Searching...

Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit kronis yang terjadi karena melemahnya sistim kekebalan pada tubuh sehingga menimbulkan peradangan pada organ tubuh, jaringan dan sistem peredaran darah. Penyakit lupus ini menyerang bagian tubuh manusia pada bagian kulit, sel sel darah, persendian bahkan bisa menyerang ginjal, jantung dan paru-paru. Penyakit lupus merupakan penyakit yang berbahaya dan juga mematikan, namun penyakit ini tidak bisa menular pada orang lain dan penyakit tersebut juga bisa terjadi karena pengembangan dari berbagai jenis penyakit yang menyerang pada penderita.

Penyakit lupus juga bisa terjadi di karenakan terganggunya sistim kekebalan tubuh dan penyakit ini mudah menyerang pada wanita yang untuk saat ini belum diketahui penyebab kenapa penyakit tersebut sering menyerang wanita?. Adapun gejala yang di timbulkan sulit untuk di diagnosis karena penyakit tersebut bisa mengikuti bahkan mirip dengan penyakit penyakit lain yang menyerang pada penderita sehingga penyakit tersebut muncul dan bergabung dengan penyakit lain. Dan berikut di bawah ini merupakan penyebab penyakit lupus lengkap dengan pengobatannya.

Penyakit Lupus

Penyakit lupus merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan penderitanya adalah kaum wanita dan penyakit ini bisa bersifat sementara dan juga bisa bertahan lama . Bagi penderita yang terserang penyakit tersebut bisa muncul dan kambuh dengan tiba-tiba dan juga penyakit tersebut bisa berkembang parah secara cepat dan bisa juga lambat serta penyakit tersebut bisa hilang dengan tiba tiba yang kemudian bisa muncul kembali secara tiba-tiba pula.

Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit lupus tersebut penderita mengalami ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kulit muka penderita terlihat ruam
  • Penderita mudah sekali merasakan kelelahan
  • Persendian mengalami pembengkakan
  • Rambut kepala mudah rontok.

Adapun gejala lain bisa juga bisa berupa seperti:

  1. Peredaran darah tidak lancar dan mudah sekali kram
  2. Penderita mengalami demam
  3. Berat badan yang berubah-ubah atau tidak stabil dalam waktu yang singkat
  4. Jika penderita mengalami luka pada kulit akan sulit sembuh jika terkena sinar matahari
  5. Muncul peradangan pada mulut
  6. Penderita mengalami gelisah, depresi dan hilang ingatan

Penyebab penyakit lupus

Penyakit lupus disebut sebagai penyakit baru yang bersifat kronis dan disebut sebagai penyakit Autoimun yang bisa muncul pada waktu kekebalan tubuh melemah atau terkena virus dan bakteri sehingga penyakit tersebut menyerang jaringan dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti; kerusakan pada kulit, kerusakan pada ginjal, kerusakan pada paru-paru, kerusakan pada pembuluh darah, kerusakan pada jantung dan juga otak.

Adapun faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit lupus tersebut adalah faktor dari keturunan atau genetik, faktor dari hormon, faktor dari obat-obatan dan bisa juga dari lingkungan sekitar. penyakit lupus ini terbagi dalam beberapa jenis dan yang masing masing memiliki perbedaan.

Jenis-Jenis Penyakit Lupus

  • Penyakit lupus yang menyerang kulit atau disebut sebagai Cutaneous lupus, jenis penyakit lupus ini bersifat discoid. Jenis penyakit ini akan menimbulkan gejala pada kulit menjadi kemerahan hingga terlihat ruam yang biasa terjadi pada kulit wajah dan kulit kepala. Penyakit tersebut juga bisa berkembang pada kulit tubuh di bagian apapun dan juga bisa berlangsung sementara dan juga bisa bertahan lama sehingga pada kulit akan membentuk bekas yang terlihat ruam.
  • Penyakit lupus yang bisa menyerang pada semua bagian tubuh yang disebut sebagai Systemic lupus erythematosus, jenis penyakit ini juga bisa menyerang organ tubuh dan jaringan seperti pada sendi, kulit, paru-paru, ginjal dan sel darah. Jenis penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba pada semua bagian tubuh dibagian apapun.
  • Penyakit lupus yang menyerang pada wanita yang sedang mengandung atau disebut sebagai Neonatal lupus. Selain menyerang ibu, penyakit ini juga bisa berdampak pada bayi sehingga bayi tersebut mendapatkan antibody lupus dengan gejala seperti; anemia dan ruam pada kulit yang bisa sembuh dengan sendirinya.
  • Penyakit lupus yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi obat-obatan yang disebut dengan penyakit Drug-induced lupus. Penyakit ini disebabkan karena penggunaan obat yang berkepanjangan yang menyebabkan sistim dalam tubuh mengalami lupus namun penyakit ini bisa sembuh jika penggunaan obat telah dihentikan.

Faktor Penyebab Penyakit Lupus

Walaupun penyakit tersebut sulit didiagnosis namun tim medis telah mengidentifikasi penyakit tersebut tentang dampak dan faktor dari penyakit ini. Adapun faktor yang menjadi resiko dari penyakit lupus tersebut sebagai berikut:
  1. Penyakit lupus sangat beresiko pada wanita
  2. Penyakit lupus sering menyerang pada penderita yang berusia 15th sampai 45th
  3. Penyakit lupus juga sering terjadi pada penderita yang berasal dari ras Afrika, Hispanics dan Asia.
  4. Bagi yang penderita yang rentan, terkena sinar matahari juga bisa memicu respon internal dari lupus kulit.
  5. Penggunaan obat dalam jangka waktu yang panjang juga menjadi faktor dari penyakit lupus.
  6. Penderita yang terinfeksi virus Epstein-Barr juga dapat memicu penyakit lupus muncul kembali.
  7. Penderita yang rentan terkena zat kimia terekspos merkuri dan silica juga menjadi resiko terhadap munculnya penyakit lupus.
  8. Penderita yang aktif dalam merokok juga dapat menjadi risiko terhadap munculnya penyakit lupus.

Pengobatan Penyakit Lupus


Pengobatan penyakit ini tidak terlepas dengan metode autoimun karena sistem imun pada tubuh penderita yang tidak mampu bekerja dengan baik sehingga sistem kekebalan tubuh berubah fungsi sebagai sistem yang menyerang jaringan tubuh dan bukan melindungi tubuh. Adapun penyakit lupus yang sering menyerang pada penderita berjenis Systemic lupus. Jenis penyakit ini bisa menyerang pada semua organ dan selalu mengikuti penyakit lain dan bahkan menyerupai penyakit lain. Adapun pengobatannya dengan cara terapi karena obat yang spesial dari penyakit ini belum ditemukan. Adapun cara terapi untuk mengatasi penyakit lupus tersebut merupakan pengobatan yang paling efektif yang dilakukan berdasarkan jenis penyakit, gejala gejala yang ditimbulkan, usia dan jenis kelamin.

Selain itu, pengobatan lupus dengan gejala pada kulit yang terlihat ruam-ruam dapat diatasi dengan menggunakan obat sakit kepala atau obat anti inflamasi yaitu aspirin. Jenis obat tersebut merupakan obat yang disetujui untuk di gunakan sebagai obat penyakit lupus.

Selain pengobatan seperti diatas, penyakit lupus dapat diobati dengan metode menekan sistem kekebalan tubuh dengan jenis obat sitotoksik diantaranya;
  1. Obat metotreksat, penggunaan obat ini dengan gejala penyakit pada kerusakan organ pada tubuh
  2. Obat cytoxan, Penggunaan obat ini dengan gejala penyakit parah yang menyerang pada ginjal
  3. Obat imuran, Penggunaan obat ini jika penyakit lupus yang menyerang ginjal
  4. Obat cellcept, Penggunaan obat ini dengan gejala penyakit yang ringan pada ginjal
Demikianlah tadi penjelasan tentang Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya, semoga dapat menambah pengetahuan tentang penyakit lupus, jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Manfaat dan Khasiat Telur Ayam Kampung yang Luar Biasa.




Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar