Searching...

Obat Semua Penyakit Kulit, Gatal Kulit dan Gambarnya

Penyakit kulit dapat di sebabkan oleh bakteri, jamur, infeksi yang bisa menyebabkan perubahan/kelainan pada kulit bahkan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu penyakit kulit harus secepatnya di sembuhkan karena dapat mengganggu kesehatan atau mengganggu dalam beraktifitas. Untuk menyembuhkan penyakit kulit tersebut, sebaiknya memilih jenis obat-obatan yang tepat dengan cara, obat harus sesuai dengan jenis penyakit dan gejala yang di timbulkan. Dan berikut penyakit kulit lengkap dengan gambar dan pengobatannya.

Penyakit Kulit Selulitis

Selulitis adalah infeksi dari bakteri yang dapat menimbulkan peradangan pada jaringan lunak yang menimbulkan gejala kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri. Penyakit selulitis dapat disebabkan oleh beberapa hal, namun yang paling beresiko terhadap penyakit ini adalah: 1. Infeksi yang terjadi karena pembedahan. 2. Terjadi luka pada kulit. 3. Adanya benda asing di dalam kulit. 4. Infeksi karena tulang.

Obat Selulitis Untuk mengurangi gejala selulitis ini dapat menggunakan obat yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan, demam dan rasa nyeri, seperti jenis obat paracetamol, acetaminophen dan ibuprofen. Namun apabila selulitis ini tergolong parah, biasanya dokter memberikan resep obat antibiotik baik melalui suntikan ataupun obat minum. Untuk pengobatan penyakit ini sebaiknya di bawa kedokter untuk mendapatkan obat yang lebih efektif.

Penyakit Kulit Eksim

Penyakit kulit eksim adalah penyakit kulit yang terasa gatal, bisa juga sakit dan panas yang menimbulkan bercak kemerah-merahan. Penyakit eksim ini dapat menimbulkan gejala seperti; Pada tangan, kaki, leher, kelopak mata, kulit kepala dan area yang terkena penyakit tersebut akan timbul flek kasar berwarna coklat kemerahan, timbul benjolan yang berisi cairan dan rasa gatal pada malam hari.
Penyakit eksim tersebut, dapat dipicu dari berbagai hal, di antaranya adalah di sebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus aureus,gen,karena menurunnya kekebalan tubuh, Iritasi kulit dan lingkungan.
Obat Penyakit Kulit Eksim

Adapun obat atau cara perawatannya sebaiknya menggunakan pelembab anti iritasi untuk kulit, berendam dengan air hangat, jika ingin menggunakan obat alergi sebaiknya yang di resepkan oleh dokter. Untuk mencegah penyakit ini maka; hindari tekanan yang dapat membuat stress, hindari makanan yang menimbulkan alergi tersebut, jangan mandi dengan air yang dingin karena untuk mencegah infeksi dan janganlah memakai sabun yang dapat mengakibatkan iritasi.

Penyakit Kanker Kulit

Kanker kulit adalah gangguan atau kelainan pada kulit yang bisa di sebabkan oleh virus, sinar radioaktif, sinar ultra violet baik secara langsung ataupun tidak yang dapat menimbulkan berkembangnya sel sel yang abnormal pada lapisan kulit. Adapun kanker kulit dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

1. Kanker kulit Malenoma

Kanker kulit ini dapat menyebar luas pada organ-organ tubuh lainnya dan berbahaya namun penyakit tersebut jarang di temukan. Penyakit kulit malenoma ini dapat menimbulkan gejala pada kaki/pada kuku terdapat flek coklat yang besar, tahi lalat yang berkembang/berdarah.

2. Kanker kulit Karsinoma Sel Basal

Penyakit kanker kulit ini di tandai dengan munculnya benjolan kecil pada kulit yang terkena sinar matahari, terdapat benjolan berwarna coklat dan bernanah.

3. Kanker kulit Karsinoma Sel Skuamosa

Kanker kulit tersebut akan di tandai dengan gejala pada bagian tangan, telinga dan leher yang terdapat bintik-bintik merah, bersisik dan bernanah. Untuk mengobati atau merawat kanker kulit tersebut yaitu dengan obat keras untuk membunuh sel kanker atau pemberian sinar X yang bertujuan untuk memusnahkan sel kanker dan operasi jika di perlukan.

Penyakit Kulit Porfiria

Penyakit porfiria adalah penyakit yang di sebabkan oleh porfirin. Porfirin dapat di timbulkan karena zat kimia yang diproses oleh tubuh mengalami kelainan. Adapun fungsi dari porfirin adalah untuk produksi haemoglobin yang berguna mengangkat dan mengalirkan oksigin kebagian tubuh manusia. Secara umum, penyakit tersebut di sebabkan karena faktor keturunan.

Adapun penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti; adanya bercak merah terasa gatal, kulit mudah kebakar apabila terkena cahaya sinar matahari secara langsung dan mengeluarkan urine yang berwarna coklat. Obat Penyakit Kulit Porfiria Untuk mengobati atau merawat penyakit ini sebaiknya mengkonsumsi vit B dan menghindari pancaran sinar matahari langsung.

Penyakit Kulit Jerawat

Penyakit jerawat adalah penyakit kulit yang disebabkan karena hormon yang di tandai dengan bintik-bintik merah atau bisa juga komedo yang terdapat pada wajah dan bagian kulit tubuh lainnya. Penyakit jerawat di sebabkan oleh ketidak seimbangan hormon testosteron yang mengakibatkan produksi kelenjar minyak yang tinggi, selain itu juga dapat disebabkan oleh alergi, infeksi pada lapisan kulit karena bakteri Propionibacterium acne dan jerawat tersebut disebabkan oleh sel kulit yang mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Pengobatan dan Pencegahan Jerawat Untuk mengobati dan merawat jerawat tersebut adalah sebagai berikut: 1. Sebaiknya menggunakan obat untuk jerawat yang mengandung bahan benzoil peroksida, asam salisilat/sulfur. 2. Jangan mengeluarkan isi jerawat. 3. Bersihkanlah wajah dengan pembersih wajah yang cocok dan jangan menyentuh dengan jari yang kotor untuk menghindari infeksi. 4. Menggunakan perasan air jeruk lemon dan madu untuk masker dapat mencegah penyakit jerawat

Penyakit Kulit Alopecia Areata

Alopecia areata adalah penyakit kulit yang di sebabkan oleh sistem imunitas yang menyerang pada bagian kulit yang dapat menyebabkan kepala batak. Penyakit alopecia areata ini di sebabkan dari faktor keturunan.

Gejala yang di timbulkan dari penyakit ini adalah; pada kulit kepala menjadi bersisik, pigmen rambut berubah putih walau umur masih muda, rambut rontok sendiri, terdapat lubang kecil di kuku dan kulit kepala mengalami kesemutan. Itulah gejala dari penderita alopecia areata, untuk pengobatannya belum ditemukan hingga saat ini karena berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh.

Penyakit Kulit Tinea Pedis

Penyakit tinea pedis adalah penyakit yang di sebabkan infeksi jamur yang terdapat pada kaki dan penyakit ini dapat menyebar pada bagian kuku serta mempunyai gejala seperti; rasa gatal pada bagian kaki yang dapat menimbulkan borok apabila di garuk. Pengobatan penyakit ini dapat menggunakan obat salep anti jamur yang di peroleh dari resep dokter.

Adapun cara untuk menghindari penyakit ini bisa di lakukan dengan menjaga kaki dari kelembaban, jika sering bersepatu pakailah kaos kaki yang menyerap keringat dan bersihkanlah sepatu anda secara teratur. 

Penyakit Kulit Campak/Rubeola

Penyakit campak adalah jenis penyakit yang di sebabkan oleh infeksi virus yang berkembang pada sel paru-paru maupun tenggorokan. Penyakit tersebut dapat menyerang di segala usia baik dewasa maupun anak-anak, namun yang sering terserang penyakit tersebut adalah anak-anak. Di dalam ilmu kedokteran, penyakit ini di kenal dengan nama morbili/measles karena bersifat menular baik menular dengan perantara air ludah maupun ingus.

Adapun gejala yang di timbulkan bisa berupa; ruam pada kulit, batuk dan demam. dan apabila penyakit tersebut tidak segera di sembuhkan dapat menimbulkan penyakit lainnya diantaranya; terjadi infeksi pada telinga, pneumonia/radang paru-paru, bronchitis/radang tenggorokan dan encephalitis/radang otak.

Obat Campak

Adapun pengobatan dan perawatan penyakit ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengobati/merawat penyakit ini biasanya penderita di beri vaksin campak oleh dokter jika terdapat gejala yang di timbulkan karena belum ada obat khusus untuk mengobatinya.

 2. Penderita sebaiknya jangan keluar rumah sebelum penyakit tersebut sembuh.

 3. Apabila yang terserang campak adalah ibu yang sedang mengandung, biasanya di berikan vaksin khusus untuk mencegah terjadinya penyakit komplikasi pada anak yang di kandung/ibu yang sedang mengandung. 4. Sebaiknya minum air putih yang cukup karena dapat mengurangi gejala demam tersebut.

Penyakit Kulit Hemangioma

Penyakit hemangioma adalah kelainan pada pembuluh darah atau pembuluh darah yang tidak normal mengumpul membentuk hemangioma. Hemangioma ini muncul sejak lahir dan dapat memudar/berkurang setelah berumur kira-kira antara 5-10th.

Obat/perawatan hemangioma

Hemangioma adalah benjolan yang berwarna merah yang di sebabkan karena kelainan pada pembuluh darah/pembuluh darah tidak normal. Secara umum, kelainan ini tidak membutuhkan rawatan khusus kecuali akan mengganggu fungsi fisik atau mengganggu penampilan. Dan apabila mengganggu fungsi fisik, misalnya mengganggu penglihatan dapat menggunakan obat kortikosteroid atau operasi harus dengan resep dokter.

Penyakit Kulit Herpes Labialis/Cold Sores

Herpes labialis adalah penyakit pada bagian tubuh/bagian mulut yang terasa nyeri yang disebabkan oleh virus HSV-1 atau Herpes Simplex tipe 1.

Penyakit ini di tandai dengan gejala seperti: menimbulkan rasa geli, gatal dan demam. Setelah itu akan timbul gejala seperti; timbulnya benjolan kecil yang berisi air yang terasa nyeri dan apabila benjolan tersebut pecah maka virus akan mudah menular ke orang lain dan jangan menyentuh/menggosok mata apabila tangan habis menyentuh bibir karena virus HSV-1 dapat membahayakan mata.

Herpes labialis itu akan mengering dan sembuh dalam waktu 2-3 minggu. Namun setelah sembuh, virus dapat muncul lagi karena virus tersebut tidak mati melainkan bersembunyi pada sel-sel saraf dan muncul pada periode tertentu atau di karenakan; Demam tinggi, terkena sinar matahari langsung, cuaca yang dingin, alergi, luka pada mulut/akibat pengobatan gigi, stress dan kelelahan. Jangan menyentuh/menggosok mata apabila tangan habis menyentuh bibir karena virus HSV-1 dapat membahayakan mata.

Obat/perawatan herpes labialis

Herpes labialis dapat di obati dengan salep acyclovir yang dioleskan 3-5 kali dalam sehari Untuk mempercepat penyembuhan dapat mengkonsumsi vitamin B kompleks dan vitamin C. Juga dapat menggunakan jelly petroleum dengan tujuan supaya tidak menyebar ke sekitarnya. Yang perlu diingat adalah jangan memecah benjolan/titik kecil atau mengelupas karena akan menghambat penyembuhan dan mengakibatkan infeksi. Minum air putih yang cukup walaupun terasa nyeri pada mulut.

Penyakit Kulit Rosacea

Rosacea adalah penyakit yang dapat menyebabkan kulit menjadi merah yang biasa terjadi pada dagu, pipi, hidung dan dahi yang diduga di sebabkan oleh; terkena sinar matahari langsung, cuaca buruk, makanan/minuman yang terlalu pedas, mengkonsumsi kafein dan kelelahan.


Penyakit ini dapat menimbulkan gejala-gejala seperti; Terasa perih, kulit tampak merah secara permanan, pembuluh darah terlihat secara jelas, pada kulit terlihat kasar dan pada mata akan timbul membengkak, kering dan merah.

Obat/Perawatan Rosacea

Rosacea tergolong penyakit yang sulit untuk di sembuhkan, adapun pengobatan bertujuan untuk mengurangi gejala yang di timbulkan. Untuk pengobatannya biasanya dokter memberikan obat antibiotik, obat krim dan tabir surya.

Penyakit Kulit Psoriasis

Psoriasis adalah jenis penyakit kulit yang di mungkinkan karena kelainan pada sistem kekebalan yang menyerang sel-sel kulit yang sehat. Tubuh pada kondisi normal akan mengganti dengan memproduksi sel kulit yang telah mati dalam beberapa minggu, namun pada penderita psoriasis, akan mengalami hanya dalam hitungan hari sehingga akan mengakibatkan penumpukan sel kulit yang berdampak pada penebalan kulit.


Obat/Perawatan Psoriasis

Pada penerita penyakit ini biasanya dokter memberikan obat seperti; Kortikosteroid, Calcineurin inhibitors, Coal tar, Dithranol, Terapi Cahaya dan Analog vitamin D. Namun harus dengan resep dokter.

1. Kortikosteroid dan Methotrexate adalah obat untuk mengurangi inflamasi kulit dan jika digunakan secara berlebihan akan dapat menipiskan kulit oleh karena itu obat ini harus dengan resep dokter.
2. Calcineurin inhibitors adalah obat yang berkaitan dengan menghambat kinerja dari sistem kekebalan dengan jutuan mengurangi inflamasi pada kulit.
3. Coal tar adalah obat yang di gunakan untuk mengurangi rasa gatal, sisik tebal pada pengidap psoriasis.
4. Dithranol adalah obat yang berfungsi untuk mengurangi ruam psoriasis di daerah kaki, tangan dan tubuh.

5. Terapi Cahaya dilakukan apabila penyakit tersebut tidak bisa di sembuhkan dengan obat-obatan.
6. Analog vitamin D yang meliputi: calcipotriol dan calcitriol yang berfungsi untuk mengurangi dan menghambat inflamasi.

Penyakit Kulit Seborrheic Keratosis

Seborrheic keratosis adalah gangguan pada lapisan kulit yang mengalami pertumbuhan yang tidak membahayakan. namun pada sebagian yang mengidap seborrheic keratosis akan merasa minder dengan keadaan tersebut. Penyakit ini mudah di identifikasi melalui bentuknya yang biasanya muncul di sekitar tubuh baik daerah leher, dada dan bahu.


Obat seborrheic keratosis

Seborrheic keratosis merupakan penyakit yang tidak membahayakan seperti pada melanoma, oleh karena itu tidak membutuhkan perawatan yang intensif, namun untuk menghilangkan seborrheic keratosis biasanya dokter memberikan resep obat Electrosurgery/Cryosurgery yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan dari seborrheic keratosis.

Penyakit Kulit Lepra

Penyakit lepra adalah penyakit kulit pada sistem saraf tepi yang disebabkan oleh infeksi bakteri bakteri mycobacterium leprae. Penyakit ini dapat menular pada sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Obat Penyakit Lepra Obat penyakit lepra dapat menggunakan obat alami seperti kulit manggis dan daun sirsak. Caranya rebus daun sirsak/kulit manggis sampai mendidih, kemudian saring dan di minum sewaktu masih hangat.

Penyakit Kulit Keloid

Keloid adalah perubahan pada kulit yang di timbulkan dari bekas luka dan bukan merupakan penyakit.

Obat untuk menghilangkan keloid dapat menggunakan bawang putih dengan cara di oleskan langsung pada bekas luka secara rutin lama kelamaan benjolan tersebun menipis/hilang.

Penyakit Kulit Lupus

Lupus adalah penyakit kulit yang di sebabkan karena terganggunya sistem kekebalan hingga memicu virus mudah masuk melalui kulit. Penyakit ini dapat menimbulkan penyakit lain seperti ginjal, sistem saraf dan kulit. Untuk melihat gambar dan pengobatan penyakit lupus bisa membaca penyebab penyakit lupus dan cara mengobatinya.
 

Penyakit Kulit Necrotizin Fasciitis

Necrotizing fasciitis adalah penyakit kulit berbahaya yang sebabkan oleh inveksi bakteri streptococcus dan clostridia, infeksi yang terjadi dapat menyebar secara cepatdan membahayakan karena infeksi dari jaringan lunak dapat merusak jaringan kulit.

Obat Penyakit Necrotizing Fasciitis Jika mengidap penyakit ini sebaiknya segera di bawa kedokter. Pengobatan penyakit ini biasanya dokter melakukan operasi dengan mengangkat jaringan yang telah mati dan sebagian terpaksa di amutasi.

Penyakit kulit Cutaneous Candidiasis

Cutaneous candidiasis adalah penyakit yang di sebabkan karena inveksi dari bakteri Candida yang ber kembang secara berlebihan. Perkembangan jamur tersebut bisa di picu oleh bagian tubuh yang lembab.

Obat Cutaneous Candidiasis Untuk menyembuhkan penyakit ini, biasanya dokter memberikan obat yang berbeda beda tergantung pada tingkat penyakit. Adapun contoh obat yang biasa di resepkan oleh dokter adalah sebagai berikut:

1. Obat berbentuk gel/obat kumur biasa di berikan pada pengidap Candidiasis di sekitar mulut.

2. Obat anti jamur supositoria/berbentuk krim biasanya di berikan pada pengidap Candidiasis di sekitar kelamin.

3. Obat anti jamur berbentuk salep/krim di berikan pada pengidap Candidiasis ruam popok.

Penyakit kulit Vitiligo

Vitiligo adalah timbulnya bercak-bercak putih yang di sebabkan karena adanya perubahan pigmen kulit. Penyakit kulit ini merupakan kelainan kulit yang tidak berbahaya namun dapat mengurangi rasa percaya diri bagi penderitanya. Adapun munculnya vitiligo di duga disebabkan oleh beberapa hal termasuk gangguan pada melanin, karena melanin merupakan zat yang dapat menentukan dan melindungi warna kulit. Adapun gangguan pada melanin dapat disebabkan dari faktor; keturunan, mengidap penyakit diabetes, hipertiroidisme, dan dari faktor luka bakar.

Untuk menyembuhkan vitiligo, biasanya dokter menyarankan pemakaian obat dari produk kosmetik untuk memulihkan warna kulit tersebut.


Obat Vitiligo

Pengobatan vitiligo selain menggunakan jenis obat-obatan dari produk kosmetik juga dapat di sembuhkan dengan obat resep dokter, contohnya obat salep kortikosteroid, namun obat ini bukan untuk wajah selain itu memiliki efek samping dapat menipiskan kulit, pembuluh darah terlihat jelas dan larangan untuk ibu hamil dalam menggunakan obat ini.

Penyakit Kulit Hyperhidrosis

Hyperhidrosis adalah penyakit kulit yang di sebabkan karena adanya ketidak seimbangan saraf dan fungsi bagian tubuh, dimana tubuh akan mengeluarkan keringat secara berlebihan. Gejala seperti itu, walaupun terlihat sepele namun dalam dunia kesehatan di anggap sebagai penyakit yang serius karena dapat mempengaruhi gangguan emosional, mengganggu pergaulan dan biasanya penyakit ini berkaitan dengan adanya penyakit lain di dalam tubuh.


Obat/Perawatan Hyperhidrosis

Untuk menyembuhkan penyakit kulit ini ada sebagian orang menggunakan cara non medis seperti dengan cara Iontophoresis. Iontophoresis adalah proses yang di lakukan dengan cara dialiri oleh aliran listrik melalui perantara air dengan tujuan kelenjar keringat akan mendapatkan kejutan. adapun pengobatan secara medis, biasanya dokter memberikan obat yang sesuai pada penderita, harus dengan resep dokter seperti; memberikan suntikan toksin botulinium yang bertujuan untuk menutup syaraf keringat dan pengobatatan medis lainnya seperti operasi sedot lemak.

Demikianlah artikel kali ini tentang Obat Semua Penyakit Kulit, Gatal Kulit dan Gambarnya semoga bermanfaat, jangan lewatkan artikel menarik selanjutnya tentang jenis penyakit kulit lengkap dengan gambar dan pengobatan.




0 komentar:

Posting Komentar