Searching...

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Cepat

Bekas Jerawat memang menyebalkan, selain mencoreng kemulusan wajah, bekas Jerawat  juga akan  membuat seseorang menjadi kehilangan rasa percaya diri terlebih-lebih apabila bekas Jerawat itu terlihat pada bagian wajah secara berlebihan dengan noda flek hitam, kemerahan dan kasar.  Sangat di sayangkan apabila wajah yang seharusnya menjadi lambang kecantikan anda telah ternoda hanya karena kejahatan dari bekas Jerawat. Untuk mengatasi permasalahan seperti itu, saya akan membantu anda untuk mengatasi permasalahan di kulit wajah seperti noda flek hitam dan bekas-bekas jerawat melalui Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Cepat baik secara permanen maupun tidak atau dalam waktu satu hari. Walaupun timbulnya bekas Jerawat  itu bukan masalah serius dalam kesehatan namun jika bisa di hilangkan, kenapa tidak di lakukan? bukankah wajah mulus bersih adalah dambaan bagi setiap orang? Memang, terkadang dalam menghilangkan bekas jerawat, ada juga seseorang yang mengalami kendala bahkan ada juga yang merasa kesulitan karena akan karakter dari bekas jerawat tersebut.

Bekas  jerawat atau noda di wajah mempunyai 2 sifat yaitu ada mudah untuk di atasi atau di hilangkan dan ada juga yang sulit untuk di hilangkan yang semua itu tergantung dari luka atau jenis jerawat yang telah menyebabkannya. Jenis jerawat, ada yang menimbulkan bekas luka yang membandel maupun berlubang mempunyai kesan sulit untuk di hilangkan, namun pada hakekatnya semua bekas jerawat mudah untuk di hilangkan asalkan mengetahui caranya. Dari kebanyakan kasus, bekas jerawat yang membandel biasanya di sebabkan karena kesalahan sewaktu anda merawat atau mengobati jerawat. Oleh  karena itu sebelum anda menghilangkan bekas jerawat pada wajah ada baiknya juga memahami apa yang menjadi penyebab bekas jerawat itu sendiri, yang meliputi pengertian dari jerawat, sebab terjadinya bekas jerawat maupun jenis-jenis penyebab bekas jerawat. Karena noda pada kulit wajah bukan saja di sebabkan dari jerawat saja, melainkan ada penyakit kulit lain yang bisa menyebabkannya dan cara mengatasinya juga mengalami perbedaan.

Bekas Jerawat


Noda pada wajah yang di sebut sebagai bekas jerawat itu secara umum di sebabkan dari jenis jerawat tertentu, karena tidak semua jerawat akan menimbulkan luka yang membekas (atau bisa hilang dalam beberapa hari saja). Mendengar yang namanya jerawat, yang muncul dalam bayangan kita adalah benjolan yang terdapat pada bagian wajah yang akan mumbuat penampakan wajah menjadi kasar sehingga dapat memperburuk penampilan dan daya tarik. Jerawat itu sendiri mempunyai pengertian sebagai timbunan nanah yang meradang pada bagian wajah atau bagian tubuh lainnya seperti pada bagian punggung. Bekas jerawat yang sering di permasalahkan adalah pada bagian wajah walaupun ada juga bekas jerawat pada bagian tubuh lainnya seperti di punggung, namun selain di wajah bekas jerawat tersebut tidak begitu kelihatan atau sering tidak di permasalahkan.

Bekas jerawat yang berupa noda flek hitam maupun berlubang dapat terjadi apabila jaringan kulit wajah sedang dalam proses perbaikan, di mana struktur organik yang berupa kalogen (protein yang menyusun tubuh manusia) akan mempunyai peranan penting dalam perbaikan jaringan kulit tubuh termasuk kulit wajah. Kolagen merupakan kata yang di ambil dari bahasa Yunani yang mempunyai arti bersifat lekat atau pelekat. Apabila kalogen yang di hasilkan tubuh dalam jumlah yang sedikit atau kurang maka bekas jerawat akan cenderung berlubang dan begitu juga dengan sebaliknya jika kelebihan maka bisa menyebabkan bintik-bintik hitam di wajah. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut juga di perlukan cara khusus untuk mengatasinya.

Penyebab

Bekas jerawat pada wajah selain di sebabkan dari jenis jerawat tertentu yang pernah tumbuh di bagian wajah, juga dapat di sebabkan karena ketidak cocokan dalam memilih obat untuk menghilangkan jerawat. Selain itu jenis perawatan atau kesalahan dalam menanganinya juga berpotensi pada kerusakan kulit wajah yang berupa munculnya bekas luka di bagian wajah. Namun secara umum penyebab dari bekas-bekas jerawat ini di sebabkan oleh jenis jerawat yang berupa:

Komedo; bekas jerawat dapat di sebabkan oleh komedo baik itu komedo berjenis whitehead dan blackhead. Kedua-duanya dapat mengakibatkan wajah menjadi bercak, apalagi jika tidak mendapatkan perawatan secara benar maka dapat menimbulkan bekas luka pada bagian wajah tersebut.

Jerawat Biasa; noda di wajah selain di sebabkan karena komedo juga dapat di timbulkan dari jerawat biasa dan jerawat ini biasanya sering terjadi dan muncul pada seseorang yang yang menginjak pubertas atau juga bisa dari perubahan hormon lainnya, seperti; gagguan menstruasi, kehamilan ataupun juga bisa dari faktor stress.

Cystic Acne; bekas jerawat yang di timbulkan dari cystic acne ini tergolong sangat membandel, selain menimbulkan bekas yang kasar, pada bagian wajah juga terlihat memerah. Cystic acne merupakan jerawat batu yang biasanya di alami seseorang yang penyebabnya adalah dari keturunan. Apabila anda mempunyai jerawat seperti ini sebaiknya di rawat secara baik, janganlah memencet dengan tangan karena akan menimbulkan bekas yang semakin sulit untuk di hilangkan.

Jerawat Juvenil; Bekas jerawat yang di sebabkan dari jerawat junvenil ini hampir sama dengan bekas luka jerawat yang di timbulkan dari jerawat biasa dan tergolong lebih mudah untuk di hilangkan. Selain di sebabkan dari ke-empat jenis jerawat, noda pada bagian wajah juga dapat di sebabkan dari penyakit kulit lainnya, seperti rosacea, vulgaris dan nitrosica.

Sedangkan bekas jerawat juga mempunyai ciri, bentuk dan warna yang berbeda-beda, karena di pengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:


  • Perawatan; bentuk bekas jerawat seperti flek hitam juga dapat di picu oleh perawatan sewaktu menangani jerawat tersebut, seperti memencet dengan jari atau melukai, sehingga perlakuan seperti itu dapat memperbesar resiko pada bekas-bekas jerawat.
  • Hormon; bekas jerawat pada wajah juga dapat dipicu oleh sekelompok senyawa steroid di dalam tubuh yang berupa hormon estrogen dan progesteron yang juga sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat dan bekas jerawat yang berupa noda hitam atau bercak hitam.
  • Obat-obatan; bekas jerawat yang berupa noda atau bintik-bintik hitam juga dapat di sebabkan dari penggunaan jenis obat-obatan terutama jenis obat yang banyak mengandung klopromazine, minosiklin dan sitotastik. Jenis obat-obatan ini biasanya di gunakan untuk mengatasi penyakit kanker.
  • Sinar ultrafiolet; selain dapat membuat kulit menjadi gelap, paparan sinar matahari langsung juga dapat mempengaruhi flek hitam pada bekas jerawat.
  • Kosmetik; bekas jerawat yang semakin hitam juga dapat di pengaruhi oleh penggunaan dari produk kosmetik tertentu yang banyak mengandung bahan kimia.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Bagi anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat secara cepat, ada beberapa cara yang bisa anda tempuh di antaranya mengunjungi klinik kecantikan, terapi laser, menggunakan obat yang di rekomendasikan oleh dokter serta penggunaan obat-obatan lainnya. Namun untuk menghilangkan bekas jerawat, hindarilah penggunaan obat-obatan yang sembarangan, karena semakin banyaknya jenis obat-obatan untuk untuk yang beredar di pasaran mengingat dari efek samping dan bahaya penggunaan semua obat yang berbahan kimia tersebut ada baiknya anda:
  • Selalu mempertimbangkan manfaat dan resikonya
  • Mengutamakan obat yang paling established
  • Memilih cara pemberian yang paling aman
  • Menggunakan dosis efektif yang terkecil
  • Nilailah kembali data promosi dari obat tersebut
Ke-lima dari prinsip memilih obat jerawat tersebut dapat anda pertimbangkan untuk memutuskan dalam memilih dan menggunakan obat untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena bekas jerawat bukanlah penyakit yang berbahaya melainkan ganguan kulit yang bersifat biasa, oleh karena itu gunakanlah obat yang aman bagi kesehatan anda seperti menggunakan obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat akan lebih aman dari pada menggunakan obat lainnya.

Cara menghilangkan bekas jerawat selain bersifat permanen juga dapat bersifat non permanen. Menggunakan cara yang bersifat non permanen juga akan di perlukan bagi anda yang memiliki waktu terbatas namun anda ingin tampil sempurna atau tidak ingin mengecewakan yang pastinya ingin menghilangkan noda jerawat di wajah secara cepat. Noda bekas jerawat dapat anda lenyepkan secara cepat dan aman dengan menggunakan cara seperti di bawah ini.
Untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat bahan yang perlu di persiapkan adalah foundation (bagian dari make-up yang berfungsi untuk menyemarkan)dan concealer (produk kosmetik yang berfungsi untuk menyamarkan flek hitam / jerawat).

  1. Langkah yang pertama di mulai dengan membersihkan wajah menggunakan air.
  2. Untuk memulai riasan anda bisa gunakan pelembab wajah yang berbahan dasar air.
  3. Oleskanlah foundation berformula bebas minyak dengan menggunakan spons yang sebelumnya telah di basahi agar riasan wajah tidak terkesan berat.
  4. Memilih warna concealer yang sedikit lebih gelap dari wajah lalu bubuhkan concealer pada bekas jerawat atau noda yang terlihat di wajah.
  5. Untuk kulit wajah yang kering sebaiknya menggunakan bedak padat supaya terlihat halus dan tidak mengkilap.
  6. Dan untuk kulit wajah yang berminyak sebaiknya menggunakan bedak tabur, supaya riasan wajah tidak terkesan berat sekali.

Setelah anda melakukan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 1 hari seperti di atas, bekas jerawat anda dapat menghilang namun hanya satu hari saja dan untuk menghilangkan bekas jerawat secara permanen anda dapat menggunakan cara alami atau menggunakan cream yang baik dan aman untuk wajah anda.

Untuk cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan obat dari apotik, baik yang berupa cream/gel yang aman untuk wajah, anda bisa menggunakan:

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
  1. Vitacid; merupakan obat jerawat yang berguna untuk menghilangkan noda bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah yang kusam atau gelap. Biasanya obat ini bisa berbentuk gel, lotion maupun cream.
  2. Dermatix Ultra; obat untuk bekas luka atau noda di wajah. Obat ini juga efektif untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel karena juga berkhasiat dalam mengembalikan kulit menjadi normal kembali.
  3. Mineral Peeling; merupakan produk dari korea, obat ini juga tak mau kalah dalam mengatasi bekas jerawat secara cepat.
  4. Fluocinonide Cream; obat bekas jerawat yang satu ini biasanya berbentuk salep yang berkhasiat cukup ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat atau flek-flek hitam di wajah.

Untuk cara penggunaan dari masing-masing produk penghilang bekas jerawat diatas, sudah tertera pada kemasan.

Jadi, untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel secara cepat anda dapat menggunakan jenis obat-obatan seperti di atas dimana obat tersebut bisa di dapat di apotik atau anda juga bisa beli secara online karena obat-obatan untuk bekas jerawat tersebut juga sudah banyak di perjual belikan. Obat tersebut selain berkhasiat majur, juga sudah banyak di buktikan akan kenyamanannya untuk kulit wajah. Namun bagi anda yang ingin menghilangkan noda bekas jerawat secara alami, anda juga bisa menggunakan atau memilih cara-cara seperti di bawah ini yaitu menggunakan bahan alami yang sudah terbukti akan khasiatnya.

1. Lemon

Pada buah lemon ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat yang berupa noda maupun flek hitam. Karena buah lemon juga mengandung vitamin C dan asam organik yang tinggi yang berupa asam sitrat. Selain itu lemon juga mengandung senyawa fitokimia dan sejumlah vitamin penting bagi kesehatan.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan lemon dapat di lakukan dengan cara:

  1. Persiapkan bahannya yaitu sebuah lemon segar.
  2. Belahlah lemon menjadi 2 bagian.
  3. Peras kedua bagian lemon dengan cara memberi tekanan.
  4. Kumpulkan air lemon di mangkuk.
  5. Kemudian bersihkan muka dan keringkan menggunakan handuk.
  6. Oleskan air lemon ke seluruh wajah atau bagian yang ternoda.
  7. Tunggu sampai kering baru di bersihkan menggunakan air.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel sebaiknya di gunakan secara teratur atau setiap hari.

2. Kulit Jeruk

Manfaat dari kulit jeruk ini selain dapat menghilangkan jerawat juga dapat menghilangkan bekas-bekasnya karena pada kulit jeruk juga mengandung flavonoid, yaitu senyawa yang mampu berperan sebagai antioksidan. Selain mampu membersihkan kulit wajah, penggunaan secara teratur juga dapat menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan bekas jerawat, yang perlu di lakukan :

  1. Ambillah kulit jeruk dari buah jeruk yang sudah tua atau matang.
  2. Jemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  3. Tumbuklah kulit jeruk yang sudah kering hingga menjadi bubuk.
  4. Buatlah obat oles dengan cara memberi sedikit air pada bubuk tersebut.
  5. Bersihkan wajah dan keringkan.
  6. Oleskan pasta yang anda buat tadi pada bekas jerawat.
  7. Tunggu sampai meresap baru di bersihkan menggunakan air hangat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat gunakan secara teratur minimal 2 kali dalam sehari.

3. Madu

Karena mengandung nutrisi yang komplit, madu memang banyak di gunakan dalam mengatasi masalah kesehatan termasuk salah satunya adalah mampu menghilangkan bekas jerawat di wajah secara alami.
Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas jerawat cukup di oleskan pada noda bekas jerawat secara teratur minimal 2 hari sekali. Selain itu madu juga berkhasiat dalam pencegahan pertumbuhan jerawat dan sekaligus menjaga kelembaban kulit wajah. Oleh karena itu juga baik di gunakan dengan cara di oleskan pada seluruh wajah

4. Cuka Sari Apel

Khasiat dari cuka sari apel bagi bekas jerawat adalah mampu mengurangi noda bekas jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu cukup di campur dengan air secukupnya atau jangan banyak-banyak campuran airnya karena akan mengurangi khasiat dari cuka tersebut. Kemudian oleskan pada bekas jerawat menggunakan kapas, tunggu sampai meresap baru di bersihkan. Gunakan secara teratur supaya bekas jerawat dapat hilang secara cepat.

5. Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya yaitu dengan cara mengambil gel lidah buaya dan menghancurkannya baru setelah itu di oleskan pada noda bekas jerawat. Jangan terburu-buru untuk membersihkannya, pastikan cairan gel tersebut meresap kedalam kulit kemudian baru di bersihkan.

6. Bawang Putih

Minyak atsiri yang ada pada bawang putih ini dapat barmanfaat untuk anti bakteri dan anti septik, sedangkan senyawa kimia yang berupa saltivine akan membantu mempercepat perbaikan jaringan kulit yang rusak. Sehingga menggunakan bawang putih untuk mengatasi bekas jerawat ini sangat baik karena berkhasiat dalam menghilangkan noda bekas jerawat.
Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bawang putih ini cukuplah mudah, yaitu dengan cara di haluskan dulu baru di oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat. Gunakan secara teratur supaya bekas jerawat dapat hilang secara cepat.

7. Pepaya

Selain menghilangkan jerawat, menggunakan buah pepaya juga berkhasiat dalam membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Karena pada buah pepaya selain mengandung papain juga mengandung zat antioksidan yang dapat di manfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan pepaya ini dapat di buat masker dengan cara mengambil daging buah pepaya dan melembutkannya. Kemudian setelah itu di oleskan keseluruh wajah secara merata. Selain bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, juga berkhasiat menghaluskan kulit wajah secara merata.

8. Scrub Gula

Cara menghilangkan noda bekas jerawat menggunakan scrub gula ini yaitu dengan cara mencampur bahan-bahan seperti; scrub gula, air lemon dan madu dengan ukuran yang sama. Aduk semua bahan sampai tercampur merata dan oleskan di wajah dengan pijatan lembut dan tunggu beberapa saat atau sampai meresap sebelum di bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Scrub gula dapat berkhasiat untuk menghilangkan noda bekas jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati. Maka gunakanlah secara teratur supaya mendapat hasil yang maksimal.

9. Mentimun

Selain mengatasi dehidrasi, buah mentimun ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat di wajah. Mentimun atau di kenal dengan Cucumis sativus ini mengandung mengandung anti-oksidan yang unik dalam rasio moderat. Oleh karena itu dapat berkhasiat untuk mempercepat proses menghilangnya bekas jerawat pada wajah. Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan mentimun yaitu dengan cara memotong mentimun menjadi beberapa bagian kemudian oleskan pada noda bekas jerawat secara teratur setiap hari.

10. Putih Telur

Secara umum putih telur mengandung protein tinggi tanpa kolesterol, selain itu, kandungan yang terdapat pada putih telur juga berkhasiat dalam mengatasi masalah kulit. Selain menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah, putih telur juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat dengan cara merangsang dan mempercepat regenerasi kulit.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat menggunakan putih telur dapat dengan cara di kocok dahulu kemudian di oleskan pada jerawat atau seluruh wajah. Tunggu sampai mengering baru di bersihkan menggunakan air hangat dan gunakanlah secara teratur untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat.

11. Minyak Pohon Teh

Selain mencegah pertumbuhan jerawat di wajah, minyak pohon teh atau di kenal dengan tea tree oil ini juga dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Adapun cara menggunakannya yaitu cukup di campur dengan sedikit air lalu di oleskan pada bekas jerawat. Gunakan secara teratur atau minimal 2 kali dalam sehari.

12. Pasta Gigi

Manfaat lain pada pasta gigi adalah berkhasiat untuk mengikis noda bekas jerawat pada wajah. Cara menggunakannya yaitu cukup di tetesi sedikit air lalu di oleskan pada bekas jerawat. Untuk mempercepat pergantian kulit noda bekas jerawat, gunakanlan berkali-kali dengan cara pada tiap pemakaian setelah kering bersihkan dan ulangi lagi sampai 3-4 kali putaran.

Baking Soda

Banking soda merupakan salah satu bahan alami yang mengandung nahcolite yang berupa natron atau natrium bikarbonat sehingga efektif jika di gunakan dalam mengatasi masalah kulit. Cara menghilangkan noda bekas jerawat menggunakan baking soda adalah:

  1. Campurlah baking soda dengan air putih dengan perbandingan 2:1.
  2. Aduk campuran tersebut hingga seperti pasta.
  3. Sambil di pijat dengan halus, oleskan pasta tersebut di wajah secara merata untuk menghaluskan kulit wajah dan sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat.
  4. Bilas menggunakan air hangat apabila telah selesai
  5. Jika ingin menghilangkan noda bekas jerawat saja, cukup di oleskan pada jerawat saja dan tunggu hingga meresap baru di bersihkan.
  6. Gunakan secara teratur minimal satu hari sekali untuk menghilangkan bekas jerawat dan untuk menghaluskan kulit bisa di gunakan 3 kali dalam seminggu.

Tomat

Buah tomat juga mengandung zat antioksidan yang berupa lycopene yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan sekaligus juga membantu menghilangkan bekas jerawat secara cepat dengan cara mempercepat pergantian sel kulit yang mati atau rusak. Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan menggunakan tomat adalah:
  1. Siapkan 1 buah tomat.
  2. Potong menjadi 2 bagian.
  3. Bersihkan wajah dan keringkan.
  4. Usapkan potongan tomat pada bekas jerawat.
  5. Tunggu sampai kering baru di bersihkan dengan air.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel sebaiknya gunakanlah secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

Teh Hijau

Cara menghilangkan bekas jerawat juga dapat menggunakan teh hijau atau tanaman Camellia sinensis. Karena pada teh hijau juga mengandung antioksidan alami yang berupa polifenol, selain mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat di wajah dengan cara sebagai berikut:

  1. Seduhlah teh hijau menggunakan air panas, tunggu sampai dingin.
  2. Buatlah Es dengan memasukkan air teh hijau kedalam freezer kulkas.
  3. Gosokkan Es tersebut pada bekas bekas jerawat dengan perlahan-lahan sampai kulit matirasa baru di hentikan.
  4. Tunggu beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.
  5. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat, lakukan secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

Itulah cara menghilangkan noda bekas jerawat paling cepat, baik secara alami, resep dokter atau obat dari apotik. Anda tinggal memilih cara yang menurut anda paling mudah dan paling anda sukai dan semoga saja artikel ini bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Menghaluskan Kulit Wajah Secara Alami Yang Paling Cepat.




0 komentar:

Posting Komentar