Searching...

27 Manfaat Semut Jepang Lengkap Dengan Bahayanya

Sekarang ini lagi marak-maraknya membicarakan tentang jenis serangga dari negeri sakura yaitu Semut Jepang. Bagi anda yang belum mengetahui tentang "semut Jepang" tentunya anda pasti penasaran, Apa keistimewaannya dan apa manfaatnya? Jenis serangga yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri karena tidak seperti semut-semut yang kita jumpai di Indonesia yang keberadaannya kerap mengganggu manusia karena sering kali menjenggelkan, suka menggigit, menyerang makanan bahkan suka bertebaran di mana-mana. Karena keistimewaannya, semut jepang ini banyak di budidayakan untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam rangka untuk di manfaatkan dalam berbagai kepentingan dalam kesehatan.
Manfaat Semut Jepang

Manfaat Semut Jepang di daerah asalnya yaitu "negeri sakura" sudah di kenal di setiap lapisan masyarakat mulai sejak lama dan baru-baru ini di kenal di negara kita namun hanya beberapa bagian masyarakat yang mengenalnya sehingga manfaatnya pun belum banyak yang mengetahuinya, oleh karena itu kali ini saya akan menguraikan semut jepang lengkap dengan manfaat dan bahayanya.

Semut Jepang


Semut Jepang adalah jenis serangga yang berwarna hitam berbadan keras dan bersayap. Semut Jepang dalam kehidupan masyarakat saat ini telah banyak di manfaatkan dalam berbagai kepentingan termasuk yang berhubungan dengan kesehatan ataupun dalam dunia bisnis. Jenis semut jepang ini di indonesia banyak di kembangkan karena memiliki khasiat dalam kehidupan, sedangkan di negara Jepang, masyarakat di sana juga meyakininya bahwa semut yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam kehidupan yang tentunya di manfaatkan untuk memperbaiki tingkat kesehatan, oleh karena itu di negara Jepang semut ini banyak di budidayakan dan di perjual belikan.

Tentang alasan semut Jepang dapat di manfaatkan untuk kesehatan atau pengobatan karena pada semut ini memiliki zat yang berkhasiat dalam membantu penyembuhan beberapa penyakit, namun sebelum kita membahas manfaat semut jepang ini ada baiknya mengenal tentang seperti apakah semut jepang ini ? Bagaimanakan ciri-cirinya? Untuk mengetahui selengkapnya tentang semut jepang ini berikut ulasannya.

Jenis dan Spesies

Semut jepang ini merupakan bagian dari banyaknya species semut di negeri sakura yang sudah kenal memiliki khasiat dalam berbagai pengobatan. Dari banyaknya species semut yang meliputi Polyergus Samurai, Pachyondyla Pilosior, Stenamma Owatoni, Losius Talpa dan lain-lain masih memiliki fisik yang  mirip dan hampir sama antara satu sama lain sehingga perbedaan tersebut dapat membuat kita kebingungan dalam membedakannya.

Dari banyaknya species semut Jepang tersebut tidak semua species yang dapat di ambil manfaatnya untuk kesehatan, maka dari itu hendaknya anda harus berhati-hati jika ingin mendapatkan semut jepang yang dapat di ambil manfaatnya bagi kesehatan.

Ciri Cirinya

Semut jepang memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dengan semut yang ada di negara kita, perbedaan yang nyata pada bentuk, warna dan ukuran tentunya memudahkan kita untuk membedakan antara semut jepang dan semut indonesia. Dan uniknya bukan hanya perbedaan fisiknya saja, namun makanannya juga berbeda karena semut jepang menyukai  makanan dari bahan fermentasi yaitu ragi, aneh bukan? Dari keanehan-keanehan yang di miliki oleh semut jepang ini tentunya juga akan membuat rasa penasaran pada kita untuk mengetahuinya. Semut Jepang mempunyai tubuh lebih besar dari pada semut yang ada di indonesia, selain itu juga mempunyai warna tubuh hitam mengkilap, kulit keras padat dan mempunyai dua sayap di atas punggung, memiliki sepasang antena yang terdapat pada kepala dan sekilas tampak seperti binatang "engkes".

Semut Jepang juga mempunyai kesamaan seperti halnya jenis serangga lainnya, yaitu suka bergerombol dalam satu kelompok dan membuat sarang lubang untuk perlindungan apabila hidup di alam bebas. Selain itu mereka juga berkembang biak dengan cara memperbanyak keturunan melalui reproduksi seperti pada umumnya jenis serangga lainnya. Dan berikut di bawah ini adalah manfaat semut jepang untuk kesehatan tubuh.

Semut Jepang Berkhasiat Untuk Kesehatan dan Obat Penyakit


Pernahkah anda mendengar bahwa manfaat Semut Jepang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit? Bagi anda yang belum pernah mendengar atau mencobanya pasti bertanya tanya "Apakah benar seekor semut bisa di gunakan dalam pengobatan". Tanda tanya semacam itu mungkin bisa di katakan wajar karena belum ada penelitian khusus yang menjelaskan bahwa semut jepang ini dapat di manfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam pengobatan penyakit. Sebenarnya, manfaat dari semut ini sangat banyak yang bisa di katakan luar biasa karena dapat di gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit bahkan hampir semua jenis penyakit yang berbahaya dapat di sembuhkannya. Untuk menggunakan sebagai obat penyakit biasanya di gunakan sebagai obat alternatif penyakit yang sulit di sembuhkan dengan menggunakan obat-obatan yang berbau kimia.

Semut jepang dalam pengobatan merupakan obat alami atau jenis obat anti kimia karena hanya mengandalkan zat enzim alami yang terdapat pada semut tersebut. Untuk mengetahui selengkapnya tentang manfaat semut jepang bagi kesehatan dan obat untuk menyembuhkan penyakit adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat Semut Jepang yang pertama yaitu berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang sebagai mana telah anda ketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat segera memicu terjadinya penyakit berbahaya. kandungan senyawa pada semut jepang ini mempunyai khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi yang terjadi pada tubuh.

2. Mencegah penyakit stroke

Dengan menurunkan kadar kolesterol, secara otomatis dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Jenis penyakit ini pemicu utamanya adalah adanya kolesterol tinggi sehingga dengan mengkonsumsi semut Jepang secara teratur dapat berkhasiat dalam mencegah terjadinya penyakit stroke.

3. Mencegah hipertensi

Sebagai mana dalam mencegah penyakit stroke, pada semut Jepang mengandung asam amino yang bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah dan selain itu kandungan yang terdapat pada semut ini mengamdung mineral essens yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, membersihkan plak yang terdapat pada pembuluh darah serta bermanfaat dalam membantu mengatur sirkulasi darah menjadi lebih baik.

4. Mencegah terjadinya obesitas/kegemukan

Khasiat semut jepang lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya kegemukan. Terlalu gemuk juga tidak baik bagi kesehatan karena dapat meningkatkan resiko terhadap terjadinya penyakit yang berbahaya seperti stroke, hipertensi, penyakit jantung dan lain-lain.

5. Meringankan penyakit jantung

Tentunya anda sudah mengetahui tentang penyakit jantung dan bahayanya. Penyakit jantung ini termasuk dalam kategori penyakit yang mematikan namun bagai mana dengan peranan semut Jepang tersebut? Penyebab penyakit jantung salah satunya di sebabkan dari kolesterol tinggi dan pada semut Jepang mempunyai manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi, maka dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat mencegah dan meringankan penyakit jantung.

6. Mencegah serangan jantung

Semut Jepang bermanfaat dalam mencegah serangan jantung, sebagai mana yang telah di jelaskan bahwa semut Jepang berperan dalam menurunkan kolesterol tinggi sehingga selain meringankan penyakit jantung juga dapat berkhasiat untuk mencegah terjadinya serangan jantung termasuk bermanfaat dalam meringankan resiko jantung koroner.

7. Mengatur tekanan darah

Selain berkhasiat dalam penurunan tekanan darah tinggi juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, karena kandungan zat essens yang ada di dalam semut jepang ini berperan penting dalam mengatur dan mengontrol tekanan darah.

8. Menambah vitalitas dan stamina

Untuk mengatasi tubuh dari kecapekan, lesu atau kurang bertenaga, anda dapat mengkonsumsi semut jepang dengan teratur karena kandungan semut Jepang yang berupa asam amino ini dapat meningkatkan vitalitas dan stamina anda baik untuk laki-laki maupun perempuan.

9. Membantu menyembuhkan liver

Manfaat lain dari mengkonsumsi semut jepang ini dapat berkhasiat dalam membantu menyembuhkan penyakit liver. Penyakit hati atau penyakit liver ini tergolong penyakit yang berbahaya, dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur meskipun semut Jepang bukanlah obat utama untuk menyembuhkannya liver namun dapat berkhasiat meringankan penyakit liver menjadi lebih baik.

10. Mengobati asam urat

Sebagian besar penderita asam urat rata-rata memasuki usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya asam urat di usia remaja. Penyakit asam urat ini juga gampang-gampang susah dalam mengatasinya, untuk itu tidak ada salahnya jika anda menderita asam urat dengan mencoba mengkonsumsi semut Jepang karena semut jepang sudah banyak yang menggunakannya dalam menyembuhkan penyakit asam urat ini.


11. Mengatur kadar gula darah

Kadar gula darah yang rendah dapat juga menyebabkan terjadinya beberapa gangguan pada tubuh, sedangkan kadar gula yang tinggi juga menimbulkan penyakit berbahaya yaitu diabetes atau penyakit gula. Pada semut jepang mempunyai manfaat yang berkaitan dengan darah yaitu mengatur dan mengontrol tekanan darah sehingga dengan mengkonsumsi semut Jepang penderita diabetes akan merasa lebih baik karena dengan peredaran darah yang lebih baik juga dapat membantu mengontrol kadar gula pada darah.

13. Obat kanker

Semut Jepang dapat anda jadikan obat untuk mencegah pertumbuhan kanker yang terjadi pada tubuh anda. Kandungan asam amino yang terdapat pada semut jepang ini salah satunya bermanfaat untuk mencegah perkembangan penyakit kanker.

14. Mencegah ramut rontok

Bagi anda yang mempunyai gangguan tubuh seperti rambut rontok dapat mengkonsumsi semut jepang secara teratur karena pada semut Jepang mempunyai manfaat dalam mengatasi rambut rontok secara efektif.

15. Mencegah Tumor

Siapa yang enggak kenal dengan penyakit tumor, penyakit ganas yang berbahaya ini juga dapat di cegah dengan mengkonsumsi semut jepang. Dengan mengkonsumsi semut jepang secara rutin, asam amino yang terkandung di dalam semut jepang dapat bekerja dalam mencegah beberapa penyakit termasuk salah satunya adalah penyakit tumor.

16. Mempercepat penyembuhan

Dengan mengkonsumsi semut jepang setiap hari, bermanfaat bagi anda yang sedang dalam masa penyembuhan baik luka setelah operasi ataupun penyembuhan dari berbagai penyakit yang ada dalam tubuh. Semut Jepang mengandung protein tinggi yang kaya akan asam amino sehingga sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan.

17. Memperbaiki kulit dan jaringan ikat

Kulit merupakan bagian paling luar yang ada pada diri anda yang memiliki fungsi sebagai pelindung semua organ-organ yang ada di dalamnya. Selain bersifat melindungi, kulit juga mendukung penampilan anda namun bagai mana jika kulit anda kurang sehat, kusam bahkan kripur?  Zat pembangun yang ada pada semut Jepang mempunyai manfaat dalam memperbaiki sel-sel yang telah mati termasuk perbaikan jaringan kulit dan jaringan ikat yang telah rusak.

18. Memperkuat tulang

Tulang keropos akan sering terjadi pada seseorang yang telah lanjut usia. Protein yang terkandung di dalam semut Jepang mempunyai manfaat sebagai zat pengatur dan zat pembangun yang dapat berkhasiat dalam memperkuat pertumbuhan tulang dan mencegah tulang keropos. Selain bermanfaat untuk orang dewasa semut jepang juga bermanfaat bagi remaja dalam pertumbuhan.

19. Meningkatkan daya ingat

Banyak sekali manfaat yang di dapatkan pada asam amino yang terdapat pada semut Jepang, di antaranya juga berkhasiat dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat menjadikan anda mempunyai daya ingat lebih baik.

20. Mencegah depresi

Bersedih tidak punya motivasi, putus harapan yang mungkin bisa terjadi pada diri anda dapat di cegah dengan mengkonsumsi semut Jepang. Pada semut jepang kaya akan asam amino, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pencegahan serta pengobatan juga dapat berkhasiat dalam mencegah terjadinya depresi.

Baik untuk di baca :

Manfaat semut jepang memang luar biasa. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat semut Jepang bagi kesehatan tubuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti;

  • Melancarkan sistem reproduksi
  • Dapat melancarkan peredaran darah
  • Meningkatkan fungsi sel
  • Melancarkan buang air kecil
  • Meningkatkan kesuburan
  • Membantu proses metabolisme
  • Sebagai zat antioksidan

Sangat banyak sekali manfaat dari semut Jepang ini, namun dalam mengatasi penyakit hendaknya memerlukan pemeriksaan dari dokter supaya mengetahui tentang kondisi jenis penyakit yang di derita.

Kandungan gizi Semut Jepang


Di dalam semut jepang mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung nilai gizi yang berkhasiat untuk di jadikan obat penyakit. Adapun kandungan gizi yang ada pada semut Jepang adalah protein, asam laktat, asam amino, asam hialuronat (hyaluronic acid), dan enzym hmes. Semua zat yang terkandung di dalamnya mempunyai peranan yang sangat baik bagi kesehatan.

Cara Mendapatkan Semut Jepang


Untuk mendapatkan semut jepang ini sangatlah mudah, karena makin banyaknya peternak semut jepang di Indonesia akan memudahkan kita untuk mendapatkan semut jepang ini. Adapun cara mendapatkannya anda bisa beli langsung atau dengan via online kepada peternaknya . Dan apabila anda mendapatkan semut Jepang dalam bentuk asli semut yang belum di olah, sudah bisa untuk di konsumsi secara langsung. Namun selain itu, untuk memudahkan mengkonsumsi semut jepang ini juga di perjualbelikan dalam bentuk kapsul dan semut Jepang dalam bentuk kapsul ini sudah banyak beredar di mana-mana.

Dosis Menggunakan Semut Jepang


Untuk menggunakan semut Jepang sebagai obat untuk mengatasi penyakit, sebaiknya anda dalam menggunakannya tidak terlalu berlebih-lebihan karena sesuatu yang berlebihan tentunya juga tidak baik bagi kesehatan anda. Berikut dosis yang sudah banyak di gunakan:

  • Untuk kesehatan secara umum; anda bisa mengkonsumsi semut Jepang sebanyak 2 kali dalam sehari yang masing-masing 2 ekor semut.
  • Penyakit Stroke;  Dosis yang di gunakan untuk mengobati penyakit Stroke, anda dapat mengkonsumsi semut Jepang 3 kali dalam sehari masing-masing 2 ekor atau jika dalam bentuk kapsul maka masing-masing cukup satu kapsul saja.
  • Penyakit Diabetes; Untuk penyakit Diabetes ataupun yang tergolong penyakit berat lainnya seperti tumor, jantung, kanker dan penyakit hati anda cukup mengkonsumsi semut jepang 2-3 kali dalam sehari masing-masing 2-3 ekor semut.
  • Untuk Menjaga Kesehatan; Kesehatan tubuh yang meliputi stamina dan vitalitas, anda cukup mengkonsumsi semut Jepang ini sebanyak 2 kali dalam sehari yang masing-masing 1-2 ekor semut.

Cara Konsumsi Semut Jepang


Untuk mengkonsumsi semut Jepang dalam bentuk kapsul bisa di minum seperti obat-obatan lainnya, namun apabila masih dalam bentuk semut ada cara untuk mempermudah dalam menelan semut Jepang ini. Anda dapat menggunakan makanan lain sebagai perantara atau bisa dengan cara langsung dengan menelannya. Dan berikut caranya:
Apabila anda ingin menelannya secara langsung, anda dapat memasukkan semut Jepang tersebut ke dalam mulut bagian dalam seperti menelan obat yang berbentuk pil. Cara ini merupakan cara yang paling efektif, karena rasa khas semut tidak akan terasa pada lidah.

Bagi yang tidak bisa secara langsung menelannya anda bisa menggunakan pisang dengan cara memasukkan semut kedalam pisang tersebut lalu mengunyah dan menelannya. Tujuan dari cara ini agar rasa khas pada semut tidak begitu terasa.

Untuk mengkonsumsi semut bisa dengan cara melembutkannya dengan cara di ulek sampai halus kemudian di seduh dengan air hangat baru di minum. Namun setelah meminumnya anda memerlukan makanan atau buah untuk membersihkan sisa air seduhan yang tersisa di dalam mulut supaya rasa khas semut dapat segera hilang.

Persediaan Semut Jepang


Bagi anda yang ingin memiliki persediaan semut Jepang untuk di konsumsi, anda bisa memeliharanya dengan jumlah yang di inginkan secara mudah. Semut jepang ini mudah di kembangkan dalam jumlah kecil maupun besar. Untuk membuat persediaan semut jepang untuk di konsumsi, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Persiapkanlah toples (toples plastik/kaca)lengkap dengan tutupnya kemudian lubangilah kecil-kecil pada tutup toples tersebut.
  • Masukkanlah semut Jepang anda kedalam toples untuk satu toples isi sekitar 20 ekor saja dan berilah kapas secukupnya saja.
  • Berilah makanan semut jepang yang berupa bahan fermentasi (ragi) untuk membuat tempe secukupnya saja.
  • Tempatkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari atau lembab. Semut jepang akan berkembang dengan pesat antara 2-3 bulan sehingga dari 20 ekor menjadi 100 ekor lebih.

Itulah cara mempersiapkan semut Jepang untuk persediaan supaya anda tidak repot untuk sering membelinya.

Bahaya dan Efek Samping Semut Jepang


Seperti jenis obat-obatan lainnya, setelah anda meminum semut Jepang ini tentunya ada ciri-ciri sesuatu atau efek samping yang di timbulkannya, seperti: buang air akan lebih banyak dan susah tidur.

Bahaya mengkonsumsi semut Jepang dapat mengakibatkan iritasi pada lambung. Namun efek samping seperti itu berdasarkan perkiraan saja karena belum ada penelitian yang menjelaskan tentang efek samping yang di timbulkannya. Berdasarkan pengalaman dari seseorang yang mengkonsumsi semut jepang ini belum pernah ada efek samping yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Jadi kesimpulannya belum ada efeksamping yang membahayakan tubuh.

Manfaat Semut jepang Lainnya


Semut jepang mengandung nilai gizi yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh baik untuk pencegahan penyakit dan pengobatannya. namun tahukan anda tentang manfaat semut jepang lainnya? Keberadaan semut jepang dapat di manfaatkan tubuh untuk di konsumsi dalam upaya menjaga kesehatan, selain itu keberadaan semut Jepang di Indonesia tergolong masih baru-baru ini di kenal, sehingga juga dapat di manfaatkan untuk keperluan bisnis yaitu di jadikan usaha dalam mencari nafkah. Keberadaan semut jepang yang baru di kenal di masyarakat dapat menciptakan peluang dalam berusaha termasuk ternak dan pengolahannya. Para perternak semut Jepang jika di hitung masih relatif sedikit jika di bandingkan dengan jumlah permintaan konsumsi, oleh karena itu selain bermanfaat dalam kesehatan juga bermanfaat dalam kehidupan yaitu sebagai usaha.

Manfaat semut Jepang memang banyak sekali dalam kesehatan dan kehidupan, sehingga janganlah menyepelekannya karena berasal dari seekor semut. Semut jepang termasuk binatang ajaib karena bertubuh kecil mempunyai khasiat yang besar.

Demikianlah artikel tentang 27 Manfaat Semut Jepang Lengkap Dengan Bahayanya dan semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Manfaat Kulit Manggis Lengkap Dengan Bahayanya.




0 komentar:

Posting Komentar