Searching...

Penyakit Ginjal - Jenis, Gejala dan Pengobatan

Penyakit ginjal merupakan kondisi di mana kedua ginjal atau salah satunya mengalami kelainan atau gangguan yang menyebabkan fungsi ginjal tidak dapat di manfaatkan oleh organ tubuh. Didalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang berfungsi mengeluarka zat sisa metabolisme yang di hasilkan organ tubuh, jika salah satu ginjal pada tubuh mengalami gangguan maka ginjal yang lain akan berperan aktif dalam mengeluarkan zat tersebut namun jika kedua ginjal mengalami gangguan/kelainan sehingga kedua ginjal tidak mampu mengerjakan tugasnya maka zat sisa metabolisme dalam tubuh yang tidak di keluarkan akan menyebabkan penyakit yang sangat membahayakan dan dapat menimbulkan kematian. Adapun jenis, gejala dan pengobatan penyakit ginjal selengkapnya bisa anda simak seperti di bawah ini.

Jenis, Gejala dan Pengobatan Penyakit pada Ginjal

Jenis Penyakit pada Ginjal


Penyakit pada ginjal di kelompokkan berdasarkan tingkat keparahan, jenis penyakit ginjal dan penyebabnya. Adapun penyakit yang menyerang ginjal adalah sebagai berikut:

Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit ginjal yang di sebabkan karena tersumbatnya air seni oleh endapan yang berupa garam kalsium pada ginjal sehingga akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Adapun cara pengobatan penyakit batu ginjal tersebut oleh dokter di lakukan operasi dengan tujuan mengeluarkan sumbatan tersebut. Selain dengan cara operasi juga dengan cara dilaser dengan tujuan menghancurkan endapan yang terdapat dalam ginjal tersebut.


Penyakit Gagal Ginjal

Gagal Ginjal adalah kondisi di mana salah satu ginjal mengalami kelainan yang menyebabkan ginjal tersebut tidak mampu melaksanakan tugasnya sehingga ginjal yang lain mengambil alih tugasnya. Penyakit gagal ginjal ini sangat berbahaya karena salah satu ginjal yang mengalami kelainan tersebut tidak bisa mengeluarkan sisa hasil metabolisme yang menyebabkan penimbunan zat tersebut yang lama kelamaan zat tersebut akan berubah menjadi racun dalam tubuh yang mematikan. Adapun dampak lain yang terjadi dari gagal ginjal tersebut bisa menyebabkan Anuria(kegagalan proses pembentukan dan pengeluaran air seni). Gejala Anuria tersebut akan mengakibatkan Uremia yaitu rusaknya saluran neflon yang akan menyebabkan kebocoran urine sehingga urin akan tercampur dengan darah. Adapun cara pengobatan penyakit tersebut, dokter akan mengenjurkan pada penderita untuk cangkok ginjal atau cuci darah.


Penyakit Radang Ginjal

Radang ginjal adalah jenis penyakit ginjal yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan kelainan pada glomerulus sehingga urine ikut tercampur dengan darah yang menyebabkan tersumbatnya penyerapan air yang menimbulkan gejala membengkak pada kaki. Adapun dokter akan menganjurkan pengobatan penyakit tersebut dengan melakukan pencangkokan pada ginjal, cuci darah dan mencari donor ginjal.


Penyakit Glukosuria

Glukosuria merupakan jenis penyakit pada ginjal yang disebabkan tubuh kekurangan hormon insulin dan penyakit tersebut disebut juga dengan nama penyakit Diabetes mellitus atau penyakit gula atau juga disebut sebagai penyakit kencing manis di mana pada urine akan terdapat glukosa.


Penyakit Hematuria

Hematuria merupakan penyakit pada ginjal yang disebabkan oleh peradangan pada urinaria akibat dari penyakit batu ginjal. Adapun gejala dari penyakit ini di tandai dengan terdapatnya sel darah merah yang terdapat pada urine tersebut.

Penyakit Albuminuria

Albuminuria merupakan jenis penyakit pada ginjal yang disebabkan karena rusaknya alat filterasi pada ginjal yang mengakibatkan urine terdapat zat lain atau molekul albumin.


Penyakit Nefritis Glomerulus

Nefritis Glomerulus merupakan jenis penyakit pada ginjal yang di akibatkan karena adanya peradangan pada filtrasi glomerulus yang akan menyebabkan gagal ginjal.


Penyakit Sistisis

Sistisis adalah penyakit pada jantung yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan peradangan pada kantong kemih.


Penyakit Pielonefritis

Penyakit pada ginjal yang disebabkan karena infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan pada bagian ginjal.


Penyakit Ketosis

Ketosis merupakan kelainan pada ginjal yang di sebabkan tumbuhnya senyawa keton dalam darah, hal tersebut dapat terjadi pada seseorang yang melakukan diet karbohidrat.

Penyakit Diabeter Insipidus

Penyakit ini disebabkan karena pengeluaran urine yang berlebihan terhadap penderita yang kekurangan hormon antidiuretik.

Penyakit Polisistik

Penyakit Polisistik adalah penurunan fungsi ginjal yang di sebabkan karena ada kelainan pada bagian ginjal yaitu bagian nefron yang menyebabkan tumbuhnya benjolan yang terdapat pada saluran ginjal.


Penyakit Anuria

Penyakit Anuria merupakan penyakit pada ginjal yang disebabkan karena kegagalan ginjal dalam menghasilkan urine.


Cara Umum Untuk Mengobati Sakit pada Ginjal

Penyakit pada ginjal tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan penyakit tersebut juga salah satu penyakit yang susah untuk di sembuhkan karena fungsi ginjal yang telah rusak tidak dapat kembali seperti semula, oleh karena itu langkah secara medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit pada ginjal tersebut memilih jalan dengan cara cuci darah dengan tujuan membersihkan zat asing/racun yang telah tercampur dengan darah akibat dari ginjal tidak mampu melaksanakan tugasnya/tidak berfungsi lagi.


Cara Mencegah Sakit Ginjal


Karena penyakit ginjal termasuk penyakit yang membahayakan, mencegah terjadinya penyakit tersebut merupakan langkah yang tepat karena mencegah akan terasa lebih nikmat dari pada kita harus mengobati, karena selain kita harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan kita juga harus menderita sakitnya. Adapun usaha untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Minum dengan Air Bersih yang Cukup

Air merupakan sumber dari kehidupan, adapun tujuan meminum air putih yang cukup supaya dapat membantu kerja ginjal untuk membersihkan sisa-sisa limbah dari dalam tubuh. Selain itu manfaat air bagi tubuh juga dapat berperan untuk membantu pencernaan.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Garam

Garam merupakan sumber makanan yang mengandung natrium yang dapat membantu untuk pembentukan penyakit batu ginjal.

3. Jangan Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

Hal itu juga dapat memicu terjadinya kelainan pada ginjal karena urine yang disimpan kedalam kandung kemih(tempat urine sebelum di keluarkan) terlalu lama atau melebihi kapasitasnya akan mempengaruhi kerja ginjal dalam proses penyaringan.

4. Hati-Hati dalam Mengkonsumsi Obat-Obatan/Suplemen/Jamu

Jenis obat-obatan/suplemen dengan penambahan dosis dapat meningkatkan limbah yang mudah membentuk racun pada ginjal, adapun untuk penggunaan obat-obatan harus dengan dosis yang ditetapkan oleh dokter.

5. Berolahraga

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan olahraga adalah menyehatkan badan, karena dengan olahraga yang teratur badan mendapatkan keseimbangan badan lebih baik yang dapat meningkatkan kesehatan pada ginjal.

Demikikianlah tadi  uraian tentang Penyakit Ginjal - Jenis, Gejala dan Pengobatan, mudah mudahan dapat anda jadikan referensi untuk mengetahui dan mengobati penyakit ginjal tersebut. Jangan lewatkan uraian menarik lainnya tentang Penyakit pada Darah - Jenis, Gejala dan Pengobatannya.




0 komentar:

Posting Komentar