Searching...

Cara Mudah Mengobati Mata Merah dan Bengkak

Mata merah dan bengkak adalah gangguan yang terjadi pada mata yang di sebabkan karena infeksi atau alergi, juga bisa di sebabkan karena mata kekurangan cairan serta bisa juga karena kekurangan vitami A yang dapat menyebabkan mata merah/bengkak yang terasa sakit. Penyakit mata merah/bengkak dapat menyerang pada semua usia bahkan bayi juga dapat terkena penyakit ini. Penyakit mata merah/bengkak termasuk penyakit biasa dan boleh dikatakan sebagai penyakit yang tidak mematikan, namun penyakit tersebut hendaknya harus segera di obati karena dapat menyebabkan pembengkakan yang makin parah.
Cara Mudah Mengobati Mata Merah dan Bengkak

Sakit mata merah atau bengkak biasanya akan di ikuti dengan keluarnya belek yang banyak dan tidak seperti biasanya yang terjadi pada mata normal. Untuk mengobati mata merah atau bengkak bisa dengan banyak cara untuk dapat menyembuhkannya, namun sebelum anda melakukan pengobatan pada penyakit mata tersebut hendaknya sudah mengetahui jenis penyakit mata yang sedang di derita, karena penyakit mata mempunyai jenis yang berbeda-beda dan cara pengobatannya juga tidak sama.

Penyakit mata termasuk jenis penyakit menular, jika anda mengalami penyakit mata merah dan bengkak tersebut hindari kontak langsung dengan orang lain karena dapat menularkan penyakit itu kepada orang lain bahkan anak kecil dan bayi dapat tertular oleh penyakit ini. Namun pada dasarnya tidak semua penyakit mata itu menular, penyakit mata yang dapat menular adalah penyakit mata yang di sebabkan oleh virus. jika penyakit mata tersebut disebabkan karena alergi atau iritasi yang menyebabkan sakit pada mata termasuk penyakit mata yang tidak menular. untuk memahami lebih jelasnya bisa anda simak seperti dibawah ini:

Penyebab Sakit Mata Merah dan Bengkak

Mata merah dan bengkak di sebabkan oleh bakteri atau virus yang dapat mengakibatkan infeksi dan peradangan pada selaput mata. Selain disebabkan oleh bakteri/virus, mata merah/bengkak juga dapat disebabkan oleh alergi dan iritasi. Untuk membedakan jenis penyakit mata merah/bengkak dan gejalanya adalah sebagai berikut:
 

Mata merah/bengkak yang di sebabkan oleh virus

Penyakit ini di tandai dengan keluarnya cairan pada mata yang berwarna agak bening dan encer. Penyakit mata seperti ini bersifat menular.

Mata merah/bengkak yang di sebabkan oleh bakteri

Penyakit ini di tandai dengan keluarnya cairan pada mata yang berwarna kekuning kuningan dan kental serta pada mata terasa berat dan sakit serta sering mengeluarkan belek. penyakit mata merah/bengkak seperti ini bersifat menular.
 

Mata merah/bengkak yang di sebabkan karena alergi

Sakit mata selain di karenakan oleh virus dan bakteri juga dapat disebabkan karena alergi, baik alergi dari debu dan bisa juga benda benda lainnya. Penyakit mata seperti ini dapat berlangsung cukup lama dan tidak termasuk penyakit mata yang bersifat menular.
 

Mata merah/bengkak yang di sebabkan karena iritasi

Gangguan mata seperti ini ditandai dengan keluarnya cairan mata yang agak kental dan sakit mata karena iritasi tersebut dapat terjadi dari akibat mata kemasukan benda benda kecil atau mata kliliban.

Keempat dari jenis dan penyebab penyakit mata tersebut di atas mempunyai perbedaan tentang penyebab dan cara pengobatannya. Adapun cara mengobati penyakit mata merah/bengkak yang bersifat menular adalah sebagai berikut.

Cara Mengobati Mata Merah Dan Bengkak


Cara mengobati mata merah dan bengkak tersebut dapat dengan beberapa cara diantaranya dengan menggunakan obat-obatan alami dan juga dengan menggunakan obat tetes mata. Adapun cara mengobati mata merah/bengkak tersebut sebagai berikut:

1. Mengobati mata merah dan bengkak bisa menggunakan buah mentimun

Sakit mata merah/bengkak dapat di obati dengan menggunakan mentimun karena pada buah mentimun mengandung zat anti bakteri dan pada buah mentimun tersebut dapat berkhasiat menyegarkan mata. Adapun cara mengobati sakit mata dengan mentimun adalah dengan cara di potong-potong tipis kemudian di tempelkan pada mata.

2. Mengobati mata merah dan bengkak bisa menggunakan kentang

Sakit mata merah dan bengkak dapat diobati dengan menggunakan kentang. Adapun cara mengobati mata merah dengan menggunakan kentang di lakukan dengan cara di parut dulu kentang tersebut kemudian parutan di bungkus menggunakan kain tipis dan di tempelkan pada mata yang merah/bengkak.

3. Mengobati mata merah bisa menggunakan bunga mawar

Mata merah dapat diobati dengan menggunakan bunga mawar. Adapun cara mengobatinya dengan cara merendam bunga mawar kedalam air, setelah air sedikit berubah warna saringlah dan ambil air tersebut untuk membersihkan mata yang sakit.

4. Mengobati mata merah dan bengkak bisa menggunakan daun sirih

Mata merah/bengkak dapat diobati menggunakan daun sirih. Adapun cara mengobatinya dengan di rebus dulu daun sirih tersebut sampai air rebusan tinggal 1/2 saja, kemudian di saring dan di ambil airnya saja untuk membersihkan mata yang sakit/bengkak.

6. Mengobati mata merah dan bengkak bisa menggunakan bawang putih

Mata merah/bengkak juga dapat diobati menggunakan bawang putih, adapun cara mengobatinya adalah dengan cara dikupas bagian luar/kulit bawang putih tersebut lalu diiris dan bekas irisan tadi di tempelkan pada kelopak mata bagian bawah. Obat mata merah/bengkak menggunakan bawang putih ini juga manjur namun terasa perih, dan sebaiknya menggunakan obat ini dilakukan sebelum tidur supaya tidak banyak mengganggu aktivitas anda.

Itulah 6 cara mudah mengobati sakit mata merah dan bengkak dengan menggunakan obat yang sudah ada di sekitar kita, walaupun sakit mata seperti tersebut di biarkan saja juga dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari namun sebaiknya sakit mata yang demikian itu segera di obati supaya proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat. Selain cara mengobati mata merah/bengkak dengan menggunakan obat tradisional seperti di atas, mata merah dan bengkak juga dapat diobati menggunakan obat tetes mata dengan resep dokter.

Mata Bayi Sakit


Menyedihkan jika melihat mata bayi yang sakit, mata bayi sakit di sertai dengan belekan, adapun untuk mengobati mata bayi yang sakit bisa menggunakan obat tradisional yang biasa di lakukan oleh seorang ibu untuk menyembuhkan sakit mata anaknya dengan cara di tetesi dengan air ASI. Caranya tetesi mata bayi yang sakit dengan asi tersebut namun jangan banyak-banyak cukup dengan 1-2 tetesan saja yang lakukan dengan berulang ulang atau 3-5 kali dalam sehari.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Fungsi mata dalam kehidupan merupakan sesuatu yang sangat penting dan tidak tergantikan fungsinya oleh apapun, oleh karena itu, hendaknya kita harus menjaganya dan merawatnya. Adapun usaha-usaha untuk menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan cara:

Menjaga kebersihan mata dari kotoran

Usaha yang dapat di lakukan untuk menjaga kebersihan mata dapat di lakukan dengan memakai pelindung mata, terlebih-lebih saat beraktivitas di luar yang memungkinkan adanya debu dan juga saat berkendara.

Menjaga aktivitas mata

Menjaga aktivitas mata dapat di lakukan dengan menghindari kecapean pada mata akibat kesalahan/kecerobohan dalam beraktivitas, misalnya menonton TV dengan jarak yang terlalu dekat, jarak pandang mata dalam membaca dll.

Hati-hati dengan mengucek mata menggunakan tangan

Mata gatal atau mata habis keliliban akan memancing tangan kita untuk menguceknya, hindarilah mengucek mata menggunakan tangan karena di hawatitkan adanya kotoran yang berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata, bahkan mengkonsumsi vitamin A juga dapat mempercepat penyembuhan penyakit mata merah/bengkak, adapun vitamin A dapat di peropleh dari wortel.

Mengistirahatkan mata

Hindarilah aktivitas mata yang berlebihan, misalnya duduk di depan komputer yang terlalu lama, membaca buku yang terlalu lama, menyulam kain terlalu lama hal tersebut dapat membuat mata kecapekan yang dapat mengakibatkan sakit mata, untuk itu, istirahatkan mata walaupun sejenak untuk aktivitas seperti tersebut.

Demikianlah uraian tentang Cara Mudah Mengobati Mata Merah dan Bengkak, mudah-mudahan bisa anda jadikan referensi untuk mengobati penyakit mata merah/bengkak. Jangan lewatkan uraian menarik lainnya tentang 11 Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Lengkap Dengan Gambar.




0 komentar:

Posting Komentar