Searching...

Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Manjur Dan Mudah

Bau badan memang sering kali membuat kita malu dan tidak bisa percaya diri dalam pergaulan. Untuk itu jangan biarkan bau badan ini terjadi pada diri anda karena selain menurunkan kepercayaan diri juga anda akan di jauhi oleh orang lain. Bau yang di timbulkan dari badan atau lipatan ketiak yang berlebih dapat menyerupai bau busuk yang tidak mampu di terima dengan baik oleh indra penciuman terlebih-lebih jika bau tersebut di cium oleh orang lain maka bau tersebut sangat mengganggu bahkan dapat membuat orang di sekeliling kita menjadi mual.

Bau badan


Walaupun bau badan atau bau ketiak tersebut bukan masalah serius dalam kesehatan, namun tentunya dapat menjadi persoalan yang perlu di pecahkan. Sebelum kita membahas cara menghilangkan bau badan atau bau ketiak tersebut alangkah baiknya mengenali tentang penyebabnya itu sendiri, Apa penyebabnya dan bagai mana cara mengatasinya.

Penyebab

Bau badan di sebabkan karena adanya bakteri di dalam tubuh terutama pada bagian kulit yang meliputi staphylococcus aureus, streptococcus pyogenes dan staphylococcus epidermis. Dengan adanya kelembaban yang terjadi karena adanya keluarnya keringat pada badan dan ketiak, bakteri tersebut dapat berkembang biak menjadi lebih banyak dan semakin banyak perkembangan bakteri tersebut maka bau yang di timbulkan akan semakin membusuk atau makin asam.

Penyebab munculnya keasaman bau badan yang di sebabkan adanya bakteri di dalam tubuh di bagi menjadi 2 bagian yaitu asam propionat dan asam isovalerik. Asam propionat adalah asam yang terbentuk karena bakteri propionobacteria dan bau asam ini seperti cuka, sedangkan asam isovalerik merupakan bau asam yang di sebabkan bakteri staphylococcus epidermis dimana asam ini menyerupai bau keju.

Bau badan ini juga di produksi oleh kelenjar keringat di mana kelenjar tersebut di bagi menjadi dua, yaitu kelenjar accrine (luar) dan apocrine (dalam). Kelenjar luar ini akan menghasilkan keringat yang bening dan mempunyai rasa asin yang terdapat di bagian telapak tangan dan kaki serta di daerah sekitar pening. Sedangkan kelenjar dalam sebagian besar terdapat pada ketiak yang akan memproduksi keringat setelah usia remaja, di mana apabila pada lapisan kulit tersebut terdapat bakteri akan menghasilkan bau badan yang berlebih. Adapun bau yang dapat di timbulkan bisa bermacam-macam aroma-nya, karena juga di pengarui oleh penyebab jenis makanan yang kita konsumsi, seperti:

  • Daging; Bau badan yang tidak sedap akan tercium apabila anda mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung daging karena daging mempunyai sifat yang susah di cerna oleh tubuh di bandingkan dengan makanan lainnya seperti sayur-sayuran. Jadi mengkonsumsi daging akan menimbulkan bau yang tidak sedap di bandingkan dengan kita mengkonsumsi sayuran.
  • Alkohol; Cara menghilangkan bau badan dapat di lakukan dengan cara pencegahan, seperti menghindari dari minuman beralkohol. Jika kita konsumsi juga dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap karena sebagian dari alkohol tersebut juga akan di keluarkan melalui kelenjar keringat, sehingga dapat menimbulkan bau badan yang kurang sedap.
  • Bawang putih; aroma bau badan yang kurang sedap juga dapat di timbulkan apabila mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang putih karena jenis makanan tertentu yang kita makan sebagian di keluarkan melalui kelenjar keringat.
  • Senyawa metil; Cara menghilangkan bau badan yang kurang sedap dapat juga menghindari jenis makanan yang mengandung senyawa mentil. Makanan yang mengandung senyawa ini bisa terdapat pada makanan kedelai, bayam dan buah bit. Seperti halnya mengkonsumsi 3 jenis makanan seperti di atas, mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa metil juga dapat menjadikan bau badan yang tidak sedap.

Adapun jenis makanan lain yang dapat memicu pada aroma bau badan selain makanan di atas juga ada makanan cepat saji atau junkfood, kafein dan juga tembakao. Dengan kita mengkonsumsi jenis makanan atau makanan seperti di atas dapat menghasilkan bau badan yang kurang sedap yang berbeda-beda dan oleh bakteri yang terdapat pada lapisan kulit tersebut cairan yang di keluarkan melalui kelenjar keringat akan berubah menjadi bau yang makin busuk atau semakin tidak sedap.

Pencegahan

Bau badan yang tidak sedap di timbulkan karena adanya bakteri di dalam tubuh yang secara umum bakteri tersebut bisa berasal dari lingkungan, pakaian, air mandi, udara maupun debu. Keberadaan bakteri akan mengubah bau badan menjadi tidak sedap yang tentunya membuat kita merasa tidak nyaman. Keluarnya keringat yang semestinya bermanfaat bagi tubuh juga akan menimbulkan masalah bagi kita apabila keringat tersebut tidak sedap dan berbau. Sebenarnya bau badan yang tidak sedap itu dapat di cegah dengan pencegahan sebagai berikut:


  1. Pakaian yang longgar; Cara menghilangkan bau badan bisa dengan menggunakan pakaian yang longgar seperti pada kain katun juga dapat mengurangi cucuran keringat yang keluar, sehingga tidak menjadikan kelembapan pada tubuh dan ketiak yang memicu pada bau badan yang tidak sedap.
  2. Mandi; juga dapat mencegah atau menghilangkan bau badan namun bersifat sementara.
  3. Sering Mengganti Pakaian; tergolong sebagai pencegahan yang juga merupakan cara menghilangkan bau badan secara alami dan cepat.
  4. Cream; Produk kecantikan seperti cream untuk tubuh juga dapat memicu terjadinya keringat yang keluar lebih banyak, sehingga dapat berakibat adanya bau badan yang tidak sedap. Untuk mencegahnya, sebaiknya anda mengurangi pemakaian cream untuk tubuh.
  5. Garam; dapat anda gunakan untuk pencegahan bau badan yang tidak sedap dengan cara di oleskan pada tubuh dan ketiak.
  6. Es; Untuk mencegah keluarnya keringat yang berlebih yang dapat memicu terjadinya bau badan, dapat menggunakan es batu dengan cara di oleskan pada tubuh di saat tubuh merasa kepanasan atau pada waktu tubuh akan mengeluarkan keringat.

Ke lima pencegahan sepeti di atas dapat anda gunakan untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap, karena secara teori bau badan di sebabkan karena keluarnya keringat pada tubuh dan cara tersebut dapat mengatasi keringat yang berlebih.

Cara Menghilangkan Bau Badan


Setelah mengetahui penyebabnya, maka untuk menghilangkan bau badan berlebih akan dapat di lakukan lebih efektif dan lebih mudah karena apabila penyebabnya adalah bakteri, maka cara mengatasinya adalah dengan cara menekan dan menghilangkan bakteri tersebut, namun apabila penyebabnya adalah jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari, maka dapat di atasi degan cara menghindari jenis makanan tersebut.

Cara menghilangkan bau badan dari kebanyakan orang sering menggunakan deodorant. Menggunakan deodorant ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena pada deodorant ini mengandung zat berbahaya seperti aluminium yang merupakan anti-perspiran, di mana bahan tersebut dapat mencegah keluarnya keringat pada tubuh yang semestinya keringat tersebut untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh malah di simpan dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit berbahaya dalam tubuh. Selain itu, senyawa aluminium dapat dengan mudah di serap di dalam kulit tubuh yang akan mengakibatkan perubahan hormon estrogen, dimana perubahan hormon tersebut menjadi penyebab dari penyakit kanker payudara, oleh karena itu untuk menghilangkan bau badan sebaiknya menggunakan cara yang lebih bermanfaat bagi kesehatan. Dan berikut di bawah ini adalah cara menghilangkan bau badan paling manjur yang mudah anda lakukan.

Cara menghilangkan bau badan paling manjur dan mudah yang di sebabkan dari bakteri dapat juga dapat di atasi dengan berbagai cara yang tentunya sangat manjur untuk menghilangkan bau badan tersebut. Adapun cara menghilangkan bau badan secara mudah adalah:


Daun Kemangi

Menggunakan daun kemangi untuk menghilangkan bau badan adalah cara yang tepat, selain daun kemangi ini bermanfaat untuk menghilangkan bau badan juga banyak sekali manfaatnya dalam kesehatan karena pada daun kemangi ini mengandung vitamin A,B dan C. Daun kemangi mempunyai aroma yang khas, selain dapat di gunakan sebagai lalapan juga dapat di sajikan untuk di manfaatkan dalam mengatasi beberapa masalah dalam kesehatan yang salah satunya juga dapat di gunakan untuk menghilangkan bau badan.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun kemangi ini dapat di oleh dengan cara mempersiapkan bahan-bahan yaitu daun, akar dan biji kemangi. Haluskan semua bahan dengan cara di tumbuk halus, kemudian tambahkan air panas secukupnya lalu aduklah dan diamkan sebentar baru di tambahkan gula aren kemudian di minum setelah dingin sebanyak 2 kali dalam sehari.

Daun Sirih

Untuk menghilangkan bau badan dengan cara alami dapat menggunakan daun sirih, sebagai mana pada daun sirih tersebut mengandung antiseptik dan anti bakteri yang berkhasiat menghilangkan bau badan yang berlebih. Selain bermanfaat untuk mengatasi bau badan atau bau ketiak, daun sirih ini juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut, batuk, demam berdarah, radang tenggorokan, gusi bengkak, sariawan, bronchitis, jerawat keputihan, sakit gigi berlubang, haid tidak teratur, asma dan untuk membersihkan mata, hal itu juga sesuai pada artikel wikipedia.

Untuk menghilangkan bau badan atau bau ketiak menggunakan daun sirih ini dapat di olah dengan cara di lembutkan atau di tumbuk halus baru di lulurkan pada bagian tubuh dan ketiak, tunggu sampai mengering baru di bersihkan menggunakan air hangat.

Beluntas

Selain untuk menghilangkan bau badan/bau ketiak secara alami, daun beluntas ini juga bermanfaat untuk menyehatkan mata, kekebalan tubuh alami, menguatkan tulang, menambah nafsu makan, menghilangkan bau mulut, menyembuhkan sakit tenggorokan, memperlancar ASI, mencegah hipertensi dan TBC dan menghilangkan bau keputihan.

Cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak menggunakan daun beluntas ini dapat di oleh dengan cara; siapkan beberapa helai atau segenggam daun beluntas, kemudian rebuslah sampai matang menggunakan air sebanyak dua gelas, tunggu sampai air rebusan mengering hingga tinggal setengahnya saja, baru di saring dan di minum selagi hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cengkeh

Tanaman cengkeh ini selain dapat meringankan sakit gigi juga dapat berkhasiat untuk menghilangkan bau badan yang berlebih. Pada cengkeh juga mengandung anti oksidan dan anti inflamasi, sehingga banyak bermanfaat untuk berbagai kebutuhan untuk kesehatan yang di antaranya bermanfaat untuk menghilangkan bau badan.

Untuk menghilangkan bau badan dengan menggunakan cengkeh dapat di olah dengan cara di rendam cengkeh tersebut menggunakan air panas, tunggu beberapa saat baru di saring dan di minum airnya sebanyak dua hari sekali. Selain di minum airnya, rendaman air cengkeh juga dapat di gunakan untuk membasuh tubuh terutama pada bagian ketiak.

Jahe

Siapa yang enggak kenal dengan tanaman ini. Jahe mengandung bahan fitokimia yaitu gingerol, dimana senyawa ini bersifat sebagai anti bakteri, analgesik, anti piretik dan anti inflamasi yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi penyakit dan untuk kesehatan tubuh termasuk juga untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap.

Jahe dapat di gunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami, yaitu dengan cara di buat minuman seperti wedang jahe. dengan meminum wedang jahe secara rutin setiap hari dapat bermanfaat mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Bunga kecombrang

Sudah tahukah anda dengan bunga kecombrang ini, tanaman ini memiliki bunga yang berwarna merah cerah dengan pohon mirip dengan tanaman lengkuas namun tinggi tanaman ini bisa mencapai 5 meteran. Kecombrang ini selain di gunakan untuk memasak ikan tawar juga banyak sekali manfaatnya dalam kesehatan, termasuk untuk menghilangkan bau badan. Tanaman ini mempunyai nama lain Etligera elatior yang mengandung glikosida yang bersifat sebagai antioksidan dan antimikroba sehingga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan tak sedap.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan bunga kecombrang ini dapat di lakukan dengan cara haluskan dulu kuncup dari bunga kecombrang tersebut dengan cara di tumbuk sampai halus kemudian di lulurkan pada tubuh dan ketiak pada ketiak, gunakan secara teratur untuk mendapatkan bau harum pada tubuh anda.

Jambu Biji

Cara menghilangkan bau badan dapat menggunakan daun jambu biju sebagai cara herbal yang alami. Pohon jambu biji ini banyak di temukan hampir di seluruh wilayah indonesia, pohon ini mempunyai nama latin Psidium guajava yang banyak di manfaatkan untuk kesehatan. Pada tanaman jambu biji terdapat daun muda yang mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan untuk pencegahan penyakit yang di sebabkan dari bakteri maupun virus sehingga dapat di manfaatkan untuk mencegah bau badan yang di sebabkan karena bakteri.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan daun jambu biji ini dapat di lakukan dengan mudah yaitu dengan cara menumbuk halus daun muda jambu biji baru di oleskan pada tubuh dan ketiak. Oleskan daun jambu biji tersebut secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cuka

Manfaat cuka bukan hanya untuk pelengkap sajian seperti halnya di gunakan pada makanan bakso maupun soto namun dapat di gunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami karena pada cuka mengandung anti septik dan juga anti bakteri sehingga dapat secara efektif mengurangi bau badan yang di sebabkan karena bakteri.

Adapun untuk menghilangkan bau badan dengan menggunakan cuka dapat di lakukan dengan cara digunakan untuk membasuh tubuh dan ketiak. Dengan menggunakan cuka secara teratut dapar menghilangkan bau badan yang tidak sedap secara cepat.

Ketimun

Cara menghilangkan bau badan dapat menggunakan buah ketimun. Buah ketimun mengandung zat anti-oksidan yang terdiri dari vitamin C, A, beta-karoten dan alfa-karoten, lutein dan zea-xanthin yang dapat bermanfaat untuk mengatasi bau badan berlebih.

Untuk menggunakannya mentimun sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau badan ini dapat dilakukan dengan cara memotongnya menjadi beberapa bagian kemudian oleskan bekas potongan tersebut pada tubuh maupun ketiak sampai basah. Oleskan secara teratur sehabis mandi untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap dengan cepat.

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau ketiak dapat juga menggunakan jeruk nipis karena pada jeruk nipis mengandung anti oksidan yang bermanfaat sebagai anti bakteri yang menyebabkan bau badan. Untuk cara menggunakannya dapat di lakukan dengan mudah yaitu dengan cara di peras dan di ambil airnya kemudian tambahkanlah kapur sirih secukupnya lalu aduklah supaya merata dan menyerupai cream. Setelah itu gunakanlah dengan cara di oleskan pada tubuh dan ketiak tunggulah sampai mengering baru di bersihkan dengan menggunakan air hangat. Untuk menghilangkan bau badan dengan cepat, sebaiknya gunakanlah secara teratur sehabis mandi minimal satu kali dalam sehari.

Lemon

Selain jeruk nipis lemon juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan berlebih akibat bakteri. Pada buah lemon ini mengandung zat anti-oksidan yang berkhasiat untuk mencegah dan melemahkan bakteri penyebab bau badan sehingga sangat efektif untuk menghilangkan bau badan yang tak sedap itu.

Menghilangkan bau badan dengan menggunakan lemon ini cukuplah mudah yaitu dengan cara di iris menjadi 2 bagian baru di usapkan pada tubuh dan ketiak, tunggu sampai mengering baru di bersihkan. Selain menghilangkan bau badan, menggunakan lemon secara teratur juga dapat memutihkan dan membersihkan ketiak.

Dari cara-cara alami seperti di atas, semua cara dapat menghilangkan bau badan secara cepat dan aman dalam waktu tertentu atau bisa cukup lama, namun juga tidak menutup kemungkinan terjadinya bau badan yang tidak sedap itu muncul kembali karena sifat dari bakteri ada yang mudah di hilangkan dan ada yang sulit. Untuk itu apabila dari cara di atas bau badan anda belum juga hilang, silakan coba dengan cara di bawah ini.

Menghilangkan Bau Badan Secara Permanan


Cara menghilangkan bau ketiak atau bau badan paling efektif adalah membasmi penyebabnya yaiti bakteri yang terdapat pada lapisan kulit. Untuk mencegah, menghambat pertumbuhan bakteri tersebut yang sekaligus membasminya memerlukan bahan obat seperti antibiotik, antijamur ataupun antiseptik. Sebetulnya zat-zat tersebut sudah ada pada deodoran, namun karena di rasa kurang nyaman untuk kesehatan, alangkah baiknya menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau badan tersebut. Adapun bahan alami yang yang mengandung zat anti septik atau anti-biotik tersebut sebagian sudah tertera pada uraian di atas, namun untuk mempermudah dalam memilih bahan yang paling manjur untuk menghilangkan bau badan sampai ke akarnya tersebut bisa anda baca uraian seperti di bawah ini:

Minyak Cengkeh

Cara menghilangkan bau badan secara permanen dapat menggunakan minyak cengkeh. Minyak ini dapat di oleskan secara langsung pada ketiak dan tubuh sehabis mandi. Gunakan secara teratur dan setiap hari selama minimal satu minggu bau badan anda sudah berkurang.

Minyak Oregano

Cara menghilangkan bau badan sampai ke akarnya dapat juga menggunakan minyak oregano. minyak ini merupakan minyak yang mengandung zat yang terpenting untuk menghilangkan bau badan secara permanen. Zat anti bakteri yang terdapat pada minyak Oregano ini sangat efektif dalam mencegah dam membunuh bakteri penyebab bau badan pada ketiak dan berdasarkan pernyataan para ilmuwan bahwa minyak ini mampu melawan 25 jenis bakteri yang berbeda.

Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan minyak oregano dapat di campur dengan cream untuk di oleskan pada tubuh dan ketiak.

Ekstrak Biji Anggur

Seperti yang sudah di kenal oleh kalangan masyarakat bahwa ekstrak biji anggur mempunyai banyak manfaat untuk mengatasi penyakit karena kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri termasuk bakteri yang menyebabkan bau badan berlebih. Pada biji anggur ini mengandung anti-oksidan yang baik yang di kenal dengan senyawa oligomer proantosianidin kompleks. Sehingga menggunakan ekstrak biji anggur untuk menghilangkan bau badan sampai ke akarnya merupakan cara yang paling efektif.

Minyak Zaitun

Tanaman yang satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita karena mempunyai banyak manfaat dan selain bermanfaat untuk kecantikan, pada minyak zaitun ini mengandung antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau badan secara permanen dengan minyak daun zaitun ini selain di konsumsi juga bisa dengan cara di lulurkan pada tubuh atau ketiak.

Minyak Kayu Putih

Selain bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, mual dan muntah, minyak ini juga dapat di gunakan untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap karena mengandung zat anti-septik yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Adapun cara menggunakannya dapat di gunakan secara langsung dengan mengoleskan pada tubuh dan ketiak sehabis mandi.

Demikianlah serangkaian cara menghilangkan bau badan paling manjur dan mudah yang dapat anda jadikan referensi untuk mengatasi bau badan anda. Temuilah dokter apabila bau badan tersebut sulit untuk di hilangkan, karena bau badan juga dapat menjadi indikasi dari adanya penyakit yang berbahaya di dalam tubuh. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Memutihkan Wajah Paling Cepat & Memuaskan.




0 komentar:

Posting Komentar