Searching...

Obat Masuk Angin Yang Paling Manjur

Banyak orang mengeluh akibat dari gejala masuk angin. Apakah yang di maksud dengan masuk angin itu? dan apa obat masuk angin  yang paling manjur itu? Masuk angin adalah sebuah perubahan tubuh yang di sebabkan adanya gas dalam tubuh yang sulit untuk di keluarkan. Masuk angin dapat di identifikasi dengan adanya gejala seperti; terasa mual, muntah, meriang, kembung, kedinginan, demam, sakit kepala, nyeri otot, merasa lelah, nafsu makan menurun dan tubuh terasa tidak enak. Gejala tersebut dapat berkurang atau hilang sama sekali apabila angin dalam tubuh telah keluar. Gejala yang ditimbulkan tentunya dapat mengganggu aktifitas bahkan jika gejala yang di timbulkan mencapai tingkat yang parah maka juga dapat mengganggu kesehatan secara serius. Dan berikut di bawah ini adalah obat masuk angin yang paling manjur.
Obat Manjur Mengatasi Masuk Angin

Masuk Angin


Mengatasi masuk angin dapat di lakukan dengan beberapa cara untuk penyembuhan secara cepat yang aman. Namun sebelum anda melakukan pengobatan untuk mengatasinya, ada baiknya jaka mengetahui tentang apa yang di maksud dengan masuk angin itu. Mengapa masuk angin ini bisa terjadi dan dari sebab apakah masuk angin itu terjadi? Masuk angin dapat terjadi pada tubuh dengan sebab-sebab tertentu yang nanti akan saya uraikan secara jelas. Bagi anda yang sedang mengalami masuk angin, selain menimbulkan rasa yang tidak karuan, masuk angin ini juga dapat menjadikan tubuh terasa lemas, lesu hingga rasanya seakan akan ingin mengajak kita untuk selalu bertiduran.

Masuk angin merupakan kejadian menyiksa yang di alami oleh tubuh namun bersifat tidak berbahaya dan juga tidak mematikan. Selain mudah terjadi pada tubuh dengan sebab-sebab tertentu, masuk angin tergolong sebagai keluhan oleh tubuh yang mudah untuk di sembuhkan ataupun di cegah supaya masuk angin ini tidak terjadi pada diri anda.

Penyebab

Secara umum penyebab masuk angin ini dapat di sebabkan dari berbagai hal yang terkait dengan kondisi tubuh, suhu dan aktifitas. Secara umum masuk angin dapat menimbulkan gejala-gejala pada tubuh yang di sebabkan dari  beberapa faktor yang meliputi; cuaca yang dingin, hujan, menahan lapar/telat makan dll yang semua itu akan di tandai dengan timbulnya beberapa gejala pada tubuh. Selain dari faktor tersebut, timbulnya masuk angin juga dapat di pengaruhi dari faktor kondisi tubuh yang lemah. Adapun selengkapnya tentang penyebab masuk angin yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

Pola Makan; kebiasaan makan ataupun karena kesibukan tertentu memang terkadang membuat kita lupa akan waktu makan dan hal tersebut dapat menjadikan tubuh kita lebih rentan terhadap datangnya penyakit seperti masuk angin yang terjadi karena adanya banyak gas dalam tubuh yang dapat menimbulkan gejala perut kembung, mual dan muntah.

Cuaca; juga dapat menjadi faktor timbulnya masuk angin karena faktor dari cuaca dengan suhu yang dingin sekali akan mempermudah reaksi tubuh yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang nantinya akan berdampak dalam mengakibatkan terjadinya masuk angin.

Kurang Tidur; habis begadang, kecapean, terlambat makan dan aktifitas malam dalam kondisi lapar juga dapat menyebabkan terjadinya masuk angin. Dari penelitian para ahli juga menyatakan bahwa kurangnya tidur akan menurunkan tingkat kekebalan tubuh menjadi lemah. Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya masuk angin, beristirahatlah dengan tidur yang cukup.

Terlalu lama di ruangan AC; juga dapat menyebabkan masuk angin apabila kondisi tubuh kurang fit. Selain itu berdasarkan penelitian dari Dr Dan Teculescu di Inggris, juga menyatakan adanya efek samping dari ruangan yang ber AC tersebut yang berkaitan dengan gangguan pernafasan.

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya masuk angin, anda dapat melakukan beberapa cara yang efektif untuk pencegahan dari gejala masuk angin tersebut, terlebih-lebih apabila anda sering berkendara ataupun bepergian jauh resiko terkena masuk angin lebih besar. Adapun untuk pencegahannya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menghindari masuk angin akibat dari udara yang dingin atau saat hujan, sebaiknya anda memakai jaket dan celana panjang serta pelindung/penutup kepala dan kalau bisa menggunakan pelengkap seperti mengenakan kaos kaki. jenis pakaian seperti ini sangat baik di kenakan melakukan pencegahan karena dapat menjaga dari kedinginan dan kelembapan tubuh maupun kulit, di mana kelembaban pada tubuh tersebut dapat menjadi faktor terjadinya masuk angin.

2. Hindarilah aktifitas yang banyak sekali mengeluarkan keringat karena dapat menghilangkan suhu panas tubuh yang menyebabkan anda nantinya akan kedinginan.

3. Mengkonsumsi makanan berkalori tinggi sangat baik untuk mencegah masuk angin karena makanan berkalori dapat menambah suhu panas tubuh.

4. Minumlah air putih yang cukup, mengkonsumsi air putih yang cukup biasanya akan di tandai dengan keluarnya urine berwarna bening seperti air.

5. Hindari minuman beralkohol karena dapat melemahkan tubuh dalam mengatur suhu dalam tubuh. Jauhilah dari nikotin, kafein/merokok karena dapat mempersempit aliran pembuluh darah yang menyebabkan tubuh akan kedinginan yangakan memicu pada masuk angin.

Pencegahan merupakan langkah terbaik dari pada kita harus susah payah untuk mengobati, Namun apabila gejala masuk angin ini sudah terjadi pada diri anda, mau tidak mau tentunya menempuh dengan cara mengobatinya.

Obat Masuk Angin


Masuk angin ini dapat terjadi di dalam tubuh karena adanya pengumpulan angin/gas yang berlebihan didalam tubuh yang di sebabkan karena faktor tertentu. Masuk angin akan menyebabkan rasa tak enak badan karena akibat terjadi peningkatan suhu badan yang disebabkan adanya kumpulan masuknya angin di dalam tubuh. Masuk angin juga dapat terjadi pada semua orang mulai anak-anak sampai orang dewasa tanpa mengenal usia. Dari kebanyakan kasus, masuk angin juga akan mudah di barengi penyakit lainnya dan yang sering menyertai gejala masuk angin ini adalah flu, karena virus yang menyebabkan flu termasuk jenis virus yang mudah menyerang tubuh karena faktor dari melemahnya kekebalan tubuh.

Obat masuk angin selain menggunakan obat dari produk yang menggunakan bahan kimia juga dapat menggunakan obat herbal alami maupun tradisional yang juga berkhasiat manjur untuk menyembuhkannya. Secara umum penyakit masuk angin ini dapat terjadi karena faktor dari perbahan musim dan adanya perpindahan musim kemarau ke musim hujan yang memaksa tubuh harus beradaptasi terhadap perubahan musim tersebut. Timbulnya perubahan suhu tersebut dapat memicu terjadinya penyakit masuk angin. Adapun untuk mengobati masuk angin dapat menggunakan obat dari bahan-bahan alami, seperti temulawak, kencur daun pepaya, bawang merah dan putih, yang bahan tersebut bisa di dapat dengan mudah.

Mengobati masuk angin dengan cara tradisional alami ada juga sebagian orang yang melakukan pengobatan dengan cara kerokan, dengan cara di keroki baik itu pada bagian pungggung leher ataupun bagian anggota badan lainnya. Dengan cara kerokan seperti ini, angin di dalam tubuh juga dapat di keluarkan sehingga masuk angin juga akan bisa sembuh. Namun yang perlu di ketahui bahwa cara kerokan seperti ini akan menyebabkan pori-pori kulit menjadi lebih besar yang juga dapat mempermudah terjadinya masuk angin akan mudah terjadi bahkan segera akan terulang kembali. Dengan kata lain masuk angin bisa sembuh namun lebih mudah terjadi lagi. Utuk itu sebaiknya dalam mengobati masuk angin, gunakanlah cara yang tepat untuk menyembuhkannya.

Adapun cara mengatasi masuk angin yang di lakukan orang nenek moyang kita dari zaman dahulu adalah sangat sederhana, karena hanya menggunakan bahan alami yang bahan utamanya adalah rempah-rempah bahan dapur, di antaranya adalah ada yang menggunakan jahe, bawang merah, bawang putih, madu ataupun lemon. Adapun obat masuk angin dari bahan alami yang paling manjur dapat menggunakan bahan-bahan seperti:

Jahe

Jahe termasuk rempah yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh secara alami, sehingga sampai sekarang jahe di gunakan untuk mengobati masuk angin. Tanaman jahe mengandung filandrena, gingerol, kurkumen, bisabolena dan zingirona yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit dan selain itu juga sangat efektif untuk menyembuhkan masuk angin. Karena mengandung senyawa kimia yang berguna untuk mengatasi gejala mual ataupun muntah serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah.

Obat masuk angin dengan bahan alami jahe dapat di buat dengan cara di rebus (yang sebelumnya di cuci sampai bersih) dengan air sampai mendidih lalu di saring baru di minum airnya selagi masih hangat. Untuk mengatasi masuk angin, minumlah 2 kali dalam sehari sampai sembuh.

Kencur

Selain mempunyai menfaat yang unik yaitu memberantas larva nyamuk aedes aegypti maupun culex quinquefasciatus yaitu lemuk penyebab demam berdarah, kencur juga bermanfaat untuk menghilangkan gejala masuk angin seperti mual dan muntah. Kencur merupakan bahan rempah yang dapat di manfaatkan sebagai obat masuk angin yang tradisional dan alami.

Obat masuk angin menggunakan kencur dapat diolah dengan cara di rebus bersama-sama dengan kapulaga dan jahe. Rebuslah secara bersamaan sampai mendidih kemudian setelah itu di saring baru di minum airnya selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari secara teratur.

Temu lawak

Temu lawak juga dapat di gunakan sebagai obat masuk angin karena dapat membantu untuk mengeluarkan kumpulan gas dalam tubuh, sehingga mampu menyembuhkan masuk angin. Pada temu lawak ini mengandung zat penting seperti; Turmerol, Borneol, Phelandren, Minyak asiri dan Kurkumin, yang dapat di gunakan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang salah satunya adalah dapat menyembuhkan masuk angin. Pada temu lawak ini juga mengandung Borneol yang berkhasiat dalam membantu memulihkan kesehatan tubuh, sehingga dapat mempercepat penyembuhan masuk angin ini.

Cara mengolah temu lawak untuk mengobati masuk angin, dapat di buat dengan cara di rebus secara bersamaan bahan-bahan antara lain temulawak, lidah buaya, kencur dan jahe sampai mendidih kemudian di saring baru setelah itu di minum airnya selagi masih hangat.

Lengkuas

Obat masuk angin dengan menggunakan bahan alami seperti lengkuas ini juga mempunyai khasiat yang manjur. Tanaman lengkuas mengandung minyak asiri, tanin, saponin dan flavonoida. Dan berdasarkan penelitian para ahli lengkuas ini mengandung senyawa penting yang berkhasiat untuk mengobati penyakit seperti flavonoid, fenol dan terpenoid sehingga banyak di pergunakan produsen produk obat. 

Cara mengatasi masuk angin menggunakan lengkuas dapat di olah dan di buat sendiri yaitu terlebih dahulu yang perlu di siapkan adalah 30 gram lengkuas dan 20 gram jahe yang di iris-iris, cengkeh 10 butir, serai 2 batang , kapulaga 6 butir dan gula aren secukupnya. Setelah bahan tersebut telah di persiapkan barulah di rebus dengan air sebanyak 600ml sampai mendidih dan tunggu rebusan tadi sampai tersisa setengahnya saja baru disaring dan diminum selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cengkeh

Obat masuk angin dengan menggunakan cengkeh dapat di buat dengan cara mempersiapkan minyak cengkeh lalu di teteskan sebanyak 10 tetes pada air panas satu gelas setelah itu bisa juga di tabahkan dengan madu dan di aduk baru di minum selagi hangat sebanyak 2 - 3 kali dalam sehari. Cengkeh merupakan tanaman yang mempunyai bau wangi yang khas yang dapat di manfaatkan untuk mengobati masuk angin. Selain untuk mengobati masuk angin, cengkeh juga dapat di manfaatkan sebagai obat untuk merangsang vitalitas seksual, anti septik, anti bakteri dan virus.

Bawang merah

Bawang merah juga dapat di fungsikan sebagai obat untuk mengatasi masuk angin. bawang merah ini dapat menghangatka badan sehingga sangat baik jika di gunakan untuk mengatasi masuk angin dan seperti halnya pada minyak kayu putih, khasiat bawang merah tersebut juga mampu mengeluarkan angin di dalam tubuh yang sekaligus memperlancar sirkulasi darah.

Obat masuk angin dengan bawang merah dapat di buat dengan cara di haluskan terlebih dahulu bawang tersebut yang kemudian di campur dengan minyak sayur. Cara menggunakannya yaitu dengan di lulurkan pada badan juga bisa pada bagian kepala yaitu di atas kepala .

Bawang Putih

Mengobati masuk angin juga bisa dengan mengkonsumsi bawang putih yang di campur dengan madu. Ramuan ini akan berkhasiat untuk membantu menyembuhkan masuk angin seperti menyembuhkan gejala tubuh yang terasa tidak enak. Untuk menggunakannya sebagai obat, di haluskan dulu bawang putih tersebut baru di campurkan dengan madu lalu di minum.

Daun Pepaya

Menyembuhkan masuk angin dapat pula dengan meminum air daun pepaya. Daun pepaya termasuk salah satu daun yang mempunyai rasa yang pahit sekali, namun di balik kepahitan daun tersebut mengandung bahan untuk obat, di antaranya untuk mengobati masuk angin. Untuk menggunakannya sebagai obat, terlebih dahulu daun tersebut di rebus sampai matang baru di minum airnya. Obat ini sangat berguna untuk membantu menyembuhkan masuk angin.

Mengkudu

Masuk angin juga dapat di obati dengan menggunakan buah mengkudu. Cara menggunakannya sebagai obat adalah dengan cara di campur dengan madu atau bisa di campur dengan air kencur yang telah matang apabila untuk mengurangi rasa kurang enak pada buah tersebut. Namun apabila anda terbiasa akan aromanya, bisa di konsumsi secara langsung tanpa di campurkan.

Lidah Buaya

Obat masuk angin alami juga dapat menggunakan daun lidah buaya karena juga berkhasiat untuk membantu mempercepat penyembuhan gejala masuk angin tersebut. Untuk cara menggunakannya adalah terlebih dahulu persiapkanlah bahan-bahan seperti; lidah buaya 80gr, jahe 15gr, temulawak 25gr, kencur 20gr di iris kecil kecil baru di rebus dengan air sebanyak 500cc sampai mendidih kemudian baru di saring dan di minum airnya sewaktu masih hangat secara teratur 2x dalam sehari.

Madu dan lemon

Mengatasi masuk angin dapat juga mengkonsumsi ramuan madu dan lemon. Karena kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Sedangkan lemon, kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu proses peningkatan stamina dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan masuk angin.

Obat Dari Apotik

Selain obat alami seperti pada uraian di atas juga saya cantumkan obat masuk angin dari apotik yang juga bermanfaat untuk meringankan gejala dari masuk angin, seperti perut kembung. Adapun jenis obatnya adalah:

  1. Dimethicone; merupakan obat masuk angin di apotik yang berguna untuk mengurangi tegangan gas pada tubuh atau perut kembung.
  2. Cisapride; adalah obat masuk angin dengan gejala perut kembung yang juga bisa di dapatkan di apotik.
  3. Disflatyl; jenis obat yang dapat di peroleh dari apotik yang berguna dalam mengeluarkan gas di dalam perut atau pada bagian saluran pencernaan.
  4. Metoclopramide; merupakan jenis obat yang berguna dalam merangsang kontraksi otot yang dapat membantu mendorong isi dari saluran pencernaan tanpa harus mengganggu proses pelepasan zat dari lambung, sehingga efektif dalam mengatasi gejala masuk angin seperti perut kembung. Obat metoclopramide ini juga dapat di peroleh di toko obat atau apotik.
  5. Domperidone; termasuk obat masuk angin yang berguna untuk mengatasi mual dan muntah yang sering di gunakan untuk obat anti mabuk kendaraan yang bisa di peroleh di apotik.

Lima obat masuk angin di atas merupakan obat yang bisa di peroleh di apotik. Obat-obatan tersebut berbahan kimia yang tentunya dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Untuk mengobati gejala masuk angin, saya sarankan menggunakan obat alami, sebagai mana yang kita tahu bahwa obat alami tidak mempunyai efek samping seperti pada obat yang berbahan kimia.

Makanan Untuk Obat Masuk Angin

Selain menggunakan bahan herbal alami untuk menyembuhkan masuk angin, juga ada jenis makanan tertentu yang bermanfaat untuk mengobati masuk angin, di antaranya:

  • Air jeruk; mengkonsumsi air jeruk hangat dapat berfungsi sebagai obat masuk angin yang alami karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan masuk angin.
  • Kuah Sup Ayam; termasuk makanan untuk obat masuk angin. Mengkonsumsi makanan hangat yang berkuah, seperti sup ayam yang di hidangkan selagi hangat akan membantu menyembuhkan masuk angin. Selain itu, sup ayam juga mengandung protein yang akan berfungsi dalam membantu proses penyembuhan.
  • Air Putih; memperbanyak minum air putih dan menghindari air dingin adalah cara yang baik untuk mempercepat penyembuhan masuk angin. Karena air dingin dapat memperparah kondisi tubuh yang masuk angin.
Itulah makanan untuk obat masuk angin yang dapat anda konsumsi untuk meringankan gejala masuk angin. Untuk mengobati masuk angin anda tinggal memilih salah satu di antara obat masuk angin yang anda sukai yang tentunya sama-sama berkhasiat untuk menyembuhkan masuk angin.

Masuk angin dapat dengan mudah terjadi pada diri anda apabila tubuh dalam kondisi yang kurang fit yang juga kebiasaan yang anda lakukan di malam hari juga akan berpengaruh terhadap terjadinya masuk angin ini. lakukanlah pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya masuk angin dan gunakanlah obat masuk angin yang manjur apa bila anda telah mengalami gejala dari masuk angin tersebut.

Demikianlah artikel kali ini tentang Obat Masuk Angin Yang Paling Manjur, semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang melakukan pencarian tentang obat masuk angin, mudah-mudahan dapat anda jadikan wawasan baru tentang mengatasi masuk angin. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Ciri Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan Menurut Dr Boyke.




0 komentar:

Posting Komentar