Searching...

Cara Menghilangkan Batuk Pilek Dengan Cepat

Pilek adalah penyakit yang paling dekat dengan kita sehingga hampir semua orang sudah pernah mengalaminya. Mendengar yang namanya batuk pilek ini rasanya sudah tidak asing lagi apalagi di awal musim penghujan. Batuk pilek merupakan penyakit biasa yang sering di alami seseorang di dalam kehidupan. Batuk pilek juga tergolong sebagai penyakit ringan yang sering timbul dari perubahan cuaca atau musim, dan oleh karena itu penyakit pilek ini dapat terjadi pada seseorang hingga bisa mencapai 2 kali atau lebih dalam setahun, tergantung akan tingkat kekebalan tubuh yang di milikinya. Oleh karena itu pentingnya mengetahui "cara menghilangkan batuk pilek" seperti ini rasanya tidak ada ruginya.

Cara menghilangkan batuk pilek dengan cepat dapat di lakukan dengan penanganan yang tepat dengan cara mengetahui jenis penyakit, penyebab dan gejalanya. Karena bisa saja penyakit tersebut dengan penyebab tanda-tanda yang sama namun mempunyai penyebab dan gejala yang berbeda. Sebelum anda melakukan langkah-langkah penyembuhan dengan cara menghilangkan batuk pilek tersebut, ada baiknya anda mengetahui tentang penyakit batuk pilek tersebut.

Batuk Pilek


Apakah anda sudah mengetahui antara pilek dan flu yang keduanya sama-sama menimbulkan gejala batuk? Oleh kebanyakan orang, antara penyakit batuk pilek dan flu ini sering kali di samakan, pada hal keduanya mempunyai mempunyai perbedaan terhadap penyebab dan gejala yang di timbulkannya. Bagi seseorang yang terserang pilek akan dapat di ketahui pada hidungnya yang mengeluarkan lendir jernih yang kemudian akan berubah menjadi kekuningan bahkan setelah satu minggu bisa berubah lagi menjadi kuning kehijauan dan akan di ikuti dengan batuk atau bisa juga demam. Jadi batuk ini di sebabkan dari pilek yang menyerang sesearang dalam jangka waktu tertentu dengan kata lain "batuk di sebabkan dari penyakit pilek" bukan pilek yang di sebabkan dari batuk. Mengingat pengertian batuk, yaitu gejala alami tubuh untuk mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan.

Batuk pilek tidak sama dengan batuk flu, karena walaupun antara penyakit pilek dan flu tersebut sama-sama di ikuti dengan batuk dan batuk tersebut keduanya menyerang saluran pernafasan tetap mengalami perbedaan di antara gejala dan penyebab. Penyakit pilek, di sebabkan karena bakteri atau virus. Sedangkan flu, di sebabkan hanya karena virus influenza. Jadi mengetahui perbedaan tersebut sangatlah penting supaya dalam mengatasinya anda menggunakan cara yang cepat tepat dan akurat.

Cara menghilangkan batuk pilek yang paling efektif adalah dengan cara menyembuhkan penyebabnya yaitu pilek. Penyakit pilek ini akan menimbulkan batuk karena adanya lendir pada saluran pernafasan dan oleh tubuh, akan secara alami mengeluarkan lendir tersebut melalui batuk. Untuk itu dalam menghilangkan pilek sekaligus juga dapat menghilangkan batuk.

Gejala

Pilek akan menimbulkan gejala-gejala pada tubuh yang dapat berlangsung hanya dalam beberapa hari atau 1-2 minggu dan juga ada yang menimbulkan gejala cukup lama serta tergantung pada kekebalan tubuh penderita. Pada seseorang yang sedang terserang pilek akan mudah menularkan virus tersebut kepada orang lain terlebih-lebih pilek tersebut baru berlangsung 3 hari; baik melalui pernafasan, udara ataupun kontak langsung. Dan pada penderita pilek ini akan menimbulkan gejala yang berupa:

  • Pada hari pertama anda akan mengalami tenggorokan yang terasa sangat kering dan kemudian akan berlanjut dengan rasa sakit saat menelan makanan atau miniman.
  • Setelah sakit tenggorokan maka akan di susul dengan demam, naiknya suhu badan ini bisa ringan atau bisa saja meningkat. Gejala pilek seperti demam, lebih sering terjadi pada anak-anak dari pada orang dewasa karena sebagian besar anak yang sedang pilek biasanya di ikuti dengan demam dengan suhu badan hingga mencapai 40°C.
  • Keluar lendir pada hidung. Biasanya akan terjadi pada hari ke-empat dan seterusnya yang di ikuti dengan batuk.
  • Mata terasa letih dan mengeluarkan cairan.

Penyebab dan Penularan

Seperti pada uraian di atas bahwa penyakit pilek ini di sebabkan oleh berbagai virus. Adapun secara umum dan jenis virus yang sering menyebabkan pilek ini adalah dari golongan rhinoviruses dan coronaviruses. Jenis virus ini dapat mudah menular dari penderita ke orang lain dengan melalui kontak langsung ataupun tidak langsung.

Pencegahan

Pada pergantian musim biasanya pilek akan mudah menyerang seseorang. Namun untuk mencegah penyakit pilek ini supaya tidak terjadi pada diri anda, sebaiknya anda melakukan hal-hal yang dapat mempertahankan sistim kekebalan, karena kekebalan tubuh merupakan senjata yang paling ampuh melawan bakteri atau virus yang menyebabkan pilek ini. Adapun pencegahan yang dapat di lakukan adalah:

  • Untuk mencegah pilek, sebaiknya anda menghindari stres. Karena stres dapat mengganggu pertahanan tubuh anda untuk melawan penyakit, yang salah satunya adalah untuk melawan penyakit pilek.
  • Istirahat dengan tidur yang cukup ± 8jam. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan mendapatkan vitalitas dengan memperbaiki dan menjaga sel-sel tubuh.
  • Pilek juga dapat di cegah dengan makan teratur dan berolah raga. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi tentunya dapat menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh sehingga sistim kekebalan tubuh dapat terjaga. Sedangkan berolahraga juga penting di lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
  • Untuk mencegah tertularnya penyakit pilek sebaiknya menghindari seseorang yang terserang pilek.
  • Minum air yang banyak karena manfaat air bagi tubuh dapat zat yang berbahaya dari dalam tubuh, sehingga dapat mencegah virus yang menjadi penyebab pilek.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Berolah raga secara teratur.

Dengan melakukan pencegahan seperti ini tubuh tidak mudah terserang virus yang bisa menyebabkan pilek karena dengan meningkatkan kekebalan tubuh, virus di dalam tubuh dapat di matikan dengan cara di lawan oleh kekebalan tubuh.

Cara Menghilangkan Pilek


Penyakit pilek biasanya akan selalu di ikuti dengan gejala yang berupa batuk. Untuk menghilangkan pilek tentunya penyakit batuk ini juga akan ikut sembuh, karena batuk adalah gejala dari pilek. Namun bagai mana cara menghilangkan pilek? Pilek merupakan penyakit yang tidak mematikan seperti halnya pada penyakit jantung. Namun penyakit ini tentunya sangat mengganggu sekali karena selain badan terasa tidak enak, pilek ini juga kerap di sertai dengan batuk. Dan berikut dibawah ini merupakan cara menghilangkan pilek dengan cepat.

Cara menghilangkan Pilek dapat di lakukan dengan beberapa cara dengan tujuan supaya penyakit pilek tersebut dapat sembuh dengan cepat. Selain itu, cara menyembuhkan pilek juga akan selalu terkait dengan sistim kekebalan tubuh, dimana kekebalan tubuh akan berperan dalam melawan dan menghilangkan pilek tersebut. Untuk cara menghilangkan pilek tersebut adalah sebagai berikut:

1. Makan

Pilek biasanya akan menimbulkan gejala menurunnya nafsu makan dan hal itu akan terjadi pada awal-awal penyakit pilek ini muncul, yaitu antara 1-6 hari. Pada seseorang yang mengalami pilek tentu akan merasa malas untuk makan atau minum.

Cara menghilangkan pilek dengan cepat sebaiknya anda makan dengan jumlah yang cukup atau sampai kenyang, karena dengan mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang cukup maka kekebalan tubuh akan segera meningkat cepat sehingga mampu melawan dan mematikan virus yang menyebabkan pilek tersebut. Cara menghilangkan pilek seperti itu sesuai dengan pepatah jawa yang menyebutkan bahwa obat pilek adalah dengan makan sekenyeng-kenyengnya dan minum sepuas-puasnya.

Makanan pokok yang baik untuk orang pilek adalah mengandung protein, lemak karbohidrat, vitamin dan mineral dan untuk jenis makanannya bisa berupa nasi dengan daging yang juga di lengkapi dengan sayur-sayuran dan buah-buahan seperti pisang. Makanan yang baik untuk pilek lainnya yaitu makanan yang mengandung tinggi zinc atau seng.

Jenis makanan atau minuman yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mempercepat penyembuhan pilek adalah;

  • Telur
Untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan virus yang menyebabkan pilek dapat dengan mengkonsumsi telur matang, karena pada telur tersebut mengandung protein dan asam amino yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga pilek akan lebih cepat di sembuhkan dengan meningkatnya kekebalan tubuh. Selain itu telur juga baik untuk di konsumsi untuk mengganti makanan apabila anda malas untuk makan.

  • Buah Elderberry
Buah elderberry mengandung antioksidan yang baik jika di gunakan dalam penyembuhan penyakit pilek karena mempunyai sifat membunuh dan melawan bakteri / virus penyebab pilek. Selain itu, buah yang mirip dengan buah anggur tersebut juga mengandung anti oksidan yang berupa vitamin C, dimana antioksidan akan berkhasiat untuk menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Buah elderberry ini dapat di konsumsi secara langsung tanpa mengolahnya dan juga dapat di olah menjadi minuman seperti jus.

  • ASI
Untuk anak bayi atau balita yang sedang pilek hendaknya di berikan ASI dan menjaganya dari kehausan akan ASI, jangan sampai kekurangan dari kebutuhan ASI tersebut. Air susu ibu penting untuk di berikan ke anak, karena merupakan nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan anak, sehingga dengan pemberian asi yang cukup, maka bakteri atau virus yang ada pada tubuh anak akan mudah di kalahkan oleh sistem imun tubuh.

Baik untuk di baca: Obat Batuk Anak Alami yang Manjur

  • Makanan Yang Mengandung Omega 3
Cara menghilangkan pilek dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bisa juga dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung Omega 3. Kandungan Omega 3 yang di dapat dari jenis makanan, selain meningkatkan kekebalan tubuh juga sangat di butuhkan untuk menjaga otak yaitu memperbaiki fungsi dan memori otak. Untuk jenis makanan yang mengandung Omega 3 ini bisa di dapat dari makanan seperti ikan tuna, salamon dan makarel.

  • Tiram atau Kerang
Tiram merupakan jenis makanan yang mengandung zinc dan makanan ini baik untuk membantu menyembuhkan pilek. Hal itu sesuai dengan penelitian yang di lakukan oleh para ahli yang menyatakan bahwa seseorang yang mengalami sakit pilek dengan mengkonsumsi tiram, maka infeksi dari bakteri atau virus yang menyebabkan pilek tersebut dapat berkurang atau bisa sembuh lebih cepat. Namun tiram tersebut apa bila di konsumsi mentah malah dapat memperparah kondisi pilek tersebut. Untuk menggunakannya sebagai obat menyembuhkan pilek, sebaiknya tiram ini di masak sampai matang.

  • Akar Manis atau Teh Licorice
Untuk mempercepat penyembuhan batuk pilek, mengkonsumsi teh dari akar manis ini menjadi pilihan yang tepat, karena bersifat melegakan tenggorokan dengan cara memecah lendir sehingga gejala batuk pilek ini akan berkurang. Selain berkhasiat melegakan tenggorokan, pada akar manis ini mengandung zat glycyrrihizic yaitu anti virus yang mampu mencegah infeksi jamur/bakteri yang berbahaya bagi tubuh termasuk salah satunya adalah pilek.

  • Paprika Merah
Menggunakan paprika merah untuk membantu menyembuhkan pilek dapat di tambahkan pada makanan yaitu sebagai bumbu pedas. Selain berkhasiat untuk pilek, paprika merah juga berkhasiat untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit kanker. Paprika merah  mengandung zeaxanthin, lutein, lycopene, pigmen antioksidan yang bermanfaat untuk melawan berbagai bakteri atau virus yang menyebabkan pilek tersebut.

  • Biji Adas
Cara menghilangkan batuk pilek dengan cepat lainnya dapat mengkonsumsi adas. Biji  adas ini bermanfaat untuk menyembuhkan pilek karena mengandung zinc, asam amino, vitamin C , protein dll. Cara mengolah bubuk adas untuk mempercepat penyembuhan pilek ini dapat di olah dengan cara di rebus terlebih dahulu baru di minum selagi hangat atau bisa juga di campur dengan madu baru di minum.

  • Bawang Putih
Sebagaimana manfaat bawang putih bagi kesehatan, anti oksidan yang terkandung di dalam bawang putih di antaranya dapat di manfaatkan untuk menghilangkan pilek secara alami dengan cara di campurkan pada makanan atau bisa di campurkan pada masakan sup.

  • Pepaya
Untuk membantu penyembuhan penyakit pilek, mengkonsumsi buah pepaya juga sangat baik karena pada buah pepaya mengandung tinggi vitamin C yang bermanfaat sebagai anti oksidan untuk melawan dan mencegah penyakit, termasuk penyakit pilek. Selain pepaya juga masih banyak lainnya seperti buah jeruk, apel, delima, stroberi, tomat, alpukat, blewah dll.

  • Yogurt
Makanan yang lezat ini memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk membantu menyembuhkan pilek. Yogurt merupakan makanan yang diolah dari bahan susu yang di fermentasi sehingga nilai gizi yang terkandung di dalamnya berlipat ganda. Kandungan bakteri alami sebagai prebiotik dapat melawan bakteri dan virus yang menjadi penyebab pilek. Selain bermanfaat untuk melawan virus pilek, yogurt juga dapat membantu proses pencernaan bagi penderita pilek, karena mampu menyeimbangkan mikroflora dalam usus.

  • Sup Ayam
Apabila anda sedang pilek, mengkonsumsi sup ayam juga bisa mempercepat penyembuhan pilek, karena sup ayam tersebut mengandung nutrisi yang baik sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus di dalam tubuh. Untuk mengkonsumsi sup ayam atau bisa juga kaldu ayam sebaiknya di konsumsi selagi masih hangat.

  • Mengkonsumsi Jamur
Cara menghilangkan pilek dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti jamur ini sangat tepat, karena jamur mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh untuk mempercepat dalam penyembuhan pilek. Adapun kandungan yang terdapat pada jamur bersifat sebagai anti virus, anti-bakteri dan ati radang. Ketiga unsur tersebut memang zat yang di butuhkan tubuh untuk membantu menyembuhkan pilek karena mampu mendukung dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Minum

Cara menghilangkan pilek selain makan yaitu minum. Usahakan minum air putih dalam jumlah yang cukup apabila anda sedang pilek, karena dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan pilek yang anda alami. Dengan meminum air yang cukup, tentu kebutuhan cairan tubuh akan terpenuhi sebagai mana pilek ini juga mudah terjadi pada anda apabila tubuh mengalami dehidrasi/kekurangan cairan.

3. Istirahat

Pilek mudah terjadi pada seseorang yang mengalami tingkat kekebalan tubuh yang lemah sedangkan banyaknya aktifitas dapat membuat tubuh mengalami kelelahan atau capek yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu jika anda mengalami sakit pilek sebaiknya anda istirahat total, hindarilah aktifitas ataupun kegiatan lainnya seperti olah raga.

4. Mengkonsumsi madu dan jahe

Cara menghilangkan pilek dapat dengan meminum ramuan madu dan jahe. Selain madu mengandung gizi yang baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit, jahe juga berkhasiat demikian bahkan mampu meringankan infeksi pada saluran pernafasan.

5. Menggunakan Air Hangat

Pilek akan cepat sembuh apabila di atasi dengan benar, salah satunya juga dapat menggunakan air hangat baik untuk di minum maupun untuk mandi. Mengkonsumsi minuman hangat untuk menghilangkan pilek dapat berkhasiat untuk meringankan rasa gatal pada tenggorokan, melegakan hidung tersumbat, mengeluarkan zat yang berbahaya bagi tubuh, melancarkan peredaran darah dan menyehatkan sistem saraf. Untuk mengkonsumsi minuman hangat bisa berupa wedang jahe atau teh dan keduanya memiliki manfaat yang baik untuk penyembuhan pilek. Sedangkan air hangat untuk mandi dapat bermanfaat untuk membuat otot menjadi rileks sehingga membantu mengembalikan kesegaran tubuh.

6. Minum Gingseng

Cara menghilangkan pilek secara cepat dapat juga dengan meminum gingseng baik berupa ramuan yang di campurkan dengan teh hangat ataupun wedang jahe. Gingseng merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan pilek dengan cara melawan virus yang menjadi penyebab pilek tersebut karena gingseng merupakan obat herbal alami untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Obat Herbal Alami

Untuk menghilangkan pilek juga bisa menggunakan jenis obat-obatan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah ada di sekitar kita seperti jeruk nipis, kencur, lempuyang dan air garam. Bahan alami tersebut juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan atau menghilangkan penyakit pilek ini. Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

  • Kencur; untuk mengolah kencur sebagai obat herbal pilek anda bisa mengolah dengan cara mempersiapkan dulu bahan-bahan seperti: 1 rimpang kencur, 1/4 dari sebuah kelapa. Haluskan kedua bahan tersebut lalu campur dengan segelas air matang dan aduklah baru di saring/di peras. Minumlah air perasa tadi sebanyak satu kali dalam sehari.
  • Jeruk nipis; dapat di gunakan sebagai obat pilek alami dengan cara mengambil air dari perasan sebuah jeruk nipis lalu tambahkan 1 sendok kapur sirih dan 2 sendok teh minyak kayu putih aduklah sampai semua bahan tercampur rata baru di gunakan sebagai obat gosok herbal. Cara menggunakannya bisa di gosokkan pada sekitar leher dada sampai punggung.
  • Lempuyang; Untuk mengolah menjadi obat pilek alami lempuyang ini dapat di campur dengan bahan seperti: 3cm lempuyang, 20 butir biji pepaya, 2 jari kulit kina dan 3 sendok madu. Haluskan semua bahan lalu aduklah sambil di beri segelas air matang. Aduk hingga 3-5 menit baru di saring dan di minum airnya.
  • Air garam; untuk menggunakan air garam sebagai obat pilek dapat di gunakan untuk berkumur yaitu di sajikan dengan cara di seduh dengan air hangat baru di gunakan untuk berkumur.

8. Terapi

Untuk menghilangkan pilek dengan cepat khususnya badan mriang atau demam dapat diatasi dengan terapi  menggunakan air garam. Caranya adalah melarutkan garam ke dalam air hangat. Kemudian air garam hangat ini di pakai untuk merendam kedua kaki selama 5-15 menit. Terapi ini berkhasiat untuk menghilangkan demam akibat pilek.

9. Obat Resep Dokter

Cara menghilangkan pilek yang terakhir yaitu menggunakan resep dokter dengan cara pergi ke dokter untuk memeriksakan pilek yang anda derita. Pilek yang berlangsung terlalu lama sebaiknya di bawa kedokter karena anda akan mendapat obat yang sesuai dengan penderita. Penyakit pilek yang berlangsung cukup lama akan berkaitan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh, oleh karena itu membawa ke dokter adalah langkah yang paling tepat karena di khawatirkan adanya gangguan tubuh lainnya yang memungkinkan adanya penyakit lain yang mendasarinya.

Obat pilek dengan resep dokter, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik, ibuprofen, parasetamol dan obat lainnya yang menyengkut dengan kesehatan anda. Untuk menyembuhkan pilek dengan obat yang di berikan oleh dokter ini hendaknya anda meminum obat sesuai yang di sarankan oleh dokter.

Mempercepat Penyembuhan Pilek


Cara mempercepat penyembuhan pilek dapat di lakukan dengan cara-cara yang sangat sederhana yang mudah untuk di lakukan. Selain ke-sembilan cara menghilangkan pilek atau batuk pilek tersebut masih ada cara lain untuk mempercepat penyembuhan gejala pilek yang anda alami. Diantaranya adalah:


  1. Berkumur. Sering berkumur akan bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pilek, karena berkumur  akan membantu membuang lendir pada tenggorokan dan saluran pernafasan. Dan selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi virus yang terdapat pada tenggorokan atau saluran pernafasan. Untuk mempercepat penyembuhan pilek ini anda bisa berkumur dengan air bersih minimal 4-5 kali dalam sehari.
  2. Jangan Merokok. Apabila anda pecandu rokok, sebaiknya harus di hentikan dulu sebelum pilek yang anda derita ini sudah benar-benar sembuh. Alangkah baiknya jika anda berhenti merokok karena dapat mengurangi resiko terhadap terjadinya penyakit berbahaya dan selain itu juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pilek yang anda derita. Apabila anda sedang pilek namun tetap merokok maka dapat berbahaya karena asap rokok tersebut dapat mengiritasi saluran pernafasan yang dapat mempermudah bakteri dan virus tersebut menginfeksi saluran pernafasan tersebut sehingga pilek yang anda derita sulit sembuh bahkan bisa di mungkinkan akan menjadi parah lagi.
  3. Mencuci Tangan. Cara mempercepat penyembuhan pilek lainnya bisa dengan mencuci tangan. Sering membersihkan tangan sangat baik di lakukan apabila menderita pilek karena tangan juga bagian tubuh yang lebih sering terkena kuman, bakteri ataupun virus baik dari tubuh kita misalnya pada saat memegang hidung atau mulut. Dimana pada saat terserang pilek, tubuh akan lebih sensitif terkena bakteri atau virus dari luar sehingga dapat memicu terjadinya penyakit seperti pilek atau bisa juga penyakit pilek ini selalu datang kembali. Cara membersihkan tangan ini bisa juga dengan menggunakan air hangat atau menggunakan pembersih kuman seperti anti septik.
  4. Membersihkan Hidung. Sebagaimana dengan membersihkan tangan, membersihkan hidung juga baik untuk di lakukan dengan tujuan membersihkan bakteri atau virus yang terdapat di sekitar hidung supaya tidak menginfeksi kembali atau memperparah pilek tersebut. Membersihkan hidung dapat menggunakan air garam dimana garam dapat bersifat membunuh kuman atau bakteri yang terdapat di daerah sekitar hidung tersebut.

Menghilangkan Pilek Hidung Tersumbat


Untuk meringankan gejala pilek seperti hidung tersumbat ini dapat juga dengan memakai bantal yang lebih tinggi pada saat anda tidur. Hal itu akan meringankan gangguan pada pernafasan seperti gejala hidung tersumbat.

Pada seseorang yang mengalami pilek ini ada juga yang mengalami hidung tersumbat sebelah atau kedua duanya dan untuk mengatasinya apabila kedua lubang hidung tersumbat dapat menggunakan bantal yang lebih tinggi. Namun apabila salah satu hidung yang tersumbat bisa di atasi dengan tidur  miring, jika hidung kanan yang tersumbat maka tidur miring menghadap ke kiri dan begitu juga dengan sebaliknya. Adapun untuk mengatasi hidung tersumbat menggunakan obat alami bisa menggunakan:

  1. Jahe; dapat di olah menjadi wedang jahe yang bermanfaat mengatasi hidung tersumbat dari gejala pilek.
  2. Bawang putih; dapat di gunakan untuk melegakan pernafasan akibat dari pilek tersebut. Adapun caranya : haluskan bawang putih tersebut dan gunakanlah dengan cara di hirup sampai pernafasan menjadi lancar.
  3. Merica; selain bawang putih, merica juga dapat di gunakan untuk melegakan pernafasan dengan cara masukkan bubuk merica kedalam air hangat dan aduklah kemudian baru di minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah serangkaian cara menghilangkan pilek dengan cepat alami, pergilah kedokter apabila pilek yang anda derita tidak berkurang hingga mencapai 3 minggu atau pilek anda susah bernafas, leher membengkak atau sakit di bagian dada. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Obat Batuk Yang Manjur Untuk Batuk Berdahak dan Kering.




0 komentar:

Posting Komentar