Searching...

Obat Batuk Berdahak Untuk Anak Yang Paling Ampuh

Memilih obat batuk untuk anak yang ampuh dan nyaman bagi kesehatan buah hati merupakan sikap dari orang tua yang bijak. Untuk mengobati batuk anak, yang terpenting adalah memahami batuk itu sendiri. Apakah sebenarnya batuk itu? mengapa bisa terjadi pada anak? apakah sebabnya?  Secara ringkas saya akan menerangkan tentang pengertian batuk yang terjadi pada anak. Batuk bukanlah merupakan sebuah penyakit melainkan batuk adalah reaksi alami yang di lakukan tubuh untuk mengeluarkan lendir, bakteri/virus dalam saluran pernafasan. Jadi dalam mengobati batuk anak tersebut sebagai orang tua yang bijak tentunya ingin menyikapi batuk anak tersebut dengan cara yang benar sehingga kesehatan anak dapat terjaga. Nah...setelah mengetahiu tentang pengertian batuk barulah anda memikirkan tentang bagaimana cara mengobatinya. Cara mengobati batuk berdahak pada anak, cukuplah mudah dan saya akan menguraikan tentang obat batuk berdahak untuk anak yang paling ampuh yang mudah untuk anda lakukan demi menghilangkan batuk berdahak tersebut.

Batuk Berdahak

Batuk Berdahak


Sebelum obat batuk berdahak untuk anak saya uraikan, ada baiknya juga memahami batuk berdahak anak yang mencakup pengertian, penyebab dan cara mengatasinya. Pada pergantian musim anak memang sering sekali mengalami batuk yang biasanya juga di awali oleh gejala pada tubuh seperti demam. Antara demam dan batuk memang selalu berkaitan, sementara pengertian dari demam itu sendiri merupakan reaksi tubuh yang di tandai dengan meningkatnya suhu tubuh untuk membunuh bakteri/virus di dalam tubuh. Oleh karena itu antara batuk dan demam merupakan reaksi tubuh untuk membunuh atau menghilangkan bakteri dan virus di dalam tubuh.

Batuk berdahak pada anak memang lebih sering terjadi di bandingkan dengan orang dewasa bahkan anak bisa mengalami batuk pilek sampai 8 kali dalam setahun. Hal itu di sebabkan karena tingkat daya tahan tubuh anak yang masih lemah. Namun anda tak usah khawatir akan hal itu, karena seiring dengan bertambahnya usia maka dengan sendirinya anak anda akan mengalami peningkatan daya tahan terhadap penyakit, sehingga batuk akan lebih jarang terjadi.

Selain memilih jenis obat batuk anak yang aman, ada jenis batuk yang berbahaya dan perlu di waspadai karena juga dapat menyerang pada anak, yaitu batuk rejan. Batuk ini bersifat menular dan cukup berbahaya untuk si kecil. Batuk rejan juga dapat di derita oleh anak-anak dan bayi yang mempunyai usia di bawah 6 bulan, sehingga sangat beresiko terhadap penyakit batuk tersebut. Apabila penyakit batuk rejan tersebut di derita oleh bayi maka akan menimbulkan gejala-gejala seperti; tubuh yang gemetar, nafas terhenti, terjadi gangguan pada otak, pneumonia bahkan bisa mengalami kematian. Untuk mengobatinya biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik.  Untuk mengantisipasi batuk yang membahayakan tersebut, hendaknya harus di lakukan pencegahan supaya anak tidak terserang oleh batuk tersebut. Tentang gejala batuk yang di alami oleh anak hendaknya juga perlu di waspadai jangan sampai batuk yang di derita oleh anak tanpa di ketahui jenis penyakit dan penyebabnya. Oleh karena itu apabila batuk yang di derita oleh anak telah menimbulkan gejala-gejala buruk seperti pada batuk rejan ini segeralah bawa kedokter supaya mendapatkan perawatan secara intensif.

Untuk memberikan Obat batuk anak sebaiknya hindarilah jenis obat yang terbuat dari bahan kimia yang seperti kita tahu bahwa jenis obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia yang telah di berikan kepada anak di bawah umur dapat memungkinkan terjadinya resiko yang lebih besar lagi, oleh karena itu memberikan obat yang aman untuk anak sebaiknya menggunakan obat batuk alami atau dengan cara-cara alami.

Penyebab

Batuk yang terjadi pada anak pada dasarnya sama dengan batuk orang dewasa karena batuk merupakan gejala yang bersifat melindungi tubuh secara alami dalam rangka mengeluarkan lendir dari paru-paru. Anak yang berusia 1-5tahun memang lebih sering mengalami batuk dan beberapa penyakit lainnya seperti; pilek, flu dan demam.

Obat batuk anak yang di berikan akan mampu bekerja secara efektif apabila anda mengetahui penyebab dari batuk anak anda. Karena walaupun kita menggunakan obat batuk anak yang ampuh atau majur sekalipun tidak dapat bekerja secara optimal apabila penyebab batuk anak anda tidak di ketahuinya. Oleh karena itu penyebab batuk anak perlu di ketahui dalam rangka untuk mengatasi batuk tersebut.

Penyebab batuk berdahak pada anak secara umum dapat di akibatkan dari faktor-faktor tertentu yang selalu berkaitan dengan upaya tubuh secara alami untuk mengeluarkan lendir ataupun benda asing yang terdapat pada saluran pernafasan tersebut.  Adapun faktor yang dapat menyebabkan batuk berdahak pada anak adalah sebagai berikut:
  • Flu; atau pilek inilah yang sering terjadi pada kebanyakan kasus batuk berdahak yang terjadi pada anak.
  • Bakteri atau Virus; selain pilek, batuk berdahak anak juga dapat di sebabkan dari infeksi bakteri/virus pada saluran pernafasan yang bisa di sertai dengan demam atau sesak nafas.
  • Asma; termasuk dalam kategori batuk anak yang membandel karena bisa di alami anak dalam waktu yang cukup lama. Batuk ini mempunyai ciri-ciri yaitu apabila anak mempercepat pernafasan atau habis lari-lari batu akan muncul bahkan bisa makin parah pada malam hari dan juga bisa di sertai dengan sesak nafas maupun mengi.

Setelah mengetahui bahwa anak anda telah menderita batuk, tentunya anda ingin mengatasi penyakit batuk anak tersebut dengan menggunakan obat batuk yang ampuh. Namun yang perlu di ingat bahwa anak di bawah 2 tahun sangat berbahaya jika di berikan obat batuk yang berbahan kimia atau obat yang di jual di toko obat. Pernyataan seperti ini sesuai dengan artikel kemaren yang di publikasi dari AAFP American Academy of Family Physician bahwa pemberian obat batuk untuk anak di bawah usia 2 tahun tersebut dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya, sangat merugikan kekebalan tubuh bahkan juga dapat menimbulkan kematian.

Pencegahan

Sebenarnya pencegahan batuk berdahak pada anak memanglah sulit untuk di cegah, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari proses penularan dengan cara sebagai berikut:

  1. Pada pergantian musim merupakan tanda datangnya penyakit batuk dan sebaiknya anda menjaga dengan menjauhkan anak dari orang yang terkena penyakit flu atau batuk.
  2. Jauhkan anak dari asap rokok karena rokok pasip dapat meningkatkan resiko anak terhadap batuk, pilek, alergi maupun asma.
  3. Ikutilah jadwal vaksinasi pada anak atau dapatkan vaksinasi khusus untuk flu.
  4. Penuhilah nutrisi anak supaya mendapatkan kekebalan alami.

Cara Mengatasi

Obat batuk berdahak untuk anak yang berusia kurang dari enam tahun, sangat tidak di anjurkan apabila anda memberikan obat-obatan yang bayak beredar di pasaran tanpa berkonsultasi kepada dokter karena obat yang di berikan dapat menimbulkan efek yang sangat merugikan kesehatan anak. Namun bagaimana cara menyikapinya? Apabila batuk anak tidak menganggu tidurnya, obat batuk tersebut tidak di perlukan karena seperti pada uraian di atas tersebut bahwa batuk bukanlah sebuah penyakit melainkan gejala alami pada tubuh. Maka dari itu, untuk mengobati batuk pilek yang terjadi pada anak akan lebih tepat jika penanganannya di lakukan secara aman dan tepat. Bagi anak yang terserang batuk berdahak dapat diobati dengan cara mengatasinya yaitu dengan menyuruh anak untuk beristirahat yang cukup, karena dengan demikian asupan cairan dalam tubuh anak terjaga sehingga akan membentuk keseimbangan dan kekebalan alami tubuh dalam rangka melawan bakteri tersebut.

Cara mengatasi batuk berdahak yang terjadi pada anak dan bayi apabila batuk tersebut belum mencapai tingkat yang lebih parah dapat di atasi dengan pemberian ASI dengan jumlah yang cukup. Dan berikut Obat batuk berdahak untuk mengatasi anak dan bayi yang sedang batuk.

1. Obat batuk berdahak anak dapat anda peroleh secara alami, yaitu melakukan pemberian ASI lebih banyak atau dengan pemberian yang di lakukan sesering mungkin.

2. Jaga ketenangan supaya anak dapat beristirahat dengan cukup.

3. Apabila bayi mengalami demam, harus menggunakan obat demam khusus untuk bayi, karena dosis obat untuk anak bayi tidak sama dengan anak remaja ataupun orang dewasa.

4. Untuk melegakan pernafasan pada bayi dapat menggunakan uap dalam ruangan dan jagalah bayi saat menghirup uap.

5. Untuk meringankan gejala batuk anak berusia lebih dari satu tahun, dapat di beri obat racikan yang terbuat dari madu dan air lemon.

6. Batuk pada anak bayi selain batuk biasa, juga ada indikasi batuk yang perlu di waspadai dan segera bawa ke dokter apabila anak anda mengalami hal seperti di bawah ini.

Obat Batuk Anak


Apabila batuk berdahak telah menyerang anak, sebagai orang tua tentunya anda tidak bisa tinggal diam karena jika di biarkan begitu saja, tentunya akan semakin menghawatirka keadaan anak, terlebih lebih jika anak tersebut masih bayi hal tersebut jika di biarkan juga dapat memicu penyakit yang lebih parah lagi. Untuk menggobati batuk anak sebaiknya gunakanlah cara alami seperti di atas dalam mengatasinya dan hindarilah obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena di anggap lebih riskan dan jika di perlukan, gunakanlah obat batuk alami. Sebagaimana jenis obat batuk yang berbahan kimia tersebut juga ternyata juga tidak mampu secara langsung menyembuhkan ataupun membunuh bakteri tersebut, namun hanya melemahkan dan meringankan gejala penyakitnya saja.

Obat batuk berdahak untuk anak dan bayi dapat menggunakan jenis obat yang terbuat dari bahan-bahan alami,  karena selain mempunyai khasiat yang manjur juga tidak menimbulkan efeksamping yang dapat merugikan kesehatan anak, sehingga memilih obat alami merupakan keputusan yang tepat untuk menyembuhkan gejala batuk anak. Dan saya ingatkan kembali bahwa menggunakan obat batuk tidak harus menggunakan jenis obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena dapat menimbulkan efek yang dapat melemahkan sistem kekebalan anak yang semestinya mengobati malah dapat menyebabkan kerugian kesehatan anak. Dan berikut di bawah ini merupakan obat batuk berdahak untuk anak yang aman dan ampuh untuk mengatasinya.

Obat batuk anak yang alami dapat di berikan anak apabila di perlukan saja. adapun jenis obat batuk yang bisa anda berikan adalah seperti di bawah ini.

1. Obat batuk anak/bayi dapat menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan madu jawa. Adapun cara pembuatannya yaitu dengan cara diperas dulu jeruk nipis tersebut dan kemudian dicampurkan dengan madu kemudian dicampur dengan air hangat secukupnya. Obat batuk alami tersebut berguna untuk memperlancar pernafasan bayi/anak yang tersumbat karena batuk pilek.

2. Obat batuk anak yang lainnya juga dapat menggunakan ramuan alami. Adapun cara meracik ramuan tersebut menggunakan kencur dan jahe. Untuk cara pembuatannya dengan cara siapkan 1cm kencur dan jahe yang telah di kupas kulitnya, kemudian dimemarkan terlebih dahulu kedua bahan tersebut dan baru direbus dengan 1gelas air sampai mendidih dan di minumkan pada anak ketika sudah dingin.

3. Obat batuk berdahak atau pilek untuk anak/bayi dapat menggunakan udara beruap. adapun caranya dengan merebus seember air sampai mendidih lalu dibawa kekamarmandi dalam keadaan masih panas dan beruap kemudian tutuplah kamar mandi tersebut selama kurang lebih 15menit dan baru di gunakan untuk memandikan bayi. Manfaat dari mandi uap tersebut berguna untuk mengeluarkan lendir hidung pada anak/bayi.

4. Untuk bayi yang berusia 3 bulan keatas dapat menggunakan obat batuk dari penggosok uap yang dapat di peroleh dari apotek. Obat tersebut berguna untuk melegakan pernafasan karena mengandung petrolatum, eucalyptu dan minyak. Untuk menggunakannya dengan cara di gosokkan pada tubuh bayi sekitar punggung dan leher.

5. Untuk anak atau bayi usia 6 bulan keatas dapat menggunakan obat batuk yang bisa di berikan dengan cara memberi air putih/Asi yang cukup karena dapat bermanfaat untuk menstabilkan cairan dalam tubuh sehingga dapat melegakan pernafasan.

6. Obat batuk berdahak untuk anak usia 4 th keatas dapat menggunakan air garam yang di gunakan untuk berkumur sehingga dapat melegakan tenggorokan dan membersihkan lendir secara aman.

7. Obat batuk pilek alami untuk anak usia 6 bulan keatas dapat menggunakan jeruk nipis yang di campur dengan kecap manis. Obat batuk alami ini juga berguna untuk melegakan tenggorokan anak dan dapat di gunakan untuk orang dewasa.

Selain dari ketujuh jenis obat batuk anak seperti di atas juga masih ada jenis obat batuk tradisional herbal alami yang bisa anda berikan pada anak. Berikut bahan obatnya dan cara mengolahnya:

Jahe

Obat batuk anak yang alami dapat menggunakan bahan rempah yang sering di jumpai yaitu menggunakan jahe dan kencur. Untuk mengobati batuk anak berumur 1 tahun dengan cara di memarkan dulu bahan alami tersebut yang masing-masing kira-kira 1 cm kemudian di rebus dengan segelas air sampai air rebusan tadi tersisa hanya setengahnya saja, setelah itu bisa di tambahkan perasan 1 jeruk nipis dan satu sendok makan madu asli dan gula pasir, kemudian aduklah baru di saring dan di berikanlah kepada anak selagi hangat.

Kencur

Obat batuk anak juga dapat menggunakan bahan herbal alami, salah satunya dengan menggunakan tanaman kencur. Menggunakan bahan dari kencur ini lebih cocok untuk anak berumur 2 tahun keatas. Untuk mengobati batuk untuk anak berumur 2 tahun dengan bahan herbal alami ini, di lakukan dengan cara di parut dulu (kencur dengan berat 5 gr), setelah itu campur dengan 2 cendok makan air matang aduk dan saringlah. Setelah itu bisa di tambahkan 1 sendok makan madu dan di berikan pada anak 3 kali dalam sehari.

Jeruk nipis

Obat batuk berdahak untuk anak selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami yaitu terbuat dari jeruk nipis. Selain dapat di gunakan untuk orang dewasa, jeruk nipis tersebut juga cocok untuk anak berusia 1 tahun keatas. Obat batuk anak berusia 1 tahun dapat di olah dengan cara di peras, lalu ambillah perasan tersebut kira-kira  sebanyak 3 sendok makan, kemudian tambahkan 3 sendok makan madu lalu campurlah dengan 5 sendok makan air matang. Ramuan tersebut untuk orang dewasa sudah dapat di gunakan, namun untuk anak usia 1 tahun kearas, harus di tim dulu selama 30 menit baru di berikan pada anak.

Untuk anak yang berusia 2 tahun dapat di berikan 2 kali dalam sehari dengan takaran 1 sendok teh tiap kali minum dan untuk anak yang berusia 1 tahun di berikan 1/2 sendok teh sebanyak 2 kali dalam sehari.

Belimbing

Buah belimbing wuluh termasuk salah satu buah yang mempunyai rasa yang asam dan biasanya di gunakan sebagai bumbu dalam memasak. Untuk mengobati batuk anak secara alami di perlukan bunganya saja, dengan cara mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Segenggam bunga belimbing wuluh
  • Gula batu 1 sendok makan
  • Bawang merah 1 siung
  • Air matang 1/2 gelas

Haluskanlah semua bahan-bahan tersebut kemudian di tim selama kurang lebih 1 jam baru di saring dan di berikan untuk anak 3 kali dalam sehari sebanyak 1 sendok makan tiap kali minum. Namun obat batuk ini hanya untuk anak yang berusia 1 tahun keatas dan tidak cocok apabila diberikan untuk anak yang berusia kurang dari 1 tahun.

Kunyit

Obat batuk berdahak anak secara herbal alami dapat pula menggunakan kunyit. Untuk menggunakannya dapat di lakukan dengan cara mengoleskan langsung pada puting susu ibu ketika akan menyusui atau dengan cara mencampurkan bubuk kunyit di dalam dot dengan susu lalu meminumkannya kepada anak.

Minyak Bayi

Untuk meringankan batuk anak juga ada sebagian orang yang menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih dengan cara di oleskan di sekitar leher anak yang bermanfaat untuk melegakan pernafasan dan meringankan batuk yang terjadi pada anak.

Untuk meringankan gejala batuk pilek pada anak, jangan lupa pada saat mandi gunakanlah air hangat karena mandi dengan air hangat adalah cara yang sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan dan meringankan gejala batuk pilek pada anak.

Batuk yang terjadi pada anak memanglah sangat menyedihkan, namun berusahalah tenang apabila anak anda mengalami batuk. Dan bawalah kedokter apabila:

  1. Bayi selalu menolak meminum ASI. Hal semacam itu di hawatirkan bayi karena akan mengalami dehidrasi.
  2. Demam tinggi pada bayi yang terjadi lebih dari 3 hari. Hal tersebut juga berbahaya apalagi bagi bayi yang berusia kurang dari 3 bulan.
  3. Demam mencapai 38,9 °C.
  4. Batuk yang di sertai muntah.
  5. Bayi kesulitan bernafas.
  6. Warna dahak bayi berwarna kuning, hijau atau kecoklatan.

Dan waspadai juga apabila batuk anak telah di ikuti gejala-gejala yang tidak wajar seperti:

  1. Gangguan pada pernafasan yaitu susah bernafas atau bisa juga pernafasan menjadi cepat.
  2. Mengalami demam yang meningkat.
  3. Perubahan pada anak seperti; wajah, lidah dan bibir terlihat biru.
  4. Anak yang masih berusia 3 bulan kebawah.
  5. Terdengar bunyi setelah anak anda batuk.
  6. Tubuh anak lemas atau rewel.
  7. Terlihat tanda-tanda seperti; menangis tanpa air mata, mulut kering, mata cekung dan lebih sedikit buang air kecil.
  8. Batuk anak yang di sertai darah.

Demikianlah tadi artikel tentang Obat Batuk Berdahak Untuk Anak Yang Paling Ampuh, mudah-mudahan dapat anda jadikan referensi bagi anda dalam memilih obat batuk alami yang aman untuk anak dan bayi. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Obat Masuk Angin Yang Paling Manjur.




0 komentar:

Posting Komentar