Searching...

Jenis, Gejala Penyakit Paru Paru Lengkap dengan Pengobatannya

Penyakit paru-paru adalah jenis penyakit yang bisa di sebabkan dari infeksi dari jamur, bakteri dan virus yang menyerang bagian organ pernafasan sehingga mengakibatkan terganggunya sistem peredaran darah. Untuk fungsi paru-paru sendiri mempunyai peranan yang penting bagi tubuh, selain mengedarkan oksigin kedalam darah juga dapat membuang karbondioksida. Karena begitu pentingnya fungsi paru-paru bagi tubuh hendaknya kita menjaga kesehatan paru-paru supaya dapat terhindar dari penyakit paru-paru tersebut.
Jenis, Gejala Penyakit Paru Paru Lengkap dengan Pengobatannya

Adapun tanda tanda seseorang telah terkena penyakit paru-paru tersebut dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  • Penderita akan mengalami sesak nafas
  • Penderita akan mudah mengalami rasa lelah
  • Timbul rasa nyeri di dalam dada
  • Penderita akan mengalami batuk yang tak kunjung sembuh yang disertai dahak dan darah
  • Badan panas dan keluar keringat walau udara dingin
  • Nafsu makan menurun dan badan mengurus
  • Lama kelamaan punggung penderita membungkuk

Ciri-ciri tersebut dapat diketahui apa bila seseorang telah menderita penyakit tersebut. Adapun jenis penyakit paru-paru yang dapat menyerang pada manusia bermacam-macam dan dibedakan berdasarkan jenis penyakit, penyebap, tingkat keparahan dan pengobatannya. Untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang paru-paru tersebut adalah sebagai berikut.


Jenis Penyakit Paru-Paru


Ada tujuh jenis penyakit paru-paru yang perlu kita waspadai, diantaranya:

1. Penyakit Kanker Paru-paru

Penyakit kanker paru-paru adalah jenis penyakit yang bisa di sebabkan oleh sinar radiasi radio aktif, karena perokok, stres dan juga penggunaan obat-obatan kimia yang beracun. Selain berbahayanya merokok bagi kesehatan paru-paru, orang disekitar perokok juga mendapat ancaman dari penyakit tersebut karena bisa menjadi perokok pasif bahkan resiko terkena penyakit paru-paru mempunyai presentase lebih besar di bandingkan perokok aktif. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah sebagai berikut:
  • Batuk disertai darah
  • Sesak pada pernafasan
  • Rasa sakit pada bagian dada
  • Mudah lelah

Untuk mencegah dari penyakit tersebut usaha yang bisa di lakukan adalah mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung Antioksidan dengan tujuan dapat mencegah timbulnya sel kanker, selain mengkonsumsi jenis makanan tersebut hindarilah rokok atau jauhilah asap rokok jangan sampai asap yang di keluarkan dari perokok tersebut terhisap oleh kita karena asap rokok yang telah bereaksi dengan udara akan menimbulkan racun yang berlipat ganda, oleh karena itu perokok pasif akan lebih berbahaya.

Adapun jenis makanan yang mengandung Antioksidan tersebut seperti: buah jeruk, buah apel, buah tomat, buah pir, buah anggur, buah pisang, buah mangga, buah nanas, buah pepaya, buah stroberi. Selain jenis buah-buahan tersebut anda juga bisa mengkonsumsi jenis sayur-sayuran yang mengandung Antioksidan diantaranya kubis merah, brokoli, asparagus, ubi merah.


2. Penyakit Tuberkulosis

Penyakit tuberkulosis merupakan jenis penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis dan penyakit tersebut dikenal dengan penyakit TBC. Penyakit tersebut tergolong berbahaya dan bersifat menular. Adapun penularannya melalui percikan air ludah baik pada waktu bersin ataupun batuk. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah:
  • Batuk berdahak yang kadang disertai dengan darah
  • Demam
  • Hilangnya nafsu makan


3. Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis  adalah penyakit pada bagian paru-paru yang terjadi karena adanya peradangan pada saluran masuk paru-paru atau pada saluran bronkus. Penyakit bronkitis bisa disebabkan karena infeksi dari kuman, bakteri, virus dan dapat pula disebabkan polusi udara kotor, debu dan asap yang di hasilkan dari rokok.

Adapun gejala yang ditimbulkan akibat dari infeksi kuman adalah penderita mengalami demam yang disertai batuk berdahak berwarna kuning. Untuk gejala yang di timbulkan dari penyakit bronkitis yang sudah kronis adalah batuk berdahak dan penderita mengalami sesak nafas yang berlangsung berbulan bulan.

untuk menanggulangi munculnya penyakit tersebut sebaiknya meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan jenis sayur sayuran serta hindarilah asap dari rokok.


4. Penyakit Emfisema

Penyakit emfisema adalah penyakit yang disebabkan karena alveolus [gelembung dalam paru-paru] mengalami kelainan yang disebabkan dari kekurangan enzim alfa dan bisa disebabkan dari asap rokok yang mengakibatkan gelembung-gelembung pada paru-paru tersebut kehilangan ke-elastisannya. Adapun gejala yang di timbulkannya adalah penderita mengalami sesak nafas yang sulit untuk disembuhkan, tingkat nafsu makan dan berat badan menurun.

Untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut sebaiknya jauhilah asap rokok karena asap tersebut merupakan faktor utama penyebab terjadinya penyakit emfisema.


5. Penyakit Asma

Penyakit asma adalah penyakit yang bisa di sebabkan dari perubahan suhu, debu, aktifitas yang berlebihan, ketegangan emosi dan juga bisa disebabkan dari faktor keturunan. faktor-faktor tersebut dapat mengakibatkan penyempitan pada saluran pernafasan sehingga penderita mengalami sesak nafas. gejala yang di timbulkan dari penyakit tersebut adalah sesak nafas.


6. Penyakit Pneumonia

Penyakit pneumonia adalah jenis penyakit yang pada sistim pernafasan dan di sebabkan oleh bakteri Streptococcus dan Mycoplasma pneumoniae. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah: Sesak nafas dan disertai batuk berdahak dengan warna kekuning kuningan, demam dan rasa sakit pada bagian dada. Untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan cara makan dan berolahraga yang cukup.


7. Penyakit Atelektasis

Penyakit atelektasis merupakan penyakit pada paru-paru yang di timbulkan dari organ paru-paru dan organ lainnya yang menyebabkan penderita mengalami sesak nafas, batuk-batuk dan bahkan rasa sakit di bagian dada. Penyakit tersebut dapat di akibatkan dari efek penyakit dari kelainan ginjal, kelainan pada jantung, penyakit kanker dan kelainan pada hati.

Karena begitu banyaknya jenis penyakit yang menyerang pada organ paru-paru tersebut sebaiknya anda menjaga kesehatan untuk paru-paru anda. Dan berikut kami paparkan tentang cara menjaga kesehatan paru-paru.


Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru


Ada beberapa upaya/cara untuk menjaga kesehatan paru-paru di antaranya dengan:
  • Mengurangi mengkonsumsi jenis makanan berlemak dan mengandung zat kimia; Mengurangi dalam konsumsi makanan tersebut merupakan langkah awal dari kita menjaga kesehatan paru-paru karena jenis makanan tersebut dapat memicu lendir dalam paru-paru.
  • Menghindari makanan dingin/minuman dingin; Organ paru-paru merupakan organ yang sensitif terhadap lingkungan atau makanan yang bersifat dingin karena hawa dingin dapat menyebabkan kinerja paru-paru mengalami gangguan.
  • Membiasakan cara bernafas melalui hidung; membiasakan bernafas dengan menggunakan hidung juga dapat menjaga kesehatan paru-paru, karena dalam hidung terdapat filter yang dapat menyaring udara masuk.
  • Menghindari stres; hal yang terkait dengan stres adalah ketakutan, kesedihan dan depresi haltersebut dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan paru-paru.

Demikianlah uraian tentang Jenis, Gejala Penyakit Paru Paru Lengkap dengan Pengobatannya yang kami rangkum dalam artikel ini mudah-mudahan dapat menambah wawasan anda tentang penyakit paru-paru. Karena pentingnya peranan organ paru-paru terhadap kehidupan manusia, kesehatan paru-paru merupakan hal yang patut kita. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Ciri Penyakit Kelamin Wanita Lengkap dengan Gejala dan Jenisnya.




0 komentar:

Posting Komentar