di sembuhkan, oleh karena itu kita hendaknya melakukan usaha untuk mencegah paru-paru basah tersebut dengan cara:


1. Hindarilah dari kipas angin pada saat tidur.
2. Janganlah menunda makan supaya perut tidak terlalu kosong.
3. Ventilasi rumah yang cukup untuk menjaga suhu dalam rumah.
4. Janganlah tidur ketika habis mandi.
5. Mandi dengan memakai air hangat.
6. Berolagraga teratur.

Untuk mencegah terjadinya penyakit paru-paru basah sebaiknya melakukan pencegahan seperti pada tips di atas dan jangan lupa hindarilah segala hal yang dapat memicu terjadinya penyakit paru-paru basah tersebut. Adapun untuk mengobati penyakit paru-paru basah tersebut adalah sebagai berikut:

Obat Penyakit Paru-Paru Basah


Untuk menyembuhkan penyakit paru-paru basah dapat di obati dengan obat yang di berikan oleh dokter ataupun dengan cara alami dan tradisional. Adapun obat paru-paru basah dengan cara tradisional adalah dengan cara:
  1. Memijat di bagian lulut sampai pada telapak kaki.
  2. Menekan celah tulang kering dan tulang betis.
  3. Melakukan posisi berdiri dengan lulut di lipat dalam waktu kurang lebih 10 menit.
  4. Meminum air hangat.
  5. Memijat dengan menggunakan minyak goreng yang bersih.
  6. Mengolesi badan bagian dada, perut dan punggung dengan menggunakan minyak goreng ketika akan tidur.
  7. Dengan cara terapi 3 hari dalam 1 kali.

Pengobatan Penyakit Paru-Paru Basah Secara Alami


Mengobati penyakit paru-paru basah selain menggunakan resep dokter juga dapat dengan menggunakan bagan-bahan alami, seperti; tanaman ciplukan, daun pegagan, kulit kacang dan bunga sepatu.

Tanaman ciplukan


Untuk mengobati penyakit paru-paru basah dengan tanaman ciplukan dapat dilakukan dengan cara merebus tanaman ciplukan tanpa buah sampai mendidih lalu angkat dan saringlah, tunggu sampai dingin baru di minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas tiap kali minum.

Daun Pegagan


Daun pegagan juga dapat berkhasiat untuk mengobati penyakit paru-paru basah secara alami, yaitu dengan cara merebus irisan daun pegagan 29gr dan irisan jahe15 gr, air sebanyak 500cc, rebuslah terus sampai airnya tinggal setengahnya saja dan di minum ketika masih hangat sebanyak 2kali dalam 1hari selama 15 hari jika belum sembuh ulangi lagi setelah menunggu 3 hari dan baru meminum kembali.

Kulit kacang tanah


Untuk mengobati paru-paru basah dengan kulit kacang tanah dapat dilakukan dengan cara merebusnya sampai air terlihat keruh kemudian saringlah dan tambahkan gula merah baru diminum kerika masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

Bunga sepatu


Cara mengobati  paru-paru basah secara alami yaitu dapat menggunakan bunga sepatu. Caranya adalah ambillah 2 bunga sepatu kemudian tumbuklah sampai halus dan masukkan kedalam segelas air serta tambahkanlah sedikit garam lalu rebuslah sampai mendidih kemudian saringlah, tunggu sampai dingin baru di minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Untuk mendukung proses penyembuhan penyakit paru-paru basah tersebut hendaknya memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas, hindarilah pekerjaan yang terlalu berat, hindari dari berkendara saat malam hari, hindarilah udara berdebu dan berasap, perbanyakkanlah mengkonsumsi buah dan sayur sayuran, berhentilah merokok dan beralihlah dengan pola hidup yang sehat.

Demikianlah artikel kali ini tentang Ciri Penyakit Paru-Paru Basah Lengkap dengan Penyebab dan Obatnya, semoga bermanfaat. jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Secara Mudah Alami.




0 komentar:

Posting Komentar