Searching...

Cara Menghilangkan Jerawat Dalam 1 Hari

Hanya 1 jam saja jerawat bisa kempes, mengering atau bahkan bisa menghilang, bagai mana caranya? Hampir semua orang tidak menyukai yang namanya jerawat, apalagi kehadirannya hanya akan membuat luka pada kecantikan wajah. kulit wajah yang semestinya halus dapat menjadi kasar gara-gara jerawat. Kehadiran jerawat memang seringkali membuat anda jengkel dan kesal, apalagi jerawat tersebut muncul pada bagian wajah yang sering di perlihatkan tentunya akan menjadi permasalahan yang perlu di selesaikan. Oleh karena itu di kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang mengatasi permasalahan pada wajah, seperti menghilangkan jerawat, komedo, bintik-bintik merah dan semua jenis jerawat, termasuk jerawat yang membandel pada bagian wajah seperti jerawat batu yang dapat hilang dalam beberapa jam saja. Dengan menggunakan Cara Menghilangkan Jerawat Dalam 1 Hari ini anda tentunya tidak merasa berkecil hati karena wajah anda akan kembali mulus dan terbebas dari jerawat.

Jerawat


Sebelum anda menghilangkan jerawat atau mengatasi permasalahan pada jerawat, ada baiknya memahami dulu tentang jerawat itu sendiri, karena menghilangkan jerawat akan selalu terkait dengan jenis-jenis jerawat dan penyebabnya.

Cara Menghilangkan Jerawat
Jerawat merupakan penyakit kulit yang tidak berbahaya dan bisa di alami oleh semua orang. Bahkan semua orang di dunia ini tidak ada yang bisa lepas dari penyakit kulit yang satu ini. Hal itu sesuai dengan pendapat dari Kligmann yaitu seorang ahli ternama di dunia yang telah meneliti masalah jerawat. Secara umum jerawat lebih banyak di alami seorang yang berada pada usia remaja dari pada orang dewasa. Jerawat ini biasanya mulai muncul di usia 11 tahun untuk anak laki-laki dan 10 tahun untuk anak perempuan atau pada saat seseorang sudah mulai mengalami perubahan hormon. Adapun proses terjadinya jerawat juga akan terkait dengan perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormon yang menyebabkan jerawat juga akan di pengaruhi oleh pusat sistim kelenjar yang memproduksi hormon atau di sebut juga dengan hipofisis.

Jerawat juga dapat terjadi karena perubahan hormon yang di sebabkan karena faktor dari luar, misalnya stress, penggunaan pil KB, kehamilan ataupun menstruasi. Perubahan hormon dari faktor itu juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang muncul secara tiba-tiba ataupun bisa juga menimbulkan jerawat yang berlebih. Untuk memahami bahwa jerawat ini di sebabkan karena hormon, pengertian hormon sendiri adalah zat di dalam tubuh yang di manfaatkan dalam proses metabolisme, perkembangan, pertumbuhan, reproduksi dan untuk reaksi-reaksi tubuh lainnya. Sedangkan jerawat yang terjadi pada seseorang juga mengalami perbedaan, karena ada yang mempunyai wajah yang banyak di tumbuhi oleh jerawat dan ada juga yang sedikit jerawatnya, hal itu juga di pengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat memicunya seperti keturunan, makanan dan penggunaan obat-obatan.

Sedangkan proses terjadinya jerawat tersebut di karenakan adanya pori-pori kulit yang tersumbat dengan sebab-sebab tertentu.

Penyebab

Ada mitos bahwa seseorang yang wajahnya di tumbuhi jerawat menandakan bahwa seseorang tersebut sedang jatuh cinta. Anggapan tersebut juga bisa masuk akal karena penyebab dari jerawat tersebut juga bisa dari perubahan hormon seperti yang terjadi pada seseorang yang telah jatuh cinta. Selain itu juga ada anggapan bahwa jerawat itu muncul karena wajah yang kurang bersih atau kotoran yang menempel pada wajah, hal itu juga bisa di anggap benar, karena jerawat bisa muncul pada wajah yang di sebabkan oleh faktor dari dalam tubuh dan adanya kolaborasi dari luar. Proses terjadinya jerawat memang panjang dan selain itu juga ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya.

Penyebab jerawat pada wajah secara umum di karenakan dari perubahan hormon yang mengakibatkan kelanjar minyak atau sebaceus gland  (yaitu kelenjar mikroskopik yang berada di bawah kulit) telah menghasilkan minyak secara berlebihan yang menyebabkan struktur kulit atau folikel (tempat yang biasa di tumbuhi bulu) dan pori-pori kulit mengalami gangguan yang berupa penyembatan sehingga muncullah jerawat tersebut. Selain itu penyebab dari jerawat yang juga sering di alami oleh kebanyakan orang juga bisa di sebabkan dari adanya jumlah minyak yang berlebihan tersebut telah bersama-sama dengan bakteri yang memungkinkan terjadinya infeksi sehingga memunculkan jerawat. Untuk faktor yang dapat menimbulkan jerawat juga akan terbagi berdasarkan pada penyebabnya, namun sebelum anda membaca lebih jauh mengenai penyebab jerawat ini, tentunya anda bertanya " apakah penting mengetahui penyebabnya?".
 
Menghilangkan jerawat akan lebih efektif apabila anda mengetahui penyebab dari jerawat itu sendiri. Karena usaha anda untuk menghilangkan jerawat akan lebih optimal demi menghilangkan jerawat secara cepat di wajah anda. Dan berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah.

Hormon; Seperti pada uraian diatas, perubahan hormonlah yang menyebabkan produksi kelenjar minyak yang berlebih yang dapat memicu terjadinya jerawat baik itu laki-laki maupun perempuan. Salah satu perubahan hormon yang sering menyebabkan jerawat adalah pada masa pubertas, yaitu tepatnya pada saat hipotalamus (bagian otak) melepas hormon stimulator atau gonadotropin releasing hormone (GnRH ) yang nantinya memberi respon pada kelenjar hipofisis untuk melepas hormon reproduksi (follicle stimulating hormone/FSH) dan luteinizing hormone/LH). Sehingga awal pubertas adalah masa yang rawan terhadap jerawat. Namun selain perubahan hormon yang di sebabkan dari masa pubertas tersebut juga dapat di sebabkan dari stress, menstruasi dan kehamilan.

Penggunaan Kosmetik; Jerawat dapat di sebabkan dari penggunaan kosmetik pada wajah yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah. Jadi penyumbatan bukan saja di sebabkan dari produksi kelenjar minyak saja maupun sel kulit yang mati, melainkan dari bahan kosmetik yang menutupi pori-pori juga bisa menyebabkannya.

Obat-obatan; Selain pemakaian kosmetik, penggunaan obat-obatan seperti obat anti-inflamasi juga dapat memicu terjadinya jerawat karena dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Bakteri; Jerawat juga bisa timbul karena di sebabkan oleh infeksi bakteri. Adapun bakteri tersebut  bisa juga di dapat dari jari tangan yang kotor maupun benda-benda lain, seperti HP. Telepon atau HP dapat menjadi media yang subur tempat bakteri. Tentunya hal itu seringkali tidak di sadari bahwa HP yang di gunakan untuk menelpon, menempel di pipi atau wajah dapat meninggalkan bakteri yang dapat memicu pada jerawat.

Stress; Penyebab jerawat karena hormon dan stress juga berkaitan. karena stress juga akan mengakibatkan tubuh mengalami perubahan hormon yang nantinya dapat mempengaruhi kelenjar minyak pada kulit.

Keturunan; Faktor dari keturunan juga bisa menyebabkan jerawat, karena kelenjar yang di miliki seseorang juga memiliki sifat yang hampir sama dengan orang tuanya atau keturunannya.

Jerawat selain tumbuh di wajah juga bisa tumbuh di punggung. Maka waspadailah akan penyebab jerawat seperti diatas, lakukan pencegahan supaya jerawat tidak tumbuh pada wajah anda.

Jenis

Untuk menghilangkan jerawat, anda juga harus mengetahui jenis jerawat yang akan di hilangkan, karena penanganannya juga sedikit mengalami perbedaan dengan kata lain, usaha anda akan bekerja secara efektif apabila penanganannya sesuai dengan jenis jerawat tersebut.

Jenis-jenis jerawat dapat di bedakan berdasarkan pada penyebab dan ciri-cirinya. Berbicara tentang jerawat, sebetulnya untuk mengenali jerawat adalah sesuatu yang mudah bahkan hampir setiap orang juga bisa mengenalinya tanpa melalui pemeriksaan oleh dokter. Namun untuk mengetahui jenis jerawat belum tentu setiap orang akan mengetahuinya karena bentuk, penyebab dan proses terjadinya juga mengalami perbedaan. Oleh karena itu sebelum anda melakukan cara untuk menghilangkan jerawat, ada baiknya jika anda mengetahui jenis-jenis jerawat. Adapun jenisnya adalah sebagai berikut:



1. Komedo adalah jenis jerawat yang di sebabkan karena sel kulit rusak atau mati yang mengakibatkan pori-pori kulit mengalami penyumbatan. Dan jenis komedo ini di bedakan menjadi dua bagian, yaitu; whitehead dan blackhead.

Blackhead adalah jenis komedo yang terbuka dengan bentuk bintik-bintik hitam karena pori-pori kulit membesar. Sedangkan whitehead yaitu komedo yang timbul karena adanya pertumbuhan kulit di atas pori-pori kulit yang berbentuk bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau bisa juga di sebut sebagai komedo tertutup.

2. Jerawat biasa; merupakan jerawat yang timbul akibat dari infeksi bakteri propionibacterium pada kelenjar minyak sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Jenis bakteri ini bisa berasal dari telepon, jari tangan, kuas make-up maupun waslap. Namun selain dari faktor tersebut, juga ada faktor lain yang bisa menyebabkannya, kelembapan udara, stress dan dari perubahan hormon lainnya termasuk menstruasi dan kehamilan. Adapun ciri-ciri dari Jerawat biasa ini mempunyai bentuk yang berupa benjolan kecil dan berwarna kemerah-merahan.

3. Jerawat Batu atau Cystic acne adalah jenis jerawat yang berukuran besar yang biasanya di sebabkan dari faktor keturunan. Jenis jerawat ini merupakan salah satu jerawat yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kasar karena jerawat ini bisa menimbulkan bekas.

4. Jerawat Juvenil; merupakan jerawat yang biasa di alami seseorang dalam masa pubertas. Jerawat ini termasuk dalam golongan jerawat biasa yang penyebabnya adalah perubahan hormon.

5. Jerawat Vulgaris adalah jenis jerawat yang di sebabkan karena peradangan kronik folikel pilosebasea yang biasanya berbentuk blackhead dan whitehead.

6. Jerawat Rosacea; merupakan jenis jerawat yang terasa perih seperti terbakar dan berwarna kemera-merahan yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kasar. Rosacea termasuk penyakit kulit yang saat ini belum di temukan penyebabnya.

7. Jerawat Nitrosica; merupakan jenis jerawat yang dapat menimbulkan rasa sakit dan juga dapat menimbulkan bekas yang berupa lubang pada wajah atau bopeng.
Setelah mengetahui jenis-jenisnya barulah menghilangkannya atau mengobati dengan cara memilih obat jerawat yang cocok untuk jenis jerawat tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat


Untuk menghilangkan jerawat ada beberapa cara yang bisa di tempuh yang tentunya juga harus di sesuaikan dengan jenis jerawat yang terdapat pada wajah. Karena ada sebagian jerawat yang sulit untuk di hilangkan. Maka dari itu, di perlukan obat atau cara lain supaya jerawat tersebut bisa di hilangkan secara cepat. Secara umum jerawat lebih banyak di temukan pada kulit wajah yang berminyak karena kelembapan wajah juga dapat memicu kotoran untuk menempel pada bagian wajah. Selain itu wajah berminyak juga merupakan tanda dari produksi kelenjar kulit yang berlebihan sehingga wajah berminyak tersebut akan mempunyai resiko lebih besar terhadap pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mengetahui tentang jerawat seperti pada uraian di atas, karena selain lebih efektif dalam menghilangkannya juga anda dapat melakukan pencegahan dini terhadap pertumbuhan jerawat.

Berbicara mengenai jerawat, yaitu "menghilangkan jerawat" ada juga cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam satu hari yang biasanya di lakukan dengan maksud tujuan kepentingan tertentu. Untuk menghilangkan jerawat, saya rasa anda tidak akan merasa kesulitan apabila mengetahui jenis-jenisnya. Karena proses pengobatan atau cara menghilangkan akan dapat bekerja secara efektif dalam menghilangkannya. Untuk menghilangkan jerawat yang membandel mungkin saja anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya, namun ada juga pilihan obat yang akan saya uraikan di bawah supaya jerawat anda dapat menghilang dengan cepat yang tentunya anda juga harus menggunakan prinsip dalam pemilihan obat yang salah satu tujuannya adalah mempertimbangkan manfaat dan resikonya.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat anda dapat menggunakan 2 cara yaitu menggunakan bahan alami dan obat dari apotik yang kedua-duanya sudah terbukti manjur untuk menghilangkan jerawat. Menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat dirasa jauh lebih baik, karena tidak ada efek samping  yang di timbulkan pada wajah maupun kesehatan. Dari ketujuh jenis jerawat di atas, anda dapat menggunakan obat alami untuk menghilangkan jerawat  baik itu jerawat komedo, jerawat biasa, juvenil dan vulgaris. Menggunakan bahan-bahan alami dalam mengatasi jerawat, saya rasa sangat tepat namun, ada sebagian orang ada yang menganggap bahwa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat di rasa kurang efektif atau sangat lama, oleh karena itu saya juga menguraikan obat jerawat yang bagus, yang mampu bekerja secara cepat dalam menghilangkan jerawat seperti tema kali ini tentang cara menghilangkan jerawat dalam 1 hari. Adapun untuk menghilangkan jerawat yang membandel seperti pada jerawat batu anda bisa menggunakan obat manjur yang bisa di dapat dari apotik seperti di bawah ini:
  • Panoxyl 10 Aquagel; obat jerawat ini mengandung benzoil peroksida mencapai 10% yang tentunya dapat bereaksi sangat cepat untuk menyembuhkan jerawat. Hanya beberapa jam saja jerawat dapat mengempes dan mengering.
  • Freederm Gel; obat jerawat ini berkhasiat dalam mempercepat pengempisan benjolan jerawat batu sehingga jerawat akan mudah kering dan sembuh dalam beberapa saat .
  • Freederm Fast Track Gel; obat jerawat ini bisa menghilangkan efek merah pada jerawat hanya dalam hitungan jam saja sehingga juga dapat mempercepat penyembuhan.
  • Dermal Nicam 4% Gel; seperti halnya pada freederm gel, obat jerawat ini juga bekerja secara cepat dalam mengeringkan dan menyembuhkan jerawat secara cepat.
  • Acnecide 5% Gel; Selain mengobati juga dapat melakukan pencegahan. Obat jerawat ini mengandung benzoil peroksida yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat batu dapat mengempis dan mengering dalam waktu yang sangat singkat.
  • Brevoxyl Cream; obat ini juga mengandung benzoil peroksida mencapai 4%, sehingga mampu membunuh bakteri propanobacterium acne yaitu bakteri penyebab jerawat batu.
  • Quinoderm Cream; obat jerawat ini tersedia dapam 2 pilihan yaitu mengandung benzoil peroksida 5% dan10% yang tentunya dapat di sesuaikan pada tingkat peradangan ringan dan akut.
  • Salcura Antiac Acne Clearing Spray; obat jerawat ini merupakan salah satu obat jerawat yang cocok untuk semua jenis kulit, karena tidak menggunakan bahan kimia.
Menggunakan obat-obatan seperti di atas merupakan cara yang paling cepat dalam menghilangkan jerawat bahkah hanya beberapa jam saja jerawat bisa kempes, namun juga tergantung dari tingkat keparahan jerawat yang di milikinya. Selain itu, anda juga bisa mencoba bahan alami untuk menghilangkan jenis jerawat lainnya, karena jenis obat untuk menghilangkan jerawat secara alami seperti di bawah ini juga sudah banyak di buktikan khasiatnya untuk menghilangkan jerawat. Adapun bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut:

1. Madu dan alpukat

Menghilangkan jerawat juga dapat menggunakan bahan alami seperti madu dan alpukat. Seperti yang kita ketahui bahwa madu mengandung antioksidan yang baik dalam mengatasi radikal bebas berbahaya. Selain itu juga berperan sebagai anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat berkhasiat dalam kesehatan termasuk mengatasi masalah kulit wajah. Sedangkan pada buah alpukat juga berkhasiat dalam mencegah peradangan kulit wajah. Cara menggunakannya dapat dengan cara:

  • Siapkan sebuah alpukat yang telah matang
  • Ambilah dagingnya menggunakan sendok
Haluskan dan tambahkan 1sendok makan madu dan aduklah sampai rata baru di gunakan untuk di lulurkan pada bagian wajah secara merata.

2. Lemon

Cara menghilangkan jerawat menggunakan lemon ini dapat dengan cara mengoleskan potongan buah lemon tersebut ada bagian wajah.Buah citrus atau lemon ini mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk nipis. Selein itu pada lemon ini juga mengandung senyawa fitokimia yang meliputi eriositrin, polifenol, diosmin, hesperidin, naringenin, d-limonene, terpenes dan naringin, sehingga banyak di manfaatkan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan termasuk dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

3. Baking Soda

Yang sering kita lihat bahwa baking Soda ini biasanya untuk menambah adonan kue, namun secara alami bahwa baking soda ini di kenal dengan nahcolite yaitu mineral alami natrium bikarbonat yang berupa natron sehingga banyak di manfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam mengatasi masalah kesehatan termasuk obat kumur alami, menghilangkan bau badan, melindungi dari sengatan sinar matahari dan untuk menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan baking soda ini dapat dengan cara di oleskan pada jerawat di wajah. Cara membuatnya yaitu campurkan baking soda dengan air putih dengan perbandingan 2:1, lalu aduklah. Hindari pemakaian apabila kulit anda sensitif pada reaksi dari baking soda tersebut.

4. Pasta gigi

Selain baking Soda tersebut, untuk menghilangkan jerawat juga dapat dengan menggunakan pasta gigi. Kandungan yang terdapat pasta gigi tersebut seperti fluride dapat berkhasiat dalam membantu menghilangkan jerawat dengan cara mengikis jerawat tersebut.

Untuk cara menghilangkan jerawat menggunakan pasta gigi dapat di lakukan dengan cara mengoleskan secara langsung pasta gigi tersebut pada jerawat di wajah atau bisa lebih efektif lagi, sebelum di gunakan untuk di oleskan pada jerawat, pasta gigi tersebut di tetesi dengan air baru di gunakan.

5. Mentimun

Selain membantu menghilangkan jerawat, mentimun juga berperan dalam mencegah efek penuaan sehingga sangat baik di gunakan untuk perawatan wajah. Karena pada mentimun ini mengandung anti oksidan yang meliputi beta-karoten, alfa-karoten, lutein, zea-xanthin, vitamin-A dan C.

Cara menghilangkan jerawat dengan mentimun ini bisa dengan cara memotong buah mentimun terlebih dahulu menjadi beberapa bagian, kemudian baru di gunakan untuk menggosok jerawat pada bagian wajah secara halus. Mentimun ini selain dapat di gunakan sebagai obat gosok juga bisa di konsumsi atau di minun dengan cara di buat jus untuk mendukung hasil supaya lebih maksimal.

6. Minyak Pohon Teh

Termasuk jenis minyak esensial yang di dapat dari pohonmelaleuca. Minyak ini mengandung terpenoid, yang akan bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan, di antaranya bermanfaat dalam melembabkan wajah, mengobati jerawat, infeksi kulit dan menghilangkan ketombe sehingga banyak di manfaatkan oleh produsen kosmetik kecantikan. Minyak pohon teh atau tea tree oil ini dapat menimbulkan reaksi pada kulit, oleh karena itu sebelum menggunakannya kewajah lebih baik di coba dahulu pada bagian tubuh yang lain, apabila menimbulkan alergi sebaiknya tidak usah di gunakan.

Untuk cara menghilangkan jerawat menggunakan minyak pohon teh ini dapat dengan mencampurkan 5 ml minyak dengan 95 ml air putih baru di oleskan pada jerawat di bagian wajah secara teratur atau minimal 2 kali dalam sehari.

7. Kulit Jeruk

Buah jeruk memang di kenal dengan buah yang banyak menghasilkan vitamin C, namun tak hanya buahnya saja, kulitnya juga mengandung komponen yang komplek yang bisa di manfaatkan untuk kesehatan. Pada kulit jeruk ini mengandung zat pektin, limonen dan minyak atsiri. Selain banyak di gunakan dalam kesehatan yang di antaranya dapat menurunkan tingkat kolsterol juga  dapat berkhasiat dalam mencegah jerawat, karena mampu membersihkan penyumbatan pada pori-pori kulit akibat dari sel kulit yang mati.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat tersebut adalah buatlah bubuk dari kulit jeruk yang telah kering, tumbuk sampai halus lalu tambahkan sedikit air lalu aduklah hingga menyerupai pasta baru di oleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu beberapa saat sebelum di bersihkan supaya pasta tersebut meresap kedalam kulit.

8. Cuka Sari Apel

Pada cuka sari apel ini ada yang mengandung alkohol dan ada juga yang tidak. Karena pada cuka sari apel ini ada yang terbuat dari fermentasi sari apel dan sari apel cider atau apel beralkohol. Pada cuka sari apel mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan di antaranya juga berkhasiat dalam mencegah kanker, selain itu kandungan yang berupa antioksidan, asam malat dan asam laktat juga dapat mengatasi jerawat pada wajah.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka sari apel ini, anda dapat mencampurkan 95 ml air putih dengan 5 ml cuka sari apel. Kemudian aduklah sampai rata baru di oleskan pada jerawat di wajah secara teratur, tunggu sejenak sebelum membersihkan supaya olesan tadi meresap kedalam kulit atau pakailah sebelum tidur sampai pagi hari baru di bersihkan.

9. Putih Telur

Tahukah anda bahwa putih telur dapat mengencangkan kulit wajah secara cepat! Salah satu makanan yang tidak mengandung kolesterol adalah putih telur. Menurut penelitian para ahli, putih telur ini selain sumber protein yang baik juga mengandung mineral penting bagi tubuh yang meliputi; tembaga, kalium, magnesium, zat besi, seng, kalsium dan fosfor. Selain bermanfaat untuk kesehatan, putih telur juga berkhasiat dalam mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak pada wajah sehingga penggunaan putih telur tersebut dapat mencegah pertumbuhan jerawat di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan putih telur dapat dengan cara mengambil putih telur lalu di aduk atau kocok sampai mengembang baru setelah itu di oleskan pada jerawat di wajah. Tunggu beberapa saat sebelum di bersihkan atau tunggu sampai putih telur yang di oleskan pada wajah telah mengering baru di bilas dengan air hangat sampai bersih.

10. Lidah Buaya

Cara menghilangkan jerawat memakai lidah buaya dapat dengan cara mengambil gelnya dan haluskan gelnya baru di oleskan pada jerawat di wajah. Tunggu sampai sedikit mengering sebelum anda membersihkannya. Tanaman lidah buaya ini di kenal dengan nama Aloe vera dan sudah di kenal karena bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, diantaranya adalah sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit termasuk mengatasi masalah jerawat. Pada lidah buaya ini mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan regenerasi sel sehingga tanaman ini merupakan satu dari 10 tanaman terlaris di dunia yang berpotensi dalam dunia industri. Lidah buaya ini mengandung enzim, polisakarida, vitamin, asam amino, mineral dan sejumlah komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang salah satu di antaranya juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

11. Pepaya

Carica papaya atau pepaya merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari Meksiko. Buah manis yang mempunyai harga relatif murah ini ternyata kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Pada pepaya mengandung tinggi vitamin C dan A  yaitu masing-masing 56 mg dan 1.750 IU. Selain bermanfaat dalam mencegah penyakit berbahaya seperti serangan jantung maupun stroke, pepaya juga bermanfaat dalam mengatasi jerawat dengan cara mengangkat sel-sel kulit yang mati dan berkhasiat dalam mencerahkan kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan pepaya dapat dengan cara yang pertama, ambillah beberapa bagian daging pepaya, haluskan daging pepaya sampai mencair seperti bubur lalu tambahkan madu secukupnya supaya mudah menempel pada wajah. Oleskan pada wajah secara merata atau pada jerawat di wajah tunggu sampai meresap/mengering baru di bilas menggunakan air hangat.

12. Bawang Putih

Mendengar namanya saja rasanya sudah tidak asing lagi bagi kita tentang bawang putih ini. Bawang putih banyak di gunakan dalam mengatasi masalah kesehatan, karena pada bawang putih ini mengandung minyak atsiri, aliin dan senyawa kimia seperti sulfur dan allicin yang bersifat antiseptik sehingga bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih dapat di oleskan secara langsung. Namun sebelumnua tumbuk halus atau haluskan dulu. Apabila ingin supaya hasil lebih baik lagi, silakan pada bawang putih yang telah halus tersebut di tambahkan cuka sari apel dan di pakai pada malam hari dan baru di bersihkan pada keesokan harinya.

13. Scrub Gula

Butiran gula yang telah di haluskan juga bermanfaat dalam membersihkan dan menghaluskan kulit tanpa menyebabkan iritasi. Pada gula juga mengandung AHA dan asam glikolat sehingga dapat bermanfaat dalam mengikis jerawat dengan cara mengangkat sel kulit wajah yang telah mati.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan scrub gula ini dapat dengan cara membuat scrub dulu yaitu dengan mencampur 2 sendok gula dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu tambahkan air perasan lemon dan madu lalu oleskan pada wajah dan tunggu sampai sedikit mengering baru di bersihkan dengan air hangat.

14. Madu dan Stroberi

Selain kaya akan kandungan gizinya, madu juga mengandung beberapa senyawa berfungsi sebagai antioksidan yang meliputi chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase dan pinocembrin. Selain bermanfaat untuk kesehatan juga bermanfaat dalam kecantikan, di antaranya adalah mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan berkhasiat dalam mencegah pertumbuhan jerawat.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat adalah dapat di oleskan secara langsung pada jerawat di bagian wajah, diamkan selama kira-kira 45 menit sebelum di bersihkan supaya meresap kedalam kulit. Selain itu madu juga dapat di aplikasikan pada buah stroberi. Pada stroberi juga mengandung zat anti oksidan tinggi seperti Anthocyanin, sehingga menggunakannya bersamaan dengan madu merupakan cara yang sangat baik untuk mengatasi jerawat di wajah. Cara menggunakannya yaitu dengan menghancurkan atau menghaluskan buah stroberi sampai halus baru di campurkan madu secukupnya. Oleskan pada jerawat atau bagian wajah secara teratur atau minimal tiap 2 hari sekali.

15. Daun Mint

Selain mengandung vitamin A, C, D dan E, kandungan daun mint ini di kenal dengan akan tinggi antioksidannya, oleh karena itu daun mint ini banyak yang menggunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit berbahaya. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun mint juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu dapat membantu menghilangkan jerawat secara cepat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan daun mint ini, langkah yang pertama adalah menghancurkan daun mint tersebut, bisa di blender atau di tumbuk sampai betul-betul halus kemudian di oleskan pada wajah atau jerawat. Diamkan sebelum mencucinya kurang lebih 10-15 menit atau sampai daun mint meresap ke dalam kulit.

16. Kulit Pisang

Tahukah anda bahwa kulit pisang mengandung antioksidan yang berupa lutein. Kulit pisang ari buah pisang apa saja dapat bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan dan mengurangi pembengkakan pada jerawat. Cara menggunakannya dapat di gosokkan secara langsung pada jerawat di wajah dan di diamkan sebentar sebelum di bersihkan.

17. Kentang

Seperti bahan alami lainnya, kentang juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah pertumbuhan jerawat dan membantu menghilangkan jerawat secara cepat. Cara menggunakannya adalah dengan cara di haluskan atau bisa juga dengan di parut baru setelah itu di gunakan untuk jerawat maupun wajah karena baik juga di gunakan untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah.

Sebetulnya masih ada lagi bahan alami lainnya yang baik untuk membantu dalam menghilangkan jerawat, namun itulah bahan alami yang sudah teruji dan yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat selain menggunakan obat obatan yang bisa di dapat di apotik maupun resep dokter.

Menggunakan Obat Dari Apotik


Selain menggunakan bahan alami seperti uraian di atas, cara menghilangkan jerawat dengan cepat dapat pula dengan menggunakan obat-obatan dari resep dokter atau obat yang bisa di dapat di apotik, adapun jenis obat-obatan tersebut adalah seperti di bawah ini.

  1. Resorcinol; obat jerawat yang berbentuk lotion, salep atau gel yang bisa anda dapatkan di toko obat atau di apotik. Salep ini berkhasiat dalam membantu menghilangkan jerawat karena bersifat anti jamur dan bakteri serta mampu menghilangkan lapisan luar kulit. Sehingga dapat anda gunakan untuk obat jerawat, jangan lupa baca aturan pakai dan dosis yang di butuhkan.
  2. Benzoyl Peroxide; Obat jerawat ini merupakan antibakteri nonantibiotik yang bersifat mengeringkan yang biasanya berbentuk gel. Obat ini juga bisa di dapat di apotik.
  3. Salicylic Acid; obat jerawat yang berperan sebagai anti bakteri untuk jerawat ringan seperti komedo.
  4. Asam Azelat; obat jerawat ini bersifat sebagai antibakteri, antiinflamasi, serta komedolitik dan harus dengan resep dokter
  5. Tretinoin; untuk menghilangkan jerawat dengan cepat anda juga dapat menggunakan obat yang bisa di dapat di apotik seperti tretinoin. Namun penggunaan secara bersamaan dengan Asam Salisilat, Peroksida, Benzoil, Sulfur dan alkohol, obat ini dapat menyebabkan iritasi parah.

Itulah jenis obat yang biasanya di resepkan oleh dokter yang bisa anda dapatkan di apotik. Namun selain dari 5 jenis obat jerawat tersebut juga masih ada yang lainnya yang juga bisa di dapatkan di apotik, di antaranya yaitu tertrasiklin, eritromisin, minosiklin, doksisiklin, klindamisin dan kontrimoksazol.

Pada dasarnya jerawat itu sering terjadi dan di sebabkan karena terdapat kotoran atau debu yang menempel pada wajah, oleh karena itu lakukanlah pencegahan dengan cara membersihkan wajah secara rutin  minimal dua kali sehari dengan menggunakan bahan yang cocok untuk jenis kulit wajah anda. Hindari penggunaan obat-obatan dari produk kecantikan apapun yang yang tidak sesuai dengan kulit wajah anda.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Menghilangkan Jerawat Dalam 1 Hari semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Cepat Sekali.




0 komentar:

Posting Komentar