Searching...

Ciri Penyakit Kelamin Wanita Lengkap dengan Gejala dan Jenisnya

Penyakit kelamin wanita merupakan jenis penyakit berbahaya/menular yang di sebabkan oleh infeksi bakteri yang terdapat pada alat reproduksi wanita dan dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi penderitanya. Secara umum, penyakit kelamin di sebabkan dari faktor hubungan seksual. Untuk mengantisipasi penyakit kelamin tersebut supaya dapat di ketahui mulai dari dini supaya dalam penanganan tidak mengalami keterlambatan perlu mengetahui ciri-ciri dan gejala yang di timbulkan dari jenis penyakit kelamin tersebut karena jenis penyakit tersebut tidak menunjukkan ciri-ciri yang jelas terhadap penderitanya bahkan pada penderita ada juga yang tidak menimbulkan keluhan apapun.

Ciri Penyakit Kelamin Wanita
Adapun dampak negatif yang di timbulkan dari penyakit kelamin tersebut selain sangat berbahaya bagi penderita dan pasangannya, penyakit tersebut dapat menyebabkan kemandulan, menjalar kebagian perut dan usus karena infeksi yang menimbulkan peradangan dan juga dapat menyebabkan infeksi pada kandungan yang bisa membuat kebutaan pada anak dalam kandungan di saat penderita tersebut hamil. Oleh karena itu, pada penderita penyakit kelamin tersebut hendaknya mendapatkan penanganan dari ahli kesehatan. Adapun untuk mengetahui ciri-ciri penyakit pada kelamin tersebut adalah sebagai berikut:


Ciri-Ciri Penyakit Kelamin Wanita


  • Dari alat reproduksi mengeluarkan cairan yang berbau amis dan berwarna kehijauan
  • Pada saat berhubungan intim atau buang air kecil akan terasa sakit dan nyeri
  • Sering merasakan kegatalan pada alat kelamin
  • Alat kelamin membengkak
  • Pada alat kelamin timbul benjolan kecil seperti kutil
  • Penderita mengalami perubahan warna kulit dan warna mata

Adapun untuk mengetahui lebih jelanya tentang penyakit kelamin pada wanita, perlu memahami jenis penyakit kelamin yang menyerang pada alat reproduksi tersebut, karena jenis penyakit kelamin tersebut di bedakan berdasarkan jenis bakteri yang menyerang dan tingkat keparahan yang di timbulkan dari penyakit tersebut. Untuk mengetahui macam-macam jenis penyakit kelamin wanita seperti pada uraian dibawah ini.


Jenis Penyakit Kelamin Wanita


1. Penyakit Kelamin Syphilis

Penyakit sipilis merupakan jenis penyakit kelamin yang bersifat menular yang mempunyai rasa sakit pada alat reproduksi/vagina. Penyakit tersebut juga ada yang menimbulkan bercak, timbul seperti kutil di area mulut vagina yang tidak terasa gatal. Penyakit tersebut berlangsung selama 9hari sampai 3bulan.

2. Penyakit Kelamin Genital

Penyakit kelamin tersebut merupakan jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh mikroba chlamydia yang berlangsung selama 14hari sampai 21 hari. Infeksi genital dapat menimbulkan gejala dan ada juga yang tidak menimbulkan gejala. Adapun gajala yang di timbulkannya berupa keluarnya cairan dari alat reproduksi yang disertai rasa panas dan gatal.

3. Penyakit Kelamin Vaginitis

Penyakit kelamin vaginitis adalah penyakit kelamin yang di sebabkan karena kurangnya kebersihan yang mengakibatkan iritasi di area vagina. Penyakit tersebut dapat berlangsung selama 4hari sampai 3minggu.

4. Penyakit Kelamin Herpes Genitalis

Penyakit pada kelamin tersebut timbul disekitar kemaluan dan dapat pula timbul di sekitar paha dan pantat. Adapun gejala yang ditimbulkan bisa berupa sakit, panas yang akan diikuti dengan munculnya bisul kecil yang berwarna kemerahan. Penyakit tersebut dapat berkembang pada labia mejora, klitori, labia minora dan rahim yang dapat mengakibatkan keguguran. Namun jika penyakit tersebut menular pada trimester dapat mengakibatkan bayi dalam kandungan mengalami cacat atau meninggal.

5. Penyakit Kelamin Gonorhea


Penyakit kelamin gonorhea adalah penyakit kelamin yang bersifat menular dan dapat menyebabkan penderita akan mengeluarkan kencing nanah dan penyakit tersebut dapat berkembang menuju rahim dan bisa menyebabkan cacat pada bayi dalam kandungan.

6. Penyakit Kelamin Aids

Aids adalah jenis penyakit kelamin yang sangat berbahaya yang dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Penyakit tersebut dapat menular melalui tranfusi darah, melalui hubungan sex dan juga bisa menular dengan perantara jarum suntik.

Demikianlah uraian kali ini tentang Ciri Penyakit Kelamin Wanita Lengkap dengan Gejala dan Jenisnya, mudah-mudahan dapat menjadi wawasan tentang penyakit kelamin pada wanita. Jangan lewatkan uraian menarik lainnya tentang Ciri Kanker Payudara Lengkap dengan Pengobatan dan Gambar.




0 komentar:

Posting Komentar