Searching...

Ciri Akurat Orang Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan adalah proses berkembangnya embrio di dalam rahim yang di alami oleh wanita. secara umum, kehamilan akan terjadi seteh adanya pembuahan. Kehamilan juga merupakan sesuatu yang di nanti-nati oleh pasangan suami istri karena buah hasil pernikahan adalah lahirnya seorang anak, baik anak yang akan lahir nanti putra ataupun putri, yang nantinya kelahiran anak nanti akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Ciri Akurat Orang Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui
Kehamilan juga disebut sebagai  proses sebelum melahirkan, adapun cara menghitung lamanya kehamilan dapat di hitung mulai dari hari pertama setelah menstruasi terakhir dan di tambah dengan 9 bulan. Wanita yang sedang hamil muda di minggu pertama -1 bulan akan mengalami banyak perubahan fisik baik dari dalam ataupun luar. Untuk mengetahui apakah seorang wanita itu sedang hamil atau tidak, pada minggu pertama - 1 bulan dapat di ketahui melalui ciri wajah wanita yang sedang hamil muda tersebut. Wajah wanita yang sedang hamil muda akan terlihat lebih dewasa/berubah secara tiba-tiba dan hilang secara tiba-tiba, terkadang terkadang juga bisa terlihat pucat atau bentuk jerawat diwajah yang terlihat dengan jelas. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang ciri orang hamil muda bisa anda simak seperti dibawah ini.

Munculnya ciri-ciri hamil muda merupakan sebuah isyarat bahwa buah hati akan segera datang dalam sebuah keluarga, oleh karenanya untuk mengetahui kehamilan sangat penting karena bayi dalam kandungan telah mendapatkan perhatian mulai dari awal. Dengan memahami ciri-ciri hamil muda tersebut kita dengan mudah mengetahui orang yang sedang hamil.

Tentang ciri hamil muda secara umum, di setiap wanita bisa saja berbeda-beda karena dapat di pengaruhi oleh hormon ataupun kondisi fisik ibu hamil. Selain itu, tanda-tanda kehamilan juga dapat dipengaruhi oleh faktor dari jenis kelamin bayi dalam kandungan; seperti jika bayi yang dikandung adalah perempuan, maka dapat menimbulkan gejala mual, muntah pada usia kehamilan masih dalam hamil muda. Namun apabila bayi yang dikandungnya berjenis kelamin laki-laki, rasa mual tidak dialami namun hanya mengalami keluhan sakit kepala biasa. Untuk mengetahui ciri orang hamil adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri Kehamilan


Sakit kepala biasa

Gejala sakit kepala biasa tanpa adanya rasa mual dan muntah adalah gejala yang biasanya dialami ibu yang sedang mengandung oleh mitos bayi tersebut nantinya berkelamin laki-laki.

Rasa mual dan muntah

Gejala mual dan muntah adalah gejala yang biasanya dialami ibu yang sedang mengandung dan oleh mitos bayi tersebut akan berjenis kelamin perempuan.

Mudah lelah

Pada masa kehamilan diusia muda, rasa mudah lelah adalah rasa yang sering di alami oleh orang yang sedang mengandung karena tubuh wanita mengalami penyesuaian dengan pertumbuhan kandungan, selain sebab tersebut kelelahan pada wanita hamil juga dapat disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron dan menurunnya tekanan dan kadar gula darah.

Terlambat haid

Terlambat haid/datang bulan merupakan ciri wanita yang sedang mengandung, namun selain itu, keterlambatan haid juga dapat disebabkan dari adanya ganguan pada tubuh; seperti stress dan perubahan hormon.

Lebih sering buang air kecil

Seringnya buang air kecil juga dialami wanita yang sedang mengandung karena perkembangan rahim akan membuat kandung kemih sedikit tertekan sehingga mempermudah timbulnya rasa ingin buang air kecil. Hal ini akan terjadi pada minggu pertama dan berhenti pada minggu ke-12 dan akan terjadi kembali pada waktu membesarnya janin di usia kira-kira minggu ke-28. Rasa ingin buang air kecil tersebut akan bertambah karena pertumbuhan janin akan lebih menekan kandung kemih yang akan membuat ruang kandung kemih mudah dipenuhi.

Payudara terasa lembut dan membengkak

Gejala tersebut akan dialami ibu yang sedang hamil muda, payudara akan terasa lembut, lebih sensitif terhadap sentuhan dan terasa tidak nyaman. Payudara wanita yang sedang hamil juga mengalami pembengkakan atau sedikit membesar dan terasa gatal, hal itu juga bisa dirasakan oleh sebagian wanita yang sedang mengandung.

Munculnya bercak darah/flek

Terjadinya bercak darah disebabkan karena adanya embrio yang menempel pada dinding rahim akan timbul setelah pembuahan yaitu antara 8-10 hari. Oleh karena itu, mynculnya bercak darah merupakan ciri-ciri orang yang sedang hamil muda.

Mengalami Sakit punggung

Rasa nyeri pada punggung kadang juga dialami oleh sebagian orang yang sedang mengandung dan akan hilang setelah melahirkan. Oleh karena itu, sakit pada bagian punggung tersebut juga merupakan ciri-ciri orang yang sedang hamil.

Hasil tes urine

Hasil dari terurine yang positif juga merupakan tanda tanda kehamilan. Untuk melakukan tes urine dapat menggunakan test pack yang didapat dari apotik, tes tersebut juga sangat efektif untuk mengetahui kehamilan walaupun tidak menjamin 100%.

Perubahan bentuk tubuh

Tanda tanda kehamilan juga dapat diketahui dengan perubahan dari bentuk tubuh diantaranya yang mengalami perubahan membengkak dari bentuk tubuh tersebut adalah; bagian pantat, paha, dada dan lengan.

Kram pada perut

Gejala kram perut juga dialami oleh sebagian wanita yang sedang mengandung dan menghilang dengan sendirinya pada usia kehamilan memasuki trimester ke2.

Terjadi sembelit

Sembelit biasa dialami oleh orang yang sedang mengandung karena diakibatkan oleh meningkatnya hormon progesterone yang mengakibatkan kendornya otot-otot dinding usus.

Meludah

Pada awal kehamilan atau masa hamil muda juga mengalami rasa ingin meludah yang disebabkan dari perubahan hormon estrogen, namun rasa tersebut menghilang dengan sendirinya pada usia kehamilan memasuki trimester ke2.

Ngidam

Ngidam adalah rasa menginginkan sesuatu tanpa ada alasan yang jelas, seperti menginginkan jenis makanan tertentu secara tiba-tiba.

Menghindari jenis makanan tertentu

Sebagian wanita yang sedang mengandung juga mengalaminya ada keinginan untuk menjauhi makanan tertentu bahkan juga ada yang merasa takut dengan jenis makanan tersebut.

Tanda-tanda kehamilan yang terakhir adalah melihat hasil pemeriksaan USG yang telah menunjukkan bahwa telah adanya janin yang berkembang di dalam rahim.

Setelah mengetahui tanda-tanda kehamilan seperti diatas, bagi yang sedang mengandung tentunya bertanya-tanya, apakah bayi yang di kandungnya berjenis kelamin laki2 atau perempuan. Untuk mengetahui jenis kelamin anak laki-laki atau perempuan dapat diketahui melalui pemeriksaan USG, namun harus menunggu usia kandungan telah memasuki usia 7 bulan. Namun selain pemeriksaan USG tersebut ada ciri-ciri untuk mengetahui jenis kelamin anak dalam kandungan. Adapun untuk mengetahui jenis kelmin anak dalam kandungan bisa anda baca tentang Ciri Hamil Anak Laki-Laki dan Perempuan.

Tips Merawat Kandungan

Merawat kandungan adalah usaha yang di lakukan oleh seorang ibu yang sedang hamil muda sampai melahirkan. Merawat kandungan pada awal kehamilan merupakan sesuatu  yang sangat penting karena pada usia ini janin dalam kandungan lebih rentan terhadap keguguran. Adapun cara yang dapat dilakukan supaya janin dalam kandungan nantinya dapat terjaga dari pertumbuhan dan kesehatannya hendaknya merawat dengan sebaik baiknya. Adapun tips untuk merawat kandungan adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan makanan

Untuk merawat kandungan, sebagai ibu hamil hendaknya memperhatikan tentang makanan atau minuman. Nutrisi yang cukup akan membantu dalam menjaga pertumbuhan kandungan. Pada masa hamil muda, kebutuhan nutrisi seperti zat besi harus terpenuhi karena kekurangan zat besi pada masa hamil muda dapat menyebabkan keguguran atau lahir prematur. Selain itu kekerangan akan nutrisi juga akan mempengaruhi fisik bayi setelah di lahirkan.

2. Hindari merokok dan obat-obatan

Merokok bagi ibu hamil muda dapat membahayakan dan merusak janin dalam kandungan sedangkan mengkonsumsi obat-obatan  juga dapat merusak kesehatan janin dalam kandungan. Oleh karena itu sebagai ibu hamil hendaknya menghindari dari merokok dan mengkonsumsi obat-obatan.

3. Istirahat yang cukup

Ibu yang sedang hamil muda hendaknya jangan menjalankan aktivitas yang terlalu berat dan terlalu banyak tidur juga tidak baik karena akan membuat badan terasa tidak nyaman. Beristirahat yang cukup dan berolah raga ringan adalah aktivitas terbaik bagi ibu yang sedang mengandung.

Ketiga tips tersebut merupakan cara terbaik untuk menjaga kehamilan, mudah mudahan bermanfaat khususnya bagi anda yang membutuhkannya.

Demikianlah artikel kali ini tentang Ciri Akurat Orang Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui, jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Mengatasi Keputihan Lengkap dengan Obat dan Gejalanya.




0 komentar:

Posting Komentar