Searching...

Ciri Awal Terjadinya Kanker Payudara Perlu Anda Ketahui

Penyakit kanker payudara merupakan penyakit kanker yang terletak di bagian payudara yang membentuk benjolan yang bersifat jinak atau bisa juga bersifat ganas. Penyakit Kanker payudara juga mempunyai kesamaan dengan janis kanker lainnya, yaitu disebabkan karena pertumbuhan sel yang berkembang di luar batas pengendalian. Untuk mendeteksi sel kanker tersebut di butuhkan peralatan khusus dari medis yang dikenal dengan alat Mammogram, alat ini sangat efektif untuk mendeteksi sel kanker payudara, bahkan ciri awal gejala kanker payudara sebelum terjadinya benjolan sudah dapat terdeteksi.
Ciri Awal Terjadinya Kanker Payudara Perlu Anda Ketahui

Penyakit kanker payudara tergolong sebagai penyakit yang menakutkan karena termasuk tumor ganas yang menyerang  pada jaringan payudara baik laki-laki maupun wanita, namun wanita lebih beresiko terhadap penyakit ini. Karena dampak penyakit tersebut bisa jadi dapat merenggut jiwa seseorang.

Di negara kita, penyakit kanker payudara ini telah menempati rangking kedua setelah kanker serviks. Penyakit yang terkenal keganasannya ini tentunya akan menjadi sosok yang menyeramkan bagi wanita di negara kita indonesia, dan yang menegangkan lagi bahwa WHO atau organisasi kesehatan dunia telah memperkirakan di tahun 2020 yang akan datang, penyakit kanker payudara akan meningkat dengan frekuensi yang tinggi di negara yang maju.

Penyakit kanker payudara di bedakan berdasarkan sifat, gejala dan tahapan terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya; penyakit kanker payudara yang bersifat agresif atau di kenal dengan Inflammatory Breast Cancer<IBC> dan penyakit Kanker payudara metastatik yaitu kanker payudara yang sudah mencapai tahap yang sangat berbahaya. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang ciri awal kanker payudara tersebut bisa anda simak seperti di bawah ini.

Kanker payudara umumnya di derita oleh kaum wanita karena sel kanker tersebut di mungkinkan bisa di sebabkan dari faktor reproduksi dan dari faktor penggunaan hormon astrogen, namun selain itu, kanker payu dara juga dapat disebabkan dari radiasi ionisasi, penyakit fibrokistik, obesitas dan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung boraks dan zat pewarna tekstil. Dan berikut di bawah ini merupakan ciri awal penyakit kanker payudara selengkapnya.

Ciri Dan Gejala Awal Kanker Payudara

Untuk mengidentifikasi penyakit payudara tersebut dapat dilakukan langkah sebagai berikut:

1. Ciri awal dapat di ketahui dengan menekan lembut payudara maka keluarlah cairan berwarna putih yang tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa nyeri, dengan keluarnya cairan yang demikian, payu dara tersebut telah mengalami gangguan/kelainan yang patut di waspadai.

2. Kalau di perhatikan pada payudara ada sedikit benjolan dan tepat pada benjolan tersebut, pori pori kulit payudara terlihat mengerut. Jika terjadi yang demikian maka payudara sudah mengalami gangguan tahap awal.

3. Periksalah dengan cara mengangkat kedua tangan sampai diatas kepala, dan periksalah dengan cara menempatkan kedua tangan di pinggang "periksa apabila terdapat benjolan", benjolan dapat bertempat di sekitar payudara sampai di bawah ketiak, periksalah dengan mengangkat tangan kiri dan kanan. Untuk melakukan pemeriksaan sebaiknya dilakukan setelah 1 minggu dari menstruasi karena hormon progesteron dan hormon estrogen sedang pada tahap kadar rendah dan hormon tersebut dapat berpengaruh terhadap kondisi payudara.

4. Untuk meyakinkan kebenarannya memerlukan diagnosa oleh tenaga medis, namun secara fisik penyakit kanker payudara sudah dapat diketahui ciri-cirinya, seperti; ditemukan benjolan pada payudara/di ketiak, terdapat perubahan pada puting, puting bisa mengeluarkan cairan atau darah, terasa gatal, panas, sakit bahkan terlihat ada luka pada puting,

Tentang kanker payudara

Ciri Kanker Payudara Lengkap dengan Pengobatan dan Gambar

Apabila telah di ketahui tentang ciri awal tersebut, maka kanker payudara akan menimbulkan ciri awal, seperti; benjolan tersebut masih berukuran kecil atau kurang dari 2cm dan menimbulkan gejala gejalanya. Untuk gejala yang di timbulkan adalah sebagai berikut.

Gejala Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara dapat menimbulkan gejala-gejala, antra lain:

1. Kanker Payudara Agresif

Gejala kanker payudara yang paling agresif adalah IBC (Inflammatory Breast Cance), karena sel kanker berkembang membentuk sarang sel tumor yang akan menyerang kulit hingga menimbulkan ruam. Maka sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap siklus perubahan dan kondisi payudara anda. Pemeriksaan awal seperti ini merupakan langkah yang tepat untuk memperoleh peluang hidup, namun jika masih ada keraguan tentang hasil pemeriksaan sebaiknya mengunjungi klinik Clinical Breast Exam <CBE>untuk menjalani pemeriksaan.

Kanker payudara seperti ini sudah tidak mempan dengan obat jenis antibiotika, oleh karena itu harus dilakukan penanganan medis secara cepat dan tepat. Adapun gejala yang ditimbulkan dari kanker payudara IBC adalah seperti; payudara membesar dalam hitungan hari, timbul rasa gatal yang tidak bisa diobati, peyudara mengalami perubahan warna, payudara lebih kencang, lebih keras dan terasa hangat dan sakit saat di sentuh, payudara mengalami ruam bahkan menjadi borok.

2. Kanker Payudara Metastatik

Gejala kanker payudara ini pada tahap yang berbahaya dan di kenal dengan kanker payudara metastatik. Kanker ini sudah menyebar luas bukan hanya pada payudara tetapi sudah menyebar pada kelenjar getah bening ketiak yang akan menimbulkan gejala seperti; sesak nafas, nyeri tulang, sakit saraf kepala, penurunan berat badan dan nafsu makan serta kelelahan.

Dari beberapa kasus yang terjadi, wanita lebih mendominasi penyakit kanker payudara dan dari hasil penelitian, wanita yang merokok lebih beresiko terhadap serangan kanker tersebut, namun penyebab munculnya penyakit kanker payudara sampai sekarang belum di ketahui secara pasti dan hanya sebatas indikasi.

Sifat Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara, walaupun habis dioperasi/diangkat penyakitnya masih bisa kambuh lagi pada 3 tempat, diantaranya bisa kambuh di tempat asal mula, regional dan distan.

Kanker payudara dapat kambuh kembali walaupun sudah menjalani pengobatan dengan kekambuhan tepat di daerah asal mulanya.

Kanker payudara dapat kambuh kembali di dalam otot dinding dada, pada kelenjar getah bening atau dibawah tulang dada dan bertempat di sekitar leher kejadian semacam ini disebut kambuh regional.

Kanker payudara dapat kambuh kembali namun muncul di bagian tubuh lainnya/beralih tempat. Dan kejadian semacam ini disebut kambuh distan.

Tips Untuk Mencegah Kanker Payudara


Adapun usaha yang dapat dilakukan untuk pencegahan penyakit kanker payudara antara lain:
a). Senantiasa melakukan pemeriksaan.
b). Mengkonsumsi makanan sehat seperti:
  1. Sayuran hijau
  2. Brokoli
  3. Kacang brazil
  4. Ikan salamon
  5. dan buah delima

Jika anda mengalami gangguan pada payudara, saya sarankan segera melakukan pemeriksaan kedokter karena penyakit kanker adalah penyakit yang membahayakan diri, dengan pemeriksaan tersebut akan segera mengetahui ganguan pada payudara tersebut apakah bersifat ganas ataupun jinak.

Waspadalah tentang penyakit ini, tentukan langkah yang cepat dan tepat untuk penanganannya..., Demikianlah artikel kali ini tentang Ciri Awal Terjadinya Kanker Payudara Perlu Anda Ketahui. Jangan anda lewatkan artikel menarik lainnya tentang Gejala Awal Penyakit Jantung Yang Belum Anda Ketahui.




0 komentar:

Posting Komentar