Searching...

Ciri Kanker Payudara Lengkap dengan Pengobatan dan Gambar

Penyakit kanker payudara adalah benjolan yang berukuran kecil/besar yang tumbuh pada payudara wanita yang dapat mengurangi fungsi dari organ tersebut. Kanker payudara pada wanita umumnya dapat berkembang dan membesar jika sel kanker tersebut tidak mendapatkan penanganan secara serius. Penyakit kanker tersebut dapat tumbuh pada jaringan ikat ataupun pada kelenjar kecil yang memproduksi air susu pada payudara tersebut. Oleh karena itu penyakit kanker pada payudara tersebut sangat berbahaya jika penderita tidak segera diobati. Adapun untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara sejak dini dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut.
Kanker Payudara

Ciri-Ciri Kanker Payudara



1. Adanya Penebalan yang muncul diwilayah payudara.

Penebalan atau benjolan pada payudara tersebut telah menandakan bahwa seseorang telah menderita penyakit kanker. Benjolan asing yang di temukan tersebut merupakan  kanker dim ana seseorang telah mengidap penyakit dengan gejala paling awal. Jika pada payudara telah ditemukan benjolan tersebut untuk memastikan bahwa penyakit tersebut adalah kanker atau tidak, membutuhkan pernyataan dari dokter karena untuk memastikan sebuah penyakit di butuhkan keahlian khusus.

Adapun benjolan kanker payudara mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Ciri Kanker Payudara

  1. Penebalan/benjolan yang ditemukan terasa padat/keras
  2. Tidak ada gerakan apapun dari benjolan tersebut
  3. Benjolan yang terasa hanya itu saja dan tidak ada benjolan lain di sekitarnya
  4. Adanya perubahan kulit pada payudara
  5. Timbulnya benjolan diikuti dengan keluarnya cairan

Untuk benjolan pada payudara yang bukan kanker payudara adalah sebagai berikut:
  1. Benjolan tersebut terasa halus dan lunak
  2. Adanya gerakan pada benjolan tersebut
  3. Terasa ada benjolan lain pada payudara
  4. Benjolan akan lenyap pada waktu menstruasi


2. Terjadi Perubahan Ukuran Pada Payudara

Pada penderita kanker payudara akan mengalami perubahan ukuran yang mengecil dan akan terlihat lembek/lemas dari posisi semula yang dulunya mengarah kedepan akan berubah mengarah kebawah.


3. Terdapat Kulit yang Mengerut pada Payudara

Perubahan kulit payudara yang mengerut dan berwarna gelap merupakan tanda-tanda seseorang mengalami kanker payudara. Adapun kulit yang mengerut tersebut bukan perubahan yang terjadi akibat dari faktor usia karena umumnya pada usia lanjut kulit akan mengalami kerutan.


4. Puting Payudara Mengeluarkan Cairan

Pada penderita kanker payudara, ada sebagian yang terjadi pada puting akan mengeluarkan cairan. Adapun cairan tersebut keluar dengan tiba-tiba pada saat tidak dalam masa menyusui anak. Cairan tersebut bisa berwarna putih pada saat gejala awal. Namun jika cairan yang di keluarkan berwarna merah atau kecoklat-coklatan, penderita telah dalam masa kronis dan harus segera mendapatkan penanganan.


5. Timbul Rasa Nyeri Pada Payudara

Rasa nyeri yang di rasakan penderita kanker akan terasa terus menerus pada posisi yang tetap, hal itu akan berbeda dengan rasa nyeri pada waktu wanita sedang hamil atau menstruasi karena pada waktu hamil atau waktu menstruasi rasa nyeri akan hilang seiring dengan berakhirnya masa masa tersebut.


6. Payudara Membengkak dan Berwarna Kemerah Merahan

Perubahan payudara secara tiba-tiba dengan kondisi membengkak dan berwarna kemerahan juga merupakan ciri-ciri awal penderita mengidap kanker. Perubahan payudara seperti itu biasanya disertai dengan demam pada area tersebut, dan sebaiknya jika terjadi perubahan seperti tersebut, berkonsultasilah dengan dokter.

7. Pada Payudara, Posisi Puting Akan Masuk Kedalam

Umumnya puting payudara mempunyai posisi menonjol, apabila terjadi perubahan semacam itu dapat di mungkinkan adanya kanker dalam payudara. Hal itu dapat terjadi pada salah satu atau bisa juga kedua-duanya puting tersebut yang mengalami perubahan.

8. Pada Kulit Payudara Mengalami Ruam, Bersisik dan Gatal.

Pada penderita kanker payudara akan tardapat kulit bersisik/ruam atau seperti kulit yang akan mengelupas pada area benjolan tersebut yang disertai dengan rasa yang gatal secara terus menerus.


Jika terdapat salah satu dari ciri-ciri seperti diatas, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter karena seperti yang kita ketahui, bahwa penyakit kangker adalah penyakit kronis yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Dari ke-8 ciri-ciri di atas merupakan tanda-tanda seseorang telah menidap penyakit kanker payudara. Adapun gejala lain yang ditimbulkan dari penyakit kanker payudara tersebut adalah sebagai berikut:


Gejala Penyakit Kanker Payudara


Penyakit Kanker tergolong penyakit yang sulit untuk di sembuhkan tanpa adanya penanganan yang serius dari ahli kesehatan. Adapun gejala yang ditimbulkan dari penyakit kanker payudara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Penderita kanker payudara mengalami nyri pada tulang
  • Penderita kanker payudara merasa mual-mual
  • Penderita kanker payudara mengalami penyusutan berat badan
  • Penderita kanker payudara mengalami sesak nafas'
  • Penderita kanker payudara mengalami pusing
  • Penderita kanker payudara mengalami kelelahan
  • Penglihatan berkunang-kunang


Penyebab Penyakit Kanker Payudara


Walaupun penyakit kanker payudara belum bisa di ketahui penyebab yang dapat memastikan penyakit kanker tersebut, di bawah ini bisa anda simak tentang beberapa faktor yang dapat memungkinkan terjadinya penyakit kanker payudara tersebut. Adapun faktor yang dapat menyebabkan penyakit tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Penyakit kanker payudara dapat disebabkan dari faktor genetik
  2. Penyakit kanker payudara dapat disebabkan dari faktor lingkungan
  3. Penyakit kanker payudara dapat disebabkan dari faktor gaya hidup

Penjelasan:

1. Penyakit kanker payudara yang dapat di sebabkan dari faktor genetik

Di bawah ini ada beberapa faktor yang memungkinkan terjadinya penyakit kanker payudara dilihat dari faktor genetik, yang meliputi:

  • Faktor Usia Senja; Faktor usia pada wanita juga dapat memungkinkan penyebab terjadinya kanker tersebut, adapun usia yang rentan terhadap penyakit ini antara usia 50th keatas.
  • Jenis Kelamin; dari faktor tersebut wanitalah yang mendominasi penyakit kanker tersebut.
  • Faktor dari Ras juga dapat menjadi perbandingan karena Ras dari kulit putih/bule  lebih mendominasi terkena penyakit tersebut.
  • Faktor karena masa menstruasi dan reproduksi; wanita pada usia kurang dari 12th telah mengalami menstruasi juga menjadi pertimbangan terhadap penyakit kanker tersebut, begitu juga pada saat reproduksi pada usia lanjut juga dapat menjadi faktot yang memungkinkan penyakit tersebut.
  • Faktor dari Berubahnya Gen; Perubahan gen dapat di ketahui setelah di lakukan penelitian dari ahli kesehatan. Misalnya perubahan gen yang yang di ketahui dari keluarga yang pernah mengidap penyakit kanker payudara tersebut.
  • Faktor dari Kepadatan Payudara; kepadatan payudara di sebabkan karena banyaknya sel-sel kelenjar payudara sebagai penghasil air susu. Akibat jumlah sel yang terlalu banyak tersebut juga memungkinkan lebih tinggi akan timbulnya kanker pada payudara tersebut.

2. Penyakit kanker payudara dapat disebabkan dari faktor lingkungan


Selain dari faktor genetik, faktor dari lingkungan juga dinilai memungkinkan terjadinya penyakit kanker tersebut, karena sudah banyak kasus yang terjadi bahwa lingkungan yang tidak diterima oleh tubuh dapat memicu timbulnya penyakit kanker tersebut. Adapun penyakit kanker payudara dapat disebabkan dari faktor lingkungan adalah dari Radiasi yang dilakukan dari ahli kesehatan seperti pancaran sinar X ataupun computerized tomography. Untuk menjauhi resiko tersebut, sebaiknya berkonsultasilah dengan ahli kesehatan.


3. Penyakit kanker payudara dapat disebabkan dari faktor gaya hidup

Penyebab dari faktor yang disebabkan dari faktor gaya hidup adalah faktor dalam kehidupan yang perlu kita jauhi, karena untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya kanker payu dara tersebut. Adapun penyakit kanker payudara yang dapat disebabkan dari faktor gaya hidup adalah sebagai berikut:

  • Ukuran badan yang terlalu gemuk; karena berat badan yang terlalu gemuk dapat memicu terjadinya kanker payudara, karena berat badan yang berlebihan, dalam tubuh akan memproduksi hormon Estrogen secara berlebihan juga terlebih-lebih diusia senja dan jumlah hormon yang terlalu banyak tersebut dicurigai dapat memicu terjadinya kanker payudara.
  • Penggunaan Implan payudara; dalam beberapa kasus, penanaman implan dalam tubuh/pada payudara juga dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara.
  • Kontak tubuh dengan karsinogen; hal semacam itu dapat terjadi pada pekerja yang melaksanakan pekerjaannya di perusahaan plastik, otomotif, bar dan perusahaan kemasan kaleng juga dimungkinkan dapat memicu terjadinya kanker payudara tersebut.
  • Mengkonsumsi Alkohol; alkohol juga dapat memicu timbulnya kanker payudara karena alkohol merupakan zat cair yang dapat menumbuh kembangkan sel-sel kanker.


Pengobatan Penyakit Kanker Payudara


Banyak cara untuk menyembuhkan penyakit kanker pada payudara, Namun pada kali ini kami akan membahas tentang pengobatan penyakit kanker tersebut menggunakan bahan bahan yang murah dan mudah didapat. Adapun pengobatan kanker payudara tersebut dengan menggunakan:

1. Daun sirsak

Daun tersebut dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker pada payudara karena dari daun tersebut telah mengandung zat senyawa yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Adapun kandungan senyawa yang terdapat pada daun sirsak tersebut meliputi: gentisic acid, muricapentocin, acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, anomurine, anonol, caclourine, gigantetronin, linoleic acid dan muricapentocin. Dari zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena selain dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit dalam lainnya. Untuk cara menggunakannya sebagai obat dengan cara, direbus dulu daun tersebut kemudian disaring dan di ambil airnya untuk diminum.

2. Tumbuhan Sarang Semut

Selain daun sirsak, tumbuhan sarang semut juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit kanker payudara tersebut. Adapun cara penggunaannya untuk dijadikan sebagai obat kanker payudara tersebut dengan cara di rebus dulu kemudian di saring dengan saringan teh baru diminum.

Demikianlah uraian kali ini tentang Ciri Kanker Payudara Lengkap dengan Pengobatan dan Gambar, mudah-mudahan dapat anda jadikan referensi untuk mengenal dan mengobati penyakit kanker pada payudara tersebut. Jangan lewatkan sajian menarik lainnya tentang Jenis, Gejala dan Pengobatan Penyakit pada Ginjal.




2 komentar:

  1. semoga dijauhkan dari kanker payudara....
    apabila anda menderita penyakit asam urat yang telah bertahun-tahun tak kunjung sembuh segera atasi dengan herbal AgricPro Obat Asam Urat Paling Aman

    BalasHapus