Searching...

Obat Amandel Alami Yang Paling Ampuh

Untuk menghilangkan amandel biasanya cara yang di tempuh oleh kebanyakan orang adalah adalah dengan jalan operasi atau dengan penanganan dari tim medis. Namun tahukan anda bahwa amandel juga bisa di hilangkan dengan menggunakan obat alami? Selain mempunyai keuntungan dalam menghindari efek samping dari operasi untuk menghilangkan amandel tersebut, menggunakan bahan alami juga tidak membebani perekonomian karena bahan alami tersebut mudah di dapat dan mempunyai harga yang lebih murah. Oleh karena itu, untuk mengobati amandel tidak ada salahnya jika menggunakan bahan alami, karena selain ampuh untuk menghilangkan amandel, bahan alami tersebut juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Amandel merupakan penyakit yang tidak susah untuk di hilangkan sebagaimana penyakit lainnya, karena dengan menghindari penyebabnya, penyakit tersebut juga tidak mengalami perkembangan yang lebih parah lagi. Oleh karena itu, amandel masih di golongkan dengan jenis penyakit yang bisa di atasi baik dengan cara medis maupun alami. Dan bagi anda yang ingin menghilangkan penyakit amandel secara alami, saya uraikan tentang obat amandel alami yang paling ampuh yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit amandel. Adapun jenis obat amandel alami yang paling ampuh tersebut adalah seperti di bawah ini.


Amandel


Sebelum melakukan pengobatan menggunakan obat amandel alami, ada baiknya anda juga mengetahui tentang amandel itu sendiri. Apakah amandel itu? mengapa setiap orang memiliki amandel? berfungsi untuk apakah amandel itu? dan apa penyebab dari amandel?. Amandel merupakan jaringan tubuh yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi seseorang dalam melawan jenis penyakit. Oleh karena itu amandel dalam kehidupan mempunyai peranan yang sangat penting terlebih-lebih bagi anak yang berusia kurang dari 10 tahun dalam proses pertumbuhan. Namun apabila amandel tidak mampu melawan penyakit, virus maupun kuman yang berada di dalam tubuh maka akan mengalami pembengkakan yang dapat menimbulkan rasa sakit saat menelan makanan. Kondisi seperti ini tentunya memerlukan pengobatan yang salah satunya dapat anda coba yaitu menggunakan obat alami.

Penyebab

Adapun penyebab dari amandel tersebut bisa di sebabkan oleh virus maupun bakteri. Seperti pada uraian di atas bahwa sepasang kelenjar yang terdapat di dalam tenggorokan ini dapat membengkak dan menimbulkan rasa sakit. Adapun faktor yang dapat meningkatkan resiko terhadap pembengkakan amandel tersebut adalah:

  • Kekurangan vitamin C; jumlah asupan dari vitamin C yang merupakan anti oksidan bagi tubuh apa bila tidak memenuhi kebutuhan tubuh dapat meningkatkan resiko pada pembengkakan dari amandel tersebut.
  • Kekurangan cairan; selain vitamin C, kekurangan zat cair pada tubuh juga demikian. Oleh karena itu konsumsilah air putih dengan jumlah yang cukup untuk mencegah penyakit di dalam tubuh, termasuk mencegah pembengkakan amandel.
  • Makanan berbahan kimia; mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung bahan kimia maupun bahan pengawet makanan juga dapat meningkatkan resiko pada pembengkakan amandel.

Gejala

Obat amandel akan sangat di butuhkan apabila pada amandel tersebut telah terjadi pembengkakan, rasa sakit dan gejala-gejala yang di timbulkan. Adapun untuk mengetahui gejala dan ciri-ciri penyakit amandel adalah sebagai berikut:

  1. Berwarna merah; perubahan amandel yang membengkak akan di tandai dengan warna amandel yang kemerah-merahan.
  2. Perubahan pada dua kelenjar di dalam tenggorokan yaitu timbul bercak yang berwarna putih kekuningan
  3. Rasa sakit pada tenggorokan; hal itu akan di rasakan apabila pada amandel telah terjadi pembengkakan sehingga rasa sakit akan lebih terasa pada waktu menelan makanan.
  4. Perubahan suara; selain rasa sakit yang dapat di timbulkannya juga penderita amandel akan mengalami perubahan suara yang tidak seperti biasanya.
  5. Pembengkakan di sekitar leher; selain pembengkakan pada amandel juga terjadi pembengkakan yang berwarna kemerahan di sekitar leher.
  6. Timbul gejala pada tubuh seperti; demam, sakit kepala dan batuk.

Obat Amandel Alami





Penyakit amandel apabila telah membengkak tentunya akan menimbulkan ketidanyamanan bagi penderitanya. Oleh karena itu penyakit tersebut haruslah di obati dengan salah satunya menggunakan obat amandel alami. Namun selain menggunakan obat alami untuk menyembuhkan amandel dari membengkak supaya kembali mengecil, anda juga dapat melakukan langkah-langkah yang mudah untuk mencegah dari pembengkakan supaya tidak menimbulkan rasa sakit saat menelan makanan.

Obat amandel alami sekarang ini sudah banyak di gunakan dengan berbagai alasan diantaranya di gunakan seseorang yang menderita amandel dengan alasan bahwa mereka takut dioperasi, karena alasan kesehatan dan menghindari resiko lainnya akibat dari terjadinya hal-hal lain dari tindakan operasi tersebut. Bukan hanya murah dan mudah, menggunakan obat alami untuk mengobati amandel tersebut juga tidak menimbulkan rasa sakit dan efek samping karena bahan yang di gunakan merupakan bahan makanan yang sudah biasa untuk di konsumsi seperti jeruk nipis, benalu, bawang merah, kulit manggis, jahe dan madu yang nantinya akan saya uraikan secara jelas baik dalam mengolahnya maupun aturan dalam meminumnya.

Untuk menyembuhkan penyakit amandel operasi dapat dilakukan apabila pembengkakan amandel telah menutupi tenggorokan yang dapat menyebabkan penderita mengalami kesulitan untuk menelan makanan. Namun apabila amandel tersebut tidak terlalu parah anda bisa mengobati sendiri penyakit tersebut menggunakan obat amandel alami. Adapun obat amandel alami yang dapat anda pergunakan adalah:

Ramuan Alami

Obat amandel alami yang pertama adalah menggunakan ramuan dari bahan alami yang berkhasiat sebagai obat tradisional. Obat amandel alami memang dapat menggunakan bahan rempah yang dapat di konsumsi secara langsung maupun di olah terlebih dahulu menjadi ramuan tradisional. Sebagaimana tentang ramuan tradisional, sampai saat ini banyak di gunakan karena sudah tidak di ragukan lagi khasiatnya. Adapun cara membuat ramuan alami untuk mengobati amandel, anda dapat membuat ramuan dari bahan kunyit, jeruk nipis dan madu sebagai pelengkap. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut;

  1. Persiapkan bahan-bahan seperti:
  2. Satu rimpang kunyit
  3. Sebuah jeruk nipis
  4. 2 sendok makan madu
  5. Air

Cuci bersih kunyit tersebut lalu hancurkan atau bisa juga dengan cara di parut lalu peras dan saring untuk di ambil airnya. Tambahkan air jeruk nipis yang di ambil dengan cara di peras dan tambahkan juga madu dan air hangat secukupnya atau ramuan di buat hanya satu gelas aduklah baru di minum sebanyak 2 kali dalam sehari sampai sembuh.


Kulit Manggis

Tahukah anda bahwa obat manggis ini dapat di gunakan untuk mengobati pembengkakan pada amandel? Bukan hanya untuk mengobati amandel saja bahkan buah manggis ini juga sering di gunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi penyakit karena pada buah manggis mengandung zat yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit, diantaranya adalah anti oksidan yang berupa xanthone, tanin dan antosianin. Selain itu juga mengandung anti-inflamasi, anti kanker dan anti mikroba oleh karena itu kulit manggis dapat di gunakan untuk obat amandel alami.

untuk menggunakan kulit manggis sebagai obat amandel alami, anda dapat membuatnya sendiri dengan cara:

Pengolahan:
Rebuslah kulit manggis yang sudah di keringkan secukupnya hingga mendidih lalu saringlah dan ambil airnya saja kemudian di gunakan untuk berkumur sesering mungkin atau minimal 3 kali dalam sehari sampai amandel sembuh atau sampai peradangan mengecil. Selain dapat di gunakan secara langsung, air rebusan kulit manggis tersebut juga bisa di campur dengan minyak daun mint yang juga dapat mempercepat penyembuhan peradangan amandel tersebut.

Jeruk Nipis

Obat amandel alami juga bisa menggunakan air jeruk nipis dan kapur sirih, karena selain mengandung zat anti oksidan jeruk nipis juga mengandung senyawa kimia lainnya seperti; zat asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, zat besi, belerang dan lain-lain sehingga dapat di gunakan sebagai obat alami untuk beberapa penyakit diantaranya adalah penyakit amandel.

Adapun cara menggunakan jeruk nipis untuk obat alami amandel adalah sebagai berikut:
Persiapkan bahan-bahan;

  1. 2 buah jeruk nipis
  2. 1/2 sendok teh kapur sirih

Peraslah jeruk nipis tersebut kemudian saringlah supaya biji jeruk nipis dapat mudah untuk di buang. Kemudian setelah itu tambahkanlah kapur sirih lalu aduklah lalu diminum sebanyak 3 kali dalam sehari secara teratur.

Buah Mengkudu

Obat amandel alami selanjutnya adalah menggunakan buah mengkudu. Buah yang satu ini banyak di gunakan oleh masyarakat untuk mengatasi penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker. Tak hanya itu, buah mengkudu juga berkhasiat untuk mengatasi amandel yang membengkak karena pada buah mengkudu tersebut juga mengandung antiseptik dan antibakteria, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Kandungan senyawa yang berupa Staphylococcus aureus, Eschericia colli dan Salmonella dapat berperan dalam mengecilkan pembengkakan penyakit amandel. Adapun cara mengolah dan menggunakan buah mengkudu sebagai obat amandel adalah sebagai berikut:

Persiapkan bahan-bahan:
  1. 2 buah mengkudu setengah matang/matang
  2. 1/2 gelas air panas
  3. 2 sendok makan madu

Ambillah air dari buah mengkudu dengan cara di parut dan di saring. Namun apabila buah mengkudu tersebut sudah matang atau lunak dapat langsung di peras dan di ambil airnya. Setelah itu tambahkanlah air panas dan madu kemudian aduklah baru setelah itu di minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

Daun Benalu

Obat amandel alami selain menggunakan buah mengkudu juga dapat menggunakan daun benalu. Karena daun benalu juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit amandel dan selain itu juga daun ini di kenal sebagai obat pembunuh sel tumor dan kanker. Tanaman parasit yang hidupnya menempel pada tanaman lain ini juga banyak di gunakan sebagai obat alternatif sejak zaman dahulu. Adapun daun benalu yang baik untuk di gunakan sebagai obat amandel adalah daun benalu yang hidupnya menempel pada tanaman jeruk nipis karena banyak mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Memang tanaman ini mengandung zat yang banyak di pengaruhi oleh inangnya namun secara umum semua tanaman benalu mengandung zat flavonoid, tannin, saponin dan alkaloida sehingga dapat bernamfaat untuk bahan obat herbal alami.

Cara menggunakan daun benalu sebagai obat alami amandel adalah dapat di campur dengan adas pulo waras yang di kenal dengan Foeniculum vulgare. Tanaman ini mengandung minyak asiri, asam anisat, anisaldehid, metilchavikol, anetol, felandren, limonen, dipenten, pinen dan fenkon sehingga banyak di gunakan sebagai bahan ramuan untuk pengobatan. Adapun cara mengolahnya untuk obat amandel alami adalah:

Persiapkan bahan-bahan:
  1. Daun benalu
  2. Daun adas pulo waras
  3. Air panas

Ambillah daun benalu dan adas pulo waras lalu tumbuklah sampai halus saring dan ambil airnya. Tambahkanlah air panas dan aduklah baru setelah itu dapat segera di minum secara rutin atau minimal 2 kali dalam sehari.

Bawang Merah

Obat amandel alami yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Siapa yang tidak kenal dengan rempah yang satu ini. Bahan yang banyak di gunakan sebagai bumbu dapur ternyata dapat bermanfaat untuk pengobatan, salah satunya adalah dapat di manfaatkan untuk mengobati amandel. Pada bawang merah ini mengandung senyawa alliin dan bersifat antiseptik, sehingga banyak di gunakan untuk pengobatan tradisional alami. Pada prosesnya senyawa yang berkhasiat untuk pengobatan yang berupa alliin oleh enzim alliinase akan di ubah menjadi alliisin, amonia dan asam piruvat yang dapat berfungsi sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida. Untuk menggunakan bawang merah sebagai obat amandel alami anda cukup mengunyah bawang merah yang masih mentah (tanpa di masak) kemudian setelah lembut baru di telan.

Jahe

Obat amandel dapat juga menggunakan jehe, karena pada tanaman jahe juga mengandung zat yang berguna untuk pengobatan, seperti minyak atsiri, filandrena, gingerol, zingiberol, kurkumen, resin dan bisabolena. Tidak hanya untuk mengatasi masuk angin saja, akan tetepi jahe juga berkhasiat untuk mengatasi peradangan dan pembengkakan penyakit amandel. Adapun cara menggunakan jahe sebagai obat amandel alami adalah sebagai berikut;

Persiapkan bahan-bahan:
  1. Jahe
  2. Madu
  3. Air

Buatlah air jahe dengan terlebih dahulu tekan/pukul menggunakan benda keras sampai jahe pecah. Setelah itu rebuslah dengan air secukupnya sampai mendidih dan saringlah, ambil airnya dan tambahkan madu secukupnya baru di minum.

Itulah obat amandel alami yang bisa anda coba untuk menyembuhkan amandel yang telah membengkak dengan catatan belum terlalu parah. Namun apabila amandel telah membengkak parah bahkan menutupi tenggorokan maka  sebaiknya pengobatan yang lebih tepat memilih jalan operasi. Karena penyakit amandel yang sudah parah hendaknya mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat untuk mengatasinya. Sedangkan amandel yang bengkak belum begitu parah anda dapat mengatasinya dengan obat-obatan alami dan selain itu hindarilah jenis makanan yang dapat menyebabkan pembengkakan pada amandel. Dan ada baiknya juga anda menyimak tips untuk mempercepat penyembuhan amandel seperti di bawah ini.

Tips Pengobatan


Untuk mempercepat penyembuhan amandel anda bisa menggunakan obat alami seperti pada uraian diatas, dan selain itu anda juga memperhatikan kebiasaan sehari-hari, seperti:

  • Jangan memijat bagian tenggorokan atau di dekat amandel karena dapat meningkatkan resiko terhadap bertambahnya pembengkakan.
  • Melakukan istirahat yang cukup, karena dengan beristirahat tubuh mendapatkan nutrisi yang berguna dalam meningkatkan kekebalan yang membantu proses penyembuhan alami.
  • Jangan mengkonsumsi jenis makanan pedas atau mengandung banyak minyak karena dapat merangsang pembengkakan pada amandel atau bisa juga memperparah dengan menimbulkan gejala lain seperti radang.
  • Mengkonsumsi jenis makanan yang lebih encer atau lunak akan lebih baik namun hendaknya tetap mempertimbangkan dengan nilai gizi yang di kandungnya dan jangan lupa cukupilah asupan vitamin C.
  • Mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup. Karena dengan meminum air putih dengan jumlah yang cukup dapat menjaga kondisi tenggorokan dari kekurangan cairan.
Sebagian besar perkembangan dari membengkaknya penyakit amandel merupakan penyebab yang bisa di hindari, oleh karena itu jauhilah hal-hal yang dapat menyebabkannya pembengkakan pada amandel.

Demikianlah obat amandel alami yang bisa saya uraikan, temuilah dokter apabila amandel yang anda derita sulit untuk di sembuhkan atau di hilangkan. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Gejala Penyakit Sifilis, Penyebab dan Obatnya.




0 komentar:

Posting Komentar