Searching...

Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil 1-2-3-4-5-6-7-8-9Bulan

Menjaga kesehatan bayi sejak dalam kandungan merupakan kwajiban seorang ibu, pertumbuhan bayi yang sehat ditandai dengan pertumbuhan bayi yang normal. Untuk menjaga kesehatan dan menjaga pertumbuhan bayi supaya tumbuh dengan normal, sehat dan mempunyai bobot yang ideal, seorang ibu yang baik harus memperhatikan makanan yang di konsumsi dalam sehari-hari karena baik tidaknya dan cukup tidaknya nilai gigi yang di butuhkan oleh bayi dalam kandungan tergantung dengan makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu tersebut.

Makanan terbaik untuk ibu hamil usia 1-9 akan kami uraikan secara lengkap dan kami jabarkan tentang nilai gigi yang di butukkan bayi dalam kandungan sampai lahirnya bayi tersebut. Masa kelahiran adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri dan juga para mertua yang ingin segera menimang bayi tersebut oleh karena itu hari yang penuh penantian tersebut janganlah disia-siakan oleh cara perawatan bayi mulai dalam kandungan yang maksimal atau kebutuhan bayi belum tercukupi.
Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil 1-2-3-4-5-6-7-8-9Bulan

Seorang ibu sewaktu mengandung ditekankan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang bergizi supaya bayi dalam kandungan nantinya memperoleh nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhannya. Adapun pertumbuhan bayi di bagi menjadi 3 trimester. Pengertian trimester adalah masa pertumbuhan bayi dalam kandungan. Trimester yang pertama di hitung mulai berahirnya menstruasi dan masa trimerter ini adalah 12minggu. Pada masa ini sudah banyak perubahan yang terjadi bagi calon ibu karena janin akan mengalami pertumbuhan yang pesat pada masa ini.

Pada masa trimester pertama ini, calon ibu hendaknya sudah mulai berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan yang membahayakan janinnya. Adapun jenis makanan yang dianggap berbahaya bagi kesehatan calon bayi pada masa ini adalah jenis makanan yang disajikan dengan cara diolah setengah matang, sebab makanan yang setengah matang masih mengandung bakteri yang akan mengganggu kesehatan calon bayi tersebut.

Setelah kehamilan berusia antara 3bulan, seorang ibu umumnya merasakan ingin sekali makan sesuatu atau kejadian tersebut dikatakan sebagai ngidam. Menurut pendahulu kita, ngidam tersebut di artikan sebagai keinginan bayi yang ingin mengingatkan ibunya untuk memperhatikan makanannya. Adapun jenis makanan yang baik untuk ibu hamil adalah sebagai berikut dibawah ini.


Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 1-3 Bulan


Makanan yang baik untuk ibu hamil di usia ini, harus memperhatikan nilai gigi dari makanan yang di konsumsi seorang ibu tersebut karena pada usia ini pertumbuhan kandungan bayi masih kecil dan berupa embrio, pada masa ini makanan yang di butuhkan adalah asam folat atau disebut sebagai folic acid. Adapun fungsi dari makanan yang mengandung folic acid berguna untuk persiapan rahim dalam mencegah terjadinya penyakit yang menyebabkan terbukanya tulang belakang pada bayi atau dikenal sebagai spina bifid. Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit tersebut hendaknya seorang ibu memberikan kebutuhan gizi yang terkandung dalam folic acid tersebut. Adapun jenis makanan yang mengandung folic acid adalah sebagai berikut:

1. Brokoli

Brokoli adalah jenis makanan yang sangat bagus untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi yang lengkap yang di butuhkan bayi dalam kandungan. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada brokoli adalah sebagai berikut:
Asam Folat94.01 mcg
Protein4.66 g
Kalori43.68 kal
Omega 30.20 g
Kalsium74.72 mg
Fosfor 103 mg
Besi1.37 mg
Zinc (Zn)0.62 mg
Magnesium39.00 mg
Vitamin B10.09 mg
Vitamin A228.07
Vitamin B20.18 mg
Vitamin B60.22 mg
Vitamin B30.94 mg
Vitamin B50.79 mg
Vitamin C124mg
Vitamin E 0.75 mg
Vitamin K155mg
Serat 4.68 g
Mangan0.34 mg
Triptofan0.05 g

2. Alpukat

Alpukat juga tergolong makanan/buah yang bagus untuk di konsumsi ibu yang sedang hamil karena buah tersebut juga mengandung Asam Folat. Selain itu juga mengandung lemak nabati yang bagus untuk kesehatan badan dan dapat mendukung perkembangan otak calon bayi dalam kandungan.

3. Apel

Buah apel merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan nilai gizi dan nutrisinya sehingga baik untuk ibu yang sedang mengandung karena membantu dalam pertumbuhan janin. Selain itu juga buah tersebut mudah di cerna oleh sistem pencernaan sehingga dapat meringankan/mempermudah buang air besar.

4. Anggur

Anggur merupakan buah yang bagus untuk di konsumsi ibu hamil karena mengandung antioksidan yang dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya sel kanker. Selain itu buah tersebut mengandung zat besi dan polifenol serta resveratol yang dapat mendukung kesehatan janin.

5. Sereal

Sereal merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil karena mengandung asam folat yang cukup untuk mendukung pertumbuhan janin. Makanan tersebut cocok disajikan untuk sarapan pagi bagi ibu yang sedang mengandung. Adapun yang setara nilai gizinya dengan sereal adalah kacang polong.

6. Jeruk

Buah jeruk juga baik untuk di konsumsi ibu yang sedang mengandung pada fase ini karena kandungan pada buah tersebut juga mengandung asam folat dan vitamin c yang tinggi sehingga dapat mendukung perkembangan dan kesehatan janin.

7. Jenis Sayuran Hijau/Bayam

Kandungan gizi yang dimiliki oleh sayuran hijau rata-rata mengandung asam folat dan zat besi yang di butuhkan oleh janin dalam kandungan pada kehamilan dalam fase ini dalam rangka mendukung perkembangan dan pertumbuhan yang sehat.

8. Kacang Polong/Kacang Merah

jenis kacang-kacangan tersebut juga bagus untuk di konsumsi oleh ibu yang sedang mengandung karena dapat mendukung perkembangan otak pada janin dalam kandungan.

9, Ceri

Buah ceri adalah salah satu buah yang kaya akan nilai gizinya oleh karena itu buah tersebut sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Adapun manfaat dari mengkonsumsi buah ceri tersebut di antaranya dapat digunakan sebagai anti inflamasi, anti kanker, kesehatan jantung dan membangun memori pada janin dalam kandungan.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 3-4 Bulan

Pada fase ini pertumbuhan kandungan yang berupa janin akan membentuk tubuh yang sempurna sehingga pada usia ini hati dan ginjal bayi sudah berfungsi dengan baik, bayi sudah mulai bergerak aktif. Pada fase ini bayi membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya. Adapun asupan gizi yang dibutuhkan bayi pada masa ini adalah Omega 3, magnesium, Calsium dan vitamin B dan vitamin D. Dan nilai gizi tersebut telah ada pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari yang meliputi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Adapun jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil usia 3-4 bulan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Kegunaan magnesium pada ibu hamil berfungsi sebagai pertumbuhan pada bayi tentang panjang, besar, berat bayi dan pembentukan otot pada rahim. Adapun makanan tersebut dapat di peroleh dari:
  • Sayur-sayuran
  • Ikan
  • Kacang kedelai
  • Melon
  • Gandum

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3

Manfaat mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 adalah untuk membangun pertumbuhan otak dan juga membangun kesehatan mata bayi dalam kandungan.
  • Ikan salmon
  • Sayuran hijau
  • Makarel
  • Tahu/Tempe
  • Telur
  • Wijen
  • Susu
  • Keju

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B6

Vitamin B6 juga dapat membantu kesehatan bayi dalam kandungan, selain itu vitamin B6 juga dapat membantu mengatasi keluhan ibu (mual,muntah dll) pada masa kehamilan. Adapun vitamin tersebut dapat diperoleh dari makanan sebagai berikut:
  • Pisang
  • Beras merah
  • Daging, ayam
  • Ikan
  • Alpukat
  • Kacang
  • Jagung/gandum

4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12

Adapun manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 adalah untuk mencegah kerusakan saraf dan mencegah anemia. Adapun Vitamin B12 dapat diperoleh dari:
  • Daging
  • Kacang kedelai

5. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D dan Calsium

Adapun manfaat dari ibu hamil mengkonsumsi dari makanan yang mengandung vitamin tersebut berguna untuk pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Adapun vitamin tersebut dapat diperoleh dari:
Ikan 
Susu

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 5-6 Bulan


Pada fase ini, umumnya ibu yang sedang mengandung mempunyai selera makan yang sangat baik dan pertumbuhan bayi dalam kandunganpun mengalami pertumbuhan yang pesat bahkan pada mata, alis, kuku sudah membentuk dengan sempurna, oleh karena itu ibu yang sedang mengandung memerlukan asupan gizi yang cukup. Adapun dalam mengkonsumsi makanan tetap pada seperti pada fase sebelumnya dan tambahilah nilai gizi dari Vitamin A dan Calsium dan Omega 3 karena pada masa ini bayi dalam kandungan tumbuh dan memerlukan gizi yang cukup. Adapun makanan yang baik untuk ibu hamil usia 5-6bulan adalah:


1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan Omega 3

Kalsium bagi ibu yang sedang mengandung mempunyai fungsi sebagai pertumbuhan tulang dan calon gigi pada bayi. Adapun kalsium tersebut dapat di peroleh dari susu. sedangkan Omega 3 dapat mendukung pembentukan otak bayi dalam kandungan. Adapun Omega 3 dapat diperoleh dari makanan sebagai berikut:
  • Kacang Kedelai/Tempe/Tahu
  • Telur
  • Ikan Salmon
  • Sayuran Hijau
  • Susu
  • Keju
  • Sardin
  • Makarel
  • Wijen

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A

Adapun manfaat dari vitamin A bagi ibu yang sedang mengandung adalah dapat membantu pertumbuhan kulit dan pertumbuhan sel darah merah pada bayi dalam kandungan. Adapun vitamin A dapat diperoleh dari jenis makanan sebagai berikut:
  • Bayam
  • Wortel
  • Tomat
  • Pepaya
  • Buah Naga
  • Apel
  • Pisang
  • Sereal
  • Hati

Pada jenis makanan hati terdapat vitamin A, dan secara umum vitamin A tersebut di bagi menjadi 2 yaitu Retinol dan karoten. Pada makanan hati tersebut mengandung retinol dan apabila jumlah retinol berlebihan maka dapat mengganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Usia 7-9 Bulan

Pada fase ini bayi dalam kandungan sudah terbentuk dengan sempurna dan pada usia ini ibu yang sedang mengandung hendaknya hati-hati dalam beraktivitas karena untuk menjaga kondisi dan kesehatan bayi supaya normal. Adapun makanan yang bagus yang di butuhkan ibu yang mengandung pada usia ini adalah sama dengan fase sebelumnya dan makanan yang mengandung Omega 3 dan kalori perlu di tambahkan karena pada usia kehamilan 7-9 ini di butuhkan kalori yang cukup sedangkan Omega 3 tetap di fungsikan untuk pertumbuhan otak bayi dalam kandungan.
Pada usia kandungan 7-9 bulan biasanya ibu yang sedang mengandung mengalami kendala jika mau buang air besar karena sistem pencernaan pada ibu hamil akan semakin di tekan oleh perkembangan bayi dalam kandungan yang semakin besar oleh karena itu di sarankan mengkonsumsi buah yogurt untuk memperlancar buang air besar.

Cara Memasak Makanan Untuk ibu Hamil

Masakan untuk ibu hamil hendaknya harus diperhatikan karena kesalahan dalam memasak dapat mengakibatkan kesehatan bayi dalam kandungan dapat terganggu. Adapun cara memasak yang benar untuk menjaga kesehatan bayi tersebut adalah sebagai berikut:
  • Hindari masakan setengah matang karena masakan setengah matang masih terdapat bakteri.
  • Apabila ingin memasak sayuran lebih baik sayuran tersebut di cuci dahulu kemudian baru dipotong, dengan tujuan agar vitamin atau mineral lebih sedikit yang hilang.
  • Dalam memasak cara mengukus akan lebih baik hasilnya dari pada cara di rebus karena nilai gizinya lebih sedikit yang hilang.
Demikianlah uraian kali ini tentang Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil 1-2-3-4-5-6-7-8-9Bulan, mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi ibu yang sedang mengandung. Jangan lewatkan uraian tentang kesehatan yang menarik lainnya tentang Jenis, Gejala Penyakit Paru Paru Lengkap dengan Pengobatannya.




0 komentar:

Posting Komentar