Searching...

Ciri-Ciri Penyakit Gula Kering dan Cara Menyembuhkannya

Penyakit gula kering yang terjadi pada seseorang merupakan tahap awal dari penyakit gula dan termasuk dalam kategori diabetes golongan 2. Pada fase ini, penyakit diabetes kering di dalam tubuh sering kali tidak di sadari, bahkan baru di sadari apabila telah muncul penyakit lain sehingga penyakit gula itu terdeteksi bersamaan dengan adanya penyakit lain. Pada sebagian orang, penyakit gula ini masih seringkali di abaikan olehnya, dan mereka tidak menyadari bahwa kesehatan mereka akan segera di gerogoti oleh penyakit tersebut. Dengan membiarkan penyakit ini, tentunya penyakit gula ini akan lebih parah apabila telah muncul penyakit lain. Untuk itu, janganlah anda meremehkan penyakit ini, karena tergolong penyakit yang menakutkan hingga dapat mengancam jiwa seseorang. Untuk mengantisipasi memburuknya penyakit gula ini hendaknya mendapatkan penanganan secepat mungkin sebelum di dahului penyakit lain pada tubuh.

Ciri-Ciri Penyakit Gula Kering dan Cara Menyembuhkannya

Ciri-ciri penyakit gula kering yang terjadi pada diri seseorang akan di tandai dengan rasa haus dan  banyak buang air kecil. Ciri seperti itu merupakan ciri umum yang sering di alami pada seseorang  yang  mengidap penyakit gula selain adanya ciri-ciri yang lain yang dapat memastikan bahwa seseorang telah mengidap penyakit gula atau tidak. Pada penderita penyakit gula dapat menimbulkan ciri dan gejala pada tubuh tertentu yang bisa di jadikan pedoman untuk mengetahui penyakit gula dalam tubuh yang tidak di sadarinya. Ciri dan gejala tersebut tentunya di timbulkan dari ketidak normalnya kadar gula dalam darah yang seharusnya berperan dalam membangun sel jaringan, justru menjadi biang masalah karena adanya penimbunan kadar gula dalam darah.

Ciri-ciri penyakit gula kering yang dirasakan pada bagian tubuh seseorang yang mengidap penyakit gula yaitu sering mengalami kesemutan. Apabila mengalami ciri-ciri yang menandakan penyakit gula tersebut hendaknya mewaspadainya karena selain membahayakan tubuh juga dapat mengancam jiwa seseorang. Mengalami kesemutan seperti itu memang akan di alami oleh pengidap penyakit gula karena adanya kadar gula dalam darah yang tidak normal yang akan mengakibatkan sistem saraf menjadi rusak, oleh karena itu penyakit gula janganlah di biarkan dan hindarilah segala hal yang dapat memicu terjadinya penyakit gula tersebut. Penyakit gula atau diabetes ini dapat terjadi dengan banyak penyebab yang sebagian besar di akibatkan dari cara hidup yang kurang sehat, dan penyebab lain juga dapat di sebabkan dari keturunan, maka dari itu hendaknya mewaspadai penyakit ini, terlebih-lebih apabila mempunyai keturunan yang mengidap penyakit tersebut.
Ciri-ciri yang di timbulkan dari penyakit gula kering dapat di kaitkan dengan produksi hormon insulin di dalam tubuh oleh pangkreas, dimana pankreas akan berperan dalam terbentuknya hormon insulin yang berguna untuk menyerap glukosa  yang mengalir di dalam darah. Pada seseorang yang menderita penyakit gula tersebut, hormon insulin yang di produksi oleh pankreas tidak mampu menyerap glukosa dalam darah sehingga menyebabkan kadar glukosa menumpuk yang ahirnya menyebabkan masalah pada tubuh. Kondisi ini di namakan dengan istilah penyakit diabetes/penyakit gula.

Penyakit gula terbagi menjadi 3 jenis yaitu; diabetes golongan 1, golongan 2 dan gestasional. Pada golongan 1 ini terjadi karena di sebabkan adanya gangguan pada hormon insulin. Gangguan tersebut bisa juga dengan rusaknya atau tidak adanya hormon insulin. Sedangkan golongan 2 terjadi apabila hormon insulin sudah tidak mampu mengatasi gula pada darah, untuk diabetes gestasional hanya terjadi pada wanita hamil. Sedangkan pada istilah diabetes akan ada istilah diabetes basah dan diabetes kering. Diabetes kering termasuk dalam kategori diabetes golongan 2 dalam fase awal yang terjadi karena gangguan atau kerusakan hormon insulin.

Penyakit gula/diabetes kering ini bisa berkembang menuju pada tingkat keparahannya sampai pada tahapan fase lanjut dan akan memuncak apabila telah ada penyakit lain di dalam tubuh, sehingga masalah yang serius akan terjadi pada tubuh yang membuat makin parahnya penyakit tersebut sehingga keadaan yang demikian ini dapat mengancam jiwa seseorang. Oleh karena itu, segeralah melakukan pengobatan apabila anda mengalami ciri atau gejala dari penyakit gula kering ini. Adapun ciri-ciri orang mengidap penyakit gula kering ini selengkapnya adalah seperti di bawah ini.

Ciri-Ciri Penyakit Gula kering


Bagaimanapun penyakit gula kering  tetap membahayakan, oleh karena dalam mengetahui ciri-ciri penyakit gula tidak ada salahnya, karena selain dapat untuk membedakan orang terkena penyakit gula dan tidaknya dapat di ketahui dengan mudah melalui ciri-cirinya. Untuk ciri-cirinya adalah seperti di bawah ini:

Banyak buang air kecil


Pada penderita penyakit gula kering akan mengeluarkan urin secara tidak normal atau dalam jumlah yang cukup banyak. Keluarnya urin ini bukan di sebabkan karena cuaca yang dingin atau kebanyakan minum air putih, namun di sebabkan karena adanya kadar gula yang banyak di dalam darah yang tidak bisa di saring oleh ginjal untuk di kembalikan ke darah sehingga organ ginjal akan memperbanyak air untuk proses penghancuran glukosa yang pada akhirnya kandung kemih selalu penuh yang mengakibatkan banyaknya buang air kecil tersebut.

Merasa haus


Penderita penyakit gula kering secara otomatis akan selalu merasakan kehausan, rasa kehausan tersebut adalah rasa yang tidak wajar karena rasa haus itu terjadi tanpa sebab. Kejadian itu di sebabkan karena banyaknya buang air tersebut akan merangsang penderita mengalami rasa haus yang di akibatkan karena organ ginjal tidak bisa bekerja secara normal.

Sering kesemutan


Seringnya kesemutan pada bagian tubuh seperti tangan dan kaki, secara otomatis akan di alami oleh seseorang yang mengidap penyakit gula kering. Hal itu di karenakan adanya kerusakan pada sistem saraf akibat dari kadar glukosa yang menumpuk di dalam darah., sehingga mengakibatkan sering kesemutan.

Berat badan menurun


Turunnya berat badan secara drastis juga akan di alami oleh pengidap penyakit gula kering karena tubuh tidak mendapatkan asupan energi yang cukup sehingga sel tubuh akan memecah lemak dan jaringan otot untuk mendapatkan energi tersebut. hal itulah yang dapat mengakibatkan berat badan menjadi turun secara drastis.

Mudah Lelah


Tubuh akan mengalami rasa mudah lelah, itu akan dirasakan penderita penyakit gula karena terlambatnya dari produksi glukosa dapat mengakibatkan sel makanan yang semestinya untuk di bawa menuju keseluruh tubuh akan terhambat bahkan tidak berjalan sehingga tidak ada energi di dalam tubuh sehingga akan menyebabkan rasa mudah lelah.

Kelainan pada gusi


Pada sebagian penderita diabetes juga akan mengalami pembengkakan pada gusi, dan hal itu juga dapat terjadi karena pada penderita penyakit gula akan mengalami penurunan pada sistem kekebalan yang dapat beresiko terhadap gigi dan gusi yang akan di tandai dengan pembengkakan.

Infeksi Jamur


Pada penderita penyakit gula juga lebih beresiko terhadap masuknya jenis bakteri dan jamur, karena lemahnya sistem kekebalan tubuh dapat mengakibatkan terjadinya infeksi dari jamur ataupun bakteri.

Ciri-ciri diatas tersebut akan memudahkan anda dalam mengenali penyakit gula. Selain dari ciri-ciri itu, bisa juga pada penderita penyakit gula kering ini akan mengalami gejala seperti; kulit kering, penglihatan kabur, gatal-gatal pada kulit, jika terluka mengalami infeksi dan sulit di sembuhkan apabila terjadi luka. Waspadalah apabila ada gejala-gejala seperti ini karena seperti tersebut merupakan gejala dari penyakit gula dan segeralah untuk membawanya ke dokter.

Selain dari ciri-ciri penyakit gula kering tersebut juda aga gejala yang di timbulkannya yang juga dapat mengidentifikasi penyakit gula kering tersebut. Adapun ciri dari gejala yang di timbulkan adalah seperti di bawah ini.

Ciri-ciri yang di timbulkan penyakit gula kering


Penyakit gula kering akan menimbulkan beberapa kelainan pada penderitanya yaitu antara lain; adanya rasa lapar, haus, gangguan pernafasan, gangguan penglihatan, pegal-pegal, sakit kepala, gatal dan menjadi sensitif. Terjadinya kelainan-kelainan pada tubuh seperti itu juga dapat di jadikan cara untuk mempermudah dalam mengetahui penyakit gula kering tersebut. Adapun selengkapnya tentang ciri yang di timbulkan penyakit gula kering tersebut adalah:

Lapar


Rasa selalu lapar akan di alami penderita penyakit ini karena glukosa darah yang terus dibuang tanpa di manfaatkan oleh tubuh, sehingga rasa lapar akan sering terjadi.

Haus


Dehidrasi akan terjadi pada penderita penyakit ini, karena seringnya buang air kecil tanpa adanya proses penyaringan dari organ ginjal menyebabkan seseorang membutuhkan air dengan jumlah yang lebih banyak.

Mulut kering


Tentunya pada penderita penyakit ini akan secara otomatis mengalami mulut yang kering akibat dari dehidrasi.

Kelainan pada bau pernafasan


Pada penderita penyakit ini akan mengalami pernafasan yang berbau buah yang di sebabkan pembentukan keton yaitu zat yang mempunyai bau seperti buah-buahan akibat proses pembakaran lemak untuk sumber energi.

Gangguan penglihatan


Penglihatan kabur juga di alami penderita penyakit ini karena kadar glukosa darah yang meningkat dapat menyebabkan perubahan pada lensa mata atau penglihatan.

Sensitif


Selain penglihatan kabur,  juga pada penderita penyakit gula kering akan lebih sensitif . Hal itu di sebabkan dari fluktuasi gula darah yang dapat menyebabkan mood terkadang bisa berubah-ubah.

Selain itu, penderita juga mengalami sakit kepala, pegal otot, dan gatal gatal akibat dari kadar gula darah yang tinggi.


Cara menyembuhkan penyakit gula kering


Apabila anda mengalami ciri-ciri dan gejala seperti di atas, segeralah melakukan pengobatan untuk dapat menyembuhkannya dan jauhilah segala hal yang dapat menjadi resiko terhadap parahnya penyakit tersebut. Dan berikut adalah cara menyembuhkan penyakit gula kering dengan cara mengatasi penyakit gula yang terjadi pada tubuh.

Untuk membantu menyembuhkan penyakit gula kering sebaiknya menggunakan pola makan yang sehat, seperti mengkonsumsi jenis makanan yang baik untuk penyakit gula tersebut. Jenis makanan yang baik untuk penyakit gula hendaknya mengandung nilai gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh tanpa beresiko terhadap penyakit gula tersebut. Adapun jenis makanan yang di anjurkan adalah; ikan sarden, salmon, oat, makarel, beras merah, ubi jalar, roti, buah apel, buah pir dan aprikot. Selain itu hindarilah nasi putih, kentang, gula, nangka, durian, kafein dan segala makanan yang mengandung pemanis buatan.

Selain cara yang dapat membantu dalam penyembuhan penyakit gula tersebut juga ada cara penyembuhan penyakit gula yang menggunakan obat dari dokter ataupun dengan obat tradisional/alami seperti pada artikel selanjutnya yaitu tentang Obat Penyakit Gula Yang Paling Manjur.

Itulah Ciri Penyakit Gula Kering dan Cara Menyembuhkannya, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa anda jadikan pertimbangan dalam mengetahui ciri-ciri penyakit gula kering yang mungkin terjadi pada anda.




0 komentar:

Posting Komentar