Searching...

Obat Herbal Penyakit Batu Ginjal Paling Manjur

Waspadailah akan penyakit batu ginjal karena penyakit ini dapat menimpa anda dan semua orang dengan tingkat prosentase bisa mencapai 25% dari orang yang hidup di dunia. Dari banyaknya kasus yang terjadi, pengobatan akan di rasa sangat penting apabila anda menderita penyakit ini. Batu ginjal akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, namun juga ada sebagian mereka tidak  merasakan apa-apa. Dan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, saya akan menguraikan secara lengkap tentang penyakit batu ginjal ini yaitu mengetahui gejala, penyebab yang pasti terkena batu ginjal, proses terjadinya dan pengobatan efektif dengan menggunakan obat herbal penyakit batu ginjal paling manjur dengan menggunakan bahan obat herbal yang alami.

Batu Ginjal


Sebelum menggunakan obat herbal penyakit batu ginjal, tahukah anda apa itu batu ginjal? Penyakit batu ginjal adalah gangguan pada tubuh akibat mengkristalnya zat sisa dari hasil penyaringan organ ginjal dalam waktu tertentu dan dengan sebab-sebab tertentu. Zat sisa tersebut berasal mula dari dalam darah melalui proses ketat penyaringan yang lama kelamaan zat tersebut mengendap sehingga berubah dalam wujud yang lebih keras hingga menyerupai batu. Dari proses terjadinya batu ginjal ini juga dapat di picu dari jenis makanan serta faktor lainnya yang berkaitan dengan kesehatan sehingga hal yang menyebabkannya tersebut dapat bisa menjadi resiko untuk semua orang. Berdasarkan pada endapan yang menyebabkan batu tersebut juga di bedakan menjadi beberapa jenis, yang meliputi; batu sistin, struvit, asam urat dan kalsium. Dari terbentuknya batu-batuan tersebut juga masing-masing memiliki penyebab yang berbeda-beda pula.
Penyakit Batu ginjal yang di sebabkan karena adanya endapan yang berupa batu sistin atau batu cystine merupakan penyakit batu ginjal yang jarang di alami karena kelainan tubuh seperti ini di sebabkan dari organ ginjal yang menghasilkan asam amino (cystinuria) dengan jumlah berlebihan. Kelainan ginjal yang menghasilkan batu cystine ini dapat di sebabkan dari riwayat keluarga atau dari faktor keturunan. Untuk itu bagi anda yang mempunyai riwayat keluarga yang menderita penyakit batu ginjal dapat melakukan pencegahan yang akan saya uraikan pada artikel di bawah. Dan untuk batu ginjal yang di akibatkan dari Batu struvite atau batu struvit dapat terjadi karena adanya infeksi pada saluran urin, sehingga akan membentuk gumpalan keras yang akan berkembang menjadi besar dalam waktu yang singkat. Dan hal itu sangat berbeda dengan batu ginjal yang di sebabkan dari Batu uric acid yang di kenal dengan batu asam urat ini karena terbentuknya batu asam urat ini di karenakan oleh makanan (mengandung tinggi protein, garam), dehidrasi ataupun dari kelainan pada darah.

Sedangkan penyakit batu ginjal karena batu kalsium yaitu berupa kalsium oxalate yang bisa juga berubah menjadi kalsium fosfat merupakan salah satu batu ginjal yang sering terjadi dalam kebanyakan kasus. Selain di sebabkan karena gangguan pada tubuh, kalsium oxalate ini juga ada pada jenis makanan coklat, kacang, sayuran dan dari jenis buah-buahan tertentu. Penyakit batu ginjal ini lebih sering di alami seseorang yang berusia 30 tahun keatas, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang yang berusia lebih muda yang sebagian besar, penyakit batu  ginjal ini di derita oleh kaum laki-laki hingga mencapai 15% sedangkan kaum perempuan di taksirkan 10%, sehingga laki-laki sdikit lebih besar mendapatkan resiko penyakit ini di bandingkan orang perempuan.

Batu ginjal merupakan kondisi tubuh dengan gangguan serius yang penyebabnya karena adanya beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain yang berperan dalam membentuk gumpalan yang menyerupai batu. Adapun yang berperan dalam pembentukan batu ginjal ini selain dari dalam yaitu adanya gangguan atau kelainan pada tubuh juga sebagian besar dari zat sisa yang terdapat pada urine yang awalnya dari hasil penguraian makanan yang di bawa oleh darah untuk di saring pada organ ginjal, sehingga menghasilkan zat sisa yang dapat membentuk gumpalan yang di sebut batu ginjal.

Penyebab batu ginjal ini selain tidak bisa di jabarkan tentang penyebab utamanya karena adanya kombinasi yang bekerja dalam pembentukan batu ginjal, Tentunya ada faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal tersebut, dan di antaranya adalah: Dehidrasi; juga akan memicu pada penyebab batu ginjal. Kekurangan cairan tubuh akan beresiko terhadap timbulnya beberapa penyakit seperti penyakit batu ginjal, karena akan memicu pada pembentukan batu. Dengan kata lain, dalam mencukupi kebutuhan tubuh akan zat cair seperti meminum air putih dapat mengurangi pembentukan gumpalan, karena meminum air akan memperlancar pada pembuangan urine yang akan mengeluarkan zas sisa tersebut.
  • Keturunan; merupakan faktor yang di anggap lebih sering dalam menyebabkan penyakit batu ginjal karena kelainan atau gangguan pada tubuh baik itu pada darah maupun organ lainnya, lebih beresiko pada pembentukan gumpalan batu lebih cepat.
  • Usia; bagi seseorang 40 tahun keatas lebih beresiko terhadap penyakit batu ginjal, karena secara umum, sebagian fungsi organ sudah mengalami penurunan sehingga dapat memicu pada banyaknya zat sisa yang di hasilkan oleh ginjal.
  • Makanan; juga beresiko pada penyebab penyakit ini, karena zat sisa yang di hasilkan juga dapat mempengaruhi pada pembentukan gumpalan batu ginjal.
  • Obesitas; selain beresiko terhadap terjadinya beberapa pentyakit berbahaya, kelebihan berat badan atau kegemukan juga akan meningkatkan resiko pada batu ginjal.
  • Jenis Kelamin; semua orang baik laki-laki atau perempuan dapat beresiko pada penyakit batu ginjal, namun laki-laki lebih beresiko dari perempuan.
  • Gangguan Tubuh; seperti pada saluran pencernaan baik itu sehabis operasi, mengalami infeksi pada saluran urine, dan kondisi medis lainnya seperti hyperparathyroidism, cystinuria ataupun renal tubular acidosis.

Gejala

Sebagai mana uraian di atas bahwa seseorang yang mengalami batu ginjal sering kali tidak di rasakan karena apabila penggumpalan tersebut berbentuk butiran kecil maka dapat dengan mudak di keluarkan dengan mudah bersama dengan urine melalui saluran yang menghubungkan kandung kemih (ureter) dengan organ ginjal.

Gejala penyakit batu gijal akan dapat lebih di rasakan apabila gumpalan batu tersebut mencapai ukuran melebihi dari lubang ureter. Kondisi  ini apabila penderita batu ginjal sedang membuang air kecil akan mengakibatkan gerakan atau gesekan batu ginjal yang dapat melukai dan mengiritasi bahkan menginfeksi dinding ureter hingga menyebabkan rasa nyeri yang teramat dalam pada bagian perut, pingang dan di sekitar alat vital. Dan selain itu juga terdapat air urine yang tercampur dengan darah. Sedangkan apabila telah terjadi infeksi, maka akan menimbulkan gejala pada urine yang berubah warna, berbau, keruh, tubuh lemas dan demam. Apabila telah terjadi gejala seperti itu maka yang di perlukan adalah pengobatan.

Obat Herbal Batu Gijal


Selain menggunakan cara medis seperti di operasi, penghancuran dengan menggunakan sinar-X maupun ultrasound, penyakit batu ginjal ini dapat di obati dengan menggunakan obat herbal batu ginjal yang juga di yakini memiliki khasiat yang manjur yang banyak di gunakan sebagai obat alternatif lain.

Mengetahui tentang penyebab dan gejala batu ginjal juga di rasa cukup penting sebelum anda mengobatinya menggunakan obat herbal batu ginjal karena pengobatan akan bekerja lebih efektif dan tepat sasaran setelah di ketahui penyebab dan gejalanya. Biasanya, abat herbal batu ginjal ini banyak di gunakan seseorang setelah mengetahui gejalanya dan ciri-ciri pada tahap awal. Selain mempunyai harga yang relatif murah, Obat herbal tersebut juga dapat berkhasiat untuk membantu mengeluarkan dan menghilangkan batu ginjal secara alami atau tanpa operasi.

Obat herbal penyakit batu ginjal akan bekerja lebih efektif lagi apabila gumpalan yang menghalagi saluran ureter masih belum terlalu besar. Karena seperti pada uraian di atas bahwa gumpalan yang menyerupai batu tersebut akan memiliki ukuran yang berbeda-beda, ada sebagian yang terjadi penggumpalan dalam waktu yang lama dan ada juga yang terjadi sangat cepat karena penyebab terjadinya akan mempengaruhi pada penggumpalan batu ginjal tersebut. Pada penggumpalan batu ginjal yang mencapai ukuran lebih besar, selain di obati dengan obat herbal juga dapat dengan pengobatan medis atau operasi, namun langkah seperti operasi ini ada sebagian orang yang enggan melakukannya dan lebih suka memilih pengobatan lain, seperti menggunakan jenis obat herbal untuk menyembuhkannya.

Obat herbal batu ginjal akhir-akhir ini banyak sekali yang mencarinya karena hal itu juga berkaitan erat dengan peningkatan kasus yang terjadi akibat dari meningkatnya jumlah penderita batu ginjal. Berdasarkan dari data Kementerian Kesehatan Indonesia tercatat bahwa Aceh, DIY, Sulawesi, Tengah, Jawa Tengah dan Jawa Barat telah mendominasi jumlah penderita penyakit batu ginjal lebih banyak di bandingkan provinsi di Indonesia lainnya. Oleh karena itu berbagai penyuluhan kesehatan yang di lakukan pemerintah daerah dalam mengantisipasi  penyakit pada masyarakat, termasuk salah satunya adalah batu ginjal ini akan dapat bermanfaat untuk kita semua untuk menghindari dari resiko penyakit batu ginjal yang seperti kita ketahui bahwa penyakit ini dapat timbul dari beberapa faktor yang dapat menyebabkannya. Dan berikut dibawah ini merupakan obat herbal batu ginjal yang paling manjur.


Untuk obat batu ginjal dengan menggunakan obat herbal yang terbuat dari bahan herbal alami yang bisa anda olah sendiri di rumah. Untuk bahan obat herbal batu ginjal dapat menggunakan:

1. Kumis Kucing

Tanaman yang satu ini memang banyak sekali di gunakan dalam berbagai kebutuhan dalam pengobatan yang salah satunya dapat di manfaatkan sebagai obat herbal batu ginjal, hal itu sesuai dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bukti ilmiah. Adapun manfaat lainnya juga berkhasiat manjur untuk mengurangi kadar asam urat seperti pada percobaan yang di praktekkan pada seekor tikus. Kumis kucing di kenal dengan nama lati Orthosiphon stamineus ini dapat di gunakan untuk mengatasi penyakit batu ginjal karena mampu mengeluarkan batu ginjal dari saluran pembuangan. Ramuan kumis kucing jika di konsumsi akan bekerja dengan cara merangsang pembuangan air dengan lancar yang bisa di anggap berlebihan.

Obat herbal batu ginjal menggunakan kumis kucing ini juga di anggap efektif karena dapat mengekskresi natrium dan berbagai ion lainnya untuk keluar dari tubuh bersama-sama urin. Adapun cara mengolah kumis kucing untuk obat herbal batu ginjal, dapat anda olah sendiri dengan cara:

  1. Siapkanlah bahan-bahan seperti:
  2. Daun kucing kering sebanyak 21 (lembar)
  3. Daun Keji Beling 5 lembar
  4. Air putih 2 gelas

Sebelumnya cuci dulu daun-daun tersebut sampai bersih, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air tadi sampai mendidih. Angkat, peras dan saringlah lalu ambil airnya saja, tunggu sampai dingin baru di minum sebanyak 2 kali dalam sehari masing-masing satu gelas.

2. Daun sendok

Obat herbal batu ginjal yang kedua ini dapat menggunakan daun sendok yang juga di kenal dengan nama Plantago major. Pada ekstrak tanaman ini mengandung terpenoid allantoin dan senyawa lainnya seperti; asperulosida, asam ursolik, aucubin, glikosida, flavonoid, caffeik, turunan asam, lipid dan polisakarida dapat berkhasiat dalam mengatasi batu ginjal. Berdasarkan pada penelitian yang di lakukan di Malaysia, kandungan senyawa pada daun sendok ini berkhasiat dalam menghamba pembentukan sehingga dapat memengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat, seperti pada uraian di atas tersebut bahwa kalsium oksalat merupakan bahan pembentuk batu ginjal yang menyebabkan penggumpalan.

Cara membuat obat herbal batu ginjal menggunakan daun sendok ini dapat di buat sendiri dengan cara di tumbuk sampai halus, lalu beri sedikit air panas baru di saring dan di ambil airnya untuk di minum.

3. Tanjung

Tanaman ini awalnya banyak di temukan di India dan Sri lanka yang mempunyai ciri bunga harum dan berkelamin dua, bertangkai panjang, berdaun tunggal yang di kenal dengan nama latin Mimusopselengi. Pada penelitian yang di lakukan di India, tanaman ini di duga berkhasiat efektif dalam mengurangi pembentukan batu ginjal dengan cara menurunkan kadar asam urat, ureum dan kreatinin di dalam darah. Sehingga dapat di gunakan dalam mengatasi penyakit batu ginjal tersebut.

Obat herbal batu ginjal dengan tanaman tanjung ini dapat di olah dengan cara di ekstrak yaitu menumbuk halus daun tersebut lalu di peras dan di ambil sarinya untuk di minum.

4. Meniran Hijau

Obat herbal batu ginjal lainnya dapat menggunakan tanaman meniran. Tanaman ini terbagi menjadi beberapa jenis, namun yang mempunyai kandungan senyawa yang bisa di manfaatkan untuk obat hanya ada dua species yaitu Phyllanthus urinaria L dan Phyllanthus niruri L. Meniran hijau ini dapat di gunakan sebagai obat herbal untuk mengobati batu ginjal karena mengandung senyawa yang berkhasiat dalam pengobatan, seperti; Alkaloid, Benzenoid, Lipid, Flavonoid, Terpen dan Lignan. Berdasarkan pada penelitian di Brazil telah menunjukkan bahwa zat senyawa yang terkandung di dalam meniran hijau ini di duga mampu menghambat pembentukan batu ginjal dan membantu menguraikan endapan batu ginjal tersebut. Sementara itu dalam studi di india juga mengungkapkan bahwa ekstrak meniran hijau ini bermanfaat dalam mengurangi ukuran penggumpalan batu ginjal sampai 56,8% sedangkan kemampuannya dalam menghambat pembentukan gumpalan kalsium oksalat mencapai 53,09%.

Cara mengolah meniran hijau untuk obat herbal batu ginjal yaitu dengan mempersiapkan bahan-bahan:
  1. 30gr meniran hijau
  2. 30gr daun sendok
  3. 30gr daun tempuyung
  4. 4 gelas air putih
Cucilah semua bahan tersebut sampai bersih, kemudian rebuslah menggunakan 4 gelas air tadi, tunggu sampai air rebusan tinggal setengahnya baru di angkat dan disaring kemudian di minum setelah dingin sebanyak dua kali dalam sehari, masing-masing satu gelas.

5. Rumput Upas-Upasan

Obat herbal batu ginjal berikutnya juga dapat menggunakan tanaman rumput upas-upasan atau katumpangan uler atau juga di kenal dengan nama latin Aervalanata. Dan berdasarkan penelitian yang di praktekkan pada binatang (tikus) tanaman ini juga di yakini mampu mengurangi pengkristalan yang di hasilkan dari zat tertentu pada saluran ginjal (deposisi). Mengkonsumsi tanaman ini juga akan bermanfaat dalam membantu meningkatkan produksi urine.

6. Mentimun

Buah mentimun merupakan jenis buah yang tidak asing lagi bagi kita, selain bermanfaat bagi kulit dengan di gunakan sebagai masker, buah ini juga berkhasiat untuk mengobati batu ginjal. Buah mentimun atau di kenal dengan Cucumissativus baik di konsumsi karena berkhasiat dalam membantu mempercepat pelarutan gumpalan batu ginjal serta membantu mengurangi pembentukan gumpalan keras yang dapat di gunakan untuk pencegahan.

Obat batu ginjal dengan buah mentimun ini dapat di konsumsi langsung tanpa di olah terlebih dahulu.

7. Daun Gempur Batu

Selain mentimun, obat batu ginjal lainnya juga bisa menggunakan daun gempur batu. Selain untuk obat herbal batu ginjal tanaman ini banyak di manfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan. pada daun gempur batu ini mengandung polifenol, kalium , flavonoid dan saponin sehingga tanaman yang di kenal dengan nama lain Borreria hispida Schum ini bermanfaat dalam membantu menghancurkan batu ginjal.

Cara mengunakan daun gempur batu untuk obat batu ginjal dapat diolah dengan cara mempersiapkan bahan-bahan:
  1. Daun gempur batu dan daun kembang buang 7 lembar
  2. 30 gram semanggi hitam
  3. Air putih 800cc
Masukkan semua bahan tersebut kedalam air yang sudah di persiapkan dan tunggu sampai air rebusan tersisa 400cc baru diangkat dan di ambil airnya dengan cara di saring. Minumlah selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

8. Saxifraga ligulata

Obat herbal batu ginjal yang terakhir yaitu menggunakan tanaman saxifraga ligulata. Tanaman ini juga mempunyai khasiat untuk mengatasi batu ginjal karena berkhasiat dalam meningkatkan produksi urin yang dapat membantu mengeluarkan batu ginjal dalam ukuran yang tidak terlalu besar. Cara menggunakan saxifraga ligulata untuk obat batu ginjal dapat di olah dengan cara di ambil sarinya untuk diminum.



Itulah obat herbal penyakit batu ginjal yang dapat anda gunakan sebagai abat untuk menyembuhkan batu ginjal. Selain obat herbal alami tersebut juga masih ada bahan alami lainnya yang juga berkhasiat untuk mengobati batu ginjal, di antaranya:

Seledri

Tanaman ini banyak di gunakan dalam berbagai masakan. Selain itu ternyata juga dapat di gunakan untuk mengobati batu ginjal karena juga mampu merangsang produksi urin yang dapat membantu dalam mengeluarkan zat yang dapat membentuk batu ginjal tersebut.

Obat batu ginjal dengan menggunakan tanaman sledri ini dapat di buat dengan cara di buat jus mentah yang di minum secara teratur.

Cuka Sari Apel

Obat herbal alami dengan menggunakan cuka sari apel ini juga berkhasiat untuk ginjal karena dapat membantu dala melarutkan gumpalan pada saluran ureter tersebut. Cara menggunakannya sebagai obat batu ginjal ini dapat di campur dengan madu dan air hangat.

Semangka

Selain banyak mengandung air yang mampu merangsang pembuangan air seni, dalam semangka ini juga mengandung kalium yang dapat berkhasiat untuk pencegahan penyakit batu ginjal secara alami.

Daun Kemangi

Obat batu ginjal lainnya dapat pula menggunakan daun kemangi, karena berkhasiat dalam membantu mengeluarkan batu ginjal melalui urine. Mengkonsumsi daun kemangi ini juga dapat mencegah dan mengurangi resiko batu ginjal.

Delima

Selain bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit wajah, delima juga baik di gunakan untuk penderita batu ginjal, karena pada delima juga di duga mengandung senyawa yang mampu merangsang produksi urine yang berkhasiat dalam membantu mengeluarkan batu ginjal dalam ukuran yang tidak besar.

Lemon

Mengobati batu ginjal merupakan salah satu manfaat dari buah Lemon bagi kesehatan karena kandungan yang berupa asam sitrat juga berkhasiat membantu dalam menghambat pertumbuhan pengkristalan batu ginjal. Cara menggunakannya dapat di campurkan dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama dan di minum secara rutin.

Itulah jenis obat herbal penyakit batu ginjal yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan batu ginjal. Namun apabila dalam mengkonsumsi obat herbal tersebut gejala batu ginjal tidak berkurang sebaiknya menghubungi dokter untuk di lakukan pemeriksaan.

Untuk mencegah penyakit batu ginjal anda dapat mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, karena air putih merupakan sumber kehidupan yang juga berperan penting bagi kesehatan yang di antaranya dapat mencegah penyakit batu ginjal ini dengan cara melarutkan garam dan mineral dalam urine sebagai pembentuk gumpalan batu ginjal.

Demikianlah artikel kali ini tentang Obat Herbal Penyakit Batu Ginjal Paling Manjur, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Obat Masuk Angin Yang Paling Manjur.




0 komentar:

Posting Komentar