Searching...

Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Kampung yang Luar Biasa

Telur ayam kampung adalah jenis telur yang kaya akan kandungan gizi dan mengandung asam amino yang sangat baik yang tidak di miliki oleh telur unggas lainnya sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Telur ayam kampung yang baik tentunya berasal dari ayam kampung yang dilepas secara liar sehingga ayam kampung tersebut mendapatkan makanan alami dan menghasilkan telur-telur yang kaya akan nilai gizinya. Untuk mengetahui nilai gizi yang terkandung dalam telur ayam kampung adalah sebagai berikut:
Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Kampung yang Luar Biasa


Nilai Gizi yang Terkandung dalam Telur Ayam Kampung Tiap 100gr
Protein13gr
Lemak15,3gr
Karbohidrat0,8gr
Kalsium67mg
Fosfor334mg
Zat Besi3,3mg
Vitamin A213 IU
Vitamin B10,31 mg
kalori196 kkal
Energi149kkal
Mineral486.58mg
Vitamin B60.139mg
Asam amino12.49gr
Asam pantotena1.255mg
Riboflavin0.508mg
Tiamin0.062mg
Vitamin A635 IU
Niasin0.073mg
Vitamin B121.00mcg

Selain kandungan nilai gizi seperti diatas, telur ayam kampung juga mengandung 13 vitamin serta delapan kandungan mineral di antaranya adalah fosfor dan zinc dan semua kandungannya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Telur ayam kampung termasuk jenis makanan yang tergolong mempunyai harga yang relatif lebih murah namun memiliki kekayaan gizi yang luar biasa.


Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung mempunyai kandungan gizi yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita dan juga telur ayam kampung bisa difungsikan sebagai obat untuk mengobati penyakit, juga dapat difungsikan sebagai jamu kuat serta dapat digunakan atlit sebagai makanan pembentuk otot. Adapun manfaat dan khasiat telur ayam kampung adalah sebagai berikut di bawah ini:

  1. Telur ayam kampung dapat di gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti; penyakit jantung koroner, batuk, kencing manis, maag atau usus besar, paru-paru, radang pada tenggorokan dan penyakit kuning, adapun cara meraciknya adalah telur ayam kampung di campur dengan buah kenari yang telah di haluskan lalu ditambah dengan madu.

  2. Telur ayam kampung dapat membantu mengurangi rasa lelah dan kecapekan.

  3. Telur ayam kampung dapat di gunakan sebagai bahan untuk mempercantik diri karena mampu melembutkan pori-pori kulit dan bisa mengencangkan kulit bahkan bisa mengurangi radang pada kulit.

  4. Telur ayam kampung dapat di gunakan sebagai bahan untuk merawat rambut yang rusak.

  5. Telur ayam kampung dapat di gunakan sebagai bahan pembuat jamu kuat lelaki dengan cara di campur kan bersama madu karena telur ayam kampung tersebut mengandung selenium yang digunakan dalam pembentukan sperma.

  6. Telur ayam kampung juga berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang karena telur ayam kampung mengandung vitamin D.

Selain dari manfaat telur yang sangat besar khasiatnya seperti uraian diatas, masih banyak lagi manfaat telur sebagai bahan makanan yang dapat menyehatkan badan, namun yang perlu diketahui, telur juga mengandung kolesterol jika kurang tepat dalam penyajiannya. Telur ayam kampung yang digunakan untuk bahan jamu lebih bagus di campurkan langsung tanpa dimasak namun jika ingin dimakan atau disajikan untuk keperluan lain lebih baik memasak telur pada kondisi setengah matang atau dalam memasak telur janganlah terlalu matang karena telur yang dimasak setengah matang akan mempunyai kandungan gizi yang utuh dan berbeda dengan telur yang dimasak sampai matang.

Namun juga yang perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi telur mentah atau yang dimasak setengah matang akan sulit dicerna oleh tubuh. hal itu dikarenakan telur mentah/setengah matang masih kuat akan ikatan proteinnya dan akan mengakibatkan pencernaan akan bekerja lebih lama dalam proses mengubah menjadi asam amino. Selain dari manfaat telur sebagai sumber yang makanan yang menyehatkan telur ayam kampung juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan yaitu bahan untuk membuat masker yang berguna menghaluskan dan meremajakan kulit.

Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Kampung sebagai Obat Kecantikan

Karena kayanya akan kandungan gizi dari telur ayam kampung tersebut sekarang telur ayam kampung banyak digunakan sebagai bahan dan obat kecantikan alami yang aman dan berkhasiat di antaranya adalah digunakan sebagai bahan pembuat masker untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit. Untuk cara pembuatannya relatif mudah karena hanya membutuhkan sedikit bahan tambahan. Untuk cara pembuatannya sebagai berikut:

Ambillah putih telur tersebut dan campurlah dengan jeruk nipis dan tambahkanlah madu kemudian bahan-bahan tersebut di aduk hingga rata kemudian oleskanlah pada wajah yang sebelumnya dibersihkan dahulu lalu diamkanlah kira-kira 20menit. Untuk membersihkannya bisa menggunakan air hangat. Untuk mencapai hasil maksimal bisa di lakukan satu kali dalam seminggu.

Karena begitu banyaknya manfaat yang bisa di peroleh dari khasiat telur ayam kampung tersebut, mengkonsumsi telur yang berlebihan juga terdapat bahayanya.

Dampak Negatif Jika Berlebihan Mengkonsumsi Telur Ayam Kampung

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, dan hal itu juga berlaku terhadap mengkonsumsi telur ayam kampung yang berlebihan karena bisa mengakibatkan over dosis, terlebih-lebih dalam mengkonsumsi telur ayam kampung yang mentah. Hal itu di karenakan dalam kuning telur mentah ayam kampung masih terdapat bakteri Salmonella enteritidi, oleh karena itu untuk mengkonsumsi telur setiap hari dianjurkan telur matang karena bakteri tersebut bisa mati apabila telur yang di konsumsi di masak terlebih dahulu.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, mengkonsumsi telur ayam kampung yang masih segar/mentah secara berlebihan/terus menerus mempunyai dampak negatif yang merugikan kesehatan, namun apabila ingin mengkonsumsi telur secara teratur sebaiknya telur tersebut dimasak terlebih dahulu.

Demikianlah tadi uraian tentang Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Kampung yang Luar Biasa, semoga uraian diatas dapat menambah wawasan baru tentang telur ayam kampung. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya.




1 komentar:

  1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/cara-pindah-foto-dari-iPhoto-Photobooth-dari-harddisk-lama-ke-Mac-Osx-baru.html

    BalasHapus