Searching...

Obat Sakit Ulu Hati Lengkap Gejala dan Penyebabnya

Sakit ulu hati merupakan rasa sakit yang di sebabkan bukan karena jenis penyakit melainkan naiknya asam lambung yang dapat mengakibatkan kelainan pada organ, sakit ulu hati dapat berupa nyeri dan juga dapat terasa perih dan rasa sakit tersebut di akibatkan dari gejala sakit pada perut bagian tengah atas. Ulu hati di dalam dunia medis di sebut sebagai epigatrium, pada ruangan ini tersusun dari organ pangkreas, peritoneum, lambung, usus 12 jari, fasia danujung hati yang semuanya terletak pada antara tulang dada bagian bawah dan tulang rusuk atau lebih tepatnya diatas pusar. Rasa sakit yang diderita dari sakit ulu hati juga dapat pula meluas sampai terasa di punggung. Secara umum sakit ulu hati sering disebabkan karena gejala dari sakit maag namun tidak semua sakit ulu hati tersebut di sebabkan dari sakit maag.
Obat Sakit Ulu Hati Lengkap Gejala dan Penyebabnya

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang sakit ulu hati tersebut berikut akan saya uraikan secara lengkap tentang penyebab dan gejala sakit ulu hati yang sering terjadi, dan berikut di bawah ini merupakan obat sakit ulu hati lengkap gejala dan penyebabnya.

Penyebab Penyakit Ulu hati dan Gejalanya

Sakit ulu hati dapat terjadi karena adanya gangguan pada organ dan penyakit ulu hati ini lebih sering di karenakan dari organ lambung yang di kenal dengan sakit maag/dispepsia. Selain dari masalah tersebut, penyakit ulu hati juga di sebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

1. Rasa sakit pada ulu hati dan di kenal dengan sindrom iritasi usus. Rasa sakit dari sindrom iritasi usus ini dapat menyebabkan penderita menjadi kram dan gangguan pada proses buang air besar. Hal tersebut di karenakan karena lapisan dinding usus disaat mentranspor makanan dari perut menuju anus bekerja lebih lama di banding dengan biasanya. Hal tersebut lebih sering terjadi pada wanita antara usia muda dan juga seseorang yang menderita sindrom iritasi usus serta penderita gangguan mental termasuk depresi.

2. Rasa sakit pada ulu hati juga dapat terjadi di karenakan lapisan dinding lambung/usus kecil mengalami luka karena rusaknya lapisan tersebut karena zat asam penyakit tersebut dikenal dengan tukak peptik. Faktor terjadinya luka tersebut dapat di akibatkan dari infeksi dari bakteri dan juga penggunaan obat seperti; ketoprofen, ibuprofen, bisphosphonates, aspirin. Adapun rasa sakit yang di rasakan pada penderita penyakit ini adalah  rasa nyeri pada area pusar sampai ke bagian dada. Untuk gejala penyakit tersebut juga dapat menyebabkan muntah darah pada penderita, terdapat darah pada tinja, penderita merasakan mual-mual, selera makan menurun dan berat badan menurun.

3. Penyakit pada ulu hati juga di karenakan lambung mengalami peradangan atau disebut dengan istilah Gastritis, hal itu dapat terjadi karena tingginya asam lambung. Adapun gejalanya; rasa mual dan kembung serta nafsu makan menurun.

4. Selain itu, penyakit pada ulu hati juga di karenakan adanya kanker lambung, kanker pankreas dan penyakit liver.

5. Sakit pada ulu hati juga dapat terjadi karena pankreas mengalami peradangan sehingga enzim yang di hasilkan pankreas untuk proses pencernaan beserta hormon yang di hasilkan untuk memprosese gula mengalami gangguan. Adapun gejala yang ditimbulkannya adalah rasa sakit hingga kepunggung, muntah, warna pusar berubah, perut menjadi kaku dan keluar minyak pada tinja serta berbau tidak wajar.

6. Sakit pada ulu hati juga dapat terjadi karena adanya gangguan pada kantong empedu. Adapun gejala yang ditimbulkannya adalah rasa sakit yang luar biasa yang diiringi dengan rasa mual, muntah, demam dan rasa nyeri di dada serta perubahan warna pada tinja.

Obat Sakit Ulu Hati

Untuk obat sakit ulu hati sebaiknya terlebih dahulu pengobatan di lakukan setelah melalui proses di agnosis terlebih dahulu untuk memastikan jenis penyakit pada ulu hati tersebut. Adapun obat yang cocok di berikan pada penderita untuk mengatasi/meringankan gejala penyakit tersebut antara lain:

Untuk mengurangi dan pencegahan pembentukan asam lambung yang di produksi secara berlebihan dapat menggunakan obat maag seperti H2 Reseptor Blockers atau bisa juga Antasida yang dapat di fungsikan untuk menetralkan asam lambung. Sedangkan obat untuk mengurangi rasa sakit dapat menggunakan obat anti inflamasi non steroid.

Terkait dengan Obat Sakit Ulu Hati

  1. Obat Ampuh Sakit Kepala, Kepala Sebelah/Migrain dan Penyebabnya
  2. Cara Mudah Mengobati Mata Merah dan Bengkak
  3. Obat Ampuh Sakit Gigi Berlubang Dan Cara Mengobatinya

Obat Sakit Ulu Hati Secara Tradisional


Obat sakit pada ulu hati juga dapat di obati dengan bahan tradisional antara lain menggunakan tumbuhan lidah buaya, jahe, chamomil dan soda kue.

Manfaat lidah buaya adalah dapat menyembuhkan irutasi dan luka bakar, sedangkan soda kue dapat bermanfaat untuk mengobati rasa nyeri dan menetralkan asma lambung secara aman. sedangkan jahe dapat bermanfaat sebagai obat untuk meringankan dan menyembuhkan peradangan dan mual-mual.

Untuk menetralkan kadar asam dalam lambung juga dapat menggunakan sari cuka apel. adapun cara menggunakannya dengan cara diencerkan dulu kedalam sedikit air baru di minum setelah makan.

Dan saya cukupkan sekian dulu artikel kali ini tentang Obat Sakit Ulu Hati Lengkap Gejala dan Penyebabnya, jangan lewatkan artikel lainnya tentanng Obat Batuk Berdahak Yang Bagus Untuk Anak Balita.




0 komentar:

Posting Komentar