Searching...

36 Manfaat Minyak Zaitun Lengkap Dan Bahayanya

Siapa yang tidak kenal dengan minyak zaitun atau olive oil ? Minyak zaitun sudah di kenal oleh masyarakat sudah lama karena dapat bermanfaat untuk kesehatan, merawat kecantikan bahkan dalam pengobatan. Luar biasa bukan? Dan sekarang ini minyak zaitun ini di gemari oleh masyarakat sebab mempunyai sifat alami yang berkhasiat majur dalam mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulai dari kesehatan merawat kulit wajah dari luar maupun dalam. Dalam menggunakan minyak ini tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan diri asalkan di gunakan secara benar lain halnya jika anda menggunakannya secara sembarangan maka dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun anda jangan khawatir karena saya akan mengupas tuntas tentang manfaat dan bahayanya dari  minyak zaitun ini secara lengkap sehingga minyak ini sangat aman untuk di gunakan.

Minyak Zaitun


Sebenarnya apa sih keistimewaan minyak zaitun ini dan berasal dari manakah minyak tersebut dan apa alasannya minyak ini bermanfaat bagi kesehatan? Bagi anda yang baru mengetahuinya atau bahkan baru mendengarnya tentunya anda akan bertanya-tanya tentang minyak zaitun tersebut.
Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang terdapat pada buah zaitun "Olea europaea" yang berkembang biak di wilayah mediterania. Sebelum adanya penelitian, awalnya sekitar 400tahun SM, minyak zaitun ini hanya di gunakan untuk di konsumsi buahnya saja namun setelah lama kelamaan dapat di ketahui karena setelah memakan buah ini dapat menimbulkan efek yang baik bagi tubuh sehinggga menimbulkan keyakinan masyarakat bahwa buah zaitun ini berkhasiat untuk memelihara kulit yang kemudian di yakini juga bahwa pada buah ini juga dapat menyembuhkan penyakit. Dan setelah di lakukan penelitian pada minyak ini, ternyata minyak zaitun ini mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan sehingga makin lama minyak ini sangat di minati oleh masyarakat.

Cara Mengkonsumsi

Minyak zaitun selain bisa di ambil minyaknya untuk di konsumsi, buahnya juga dapat di makan secara langsung tanpa di oleh terlebih dahulu. Untuk buah zaitun yang sudah diolah menjadi minyak dapat bertahan hingga 3 bulan terhitung setelah produksi, dan selain itu ada juga yang bertahan hingga mencapai 1-2 tahun. Namun bagi anda yang ingin mengkonsumsi minyak zaitun ini sebaiknya memilih minyak zaitun yang di proses dengan daya tahan kurang dari setahun. Karena dari hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa kadar antioksidan pada minyak zaitun ini akan menurun secara drastis dalam kurun waktu satu tahun.

Jenis

Berdasarkan pada tingkat keasamannyadan proses pembuatannya minyak zaitun ini terbagi menjadi 3 bagian, namun mempunyai lima jenis, yaitu:

  • Extra virgin; minyak zaitun ini memiliki tingkat keasaman hanya 1% dan hanya melalui proses ekstraksi pertama, sehingga minyak yang di hasilkan berkwalitas lebih baik. Extra virgin ini adalah jenis minyak zaitun yang paling baik dari jenis yang lainnya.
  • Virgin; minyak zaitun ini hampir sama dengan extra virgin, namun memiliki tingkat keasaman sedikit lebih tinggi, yaitu 3%
  • Fino; merupakan campuran antara virgin dan extra virgin
  • Pure; jenis minyak zaitun fino yang telah melalui proses pengolahan.
  • Light; jenis minyak ini sudah melalui tahap penyaringan dan jenis minyak ini di gunakan untuk memasak.

Minyak zaitun yang baik dapat di pilih berdasarkan daya tahan, semakin lama di diamkan maka kwalitas minyak zaitun akan berkurang manfaatnya dan apabila anda ingin memperoleh manfaat minyak zaitun secara maksimal maka pilihlah minyak yang baru di produksi atau belum terlalu lama setelah proses pengolahan.

Kandungan

Pada minyak zaitun mengandung beberapa unsur yang dapat di manfaatkan mulai dari anak-anak maupun orang dewasa, dan berikut kandungan di dalam 100 gr minyak zaitun.
  1. Energi 885 kcal
  2. Lemak – 100 g (lemak jenuh = 14g, tak jenuh tunggal =73g, tak jenuh ganda =11 g)
  3. Protein – 0,0 g
  4. Karbohidrat = 0,0 g
  5. Omega-3 lemak = <1,5 g
  6. Omega-6 lemak = 3,5-21 g
  7. Vitamin E = 14 mg
  8. Vitamin K = 62 mg

Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun seperti diatas merupakan unsur yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan, seperti pada vitamin E yang berkhasiat dalam mencegah penyakit kanker, mengobati jantung dan membantu daya tahan tubuh dan selain itu masih banyak sekali manfaat yang dapat di dapat dari nutrisi minyak zaitun tersebut.

Manfaat Minyak Zaitun


Manfaat minyak zaitun memang luar biasa, kandungan dan nilai gizi yang terdapat pada minyak zaitun dapat di gunakan untuk mengobati penyakit, pencegahan, perawatan kulit, wajah dan untuk di manfaatkan sebagai bahan kecantikan alami. Dan dibawah ini merupakan manfaat minyak zaitun yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan.

Kadar lemak minyak zaitun sebagian besar merupakan lemak tak jenuh sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan, adapun lemak jenuhnya hanya 14% saja dan masih aman untuk kesehatan apabila dalam penggunaanya tidah berlebihan. Selain itu pada minyak zaitun telah mengandung asam lemak essensial yaitu omega 3 dan 6 yang merupakan lemak bermanfaat untuk organ-organ penting di dalam tubuh seperti jantung. Dan berikut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Membersihkan Kulit

Bagi anda yang sering mengalami masalah kulit seperti kulit kering, kusam bisa anda atasi dengan minyak zaitun dengan cara; bersihkanlah muka atau kulit yang kering menggunakan air, setelah bersih dan kering lalu oleskanlah minyak zaitun pada muka yang kering secara rutin sebelum tidur. Kandungan vitamin C pada minyak ini akan bekerja secara efektif untuk melembabkan dan menghaluskan kulit dan wajah.

2. Anti Inflamasi

Minyak zaitun mengandung antioksidan yaitu senyawa polifenol yang berkhasiat untuk melindungi sel yang bersifat anti inflamasi, sehingga mengkonsumsi minyak zaitun ini sangat baik untuk kesehatan bahkan dari penelitian para ahli menunjukkan bahwa minyak zaitun ini juga sangat baik untuk tulang dan otak.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Menghilangkan bekas jerawat noda jerawat yang membandel dapat menggunakan minyak zaitun dengan cara panaskan minyak zaitun, namun jangan terlalu panas buat hangat saja lalu oleskan pada noda bekas jerawat, dengan bertahap noda jerawat anda akan menghilang.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kulit wajah keriput, kusam pada usia dini dapat di cegah dengan minyak zaitun. Kandungan zat linoleic acid yang terdapat pada minyak ajaib ini bermanfaat untuk menjaga kadar air wajah tetap sehat sehingga anda akan terkesan awet muda.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat minyak zaitun lainnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal itu sesuai dengan hasil studi yang di lakukan di universitas italia dengan cara melakukan percobaan terhadap pasien yang menderita tekanan darah tinggi, dari hasil penelitian tersebut setelah penderita mengkonsumsi minyak zaitun tekanan darah dapat menurun terus secara bertahap.

6. Menurunkan Kolesterol Tinggi

kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Bagi anda yang mengalami kadar kolesterol tinggi dapat mengkonsumsi minyak zaitun, karena pada minyak ajaib ini mengandung anti oksidan yang mampu menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh dan mempertahankan kadar kolesterol baik yang telah ada. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur yaitu dengan cara mengkonsumsi 2 sendok makan yang dapat anda campur dengan salad setiap hari, adalah langkah efektif karena manfaat minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang berbahaya namun dapat di cegah dengan hanya mengkonsumsi minyak zaitun. Dari berbagai penelitian telah menjelaskan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker.

8. Pencegahan Stroke

Sebagaimana dalam mencegah penyakit kanker, minyak zaitun juga dapat membantu mencegah stroke hal itu sesuai dengan penelitian yang telah menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi resiko terhadap penyakit stroke di bandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

9. Menyehatkan Rambut

Bagi yang mengalami rambut bercabang, rusak atau masalah rambut lainnya seperti habis pelurusan atau pengritingan yang menggunakan bahan yang mengandung zat kimia, anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan cara; oleskan minyak zaitun di kulit kepala, lalu pijat dengan perlahan supaya minyak meresap pada kulit kepala seterah itu tutuplah kepala menggunakan handuk kering kurang lebih 10-15 menit baru di buka dan lakukanlah secara rutin setiap hari sampai rambut anda menjadi sehat kembali.

10. Melindungi Organ Dalam

Manfaat minyak zaitun selain banyak di gunakan dalam dunia kecantikan juga bermanfaat untuk melindungi organ dalam, termasuk usus. kandungan senyawa Oleuropein Aglycone yang ada di dalam minyak ini bermanfaat untuk menjaga usus dari kerusakan yang di sebabkan karena anemia. Dengan megkonsumsi minyak zaitun secara teratur, otomatis dapat membantu menyehatkan dan melindungi usus di dalam tubuh anda.

11. Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung dapat di sebabkan dari kolesterol tinggi di dalam tubuh dan pada minyak zaitun ini mengandung lemak tak jenuh yang dapat mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini tentunya dapat menyehatkan jatung.

12. Pencegahan Kanker Rahim dan Payudara

Pentingnya minyak zaitun bagi wanita yaitu salah satunya dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko terhadap terjadinya penyakit kanker payudara dan kanker rahim.


13. Obat Penyakit Artitis

Untuk anda yang mengalami sakit pada persendian atau artitis dapat menggunakan minyak zaitun untuk meringankan rasa sakit tersebut dengan cara; dari dalam yaitu dengan mengkonsumsinya dan cara dari luar yaitu dengan cara di oleskan pada sendi-sendi yang sakit tersebut.

14. Membasmi Kutu

Minyak zaitun dapat berkhasiat dalam membasmi kutu yang ada pada rambut dengan cara di oleskan pada rambut dan hanya beberapa jam saja setelah di olesi dengan minyak tersebut kutu akan mati dengan cepat.

15. Mencegah Sakit Maag

Sakit maag dapat di cegah dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Kandungan nutrisi yang ada pada minyak zaitun ini dapat bermanfaat untuk pencegahan sakit maag.

16. Melebatkan Rambut

Nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat bermanfaat dalam melebatkan rambut. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur maka pertumbuhan rambut anda menjadi lebih sehat dan lebat.

17. Menangkal radikal bebas

Unsur polifenol dan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun sangat berguna bagi tubuh untuk menjaga keseimbangan proses detoksifikasi sehingga peranan minyak zaitun ini bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.

18. Mencegah influenza

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terhadap serangan penyakit flu atau influenza, karena pada minyak ini mengandung zat untuk membantu kekebalan tubuh dan unsur squalene yang berguna untuk mencegah penyakit flu.

19. Mencegah TBC

Dengan mengkonsumsi minyak alami untuk kesehatan ini dapat pula bermanfaat dalam pencegahan penyakit TBC secara alami.

20. Meringankan penyakit hepatitis

Nutrisi yang ada pada minyak zaitun seperti vitamin E, zat Squalene dan vitamin B bermanfaat untuk membantu sistem kekabalan untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit yang berbahaya dan selain itu juga berguna untuk membantu meringankan hepatitis.

21. Meringankan Penyumbatan Pembuluh darah

Untuk anda yang sedang mengalami gangguan pada pembuluh darah arteri, mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi resiko penyumbatan pada pembuluh darah tersebut.

22. Menyehatkan saraf

Pada minyak zaitun ini mengandung E & B komplek  yang dapat berguna dalam membantu menjaga kesehatan saraf anda.

23. Mencegah kanker kulit

Semua jenis kanker tergolong sebagai penyakit berbahaya, namun dengan mengkonsumsi minyak zaitun juga mempunyai manfaat dalam pencegahan kanker, termasuk juga kanker kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan ternyata mempunyai peranan yang penting sehingga tidak ada ruginya apabila di gunakan. Dan selain dari 23 manfaat seperti di atas masih ada 13 manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari minyak tersebut baik untuk kesehatan maupun kecantikan, diantaranya adalah dapat mencegah penyakit kanker colon, mengurangi resiko diabetes, meringankan migrain, obat kurap mengurangi resiko infeksi jamur meredakan konstipasi, Obat penyakit eksim, mencegah resistensi insulin, dan penyakit kardiovaskular. Sedangkan untuk kecantikan meliputi; Pelembab kulit wajah alami, menghilangkan strech mark, mempercepat pertumbuhan rambut dan mengatasi bibir kering.

Manfaat Minyak Zaitun bagi Ibu Hamil


Manfaat apakah yang bisa di peroleh ibu yang sedang hamil? Selain minyak zaitun bisa di konsumsi oleh ibu yang sedang mengandung, juga dapat di konsumsi oleh semua orang tak terkecuali namun dengan batasan-batasan tertentu. Untuk ibu yang sedang hamil dapat pula mengalami berbagai masalah dalam masa kehamilan. Dan selama kehamilan, mengkonsumsi minyak zaitun ini terbilang sangat baik karena minyak ini bermanfaat dalam mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan. Adapun manfaat yang dapat di perolah dari mengkonsumsi minyak zaitun ini adalah:

Mencegah terhadap serangan penyakit seperti penyakit kulit, flu, TBC dan penyakit lainnya pada masa kehamilan.

  • Menjaga kesehatan janin karena pada minyak zaitun ini juga mengandung zat besi dan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin.
  • Mengatasi guratan-guratan kulit pada payudara, perut dan paha pada ibu yang sedang hamil. Guratan yang terasa gatal dan berwarna keputih-putihan dapat di atasi dengan menggunakan minyak zaitun, yaitu dengan cara mengolesi guratan atau peregangan dengan minyak zaitun.
  • Menghilangkan rasa pegal-pegal pada saat kehamilan dengan cara di gunakan sebagai minyak urut atau pijat. Pijatan dengan menggunakan minyak zaitun ini juga bermanfaat dalam mencegah kram kaki dan varises.
  • Membantu mengatasi masalah BAB; buang air besar. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi sembelit atau (BAB).

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Aroma Terapi


Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun juga bisa di gunakan sebagai obat tambahan seperti untuk aroma terapi. Minyak ini banyak di gunakan karena memiliki bau wangi yang khas sehingga nyaman untuk di gunakan baik di pergunakan untuk minyak urut maupun camputran bahan kecantikan seperti masker atau produk kecantikan lainnya.

Bahaya dan Efek Samping Minyak Zaitun


Minyak zaitun tergolong sebagai bahan alami yang aman dan sampai sekarang belum ada informasi yang menjelaskan secara detail tentang efek samping yang di timbulkan dari penggunaan minyak zaitun ini. Adapun kemungkinan yang perlu di perhatikan adalah penggunaan minyak zaitun terhadap kondisi tubuh sedang:

  1. Mengidap penyakit diabetes; sebagaimana diabetes ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan kadar gula darah dan minyak zaitun mempunyai peranan dalam mengubah kadar gula darah.
  2. Akan di operasi bedah; minyak zaitun bermanfaat dalam penurunan kadar gula darah, sebaiknya hindarilah mengkonsumsi minyak zaitun ini apabila anda akan di operasi.

Bahaya dari mengkonsumsi minyak zaitun dapat pula terjadi apabila adanya kesalahan dalam menggunakannya dan juga dapat di sebabkan karena adanya campuran bahan kimia dari produk minyak zaitun yang di gunakan. Kesalahan dari penggunaan dapat menyebabkan:

Jerawat

Hal itu bisa saja terjadi apa bila dalam menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan kulit wajah di gunakan pada siang hari. Karena pada siang hari di mungkinkan adanya aktifitas di luar yang menyebabkan adanya debu yang dapat menempel pada wajah. Sebaiknya dalam menggunakan minyak zaitun pada wajah untuk menghindari munculnya jerawat di pakai pada malam hari atau menjelang tidur.

Ruam kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yaitu dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah secara alami, namun apabila di pakai pada kulit wajah berminyak di mungkinkan dapat menimbulkan ruam pada kulit, gatal, dan kemerah-merahan. Namun sejauh ini belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak zaitun dapat menyebabkan ruam pada kulit.

Menyebabkan alergi

Alergi bisa saja terjadi akibat penggunaan minyak zaitun khususnya bagi bayi atau anda yang mengalami sensitif terhadap reaksi dari benda-benda asing atau minyak zaitun.

Komedo

Kesalahan lain dalam menggunakan minyak zaitun ini juga dapat menyebabkan terjadinya komedo pada kulit anda karena menempelnya debu atau kotoran pada kulit dapat masuk melalui pori-pori kulit sehingga dapat di mungkinkan terjadinya komedo ataupun jerawat.

Minyak Zaitun Untuk Menggoreng


Untuk mengambil manfaat dari minyak zaitun ini ada juga sebagian orang yang menggunakannya sebagai pengganti minyak goreng. Namun berdasarkan penelitian yang di lakukan para ahli menyebutkan bahwa panas dapat menghancurkan senyawa fenol dan vitamin E pada minyak zaitun setelah kurang lebih 10 menit di panaskan. Sedangkan lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat akan mengalami peningkatan apabila di panaskan dan hal itu tentunya akan berdampak berbahaya apabila di konsumsi. Oleh karena itu sebaiknya apabila anda ingin memperoleh manfaat minyak zaitun apabila harus di panaskan usahakan dengan suhu panas di bawah dari 121°C.

Demikianlah artikel kali ini tentang 36 Manfaat Minyak Zaitun Lengkap Dan Bahayanya, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Paling Cepat Menambah Tinggi Badan.




0 komentar:

Posting Komentar