Searching...

20 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat air putih yang "menakjubkan" air adalah senyawa yang terbentuk dari perpaduan H2O yang dapat di manfaatkan oleh mahluk hidup sebagai sumber kehidupan dan kebutuhan yang bisa di kiaskan sebagai zat penyambung nyawa manusia. Selain air sebagai sumber kehidupan mahluk hidup, air juga merupakan sebuah meteri yang di perlukan oleh lingkungan sekitar, dengan air hewan bisa hidup dengan air juga tumbuhan juga bisa berkembang biak yang semua itu tentunya atas izin dan ridlo dari Tuhan yang maha Esa. Atas karuniaNya air juga bisa dimanfaatkan oleh segala kebutuhan dan untuk berbagai pengobatan.

Dari sekian banyak manfaat yang kita peroleh dari air tersebut tentunya kita wajib bersyukur kepada Tuhan yang senantiasa memperhatikan kebutuhan hambanya. Adapun manfaat air yang seperti kita ketahui adalah mempunyai manfaat yang yang sangat banyak sekali, namun pada tema kali ini yang akan saya uraikan adalah manfaat air putih untuk kesehatan tubuh. Selain air putih yang sehari-hari bisa kita nikmati sebagai air minum, air putih juga bisa kita pergunakan sebagai obat, dan juga kita pergunakan sebagai zat pencegah munculnya penyakit dalam tubuh yang tentunya hal tersebut tidak akan kita inginkan. Dari sekian fungsi air yang kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, tentunya materi yang satu ini tidak akan tergantikan oleh apapun karena seperti yang kita ketahui, pada tubuh manusia terdiri dari zat cair sebanyak 70%. Oleh karena itu, kebutuhan akan air putih pada tubuh manusia merupakan kebutuhan yang wajib yang harus kita penuhi dalam rangka untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapun cara untuk memenuhi kebutuhan air tersebut dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya.

Contoh kecil dari manfaat air putih yang sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai pengobat rasa haus baik rasa itu timbul setelah kita beraktivitas atau tidak dalam beraktivitas dan air tersebut mampu menghilangkan rasa haus tersebut, itulah sebagian tanda kebesaran Tuhan yang nyata. Adapun manfaat air putih untuk kesehatan akan saya uraikan seperti dibawah ini.



Manfaat Air Putih

 
Manfaat air putih ternyata luar biasa karena bukan sebagai pengobat rasa haus saja namun bisa di manfaatkan sebagai obat yang dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit yang terjadi pada manusia. adapun manfaat air putih bisa di uraikan sebagai berikut:


1. Sebagai zat yang menyetabilkan semua cairan dalam tubuh.

Manfaat air putih yang pertama adalah dapat digunakan untuk menstabilkan cairan dalam tubuh, karena tubuh manusia sebagian besar terdiri atas zat cair, mengkonsumsi air putih yang cukup adalah cara yang tepat untuk mempertahankan kesehatan tubuh sehari-hari karena berfungsi sebagai zat yang membantu sistem pencernaan, transportasi nutrisi dan zat pengatur untuk menyetabilkan suhu dalam tubuh.


2. Menjaga dehidrasi tubuh.

Manfaat air putih yang kedua adalah menjaga dehidrasi dalam tubuh. Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan zat cair dimana tubuh akan mengalami ketidak stabilan yang dapat menyebabkan semua otot menjadi tidak bertenaga/lemas dan oleh karena itu fungsi air putih dapat dimanfaatkan sebagai materi untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.


3. Untuk mengkontrol kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Manfaat air putih yang ketiga adalah sebagai pengontrol kalori. Mengapa bisa demikian...? mengkonsumsi air putih dapat di fungsikan sebagai langkah efektif untuk menurunkan berat badan karena dengan mengkonsumsi air putih rasa dahaga akan cepat terobati sehingga kalori dalam tubuh tidak mengalami penumpukan yang dapat mengakibatkan kegemukan.


4. Mencegah penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Manfaat air putih yang keempat adalah mencegah/mengobati penyakit ginjal dan infeksi saluran kemih. Dengan kita mengkonsumsi air dengan jumlah yang cukup maka dapat membantu sistem organ dan metabolisme tubuh yang akan memperlancar proses pembuangan zat yang berbahaya bagi tubuh dan dapat mencegah penyakit ginjal.


5. Untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Manfaat air putih yang kelima adalah dapat membuang racun dalam tubuh. Racun dalam tubuh dapat di hilangkan/di keluarkan, diantaranya dikeluarkan bersama-sama dengan keringat dan mengkonsumsi air putih dapat mendukung pembentukan keringat dan air putih juga dapat mempantu memperlancar buang air sehingga racun dalam tubuh dapat dikeluarkan.


6. Membuat kulit lebih putih dan halus.

Manfaat air putih yang yang ke enam adalah dapat memutihkan dan menghaluskan kulit. Bagaimana tidak, dengan kita meminum air putih dengan jumlah yang cukup, maka proses metabolisme pada tubuh dapat terjaga sehingga bisa menjaga dari tersumbatnya pori-pori kulit dalam proses pengeluaran keringat yang mampu mengeluarkan racun dan kotoran pada kulit. Tersumbatnya pori-pori pada kulit juga dapat menjadi biang jerawat selain itu, manfaat air untuk kulit juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit gelap dan kasar.


7. Menyehatkan ginjal.

Manfaat air putih yang yang ketujuh adalah dapat menyehatkan ginjal. Sebagian besar penyakit ginjal disebabkan oleh kekurangan zat cair dalam tubuh yang mengakibatkan kerja ginjal tidak optimal dalam memproses 200L darah dalam tubuh setiap harinya untuk menyaring dan membuang/mengeluarkan zat yang berbahaya, sehingga fungsi ginjal tidak dapat bisa di manfaatkan oleh tubuh. Dengan kita mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup maka kesehatan dan fungsi ginjal dapat terjaga selain itu juga akan mencegah terjadinya penyakit ginjal tersebut baik itu penyakit batu ginjal ataupun gagal ginjal.


8. Untuk menunda proses penuaan

Manfaat air putih yang kedelapan adalah untuk sebagai obat awet muda. Diantara manfaat mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup adalah dapat mencegah terjadinya penuaan dini, hal itu bisa saja terjadi, di karena kekurangan air putih akan menyebabkan kulit menjadi kering dan cepat kriput dan sebaliknya jika kebutuhan air dalam tubuh telah tercukupi pada kulit akan lebih lembab dan kencang. Hal itu di karenakan pada proses pengeluaran zat metabolisme yang di lakukan oleh kulit (keluarnya kringat) dapat berjalan dengan normal sehingga dapat menyehatkan dan mengencangkan kulit. Oleh sebab itu, kebutuhan cairan tubuh yang tercukupi akan dapat menunda proses penuaan.


9. Dapat mengingkatkan fungsi otak.

Manfaat air putih yang kesembilan adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Hal itu dapat terjadi apa bila kebutuhan air dalam tubuh telah tercukupi sehingga sistem saraf pada otak dapat bekerja dengan sempurna. Dengan kita mengkonsumsi air putih setiap harinya akan dapat memperlancar konsentrasi fungsi otak.


10. Sebagai obat demam.

Manfaat air putih yang ke sepuluh adalah untuk mengobati sakit demam. Manfaat meminum air putih juga dapat di fungsikan sebagai obat, yaitu diantaranya untuk mengobati demam pada tubuh karena air putih yang di konsumsi akan dapat memperlancar proses pembuangan sehingga sisa metabolisme tubuh yang berbahaya dapat segera di keluarkan sehingga dapat berfungsi sebagai penurun demam. Dengan kita meminum air putih, semakin banyak dan cukup maka proses pembuangan (buang air kecil) akan semakin sering terjadi.


11. Sebagai obat panas dalam.

Manfaat air putih yang kesebelas adalah untuk mengobati panas dalam. Manfaat yang lain dari kita minum air putih juga dapat berfungsi sebagai obat panas dalam yang disebabkan dari kurangnya cairan dalam tubuh.

12. Sebagai obat sariawan.

Manfaat air putih yang keduabelas adalah untuk mengobati sariawan. Dengan kita meminum air putih dengan jumlah minimal 2L perhari maka dapat mengobati/mencegah terjadinya sariawan.


13. Sebagai obat untuk pemulihan.

Manfaat air putih yang ketigabelas adalah untuk proses pemulihan. Seringnya minum air putih dengan jumlah yang cukup akan dapat meningkatkan kerja dari sistem peredaran darah sehingga proses transportasi dapat berjalan dengan sempurna yang dapat di fungsikan sebagai pemulihan atau pertumbuhan.


14. Sebagai obat sakit kepala atau migran.

Manfaat air putih yang keempatbelas adalah untuk mengobati sakit kepala/migran. Rasa sakit dikepala/migran di sebabkan karena kurangnya zat cair dalam tubuh, oleh karena itu, dengan kita minum air putih dapat menghindari dehidrasi dan mengobati sakit kepala/migran tersebut.


15. Mencegah penyakit stroke.


Manfaat air putih yang kelimabelas adalah untuk pencegahan penyakit stroke. Minum air putih juga dapat mencegah/mengobati penyakit stroke karena lancarnya pembuangan setelah minum air putih dengan jumlah yang cukup akan membantu mengeluarkan kadar racun yang dapat menimbulkan penyakit dalam tubuh. Semakin banyak cairan dalam tubuh maka akan semakin banyak juga kadar yang berbahaya dalam tubuh yang di keluarkan/dibuang.


16. Sebagai obat stress.

Manfaat air putih yang keenam belas adalah sebagai obat stress. Manfaat minum air putih juga dapat menjadi obat stress karena selain membantu dalam kelancaran sistem saraf otak air putih juga dapat merefres tubuh kembali segar.


17. Mencegah penyakit kanker.

Manfaat air putih yang ketutuh belas adalah dapat digunakan untuk pencegahan penyakit kanker.


18. Untuk Pertumbuhan/perkembangan

Manfaat air putih yang kedelapan belas adalah untuk pertumbuhan/perkembanga tubuh manusia.


19. Untuk Produktivitas manusia

Manfaat air putih yang kesembilan belas adalah untuk membantu manusia dalam produktivitas.


20. Sebagai penyeimbang dari sistem Getah Bening. 

Manfaat air putih yang keduapuluh adalah untuk menyeimbangkan sistem getah bening pada manusia sehingga infeksi dalam tubuh dapat dilawan.

Sangat banyak manfaat yang kita peroleh dari air putih, oleh karena itu hendaknya kita mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup yang di perlukan oleh tubuh kita jangan sampai dalam tubuh kekurangan cairan karena dapat menyebabkan terganggunya sistem kerja organ dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit. Minum air putih dengan jumlah yang berlebihan juga tidak baik, konsumsilah air putih dengan kebutuhan tubuh. Namun pada dasarnya kebutuhan akan air putih setiap orang berbeda dan rata-rata dalam satu hari orang memerlukan air putih antara 1,6L sampai 2L perhari. Selain cairan di peroleh dari air putih, tubuh juga memerlukan cairan dari makanan sebesar 20%.

Minum air putih kadang juga orang merasa malas karena selain air tersebut tidak mempunyai rasa juga rasa malas tersebut dapat timbul karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya meminum air putih tersebut sehingga tanpa disadari tubuh akan mengalami dehidrasi. Adapun cara supaya dalam tubuh kita tidak kekurangan zat cair tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Rajin berolahraga; dengan begitu otomatis ada rangsangan untuk meminum air putih lebih banyak.
  • Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air, seperti semangka, jambu air dan jeruk, dimana buah buahan tersebut mengandung air sebanyak 90%.
  • Budayakan membawa air minum dimanapun anda berada.
Ternyata luar biasa manfaat yang kita peroleh dari air putih tersebut bagi kesehatan. Dan demikianlah uraian tentang 20 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Pengobatan. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil.




0 komentar:

Posting Komentar